logo SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Selasa, 28 Oktober 2003 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin

SURAKARTA

Pedagang Keberatan Terima SIP Keraton
  • Menunggu Pembentukan LPK

ALUN-ALUN LOR- Enam puluh dua pedagang di sisi timur Alun-alun Lor keberatan atas surat izin penempatan (SIP) yang akan dikeluarkan Keraton setelah menempati tempat baru.

pembatas Pintu Masih Sering Diterobos

ALUN ALUN KIDUL- Pintu selatan dari arah perempatan Gading di antara empat pintu masuk ke Alun-alun Kidul ditutup sejak Juli lalu. Namun pintu itu masih sering diterobos untuk kegiatan pelacuran. Bila siang lokasi itu digunakan untuk ngetem beberapa andong. Kereta kuda itu biasa melayani trayek ke Sukoharjo atau Daleman, Klaten.

pembatas
Lima Bangunan Bersejarah Difungsikan untuk Pelayanan

ALUN ALUN KIDUL- Ruang kosong dan kios kemanusiaan yang akan difungsikan untuk pedagang noncendera mata bisa jadi persoalan bila sistem pengawasan lemah.

pembatas "Aktivitas" Sekitar RRI Diimbau Dikurangi

KESTALAN - Pengelola losmen di wilayah Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari diimbau ikut membantu meminimalisasi pelacuran yang beroperasi di kawasan itu, terkait dengan bulan suci Ramadan.

pembatas
Sel Transit pun Jadi Sesak

JUMLAH 12 tersangka dalam kasus pembunuhan Jumadi (34) alias Gowang warga Gilingan, Surakarta, sudah pasti. Sebelumnya aparat Polresta Surakarta memang memperkirakan tersangka bakal bertambah. Namun setelah semua saksi dimintai keterangan, kemarin, polisi menyimpulkan ada 12 orang tersangka.

pembatas Transaksi di BSF Rp 1,2 M

MANGKUNEGARAN- Selama berlangsungnya Bengawan Solo Fair (BSF) terjadi transaksi dagang senilai Rp 1,22 miliar lebih. Transaksi dagang itu berlangsung dari kegiatan pameran industri kerajinan unggulan di Pagelaran Keraton Surakarta dan Pameran Dagang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Solo di Gedung Batari serta pertemuan bisnis.

pembatas
Anggaran Membengkak Tujuh Kali
  • 8.000-an Pelamar Tak Lolos Seleksi Administrasi

BALAI KOTA - Anggaran proyek penerimaan seleksi CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta membengkak hampir tujuh kali lipat dari perencanaan.

pembatas Masih Banyak yang Kecele

BALAI KOTA- Meski Pemerintah Kota telah mengumumkan pengunduran waktu tes tertulis, yang semula Sabtu (25/10) lalu, tetap banyak yang kecele. Mereka tak tahu tes diundur dan tetap datang Sabtu lalu. Kebanyakan mereka dari luar kota yang tak tahu jadwal diubah.

pembatas
Dana KPU Disinggung Panitia Anggaran

KARANGASEM - Persoalan bantuan anggaran bagi KPU Solo disinggung dalam rapat Panitia Anggaran DPRD Surakarta yang membahas perubahan APBD 2003, kemarin.

pembatas Dua TNI AU Dipecat

KOTA - Dua personel TNI AU berpangangkat bintara, yaitu Nanang dan Beni L, yang kini menjalani hukuman penjara dalam kasus penjualan senjata api gelap di Cimahi, dikabarkan November 2003 dipecat dari dinas kemiliteran.

pembatas
Curi Celana Dalam buat Istri

SAMBIREJO-Lebaran masih jauh, tetapi niat Yohanes Soni Wardana (27) warga Kalitan, Banjarsari, memberikan pakaian baru kepada sang istri tak bisa dibendung. Penganggur itu pun nekat. Dia menyambar sejumlah pakaian yang baru saja dijemur Sri Sulastri (24), warga Sambirejo, Kadipiro, Solo, Minggu lalu.

pembatas Manajemen Lippo Klarifikasi ke DPRD

KARANGASEM - Manajemen Bank Lippo, kemarin, memberikan klarifikasi ke DPRD Surakarta berkait dengan pengaduan sejumlah karyawan yang tergabung dalam Serikat Kerja Karyawan Bank Lippo (SKKBL), seminggu sebelumnya.

pembatas
Lomba Majalah Dinding SMU
Dari Reborn hingga Tipe X

BAGAIMANA para siswa SMU memaknai Ramadan? Ternyata caranya sangat beragam. Hal itu antara lain yang terlihat dalam Lomba Majalah Dinding SMA Se-Eks Karesidenan Surakarta yang digelar Badan Pengkajian dan Pengamalan Islam (BPPI) Fakultas Ekonomi UNS, Minggu lalu. Ada banyak cerita dalam lomba yang diikuti 23 kelompok itu.

pembatas Lha ... Iki
"Simbah Dadi Ketoprak Tenan"

WANITA pelawak yang malang melintang di panggung ketoprak, wayang wong, dan wayang kulit selama 20 tahun ini, pada 29 September lalu merasa seperti sudah tidak waras lagi. Angan-angannya melambung ke awang-awang. Dia bahkan bersujud mencium lantai di depan pesawat televisi yang baru ditontonnya, siang itu, di kediamannya Kampung Mertoudan RT 8 RW 9 Mojosongo, Banjarsari, Solo.

pembatas
Nafi Presiden BEM UNS

KENTINGAN- Muhammad Nafi Asrori dari Partai Aliansi Mahasiswa Sejahtera (Asmara) terpilih sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS. Dia memperoleh 2.303 suara dari total pemilih 3.557 mahasiswa. Nafi akan menggantikan Adi Sumarno.

pembatas Enam Kecamatan Endemik Penyakit Gondok
  • Penderita Sudah 809 Orang

WONOGIRI-- Enam dari 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri dinyatakan sebagai daerah endemik penyakit gondok.

pembatas
Sidang Praperadilan Kejaksaan
Kejaksaan Minta PN Batalkan Gugatan

KARANGANYAR - Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar selaku tergugat minta kepada majelis hakim untuk menolak atau tidaknya tidak menerima permohonan gugatan praperadilan Drs Djowo Semito Atmojo MM melalui tim kuasa hukumnya atas dugaan korupsi dana APBD 2001 senilai Rp 450 juta yang terdaftar di PN dengan No 01/Pra/2003/PN. Kray.

pembatas Pelebaran Jalan Masuk Kota Rampung sebelum Lebaran

SUKOHARJO- Pemerintah Kabupaten menjamin pelebaran jalan dari tugu batas kota hingga patung jamu rampung sebelum lebaran. Diharapkan warga tak perlu resah karena arus lalu lintas saat mudik lebaran tak terganggu. ''Semua dikerjakan sesuai dengan jadwal, sebelum lebaran sudah selesai,'' ujar Kepala Kantor Hubungan Masyarakat, Informasi, dan Komunikasi Drs DT Siswadi.

pembatas
PNS Sekali Seminggu Pakai Seragam Pramuka

WONOGIRI- ''Agar suasananya tidak beku dan tegang seperti ini, marilah kita nyanyikan bersama lagu 'Di sini Senang di Sana Senang' sambil bertepuk tangan,'' ajak Bupati tatkala melantik Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Kabupaten Wonogiri periode 2003-2008 di alun-alun kabupaten. Bupati mengemukakan, setiap kali kita mengikuti upacara Pramuka dengan kaidah yang bersifat khas, hati kita senantiasa tersentuh oleh nuansa yang membawa kebanggaan tersendiri.

pembatas Golkar Minta Surat Edaran Bupati Dicabut

SRAGEN-Pencopotan seribu bendera, spanduk, dan umbul-umbul Partai Golkar berbuntut. Dua sahabat karib yang memiliki jabatan dan kedudukan strategis di Kabupaten Sragen kini silang pendapat. Gara-gara perintah pencopotan atribut Partai Golkar, H Untung Wiyono, bupati sekaligus penasihat DPC PDI-P, dan Drs Sri Busono MM, Ketua DPD Partai Golkar Sragen dan anggota Komisi C DPRD I Jateng, berselisih. Silang pendapat menjurus ke grejegan berawal dari surat edaran Bupati Untung

pembatas
Pelajaran Olahraga Diganti Teori

WONOGIRI-Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri, Drs Roeswardiyatmo MPd, menyatakan selama Ramadan kegiatan fisik pelajaran olahraga di sekolah diganti teori. Pembelajaran di sekolah itu disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada bulan Ramadan.

pembatas Tiga Pengedar Uang Palsu Ditangkap

KLATEN-Tiga orang tersangka yang diduga anggota sindikat pengedar uang palsu berhasil ditangkap gabungan Tim Reskrim Polres Klaten dan Mabes Polri, Sabtu (25/10). Polisi juga menyita sejumlah barang bukti.

pembatas
Degradasi Lingkungan pun Meningkat

KARANGANYAR-Degradasi lingkungan belakangan ini cenderung meningkat. Hal itu ditandai kemunculan bencana banjir, tanah longsor, dan kekeringan. Kerusakan lingkungan yang secara tersirat menambah laju krisis air dipercepat pula oleh pertumbuhan penduduk yang tinggi. Baik secara alami maupun melalui migrasi serta kondisi air bawah tanah yang menurun baik secara kualitas maupun kuantitas.

pembatas Pertemuan Pimpinan dan Calon Bupati Mentok
  • Penyelesaian Masih Mengambang

KARANGANYAR-Pertemuan tertutup antara empat pimpinan DPRD, Sumarso Dhiyono, Suparno, Suparman ET, dan Suparno HS dan tiga pasang calon bupati Goenadi Wirjo Soekardjo-Drs Dradjat Sri Widodo, Sudewo ST MT-Drs Juliatmono, dan Hj Rina Iriani Sri Ratna Ningsih SPd MHum-KRMTH mentok.

pembatas
Kabag Umum Bantah Kegiatan PDI-P Didanai

SRAGEN - Polemik sekitar acara DPC PDI-P di Gedung Kartotiyasan yang melibatkan PNS (untuk ikut menjamu para tamu) yang diduga didanai APBD II, kemarin langsung dibantah Kepala Bagian Umum Pemkab, Drs Nugroho EP.

pembatas TERAS
Gunakan Sebaik-baiknya Sarana Introspeksi Diri

SELAMA satu bulan umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Puasa puasa tidak hanya dalam pengertian menahan makan dan minum, tetapi juga menjaga tutur kata dan perbuatan.

pembatas
Berdiri di Kompleks Masjid Jami
Play Group Persiapkan Generasi Cerdas

MASJID tidak semata-mata tempat ibadah. Masjid juga dapat digunakan sebagai tempat taman pendidikan Alquran (TPA), sarana berdiskusi, menjalan persatuan kesatuan, serta kegiatan sosial keagamaan yang lain.

pembatas Lurah Desa Kampanye Partai Harus Mundur

SUKOHARJO- Tumpang-tindih Perda Nomor 24 Tahun 2003 dan UU Nomor 12 Tahun 2003 disorot DPRD. Ketua Komisi A Dwi Jatmoko meminta persoalan itu tak dibesar-besarkan.

pembatas
Tewas Tenggelam saat Padusan

KLATEN-Sungguh mengenaskan, Yuli Widodo (18) warga Dukuh Purwosari, Desa Dompol, Kecamatan Kemalang, Klaten, ditemukan tewas di Kolam Renang Pluneng, Klaten, Minggu (26/10), sekitar pukul 15.00.

pembatas Pelatihan Wartawan Yunior SM

KLATEN-Profesi wartawan ternyata mampu menarik minat anak-anak yang masih duduk di bangku SD. Mereka sudah berkeinginan menuangkan pikiran dan pengalaman dalam bentuk tulisan yang bisa dibaca banyak orang.

pembatas
Cermati Gejala Kegagalan Ibadah Puasa

WONOGIRI--Para jamaah shalat Tarawih keliling (tarling) perdana di pendapa Kabupaten Wonogiri, oleh Kepala Kantor Departemen Agama (Depag) Drs H Rasyidi Masyhur, diajak untuk lebih cermat mengenali gejala yang dapat menggagalkan ibadah puasa di bulan Ramadan 1424 H.

pembatas Bupati Ditawari Uang Sogok Penerimaan CPNS

WONOGIRI-- Berkait dengan rencana seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi SH mengakui pernah ditawari uang sogok antara Rp 20 juta dan Rp 30 juta.

pembatas
Jaburan-jaburan
Saling Berebut Beri Tajilan

BOYOLALI-Memasuki hari pertama Ramadan di Masdjid Darul Barokah, Jalan Kates, Kelurahan Pulisen, Kecamatan Boyolali, sore kemarin mulai dilakukan kegiatan pengajian anak-anak yang dilanjutkan jamaah shalat Magrib. Kemudian dilakukan tajilan bersama-sama.


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA