logo SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Selasa, 28 Oktober 2003 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin

BERITA UTAMA

Diperiksa, 26 Tersangka Buleleng

DENPASAR - Dua puluh enam tersangka pelaku aksi perusakan dan pembunuhan dalam kasus bentrok antarmassa pendukung PDI-P dan Partai Golkar di Kabupaten Buleleng, Bali, telah berhasil dijaring pihak kepolisian setempat. Tersangka sebanyak itu, hingga Senin petang masih dalam pemeriksaan intensif di Mapolres Buleleng, ujar petugas pada Satreskrim Polres Buleleng.

pembatas Bom Jibaku Guncang Bagdad, 34 Tewas

BAGDAD - Pelaku bom jibaku melancarkan empat serangan di Bagdad pada jam-jam sibuk kemarin pagi, menewaskan 34 orang dan melukai 224 lainnya. Serangan di dekat kantor palang Merah dan kantor polisi itu merupakan yang paling berdarah sejak Saddam Hussein digulingkan.

pembatas
Akibat Kasus L/C Fiktif
BNI Dipastikan Rugi Rp 500 M

JAKARTA-Pengamat ekonomi dari Indef Dradjat Wibowo memperkirakan akibat letter of credit (L/C) fiktif Rp 1,7 triliun, Bank BNI akan mengalami kerugian sekitar Rp 500 miliar. Namun, kasus L/C fiktif itu tidak akan membangkrutkan BNI.

pembatas Dana KONI Diduga Diselewengkan

SEMARANG- Dana di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah diduga diselewengkan. Menurut Bambang Husodo, Wakabid Organisasi dan Daerah KONI Jateng, dugaan penyelewengan dana itu mencapai Rp 1 miliar lebih.

pembatas
Status Rifki Masih Tak Jelas

JAKARTA -Pemerintah Indonesia telah meminta secara resmi kepada Pemerintah Filipina, untuk bertemu dengan Taufik Rifki yang kini ditahan negara tersebut atas tuduhan terlibat terorisme. Karena itu, pemerintah belum bisa memastikan, apakah Taufik adalah benar-benar warga negara Indonesia. Hal itu dikemukakan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda ketika menjawab wartawan di Istana Negara, Senin (27/10).

pembatas Maunya Mengurangi Job

DARI sekian banyak komedian yang muncul di layar kaca, Eko Patrio termasuk seniman muda yang paling bisa mengembangkan bakat potensial dalam dirinya. Setelah cuap-cuap di Radio SK (Suara Kejayaan) yang kini sudah almarhum, lelaki ini bersama Parto dan Akri membentuk grup lawak yang paketnya bisa disaksikan di TPI yang bertajuk ''Ngelaba''.

pembatas
Rekuiem Lepas Kepergian Lima Korban Kecelakaan Bus di Ponorogo

YOGYAKARTA - Peti jenazah lima korban kecelakaan bus pariwisata Semeru kemarin siang disemayamkan di altar Gereja Santo Yusup, Bintaran, Yogyakarta. Setelah pemberkatan melalui rekuiem yang dipimpin langsung Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Agung Semarang Rm Ign Djaya Sewaya Pr, kelima korban dilepas untuk dibawa pulang ke rumah duka.

pembatas Lengser setelah 22 Tahun Berkuasa (2-Habis)
Malaysia pun Peroleh Pengakuan Internasional

MAHATHIR seorang negarawan tulen. Dia mempunyai visi. Ketika dia melontarkan pernyataan, dunia mendengarkannya. Dia putra Mohamad Iskandar, seorang guru bahasa Inggris, dan Wan Tampawan. Lahir pada 20 Desember 1925, dia dikenal dengan nama Che Det di kota kelahirannya, Alor Star, Kedah.

pembatas
FAN-FPP Siap Tolak Dhem-dheman
  • Jika Harga Tak Aspiratif

SEMARANG- Rencana dhem-dheman kendaraan dinas milik Pemprov Jawa Tengah yang akan diputuskan lewat Sidang Paripurna, Selasa (28/10), tampaknya bakal mendapat reaksi keras dari anggota DPRD Jateng. Reaksi itu salah satunya dari Fraksi Amanat Nasional (FAN) yang menyatakan bakal menolak keras jika harga kendaraan yang dilelang terlalu rendah.

pembatas Gubernur: Pemimpin Sebaiknya Dermawan

SEMARANG - Sangat beruntung bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Pasalnya, bulan Ramadan merupakan bulan suci yang di dalamnya penuh dengan bimbingan Ilahi. Demikian uraian Drs H Mulyono dari Kantor Departemen Agama Jawa Tengah saat menjadi penceramah dalam shalat tarawih keliling di Wisma Perdamaian, Senin (27/10).

pembatas
Program 100 Hari Gubernur (1)
Ibarat Kendaraan, Lajunya Sarat Beban

SUARA kritis menyikapi Program 100 Hari pasangan Gubernur Mardiyanto dan Wakil Gubernur Ali Mufiz terus bermunculan. Mulai dari unjuk rasa memprotes kebijakan Pemprov Jateng yang dinilai kurang populis hingga peran kontrol legislatif. Namun program itu terus menggelinding menjadi landasan untuk mengonsentrasikan tugas gubernur-wakil gubernur.

pembatas Pemerintah Sesalkan Bentrokan di Bali

JAKARTA - Pemerintah menyesalkan terjadinya bentrokan antara kader Partai Golkar dan kader PDI Perjuangan di Buleleng, Bali, yang menewaskan dua kader Partai Golkar. Karena itu, pemerintah meminta pimpinan parpol mengendalikan massanya dan mengingatkan agar satuan tugas partai politik (satgas parpol) untuk tidak bertindak seperti militer.

pembatas
Giliran Komisi D Nglencer ke Turki
  • Diikuti 9 Anggota

SEMARANG- Kegiatan kunjungan ke luar negeri yang dilakukan anggota DPRD Jateng dan disebut-sebut oleh beberapa kalangan sebagai acara nglencer, belum juga usai kendati kritik dan kecaman berdatangan.

pembatas Kepala DLLAJ Akhirnya Diganti
  • Gubernur: Kebijakan Usia 56 Tahun Tetap Berlaku

SEMARANG - Perpanjangan masa jabatan Kepala Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Jateng H Srihono SH akhirnya dipersingkat.

pembatas
Soal Penggusuran, Sutiyoso Peringatkan Menteri

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso memperingatkan para menteri agar tidak mengintervensi kebijakan Pemda DKI Jakarta, termasuk soal penggusuran. ''Saya minta menteri jangan mengintervensi kebijakan daerah, karena saya wakil pemerintah pusat.'' Hal itu ditegaskan Sutiyoso di Istana Negara kemarin seusai menghadiri pencanangan gerakan nasional sosialisasi pemilu 2004 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

pembatas Pemilu 2004
Pemerintah Inginkan Pemilu 2004 Sukses

JAKARTA- Presiden Megawati Soekarnoputri mengatakan, Pemilu 2004 diharapkan dapat memberikan legitimasi yang mantap bagi penyelenggara negara pada masa mendatang. Karena itu, pemerintah mengharapkan seluruh lapisan masyarakat turut menyukseskan pesta demokrasi yang akan memilih para pemimpin dan wakil rakyat tersebut.

pembatas
Pemilu 2004
Dua Anggota Merangkap Calon DPD
Panwas Akan Peringatkan

SEMARANG - Dua anggota Panwas Pemilu Magelang dan Wonosobo, Mawahib dan Mustangin, hingga kini belum menentukan pilihan untuk tetap menjadi anggota Panwas atau calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

pembatas Pemilu 2004
Kepastian Delapan Parpol Tertunda

JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat menunda pengumuman hasil pemeriksaan adiministrasi delapan partai politik calon peserta pemilu. Penundaan itu dilakukan karena Komisi masih harus mengecek ulang hasil dari pemeriksaan awal.

pembatas
Pemilu 2004
Biaya Pemilu Dirancang Menjadi Semakin Murah

JAKARTA-Pelaksanaan Pemilu 1999 hanya membutuhkan biaya sekitar Rp 1,3 triliun, sementara untuk penyelenggaraan Pemilu 2004 diperlukan biaya mendekati Rp 6 triliun. Hal itu terjadi karena adanya beberapa tahapan dan perawatan pelaksanaan pemilu yang hanya sekali pakai.

pembatas Pemilu 2004
Wiranto: Cukup Satu Periode

MALANG- Jenderal (Purn) Wiranto yang menegaskan kalau dirinya terpilih sebagai presiden cukup satu periode saja mengundang banyak pro dan kontra. Ia melontarkan hal itu di sebuah seminar nasional yang diikuti BEM beberapa perguruan tinggi Agama Islam se-Indonesia di UIIS Universitas Islam Indonesia Sudan (UIIS) di Malang, baru-baru ini.

pembatas
Pemilu 2004
Aliansi BEM Se-Jateng DIY Demo KPU Jateng

SEMARANG- Tidak kurang dari 30 mahasiswa perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jateng dan DIY yang menamakan diri Aliansi BEM Jateng-DIY, kemarin berunjuk rasa ke kantor KPU Jateng di Jalan Veteran 1A Semarang.

pembatas Pemilu 2004
Konvensi Golkar Sarat Sorotan

GROBOGAN-Konvensi Partai Golkar yang diadakan di semua tingkatan di jajaran DPP partai itu memang sarat dengan sorotan. Bahkan sebagian orang menilai dengan nada ekstrim bahwa Ketua Umum DPP Partai Golkar Ir Akbar Tandjung telah melanggar kesepakatan konvensi.

pembatas
Pemilu 2004
Brigjen TNI Salim Mengga
Lupa Tujuan Pemilu, Akan Rawan Konflik

PELAKSANAAN Pemilu 2004 tinggal beberapa bulan lagi. Sebelumnya akan didahului dengan tahapan kampanye. Seperti pemilu-pemilu sebelumnya, tahapan kampanye itu yang biasanya rawan konflik.

pembatas Pemilu 2004

PT Integrasi Menangi Tender

JAKARTA-Konsorsium yang dipimpin PT Integrasi Teknologi Tbk akhirnya ditetapkan menjadi pemenang tender pengadaan fasilitas teknologi informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

pembatas
Tanya Jawab Seputar Ramadan

Tanya: Sejak kapan puasa Ramadan diwajibkan oleh Allah SWT kepada umat Islam? (08156648xxx)
PERINTAH untuk melaksanakan puasa Ramadan didasarkan pada Alquran, hadis dan kesepakatan para pakar hukum Islam. Ramadan ini diwajibkan oleh Allah atas umat Muhammad saw pada tanggal 10 Syakban, satu setengah tahun sesudah hijrah.

pembatas KA Argo Bromo Terguling, Penumpang Selamat

GROBOGAN - Kereta api (KA) Argo Bromo Anggrek Nomor loko CC 20323 jurusan Surabaya-Jakarta, Senin (27/10), pukul 11.30 WIB anjlok di lintasan rel Desa Latak, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Dalam kejadian itu tidak satu pun penumpang yang luka. Padahal pada gerbang bagian tengah dan belakang didapati penumpang.

pembatas
Buruh Berjilbab Demo DPR

JAKARTA- Wacana yang digulirkan kalangan DPR agar pengiriman TKI ke luar negeri khususnya ke negara-negara Timur Tengah dihentikan sementara, akhirnya menuai protes.

pembatas Bantuan Aspal Desa Waru Diduga Alami Penyimpangan

SEMARANG- Bantuan ''aspirasi'' aspal dari Provinsi Jawa Tengah untuk masyarakat Desa Waru, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, diduga terjadi penyimpangan yakni pengurangan jatah bantuan dari jumlah semestinya.

pembatas
Persiapan Haji 2004
Siapkan Sarung Tangan, Madinah Bakal Dingin

''MADINAH bakal dingin sekali, kemungkinan sampai 5 derajat celsius. Jadi jangan lupa membawa sarung tangan dan tutup kepala untuk melindungi diri dari hawa dingin, termasuk lips gloss untuk melindungi bibir dari kekeringan''.


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA