logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Selasa, 28 Oktober 2003 
Line

  • Aneka Warta

Parade Beduk Lintasi 54 Kota

BANDUNG- Untuk memeriahkan Ramadan, acara road show bertajuk "Sampoerna Hijau Parade Beduk" kembali digelar selama 23 hari, mulai 26 Oktober hingga 17 November 2003. Acara tersebut melintasi 54 kota di 6 provinsi, mulai dari Lampung sampai Pasuruan, Jawa Timur.

Sederet kota yang dilalui arakan keliling, antara lain Lampung, Tangerang, Bekasi, Bogor, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Semarang, Kudus, Surabaya, Kediri, Malang, dan Pasuruan sebagai titik terakhir.

"Parade beduk adalah acara tahunan yang rutin kami gelar selama bulan puasa, dengan mengarak keliling beduk raksasa, dipadu dengan panggung hiburan yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas dengan gratis," tutur brand manager Sampoerna Hijau, Toni Darusman.

Parade tahun ini adalah pergelaran yang keempat kali sejak pertama diluncurkan pada tahun 2000. Sebagai catatan, beduk raksasa yang akan diarak keliling hingga kini masih menyandang predikat sebagai beduk terbesar se-Indonesia dan pernah mencetak rekor Muri.

Agar tidak monoton, parade di bulan puasa ini akan dikemas lebih menarik, yakni perpaduan antara konsep parade dan kontes beduk. Untuk tahun ini, Parade beduk dibagi menjadi 3 segmen, yaitu pergelaran ëPentas Jalaní di 18 kota, ëPentas Berhentií di 18 kota, dan ëPentas Akbarí, juga dilangsungkan di 18 kota.

Selain itu, kata dia, akan dilibatkan pula barisan pedagang nasi goreng di Bandung, sopir angkot di Bogor, serta Vespa Club di Solo, rombongan tukang ojek, dan tak ketinggalan para tukang becak. Seniman juga tak ketinggalan partisipasi. Kelompok Balabag dari STSI Solo akan memainkan ensembel beduk yang mengombinasikan instrumen modern dan tradisional.(dwi-78i)

Recall Dewan Belum Bisa Diterapkan

BREBES -Meskipun landasan hukum penggunaan recall anggota Dewan sudah ada, yakni UU No. 22 Tahun 2003 tentang Susunan dan Kedudukan MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Namun hal tersebut belum bisa dilaksanakan untuk produk dewan hasil Pemilu 1999. Penggantian anggota antarwaktu, sesuai dengan amanat UU itu hanya berlandaskan Pasal 92 ayat (1,2) dan Pasal 94 (1,2), yaitu karena meninggal dunia atau mengundurkan diri.

''Jadi, jangan terburu dulu dengan penerapan recall. Sebab, kalau UU No. 22 Tahun 2003 sepenuhnya kami laksanakan, banyak anggota Dewan harus lepas dari keanggotaan,'' kata Ketua KPU Kabupaten Brebes Wahyudin Noor Ally, kemarin.

Wahyudin mencermati soal recall itu dari kasus DPRD Karanganyar, sedangkan belakangan dari Purwokerto menyangkut usulan pencopotan dr Tri Waluyo Basuki. Dua usulan tersebut semua mengacu pada UU No. 22 Tahun 2003. Padahal, UU tersebut diberlakukan setelah keanggotaan Dewan masa bakti 1999-2004 selesai.

Menurut dia, jika UU itu diberlakukan untuk keanggotaan Dewan hasil Pemilu 1999, akibatnya Fraksi TNI/Polri harus hilang dari DPRD. Kedua, berapa ratus atau ribu orang anggota Dewan dari tingkat II dan I terpaksa harus turun jabatan karena tidak memenuhi syarat ijazah. Sebab, sesuai dengan UU tersebut minimal ijazah anggota Dewan adalah SLTA atau sederajat. Padahal, semua tahu produk Dewan hasil Pemilu 1999, banyak yang cuma berijazah SD dan SMP.

''Risiko lain dari penerapan UU No. 22 Tahun 2003, yakni pemilihan bupati/wali kota tidak lagi dilaksanakan oleh DPRD, tapi oleh KPU. DPRD hanya sebagai lembaga legislasi, pengawasan, dan anggaran,'' papar Wahyudin.

Mengingat masih banyak simpang siur penafsiran soal recall, DPRD kabupaten/kota dalam implementasinya masih memerlukan pengaturan lebih lanjut berkenaan dengan sinkronisasi antara klausul mengenai calon pengganti antarwaktu anggota DPRD. Bahkan, KPU belum dapat menetapkan tata cara verifikasi calon pengganti anggota DPRD di luar pasal 92 dan 94 UU No. 22 Tahun 2003. (wh-69i)

  • Seputar Tugumuda

Pelatihan Advokat Ikadin Diundur

PELATIHAN Advokat Ikadin Semarang yang sedianya dimulai 29 Oktober diundur 1 Desember. Pelatihan langsung tiga bulan setiap Senin, Rabu, dan Jumat sore. Keterangan bisa diperoleh di Widia Pratama Jalan Kartini telepon 8413136, Agus Irfan SH & Rekan Jalan Kimar 3/5 telepon 6718313, serta Eka W SH Jalan Cendrawasih 21 telepon 35554093. (D6-84g)

Informasi RS Singapura di Semarang

ELECTRA Tour Semarang ditunjuk sebagai pusat informasi National University Hospital, Singapura, di Semarang. Pelayanan yang diberikan oleh RS ternama tersebut, antara lain general check up dan pengobatan lanjutan. Untuk informasi lebih lanjut hubungi (024) 3556575. (G2-45k)

Buka Bersama Paguyuban Lampung

PAGUYUBAN Lampung Saandanan Semarang dan sekitarnya akan melaksanakan buka puasa bersama di rumah Syiaruddin Amin, Jl Nanas 41A Lamper Tengah, Rabu (29/10). Acara itu akan dilanjutkan dengan tarawih dan siraman rohani, dimulai pukul 17.00 WIB. Keterangan lebih lanjut hubungi (024) 6749972. (ed-45n)

Buka Puasa BUMN Community

BUMN Community akan menyelenggarakan buka puasa bersama, Jumat (30/10), di Vina House Semarang. Acara akan diselingi talkshow bisnis dengan pembicara Ferdinad Nainggolan (Deputi Logistik Kementerian BUMN) dan Prof Dr Hendrawan Supratikno. Tema acara "Manajemen Perusahaan Publik di Era Persaingan Global". Informasi bisa diperoleh lewat 8445789.(B12-84g)

Festival Pelajar Muslim

BADAN Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Se-Kota Semarang akan mengadakan Festival Pelajar Muslim, Sabtu (8/11). Kegiatan di Masjid Madyo Mangunkarso Jalan Wolter Monginsidi, Pedurungan, Semarang, itu dimulai pukul 07.00 hingga selesai.(B12-84g)

Paket Ramadan Hotel Muria

HOTEL Muria Semarang, Jalan Dr Cipto 73 Semarang, menawarkan paket Ramadan 1424 H berupa kamar plus buka puasa dan makan sahur prasmanan. Paket ityu berlaku sejak 27 Oktober hingga 20 November 2003. Informasi bisa diperoleh melalui 3513622.(B12-84g)

  • Jajah Desa Milang Kori

Triyono Digeser Jadi Kasi

GROBOGAN - Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kradenan, Grobogan, Triyono digeser menjadi kepala seksi di dinas itu. Penggeseran tersebut bersamaan dengan pelantikan 79 kepala SD, SLTP, SLTA dan dua pejabat struktural di lingkungan Setda di pendapa kabupaten, baru-baru ini.

Dia digeser terkait dengan kasus memindahkan kepala SD di daerah Kradenan dan meminta sejumlah uang untuk kepentingan itu tanpa sepengetahuan Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Bahkan, kasus tersebut ramai dibicarakan oleh kalangan DPRD. Dalam pandangan umum rapat paripurna, di antara anggota Dewan meminta Bupati menindak tegas pejabat tersebut. (A23-45k)

Bekas Gedung Bappeda Ditawarkan

GROBOGAN - Bangunan bekas Kantor Bappeda, Kasda, BKD, Kantor Koperasi Pemkab dan Kantor Satpol PP di lingkungan Setda Jl Gatot Subroto 6 Purwodadi, ditawarkan kepada pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Pemkab Rp 74 juta.

Bekas kantor itu mau dijual, karena tidak lama lagi Pemkab akan membangun gedung lantai III yang representatif senilai Rp 18 miliar di atas tanah bekas sejumlah kantor tersebut.

Kabag Humas Pemkab H Maryono HI SSos mengatakan, gedung itu sebulan lebih ditawarkan kepada masyarakat, termasuk pemborong di Grobogan dan sekitarnya. Namun, belum ada yang menawar. Karena itu, dicoba ditawarkan kepada PNS. (A23-45k)

Besok Listrik di Sumogawe Dipadamkan

SALATIGA - Aliran listrik di Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Rabu (29/10) besok akan dipadamkan. Manajer UPP Salatiga Kota Soedarno mengatakan, pemadaman itu berkaitan dengan penggantian trafo OB di pole SA3, pemeliharaan jaringan, dan rabas-rabas pohon. Selain Sumogawe, wilayah yang dipadamkan meliputi Dukuh Ngawen, Bendosari, Kumpulrejo, Randuares, Samirono, Pendingan, dan Manggihan. (A2-84n)

Motor Mahasiswa UKSW Dicuri

SALATIGA - Sebuah motor Honda Supra H-5458-SR milik Laurentia Raharja (22), mahasiswa UKSW, baru-baru ini dicuri. Saat kejadian, motor diparkir di halaman depan kosnya di Jl Wahid Hasyim, Salatiga. Sebelumnya, motor itu dibawa korban ke kampusnya di Jalan P Diponegoro. Ketika diparkir, sebenarnya sudah dikunci setang. Pada malam hari saat akan dipakai, ternyata motor tersebut sudah tak ada di tempatnya. (A2-84n)

Beberapa Masjid Sambut Ramadan

UNGARAN- Beberapa masjid Kecamatan Ungaran sudah menyerukan kepada umat Islam agar menjalankan puasa di bulan Ramadan. Seperti kotbah Mahmudi, Khotib Masjid Al-Muhajirin Perumnas Mapagan pada Shalat Jum'at lalu (24/10) lalu. Dia mengatakan, bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam.

Sebab, lajut dia, pada bulan itu semua amal perbuatan yang dilakukan oleh mereka akan dicatat oleh Allah SWT untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Selain itu, umat islam akan diuji keimanannya, sehingga diharapkan dapat menjalankan puasa dengan sepenuh hati.

''Iman seseorang benar-benar akan diuji nanti, apakah kuat atau tidak,'' tegas dia. (H4-83)

  • Langgam Surakarta

Orari Sambut Ramadan

MENYAMBUT bulan suci Ramadan 1424 H, Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Lokal Surakarta menggelar beberapa kegiatan. Di antaranya Ramadan Morning Net yang dilakukan setiap pagi (pukul 02.30 - 03.30) mulai 27 Oktober hingga 15 November 2003. Kemudian donor darah yang akan bekerja sama dengan Radio Karafan itu, dilaksanakan pertengahan bulan puasa, dan Info Break Lebaran yang akan dilaksanakan saat H-7 sampai H+7. Selain itu, Orari Lokal Surakarta juga menerima dan menyalurkan pembagian zakat fitrah.(G19-17)

LMHS Adakan Bedah Buku

LINGKAR Mahasiswa Hukum Surakarta (LMHS), Selasa (28/10), akan mengadakan bedah buku berjudul "Hukum sebagai Alat Kekuasaan". Kegiatan yang digelar mulai jam 15.00 tersebut akan dilaksanakan di Aula Kampus UNS Mesen Jl Urip Sumoharjo Solo, dengan menghadirkan para mahasiswa serta masyarakat yang peduli hukum.(G19-17)

Talk Show LDK

LEMBAGA Dakwah Kampus (LDK) se-Karesidenan Surakarta, Minggu (26/10) lalu, mengadakan talk show dengan tajuk "Mengukuhkan Eksistensi, Peran dan Fungsi LDK". Acara yang akan diselenggarakan di Masjid Nurul Huda UNS tersebut menghadirkan pembicara Usman Sudarmaji SE dan M Eko Wibowo. Beberapa hal yang digarisbawahi dalam topik pembicaraan, di antaranya tentang Aktivis Dakwah Kampus (ADK) sebagai motor penggerak LDK yang memerlukan penyamaan persepsi dalam memahami peran dan fungsinya.(G19-17)

Gelar Tari Antarfakultas

DALAM rangka mengembangkan seni dan budaya di kalangan mahasiswa dan sivitas akademika, UKM Badan Koordinasi Kesenian Tradisonal (BKKT) UNS Surakarta, Kamis (23/10) lalu, mengadakan Gelar Tari Antarfakultas. Kegiatan yang diikuti sembilan fakultas di lingkungan UNS tersebut dilaksanakan di Gedung Student Center.(G19-17)

Gapura Batas Wilayah

WARGA RW 5 dan RW 6 Kelurahan Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, berencana membangun gapura untuk menandai batas wilayah kedua RW tersebut. Menurut Ketua RW 6, Sumarto, gapura yang direncanakan merupakan miniatur gapura Alun-alun Kidul itu, diperkirakan memakan biaya Rp 13 juta yang sebagian besar didanai dari swadaya masyarakat. Pemkot juga memberikan bantuan berupa 30 sak semen. Dengan konstruksi beton bertulang, gapura itu akan dibangun dengan tinggi 4 meter dan lebar 4 meter.

Pembangunannya akan dimulai awal Januari depan dan selesai sekitar Maret. Wara memang dikejar waktu penyelesaian gapura, sebelum diadakan lomba gapura yang digelar tiap peringatan HUT Kemerdekaan RI. "Jika gapura itu jadi, kami juga ingin mengikuti lomba gapura dari RW 5 dan 6 yang membangun miniatur gapura Alun-alun Kidul," kata dia. (G18-17)

Karang Taruna Gelar Wayang Kulit

KARANG Taruna Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, bekerja sama dengan Kelompok Kerja Seniman Muda Surakarta (KKSMS) menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk, Sabtu malam. Pentas yang berlangsung di Gedung kesenian Taman Balekambang menampilkan dalang RT Darmo Budoyo atau lebih dikenal Ki Joleno, seorang pelawak yang bergabung dalam ketoprak Balekambang. Malam itu disajikan lakon Sengkuni Dadi Guru.

Menurut Bambang Sugiarto, pamong ketoprak KKSMS, pentas wayang kulit yang digratiskan bagi penonton itu akan rutin dilaksanakan setiap malam Jumat Pon. Pergelaran ini untuk membuktikan bahwa di kelompok kesenian itu tidak hanya menggelar ketoprak setiap malam, tetapi juga wayang kulit. "Kami bersama karang taruna di sini sudah merintis kelompok teater bagi remaja dan anak-anak,"ujarnya. (sri-17)

  • Ojo Lali

Tumpengan Partai Golkar

WONOGIRI--Dalam rangka memperingati HUT Ke-34 Partai Golkar, jajaran Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Wonogiri, mengadakan tumpengan di gedung DPD di Wonokarto.

''Acara ini dihadiri oleh para pengurus DPD, pengurus kecamatan, kader dan para simpatisan,'' kata Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar , Djoko Santosa HP, Senin (27/10).

Sebelumnya telah melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa dan ke makam sejumlah tokoh yang semasa hidupnya banyak memberikan kontribusi pada perjuangan Golkar.(P27-34)

Warga Buat Bak Penampungan

BOYOLALI - Beberapa warga di kawasan kota Boyolali kini mulai membuat bak penampungan di halaman rumah. Pembuatan bak penampungan ini untuk memudahkan droping air bersih dari PDAM. Adapun biaya pembuatan bak penampungan tidak sama, tergantung kemampuan pelanggan. (shj-34)

Jualan Kolak di Jalan Protokol

BOYOLALI - Anak-anak muda di Boyolali sejak sore kemarin mulai menjajakan makanan kecil dan kolak di sepanjang jalan protokol. Di antara mereka ada yang menjajakan makanan kecil dengan mobil pikap dan meja. Sambil menunggu para pembeli yang akan berbuka puasa di antara penjaja bermain gitar. (shj-34)

  • Lintas Pantura

Penggiliran Air PDAM

BATANG-PDAM Batang melakukan penggiliran air ke pelanggan. Hal itu dilakukan karena debit air di sumber utama di Tuk Bismo, Kecamatan Blado mengalami penurunan. ''Karena itu kami mohon pelanggan di daerah Kalisalak, Pasekaran, Klidangwetan, Klidanglor, Jl Gajahmada, Kasepuhan, maupun Dracik harap maklum,'' ujar Dirut H Amien Harsono SH. Agar pelanggan tidak sampai kekurangan pasokan air bersih, PDAM memfungsikan sumur pantek yang berada di Karanganyar, Menguneng, Lebo, dan Duwet. (ar-81)

Verifikasi Faktual KPUD

PEMALANG- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pemalang mulai Minggu (26/10) lalu melakukan verifikasi faktual kepada beberapa partai. Diawali kepada Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang bermarkas di Jalan Among Jiwa No.50 Ulujami, Pemalang. Dalam acara itu KPUD meneliti kantor, pengurus partai dan keanggotaannya.

Menurut Ketua KPUD M Arief Efendi Ssos, verifikasi kantor partai untuk meneliti domisili parpol yang diketahui dengan bukti keterangan Camat dan dokumen status kepemilikan. Apakah kantor yang dimaksud adalah disewa, pinjam atau milik partai. Sedangkan verifikasi kepada pengurus, disesuaikan dengan SK kepengurusan dan alamatnya.(sf-42)

Tadarus di Mushala Al Hikmah

BATANG-Sejak Minggu lalu, nuansa Ramadan sudah dirasakan oleh umat Islam di lingkungan Perumahan Pasekaran Indah. Seperti yang dilakukan di dua tempat ibadah Masjid Sodiqul Amin dan Mushala Al Hikmah, jamaah berbenah untuk kegiatan bulan puasa. Selesai salat tarawih, mereka melanjutkan tadarus.

''Pembacaan Alquran kami mulai pukul 20.30 sampai 23.00. Alhamdulillah, ternyata yang ikut meramaikan musala ini banyak sekali. Partisipasi masyarakat untuk memberikan jaburan juga tinggi,'' ujar Ketua Takmir Mirzak SE. (ar-81)

  • Wara - Wara

Pelatihan Pemantau Pemilu

KUDUS-Alumni TOT pemantau pemilu tingkat Provinsi Jateng di eks-Karesidenan Pati bekerja sama dengan YLPTP Solo dan Cetro Jakarta, belum lama ini mengadakan pelatihan pemantauan pemilu untuk daerah pemilihan Kudus, Jepara, dan Demak. Pelatihan dua hari yang diikuti 50 peserta itu digelar di Hotel Griptha Kudus. (yit-58)

Pos Polisi Bantuan PR Sukun

KUDUS-Pos jaga polisi di kompleks Terminal Induk Bus Jatiwetan, Kudus, bantuan dari PR Sukun belum lama ini diserahkan kepada Kapolres AKBP Drs Bimo Anggoro Seno. Pos yang pembangunannya memakan waktu sekitar 1,5 bulan tersebut, antara lain dilengkapi pendingin ruangan dan teve. (yit-58)

Ibu Teladan IIDI

KUDUS-Ny Sri Hartati Wiryono Emawan (55), belum lama ini terpilih sebagai ibu teladan tingkat nasional versi Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI). Karena prestasi tersebut, IIDI Kudus memberikan penghargaan dan kenang-kenangan kepada anggotanya itu. Hadir pada acara Wabup Hj Noor Haniah serta wakil dari beberapa organisasi wanita. (yit-58s)

Bupati Bantu 28 Madrasah Swasta

KUDUS - Mengambil tempat di pendapa Kabupaten Kudus, belum lama ini Bupati Ir HM Tamzil menyerahkan bantuan sebesar Rp 476.000.000 untuk rehabilitasi sarana, prasarana pendidikan bagi MI, MTs, dan MA swasta di Kudus.

Banyaknya madrasah swasta yang mendapat bantuan 28 unit, dengan besar bantuan yang berbeda-beda antara Rp 10 juta sampai Rp 45 juta, dengan rincian 20 unit MI, 5 MTs, dan 3 MA swasta yang ada di Kudus, yang secara simbolis diterimakan kepada MI Al Falah Rejosari, MTs Miftahul Falah Kutuk, dan MA Nurul Ulum Jekulo. Tujuan pemberian bantuan, adalah dalam rangka ikut serta mendukung kelancaran kegiatan proses belajar dan mengajar di madrasah swasta. Dana diambilkan dari perubahan APBD Kabupaten Kudus. (A14-58)

Shalat Jumat di Masjid Al Idrus

KUDUS - Bupati Tamzil dalam kunjungan Safari Jumatnya di Masjid Al Idrus, Desa Besito Kecamatan Gebog, Kudus belum lama ini memberikan bantuan Rp 6 juta. Bantuan secara tunai itu untuk mengisi kas masjid sebesar Rp 1 juta dan yang Rp 5 juta akan diberikan menyusul. Uang sebesar itu untuk meneruskan rehab bagian masjid yang belum selesai. (A14,58)

  • Lereng Merapi

Tonny Guru Besar UGM

YOGYAKARTA-Staf pengajar bagian ilmu kesehatan anak Fakultas Kedokteran UGM, Prof dr H Tonny Sadjimin MPH MSc PhD SpA(K) (62), beberapa hari lalu dikukuhkan sebagai guru besar pada Fakultas Kedokteran UGM. Pada pengukuhan itu, ia menyampaikan pidato berjudul ''Ketidakbenaran Penelitian Ilmiah di Bidang Kedokteran dan Kesehatan''.

Selain sebagai dosen S-1 sekaligus S-2 di almamaternya, dia juga menjadi koordinator Fogary UGM, anggota komisi khusus hibah pengembangan Unit Majelis Penelitian Perguruan Tinggi, tim ahli Gardunas TB, anggota Majelis Ahli Perguruan Tinggi, konsultan penanggulangan program TBC di RS Dr Sardjito, anggota tim ahli Eradikasi Polio, divisi pengembangan sumberdaya manusia dan hubungan internasional Tim Epidemiologi dan Biostatiska FK UGM, Ketua Badan Penelitian Pengurusan Ikatan Dokter Anak, dan lain-lain. (P12-42s)

Bedah Buku Sukses Sekretaris

YOGYAKARTA -Belum lama ini berlangsung bedah buku ''Kiat Sukses Sekretaris di Era Internet'' karya Budi Sutedjo Dharma Oetomo SKom MM dan Drs Z Bambang Darmadi MM. Kegiatan tersebut berlangsung di kampus STIA AAN, Tegalrejo, Yogyakarta. Menurut Bambang Darmadi, peran sekretaris saat ini telah berubah menjadi pusat informasi. Karena itu, keterampilan berteknologi menjadi sangat penting dan merupakan syarat utama bagi sekretaris dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.(D19-42s)

Penyerang Unggas Virus ND

TEMANGGUNG-Hasil penelitian Dinas Peternakan Temanggung memastikan, wabah yang menyebabkan matinya ribuan unggas (ayam, puyuh, dan burung berkicau) di beberapa desa Kecamatan Tlogomulyo, karena tethelo (Newcastle Disaeses-ND). Kasubdin Peternakan drh Hendro Handono melalui Kabag Humas Redi B Purwanto menjelaskan, upaya pencegahan sudah dilakukan antara lain dengan pemberian bimbingan teknis dan pemberian vitamin serta vaksin. '' Dengan cara ini kami berharap angka kematian tidak bertambah,'' katanya. Sebagaimana diberitakan (Suara Merdeka, 21/10), wabah tersebut terjadi di Desa Tanjungsari, Tlogomulyo, Bekelan, dan Sabrangan, Kecamatan Tlogomulyo.(nt-42s)

Peningkatan Iman dan Takwa Siswa

MAGELANG-Untuk meningkatkan iman dan takwa siswa, selama puasa semua sekolah diminta menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan, yang disesuaikan dengan keyakinan masing-masing. ''Yang beragama Islam mendalami agama Islam, demikian pula siswa beragama Kristen, Katolik, dan lainnya,'' kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Magelang, Sri Yudoko SH. Kegiatan itu berlangsung di luar jam sekolah. Bisa siang hari setelah jam pelajaran selesai, atau sore hari menunggu waktu buka puasa. Bentuk kegiatan untuk agama Islam berupa pesantren kilat, pengajian, dan kegiatan lain.(P60-42s)

Hari Ini Upacara Sumpah Pemuda

PURWOREJO-Meski puasa, Hari Sumpah Pemuda tetap diperingati dengan upacara bendera di alun-alun, Selasa (28/10) hari ini. Bupati H Marsaid SH MSi menjadi inspektur upacara. Dalam upacara itu Bupati membacakan sambutan Gubernur H Mardiyanto. Upacara diikuti para pelajar, karyawan pemerintah, Kodim, Batalyon 412, Polres, dan para kepala dinas.(yon-42g)

Lebaran Akan Kompak

PURWOREJO-Perayaan Lebaran di Purworejo diharapkan seragam pada satu hari yang sama. Harapan itu muncul setelah ada tim yang akan melihat bersama-awal 1 Syawal.Tim itu akan mengamati terbitnya awal bulan di Pantai Jatimalang, Kecamatan Purwodadi. Tim beranggota Departemen Agama, Pemerintah Kabupaten, kiai, Badan Pertanahan Nasional (BPN), organisasi kemasyarakatan Islam, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan kalangan pesantren. (yon-42g)

  • Eling - Eling

Komite Pendidikan Dilantik

PURWOKERTO - Setelah terbentuk kepengurusan, komite pendidikan SLTP Susteran Purwokerto, kemarin dilantik oleh pihak sekolah tersebut.

Terpilih sebagai ketua Hartono. Menurut Sekretaris Komite, Saeran Samsidi, pembentukan wadah perkumpulam orang tua siswa tersebut bertujuan untuk menyalurkan aspirasi masyarakat dalam menetapkan kebijakan operasional dan program pendidikan di SLTP itu. Sebab dalam organisasi tersebut mewakili berbagai unsur profesi dan status orang tua siswa. (G22-20)

Pengganda Uang Ditangkap

CILACAP - Apa yang dilakukan Sukirman (46), warga Desa Sitinggil, Kecamatan Kawunganten di luar akal sehat. Pria itu mengaku mampu melipatgandakan uang. Dua hari lalu dia datang ke rumah Slamet di Jl Baleng, Cilacap Selatan. Kepada Slamet dia mengaku bisa melipatgandakan uang Rp. 200.000 menjadi Rp 80 juta. Karena percaya Slamet menyerahkan uangnya yang kemudian dimasukkan ke kotak uang milik Sukirman. Setelah ditunggu sehari, bukannya bertambah banyak, uang milik Slamet justru hilang. Akibatnya dia melaporkan Sukirman ke Polsek Cilacap selatan yang kemudian melakukan penangkapan. (G21-20)

Pelatihan Jamur Pemuda Produktif

AJIBARANG- Selama empat hari SKB Ajibarang mengadakan pelatihan Budidaya Jamur Merang bagi calon warga belajar kelompok pemuda produktif. Diikuti 18 orang berasal dari Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang serta Windunegara dan Jambu Kecamatan Wangon.

Materi yang diberikan meliputi kebijakan dan prospektif agroindustri, teknik budidaya, pengendalian hama, panen dan pasca panen, dinamika kelompok dan praktik pembuatan jamur merang. ''Diharapkan mereka akan bisa berwirausaha karena peluang jamur merang masih terbuka,'' ungkap Kepala SKB Ajibarang Drs Slamet Sularto. (P52-20)

  • Sekilas Ekonomi

Laba Bersih Inco Naik 165%

JAKARTA-PT International Nickel Indonesia (Inco) membukukan laba bersih 65 juta dolar AS selama 9 bulan pertama tahun 2003 atau naik 165% dari sebelumnya. President and Chief Executive Officer, Bing Tobing, mengatakan hal itu disebabkan oleh rekor tingkat produksi triwulanan sebesar 19.500 ton (43,1 juta pon) nikel dalam matte dengan memaksimumkan tonase yang diolah di pabrik pengolahan perseroan.

"Melalui perbaikan praktik-praktik penambangan dan pencampuran, kadar bijih pada triwulan tersebut meningkat menjadi 1,88% atau jauh di atas target kami pada semester kedua sebesar 1,77%," tuturnya.

Pihaknya memperkirakan dapat memproduksi sekitar 150 juta pon nikel dalam matte pada tahun 2003 atau 10 juta pon lebih tinggi dari rencana semula. Pada saat yang sama hasil-hasil yang diperoleh terus membaik akibat harga nikel menguat. (ant-53)

Permintaan Minyak Diprediksi Anjlok

JAKARTA-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro memperkirakan permintaan minyak dunia pada kuartal kedua tahun 2004 akan anjlok hingga 2 juta barel/hari. Hal itu terjadi karena kebutuhan minyak dunia yang menurun seiring dengan datangnya musim semi. Namun, pada kuartal ketiga permintaan tersebut diperkirakan kembali normal.

"Diperkirakan permintaan minyak akan anjlok sebesar 2 juta barel/hari pada saat musim semi. Saat itu fundamental melemah," tutur dia di Kantor Pusat PLN Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, kemarin.

Sementara itu untuk harga minyak di masa mendatang dia menegaskan secara fundamental terlihat lemah. Hal itu karena produksi Rusia dan Irak yang tinggi sehingga menyebabkan terjadi kelebihan penawaran.(dtc-53)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA