logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Kamis, 6 November 2003 
Line

  • Seputar Tugumuda

Unnes Terima Pendaftaran CPNS

UNIVERSITAS Negeri Semarang (Unnes) menerima pendaftaran calon pengawai negeri sipil (CPNS) untuk tenaga pengajar/dosen, teknisi/laboratorium 14 orang, berijazah S2 (2 orang), S1 (10), dan D3 (2). Pendaftaran 10 - 15 November 2003 di Gedung H Lantai 1 Kampus Sekaran Gunungpati. Seleksi tertulis 10 Desember 2003 dengan materi uji: bahasa Indonesia, falsafah/ ideologi negara, tata negara, sejarah Indonesia, kebijakan pemerintah, dan GBHN. (H3-63k)

Pengobatan Gratis Hoo Hap Hwee

DALAM rangka HUT Ke-80 Yayasan Rukun Kematian dan Kesenian Hoo Hap Hwee yang bermarkas di Jagalan 88 A, akan mengadakan pementasan wayang kulit dengan lakon Tri Margo Joyo oleh Ki Dartono pada Sabtu (8/11). Sedangkan pada Minggu (16/11) diadakan pengobatan prana gratis, dan Minggu (23/11) pengobatan medis gratis khusus 200 anggota Hoo Hap Hwee Semarang. (D6-73)

Amaliah Ramadan di Al Azhar 22-25

KB-TK-SD Islam Al Azhar 22-25 Semarang akan mengadakan bazar amal, lomba tartil Alquran dan pasar murah di kampus Jl WR Supratman Kav 31-32 pada Minggu (9/11). Acara dimeriahkan pentas seni dan peragaan busana murid Al Azhar. Peminat lomba dan buka stan dapat menghubungi Ny Faiz (7625116) atau Agus (7625117). (D2-73)

Ramadan di TK Primagama

TK dan Playgroup Kreatif Primagama mengadakan kegiatan pesantren Ramadan bagi anak-anak usia 2-5 tahun dengan tema ''Ramadanku yang Hikmat'' , 12-18 November 2003. Untuk informasi, langsung ke Jl Lamongan Raya 59A Semarang, telepon 8441449 pada jam kerja. (B16-63)

Workshop PPh Ps.21 Ketentuan Terbaru

DALAM rangka ikut menyosialisasikan aturan baru berkenaan dengan PPh Ps.21, yakni PP 47 dengan Kepmen Nomor 486/KMK03/2003, GG Consultan bermaksud menyelenggarakan workshop sehari dengan tema ''Penghitungan PPh 21 yang Ditanggung Pemerintah Menurut PP 47 Pengganti UMK/UMP yang Berlaku Pertengahan Tahun Sekaligus Pengisian SPT Tahunan PPh 21''. Acara di Hotel Dibya Puri, Semarang (15/11). Peminat bisa menghubungi Yulius, Yuda, dan Yoga di telepon/faks 024-3520673/3520674 pada jam kerja. (D7-83k)

Kontes Table Set Up di Hotelier Nite

KONTES table set up digelar dalam ajang rutin Hotelier Nite pada Kamis (6/11), pukul 21.00 di Ventura Cafe. Kontes terbuka untuk setiap pengunjung yang apresiatif dengan food and beverage standar perhotelan. Acara dimeriahkan New Soul Band yang siap melayani yang ingin berjamsession. Diskon 20% untuk kalangan perhotelan dan 30 undangan gratis pertama dapat menghubungi 024-8452706.(B14-73)

Penerimaan CPNS Pusat Bahasa

UNIT Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Bahasa Depdiknas menerima pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pendaftaran hingga 13 November 2003. UPT tersebut membutuhkan 107 tenaga untuk ditempatkan di Balai Bahasa di seluruh Indonesia. Kualifikasi dan persyaratan dapat dilihat di Balai Bahasa Semarang, Jalan Jati Raya A-12, telepon (024) 7471895. (B7-63k)

Bazar dan Pengobatan Gratis DPD PAN

PEMBERDAYAAN perempuan DPD PAN Kota Semarang bekerja sama dengan PKK RT 5 RW 1 Sampangan menyelenggarakan bazar dan pengobatan gratis untuk masyarakat umum. Acara berlangsung Minggu (9/11) di kediaman Hj Ira Choiriyah Muslich, Jl Menoreh Utara XII , mulai pukul 10.00. (hm-63k)

Reuni Alumni Asrama Masyitoh

NYONYA Djuwarni Budiono, mantan ketua asrama putri Masyitoh Randusari, mengharapkan alumnus asrama menghubungi Mbak Djuk (024 -8316525 atau 08156577155) atau ke Jl Sampangan Baru IV/ B7 untuk berembuk tentang reuni. Dia berharap kegiatan berlangsung setelah Ramadan, sekaligus untuk bersilaturahmi Syawalan. (hm-63k)

  • Jajah Desa Milang Kori

844 Guru Non-PNS Peroleh THR

GROBOGAN - Sebanyak 844 orang guru non PNS dari tingkat TK, SD, SLTP dan SLTA se-kabupaten Grobogan, Rabu (5/11) mendapatkan THR dari APBD II Grobogan 2003 per orang Rp 150 ribu. Mereka juga mendapatkan uang kesejahteraan dari Januari-Desember 2003 Rp 400 ribu. Jadi, jumlah seluruhnya yang diterima Rp 550 ribu. THR dan uang kesejahteraan itu diberikan Bupati Grobogan H Agus Supriyanto SE di BP-LKMD Kecamatan Purwodadi, Jl S Parman pada guru-guru non PNS di Kecamatan Purwodadi, Toroh dan Geyer. Lainnya akan diberikan secara bertahap di setiap eks kawedanan sampai 10 November mendatang. Bupati mengatakan, untuk kepentingan APBD II Grobogan menganggarkan Rp 440,9 juta. (A23-73)

Jalur Angkota F Tidak Dialihkan

GROBOGAN - Kasubdin Perhubungan Grobogan Drs H Ramelan R mengatakan, jalur angkutan kota Purwodadi-Bolo lewat Ngraji-Kepoh tidak akan dialihkan ke Kandangan-Bolo sesuai tuntutan kusir dokar. Sebab, berdasar survei transportasi di jajaran dinasnya, angkota F lewat jalan itu dinilai sudah sesuai syarat teknis pengembangan jalur angkota. Hanya diakui angkutan tradisional seperti dokar dan ojek yang biasa lewat di jalur itu merasa terdesak. Sebab, penumpangnya banyak yang lari ke angkota karena tarifnya dianggap lebih murah dan cepat. Menurut dia, pengembangan pembangunan transportasi seperti itu selalu ada pihak-pihak yang dirugikan. Tetapi bukan berarti mematikan. Karena memang tidak ada maksud mematikan angkutan tradisional. (A23-73)

Dandim dan Pimpinan Parpol Buka Puasa

SALATIA - Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Bambang Satmoko, hari Minggu (9/11) akan mengadakan buka puasa bersama dengan semua pimpinan parpol di Kota Salatiga. Acara tersebut akan dipergunakan Bambang untuk mengajak pimpinan parpol agar bersedia menjaga iklim sejuk selama kampanye pemilu mendatang. "Yang penting adalah bagaimana mereka turut menjaga iklim kondusif di wilayah Kota Salatiga," jelas Bambang, (5/11). (A2-73)

  • Langgam Surakarta

SAR UNS Antisipasi Banjir

MENGANTISIPASI terjadinya banjir di wilayah Surakarta, SAR UNS belum lama ini mengadakan latihan selam dan renang rescue. Komandan SAR UNS, Arie Kristiono menjelaskan, selain pelatihan, SAR juga menyiapkan berbagai peralatan yang kemungkinan akan dibutuhkan.(F11-17s)

Pondok Kewirausahaan CES

DALAM rangka menyemarakkan Ramadan sekaligus untuk membidik peluang pasar, CES Citra Emas School of Management and Public Relations Solo akan menggelar ''Pondok Kewirausahaan Berbasis Citra''. Acara yang akan diikuti para mahasiswa, pelaku usaha, dan peminat bisnis tersebut diselenggarakan mulai 7-10 November 2003 di Pondok Citra Emas, Gajihan, Pandes, Wedi, Klaten.(G19-17s)

Pasar Murah Dharma Wanita

MENYAMBUT Idul Fitri, Dharma Wanita Persatuan UNS akan menggelar pasar murah untuk warga kampus dan masyarakat sekitar. Pasar murah akan berlangsung 18 November di serambi gedung rekorat UNS. Dalam kegiatan yang merupakan acara rutin setiap tahun itu dijual berbagai bahan kebutuhan pokok dan pakaian.(F11-17s)

Zakat Fitrah Karyawan

KARYAWAN UNS yang hendak memberikan zakat fitrah dapat menyalurkan melalui unit kerja masing-masing. Ketua PHBI UNS Drs Gatot Sunarno menjelaskan, untuk zakat fitrah dapat berupa beras 2,5 kg atau uang Rp 8.000. Penyerahan selambat-lambatnya 20 November. (F11-17)

  • Ojo Lali

Pohon Mengganggu Ditebangi

BOYOLALI - Beberapa pohon yang cukup rindang di Jalan Protokol, Boyolali, kemarin terpaksa ditebangi. Hal ini disebabkan akar pohon menembus ke rumah-rumah penduduk sehingga dikhawatirkan menimbulkan kerusakan rumah. Kepada warga yang rumahnya tumbuh pohon besar dan akarnya membahayakan bangunan rumah diminta melapor dinas terkait. (shj-34)

Depot Susu Segera Diresmikan

BOYOLALI - Depot susu segar dan ikan tawar yang berada di Jalan Protokol, Boyolali atau berdekatan dengan Pasar Boyolali segera diresmikan. Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Drh Djoko Waluyo, depot tersebut masih belum diserahkan instansinya. Pekerjaan bangunan dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perhubungan dan Kebersihan (DPUPK). (shj-34)

Reuni dan Halalbihalal Ikassari

WONOGIRI - Para alumni SMP Negeri 1 Kabupaten Wonogiri tahun 1969, berencana menggelar reuni temu kangen dan sekaligus menggelar acara halalbihalal hari raya Idul Fitri 1424 H. Ketua dan Sekretaris panitia Ikatan Keluarga Alumni SMP Satu Wonogiri (Ikassari) '69 Lilik Dwi Sularyanto dan Joko Sunaryo berharap, keluarga besar Ikassari yang tersebar di berbagai daerah dan kota di Indonesia, dapat hadir untuk acara temu kangen dan halalbihalal yang rencananya akan digelar, Sabtu (29/11) di aula SMP Negeri I Wonogiri. Panitia berharap, pemberitaan ini dapat dianggap sekaligus sebagai pemberitahuan dan undangan untuk hadir. (P27-34n)

Bantuan Organisasi Kesenian

WONOGIRI - Sembilan organisasi kesenian di Kabupaten Wonogiri, Selasa (4/11), menerima bantuan dana pembinaan yang bersumber dari APBD Tahun 2003. Upacara penerimaan dana bantuan itu digelar di Kantor Dinas Pendidikan. Bantuan diserahkan oleh Kasi Kebudayaan Handoko SSn.

''Masing-masing mendapatkan bantuan Rp 1,5 juta,'' kata Heru Margiyana SSn, mewakili Kabag Humas Pemkab Wonogiri. Kesembilan organisasi kesenian yang mendapatkan bantuan dana pembinaan dari Pemkab Wonogiri itu terdiri atas grup orkes keroncong Forsimari, Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri Kota, sanggar tari Sekar Hayu (Tunggul, Giriwono, Wonogiri), seni kerawitan Ngudi Irama (Pare, Selogiri), paguyuban kerawitan Sari Laras (Tlogosari, Giritontro), seni reog Singo Lodra (Slogoretno, Slogohimo), campursari Lejar Manah (Timbangan, Karangtengah), seni kerawitan dan wayang kulit Ngudi Laras (Sumber, Purwantoro), seni kerawitan Sekar Laras (Ploso, Purwantoro), dan paguyuban seni kerawitan Kusuma Raras (Gedawung, Kismantoro). (P27-34n)

  • Lintas Pantura

Pasar Murah di Bondansari

KAJEN- Untuk membantu masyarakat dalam mempersiapkan perayaan Idul Fitri, Selasa (18/11) sampai Kamis (20/11) akan digelar pasar murah di Pasar Grosir Bondansari, Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Selain menjual sembilan bahan pokok, pasar murah itu juga menyediakan berbagai jenis pakaian. (G16-74)

Dua Rumah Ludes Terbakar

BREBES - Dua rumah milik Kliwon dan Wajrah, warga Desa Sidamulya, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Selasa (4/11) sekitar pukul 14.00, ludes terbakar. Tak ada korban jiwa atau luka dalam kebakaran itu. Namun kerugian puluhan juta rupiah. Penyebab kebakaran masih diselidiki polisi. Ada dugaan kuat, kebakaran itu akibat arus pendek listrik dari salah satu rumah yang terbakar.

Ketika api melalap bagian rumah yang mudah terbakar, pemilik berada di sawah. Warga sekitar menyiramkan air, tetapi tak dapat memadamkan api. Dalam tempo sekitar dua jam kedua rumah itu pun rata dengan tanah. (wh-49g)

Bupati Bantu Masjid Banaran

BATANG-Saat salat tarawih keliling (tarling) di Masjid Baitul Muttaqin Desa Banaran, Kecamatan Gringsing, Bupati Bambang Bintoro SE menyerahkan bantuan uang Rp 7.000.000. Bantuan itu diterima oleh takmir masjid, Juremi.

''Bantuan ini jangan dilihat dari jumlahnya. Gunakanlah untuk meningkatkan syiar Islam, sehingga di masjid ini akan selalu bergema kegiatan bernuansa islami,'' ujar Bambang Bintoro. Selain itu, Bupati juga menyerahkan Alquran dan tali asih berupa sarung dan sajadah. ''Kegiatan tarawih ini sebagai sarana silaturahmi jajaran Muspida dengan masyarakat.'' (ar-49)

RSU Rintis Pelayanan Ortopedi

PEMALANG-RSU Ashari Pemalang kini merintis kembali pelayanan spesialis bedah tulang atau ortopedi. Pelayanan itu beberapa bulan lalu hampir dibuka, namun karena dokter yang bersangkutan mendadak ditarik untuk bertugas di Nangro Aceh, akhirnya batal dilaksanakan.

Kabag TU RSU Ashari, Drs Heppy Prianto mengatakan, pelayanan bedah tulang selama ini belum bisa dilakukan. Sebab tidak ada dokter spesialis di bidang itu. Apabila ada pasien yang membutuhkan, maka dilakukan rujukan ke salah satu rumah sakit di Solo atau Semarang. (sf-49)

  • Wara - Wara

Pertama, Bupati Pimpin Apel

PATI - Untuk kali pertama setelah dua tahun masa jabatannya, Bupati Tasiman, Rabu (5/11) kemarin memimpin apel para karyawan di jajaran Setda. Selain memberikan pengarahan, pada akhir apel yang berlangsung hampir setengah jam itu, Bupati juga membaca doa.Dalam pengarahannya, Bupati minta agar apel dilakukan dengan senang hati. Sebab, kegiatan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan disiplin para karyawan.(ad-58)

Arus Lalin Makin Padat

REMBANG -Meski Lebaran masih kurang 19 hari, tetapi tingkat kepadatan arus lalu-lintas di jalur pantura, khususnya yang melintas daerah Rembang semakin meningkat. Tetapi yang paling banyak melintas adalah kendaraan angkutan barang jenis truk gandeng, tronton, dan yang lainnya. ''Saya sampai miris melihat ramainya lalu-lintas belakangan ini,'' kata Edyarso yang rumahnya berada di pinggir jalan pantura. Dia berharap petugas lebih waspada dalam mengatur kendaraan yang lewat. (jl-58)

  • Lereng Merapi

Ingin Punya Satpol Wanita

TEMANGGUNG- Kepala Kantor Satpol PP Temanggung, Bambang S Utomo berpandangan, sudah saatnya aparat trantib memiliki petugas wanita layaknya Polwan. Dasarnya untuk mengurangi timbulnya rasa emosi petugas saat menghadapi ibu-ibu pedagang yang marah karena terkena penertiban. Adanya keinginan memiliki petugas Satpol wanita juga merupakan respons dari permintaan masyarakat belakangan ini. Jika memang hal itu memungkinkan, Bambang merasa cukup bagus. (nt-74)

Pencurian Kendaraan Bermotor

PURWOREJO- Lagi, terjadi pencurian dengan pemberatan (curat) dengan hasil sepeda motor. Kejadian itu terjadi di rumah Sutarmaji (40), pedagang warga Desa Jogoboyo, RT 2, RW 2, Purwodadi, Senin (3/11) dini hari.

Semula sepeda motor diparkir di ruang tamu. Ketika korban terbangun sekitar pukul 02.00, ternyata sepeda motornya sudah tidak di tempat. Pelaku masuk dengan cara mencongkel jendela nako dan keluar lewat pintu depan dengan membawa sepeda motor Honda Supra warna hitam abu-abu tahun 2001, AB-3390-PC. (yon-74)

Tes Tertulis CPNS

PURWOREJO- Ribuan pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) mengadu nasib mengikuti tes tertulis, Selasa (4/11). Peserta dibagi di beberapa tempat, yakni di SMP 1, SMP 2, SMP 6, SMP 31, SMU 6, SMU 7, dan SMKN 1.

Mereka mengikuti tes sejak pukul 09.00 hingga 10.40 dalam suasana hujan lebat. Kendati hawa kota itu sejuk, ada salah satu peserta tes yang mendadak sakit dan dibawa ke RSUD Purworejo. Semula jumlah pelamarnya 3.558 orang dan yang dianggap memenuhi syarat 2.647 orang. (yon-74)

  • Eling - Eling

Grup Seni Banyumas Tampil di Tegal

PURWOKERTO - Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas (DKKB) mengirim tiga grup kesenian ke Kota Tegal untuk pentas di Pasar Raya Sri Ratu Tegal. Ketiga grup ini akan tampil secara bergantian selama tiga hari.

Ketua Umum DKKB Bambang Set mengatakan, ketiga grup yang tampil adalah juara I lomba kentongan se-Kabupaten Banyumas, Bobeng Rawalo akan tampil pada 5 November. Kemudian Komunitas Musik Gethek Ajibarang, tampil pada 6 November dan pada 7 November berupa musik humor dari Komunitas Musik Dablongan. ''Pengiriman grup kesenian ini menunjukkan kesenian dari Banyumas makin diminati oleh masyarakat daerah lain,'' kata Set. (G23-20)

Diskusi Manajemen Pemasaran

PURWOKERTO - Laboratorium Ekonomi Program Studi Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unsoed, Jumat (7/11) akan mengadakan diskusi manajemen pemasaran. Diskusi yang mengambil tempat di ruang seminar lantai 3 Fakultas Peternakan Unsoed menampilkan pembicara H Resty Efiawan SE, MM (caretaker Regional Manager Barlingmascakep).

Pembantu Dekan I Ir Suparwi MS mengatakan, seminar ini merupakan tindak lanjut dari praktikum Tata Niaga di Harian Suara Merdeka Perwakilan Banyumas yang berlangsung beberapa waktu lalu. (G23-20)

Pemaparan Tata Aturan Pemilu

CILACAP - Agar semakin luas dipahami masyarakat, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Nusawungu dan pengurus partai-partai politik yang ada di Kecamatan tersebut belum lama ini melakukan pemaparan tentang tata cara Pemilu 2004. Acara yang diselenggarakan di kantor Kecamatan Nusawungu itu diikuti warga, perangkat pemerintahan kecamatan dan desa. Diharapkan dengan kegiatan tersebut masyarakat menjadi paham dengan tata cara pemilihan dalam pemilu yang memang berbeda dengan sebelumnya. (G21-20)

Kursus Paket Ramadan

PURWOKERTO- Setiap memasuki Lebaran, banyak ibu rumah tangga yang berminat memiliki keterampilan membuat kue. Baik untuk keperluan sendiri maupun untuk usaha kecil. ''Kami membuka kursus paket Ramadan selama bulan November,'' ungkap Ny Thresianti pemilik LPK Cherries kemarin.

Dikatakan, waktu kursus hanya dua jam mulai pukul 11.00 dan ibu-ibu yang menjalankan ibadah puasa tidak terganggu. Paket kursus meliputi aneka macam kue kering, cake, tart Lebaran, dan aneka masakan untuk pesta maupun Lebaran. ''Masing-masing paket waktunya berbeda-beda agar ibu-ibu bisa memilih sendiri.'' (P52-20)

Waspadai Cuaca

BATURRADEN- Untuk mengantisipasi musibah bencana alam, PT Palawi Baturraden telah meminta petugas patroli agar mewaspadai cuaca di kawasan Wanawisata. Mereka dibekali pesawat komunikasi dan megaphone. ''Mereka juga diberi wewenang untuk melarang pengunjung apabila cuaca tidak memungkinkan,'' ungkap Kepala PT Palawi Rudianto AMTr MM kemarin.

Meski saat ini aman, kata dia, petugas tetap harus memantau cuaca di objek wisata Pancuran Tujuh, Pancuran Tiga dan Telaga Sunyi. Termasuk juga mewaspadai keamanan terhadap pengunjung. (P52-20)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA