logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Selasa, 15 Juli 2003 
Line

  • Aneka Warta

Bonnie Rollies Meninggal Dunia

BANDUNG - Tidak ada seorang pun yang bisa menghindar dari kematian bila saatnya telah tiba. Akibat stroke yang berkepanjangan, Raden Bonnie Nurdaya atau lebih akrab disapa dengan sebutan Bonnie Rollies, menghembuskan napas terakhirnya di Bandung pada Minggu (13/7) pukul 04.30 WIB. Jenazahnya pun telah dimakamkan di pemakaman keluarga Cibarunyi, Sarijadi, Bandung.

Gitaris dan vokalis grup musik legendaris The Rollies itu sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Bungsu Jl Veteran, Bandung karena serangan stroke. Namun, pria kelahiran Tasikmalaya 1 November 1948 itu tak tertolong lagi.

Sejumlah musisi Indonesia pernah menggelar sebuah acara amal sebagai bentuk kepeduliannya pada sang legendaris. Dalam acara yang diberi tajuk Malam Dana untuk Bonnie Rollies pada 4 Oktober 2000, tercatat sekitar Rp 116.936.600 terkumpul, dan dana tersebut langsung disumbangkan untuk biaya pengobatan Bonnie.

Kepergian Bonnie merupakan duka bagi insan seni Indonesia, terutama tentu saja kelompok The Rollies. Terlebih lagi rekan lamanya, Gito Rollies, yang tidak bisa menyembunyikan kesedihannya.

Bonnie bergabung dengan The Rollies sejak tahun 1970 sebagai gitaris utama sekaligus vokalis. Ketika itu, grup tersebut sudah cenderung memainkan lagu-lagu jazz rock, antara lain milik grup AS, Chicago. (29k)

Jumlah Peliput Pilgub Dibatasi

SURABAYA-Sekretariat DPRD (Setwan) Jatim dan panlihgub membatasi jumlah wartawan peliput langsung dari ruang rapat paripurna Dewan. Alasannya, tempat terbatas. Padahal, tokoh dan pejabat yang diundang sangat banyak. "Ini ketentuan, jadi mohon dipahami," kata Kabag Perundang-undangan dan Humas Setwan DPRD Jatim Harti'in, Senin (14/7) siang.

Yang diizinkan meliput langsung adalah wartawan lokal yang ngepos di Dewan, wartawan di Dewan telah disahkan dengan SK gubernur, dan wartawan yang Jumat (11/7) mengikuti jumpa pers persiapan pilgub. Jumlahnya 58 orang, terdiri atas wartawan media cetak dan elektronik. (G14-13i)

  • Seputar Tugumuda

Pengobatan Gratis Bioenergi

PUSAT Pelatihan dan Penyembuhan Alami Bioenergi Jl Singosari Raya 11-A telepon 8446035 akan mengadakan pengobatan gratis Rabu-Kamis (16-17/7), pelatihan dan penyembuhan bioenergi Minggu (20/7) pukul 08.00-16.00 di kantor Jl Singosari Raya 11 (depan BPLP/PIP). Kegiatan itu akan dipandu oleh Syaiful M Maghsri MPH.(C22-45)

Lomba Modern Dance

DALAM rangka Dies Natalis USM Ke-16 akan diadakan Lomba Modern Dance tingkat umum Se-Kota Semarang, 27 Juli di kampus tersebut Jl Soekarno Hatta, Tlogosari. Pendaftaran 3 - 24 Juli di Jl Atmodirono 11. Tiap kelompok terdiri atas 5 - 8 orang, dengan biaya pendaftaran Rp 50 ribu. Keterangan lebih lanjut pada Danik (08156566512), Anita (6731321, setelah pukul 18.00) dan Ririn (08156631377).(B15-71)

Perubahan Tempat Pendaftaran DIII

TEMPAT pendaftaran mahasiswa baru Program Diploma III Fakultas Ekonomi Undip (Jurusan Akuntansi, Perpajakan dan Manajemen Perkantoran/Kesekretariatan) mulai Senin (14/7) dipindah di Fakultas Ekonomi Jl Erlangga Tengah 17 Semarang. Pendaftaran dilaksanakan hingga 17 Juli dan tes pada Kamis (24/7). Informasi lebih lanjut pada Erna telp (024) 8440841.(B15-71)

Seminar Studi Theosofi

SANGGAR Wijayakusuma akan menyelenggarakan Seminar Studi Theosofi Etika Kesiswaan di Jalan Lintas Kekudusan (studi ke-2), 19 Juli di Pusdiklat BKK JL Supriyadi 37. Seminar akan diadakan tiap dua bulan sebanyak delapan kali dengan pembicara Ir Andi Wibowo. Informasi pada Mini (8310866), Conny (8449842) dan Nina (8415215).(B15-71)

Dr Kuntoro di BUMN Community

MEMBER Gathering BUMN Community, Selasa (22/7), di Kafe Segara, Hotel Graha Santika menghadirkan Dr Kuntoro Mangkusubroto, mantan Menteri Pertambangan dan Energi. Tema yang akan dibahas, ''Mengelola dan Mengatasi Masalah di BUMN.'' Acara ini dikemas oleh TOP In Production, telepon (024) 8445789, dipandu Ketua Inkindo Jateng Ir Dhodit LA Wardhana, MM. (C19-73)

Pembayaran Rekening Listrik

MASA pembayaran rekening listrik untuk pelanggan PT Area Pelayanan (AP) Semarang, menurut Manajer Area, Ferdinand Siahaan, mengalami perubahan yakni masa pembayaran di payment point setiap bulan dilayani tanggal 10-25. Apabila tanggal tersebut jatuh pada hari libur, masa pembayaran diundur sampai dengan hari kerja berikutnya. Sedangkan pembayaran setelah tanggal jatuh tempo akan dilayani di loket kantor PT PLN unit setempat dan akan dikenakan biaya keterlambatan sesuai ketentuan. Ketentuan ini mulai pembayaran Juli 2003.(C28-63)

Seminar Aspek Psikospiritual Haji

LEMBAGA Kajian dan Penerapan Nilai-nilai Islam (LKPNI) Unissula bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Tasawuf (Lembkota) dan Yayasan Robbabal Aulad, akan mengadakan seminar haji bertema ''Aspek Psikospiritual Ibadah Haji'', Sabtu (19/7) pukul 08.00 di kampus Jl Raya Kaligawe Km 4, dengan pembicara Drs H Muchtar Hadi MAg, Dr dr HM Rofiq Anwar SpPA, Prof Dr HM Amin Syukur MA, dan Dra Psi Hj Retno Anggraini KE. (C25-45)

Pengajian di Kelurahan Dadapsari

WARGA Dadapsari Kecamatan Semarang Utara akan mengadakan pengajian bulanan, Selasa (15/7) mulai pukul 19.30 di balai kelurahan Jl Kakap 72. Menurut Ketua Pengajian Drs Nurul Yaqin SH MHum, sebagai pembicara acara itu Ka Bintaldam IV/Diponegoro Letkol TNI Afroni Satar SH. Kaum muslimin dan muslimat diharapkan hadir dalam acara itu. (C25-45)

Lomba di McDonald`s Java Supermal

MCDONALD'S Java Supermal akan mengadakan berbagai lomba yang dapat diikuti semua pelanggan. Di antaranya loma mewarnai, katagori A (usia 3 - 5 tahun), B (6-9). Lomba tersebut hasilnya dikumpulkan paling lambat Rabu (16/7). Lomba busana sekolah katagori A (playgroup-TK), B (SD kelas 1-4) Minggu (27/7) pukul 09.00. Keterangan hubungi 8410024/ 8410025. (beng-45)

Pendaftaran D III Fakultas Sastra

PENDAFTARAN program Diploma III Fakultas Sastra Undip diperpanjang hingga Sabtu (19/7). Yakni program Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Perpustakaan dan Informasi, serta Kearsipan. Pendaftaran ke TU fakultas Jl Hayam Wuruk No.4 telp (024) 8311444. Hubungi tempat pendaftaran.(D4)

  • Jajah Desa Milang Kori

Salah Paham, Tetangga Dibacok

SEMARANG TIMUR- Diduga karena salah paham, Pujianto (25) warga RT 5 RW 11, Delikrejo dibacok tetangganya sendiri, Surono (16) hingga luka parah di kepala dan tangan kirinya.

Meski pelaku telah diketahui, namun korban belum melaporkan kejadian itu ke polisi karena masih berupaya menempuh jalan damai. Menurut keterangan, korban yang sehari-hari bekerja sebagai tukang parkir di kawasan Simpanglima dibacok di Jl Kaba Raya saat hendak berangkat kerja. Tersangka mengaku dendam kepada Pujianto karena Minggu (13/7), dia dikata-katai dengan kasar oleh korban. Sebaliknya, Pujianto membantah telah mengata-ngatai tetangganya itu.(G3-71)

Pencuri VCD Dimassa

PEDURUNGAN- Seorang pencuri Senin (14/7) sekitar pukul 12.00 tertangkap massa saat mencuri VCD player dan beberapa potong pakaian di rumah Hadi Darsono (40), warga RT 3 RW 5 Pedurungan Lor yang ditempati kerabatnya, Sucipto (21). Saat kejadian Hadi sedang berada di Jakarta. Akibat luka parah yang dideritanya, pencuri naas itu pingsan. Saat ini dia masih dirawat di RS Bhayangkara dalam keadaan tak sadarkan diri. Tersangka yang berumur sekitar 30 tahun itu tak membawa satu pun kartu identitas.(G3-71)

Pekan Panutan Bayar PBB

DEMAK - Bupati Dra Hj Endang Setyaningdyah, Rabu (16/7) pukul 08.00, akan membuka pekan panutan pelunasan pajak PBB 2003, dan sosialisasi pajak lainnya di halaman Makodim 0716 Demak.

Kegiatan itu mengundang para camat, anggota DPRD, masyarakat, LSM dan tokoh masyarakat. Ymt Kabag Inkom Setda Dra Endah Cahyarini menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka memotivasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat sebagai wajib pajak guna membayar pajak. Seperti diketahui, target pajak PBB 2003 Rp 6,5 miliar, baru diperoleh Rp 2,5 miliar (38%). (F2-45)

Agustus, RSI Mulai Dibangun

GROBOGAN - Rumah Sakit Islam (RSI) di Jl Dr Sutomo Purwodadi Grobogan rencananya Agustus dibangun. Sebelum itu panitia akan menguruk lokasi dengan tanah padas. Sebab lokasinya lebih rendah dari jalan raya, sehingga kalau hujan dikhawatirkan akan menggenang.

Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf Umat Islam (YBWUI) Grobogan Dr H Muh Muhajir Syatibi SpA mengatakan, tanah RSI yang akan diuruk 5.000 m2 dengan dana swadaya sekitar Rp 82,5 juta. Setelah itu pekerjaan baru bisa dilaksanakan. (A23-45)

18 Guru Lolos Calon Kepsek

GROBOGAN - 18 guru SLTP dan SLTA di Grobogan dinyatakan lolos seleksi sebagai calon kepala sekolah (kepsek) baik SLTP maupun SLTA negeri di daerah itu. Dari jumlah tersebut rencananya hanya sembilan yang direkrut Pemkab untuk ditempatkan sebagai kepala sekolah yang kini kosong karena pensiun.

Kadiknas Grobogan Drs H Sri Mulyadi MM mengatakan, calon yang mengikuti seleksi tertulis 68 orang. Yaitu SLTP 51 orang, namun mundur empat orang dan SLTA 17 orang. Setelah diseleksi, 18 di antaranya dinyatakan layak. Dari jumlah itu, 10 dari guru SLTP dan delapan SLTA. (A23-45)

  • Langgam Surakarta

Univet KKN di Ketoprak Balekambang

SEBANYAK 16 mahasiswa jurusan Pendidikan Sastra Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Ketoprak Balekambang. Kegiatan di tobong yang dikelola Kerabat Kerja Seniman Muda Surakarta berlangsung 1,5 bulan mulai kemarin.

Kegiatan itu menurut dosen pembimbing, Drs Bambang Ikhwanto, sebagai persyaratan akhir kuliah sekaligus pengabdian masyarakat. Kehadiran mahasiswa KKN diterima pamong ketoprak, masing-masing Bambang Sugiarto dan Sri Wahjoedi. Keduanya memaparkan sejarah berdirinya ketoprak sejak 1990 dan kehidupan para seniman.(sri-17)

Lor In Tawarkan Masakan Unggas

KHUSUS hari Sabtu malam, Lor In menawarkan aneka macam masakan unggas untuk memanjakan para tamu hotel. Tak kurang dari 40 jenis masakan seperti old fashioned chicken liver pate, roasted duck forestiere, fried pigeon sven pieces, spicy duck wrapped with banana leave dan lainnya disajikan silih berganti. Berbagai masakan tersebut dapat dijumpai dan dinikmati di Restoran Sasono Bujono mulai pukul 18.00 - 22.30 WIB. (G11-17)

Pergelaran Musik Rites of Passage

SEBUAH kolaborasi musik tiga kelompok musik kenamaan, Geng Gong (Pimpinan Sawung Jabo), Kua Etnika (Djadug Ferianto), dan Sono Seni Ensamble (I Wayan Sadra), Kamis (17/7) besok akan digelar di Teater Arena Taman Budaya Surakarta (TBS). Pergelaran musik yang diberi nama Rites of Passage itu akan dimulai pulul 18.30 WIB. (G19-17)

  • Ojo Lali

Gito Tewas Gantung Diri

WONOGIRI-Gito Suwarno (55), warga Dusun Kendal, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, Senin (14/7) pagi pukul 06.00 ditemukan tewas gantung diri. Camat Girimarto Sutiyarno SM BA melaporkan, korban ditemukan saksi Seran dan Bagyo. Diduga keras, korban nekat gantung diri akibat putus asa karena itik peliharaannya banyak yang mati. Sebagai petani, dia memiliki sambilan beternak itik tapi gagal. (P27-81e)

Tambur Mengantar Juara

WONOGIRI-Tabuhan tambur drum band dari para pendukung mengantarkan tim voli Propas Kepoh Kabupaten Sukoharjo menjadi juara pertama kejuaraan bola voli Giri Asri Hormoviton Cup Ke IV. Tim yang diperkuat pemain asal DAMRI itu memetik kemenangan 3-1mengalahkan tim Jaten dalam final. Posisi ketiga dan keempat diduduki tim Pagriti dan Pokoh Kidul setelah bermain dengan skor 3-0. Ketua Panitia Kasen mengatakan, kejuaraan itu diikuti 24 klub. (P27-81e)

Dikalahkan Bumbung Kosong

WONOGIRI-Jago tunggal Suratmo (39) kalah melawan bumbung kosong dalam pemilihan Kepala Dusun (pilkadus) di Dusun Sumber Gayam Desa Genukharjo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Sebagai jago tunggal, Suratno dengan tanda gambar padi hanya mendapatkan dukungan 43 suara. Sedangkan bumbung kosong yang menjadi rivalnya, mendapatkan dukungan 76 suara. Pilkadus di Dusun Sumber Gayam, Desa Genukharjo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri dimenangkan Suparno bertanda gambar ketela dengan 83 suara dan rivalnya Sarudi yang tampil dengan tanda gambar padi hanya memperoleh dukungan 72 suara. (P27-81)

Ditemukan Tewas Gantung Diri

BOYOLALI - Paidi (60), penduduk Dukuh Mojo, Desa Wates, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jumat (11/7) pukul 08.30 ditemukan tewas menggantung di rumahnya. Saat ditemukan, sebagian wajahnya kebiru-biruan dan lidahnya menjulur keluar. Kali pertama yang mengetahui kejadian itu adalah anaknya Puji Rahayu (21) yang bermaksud ke dapur. Tindakan nekat tersebut dilakukan korban dengan mengikat lehernya menggunakan stagen yang dihubungkan pada blandar rumah. Korban sudah lama mengidap tumor.(shj-14e)

Bantuan Air Bersih untuk Lima Desa

BOYOLALI - Lima desa di Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali, sejak kemarin mulai mendapat bantuan air bersih. Setiap satu desa mendapat jatah dua tangki dengan kapasitas per tangki 5.000 liter. Air diambil dari sumber air Senjoyo, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Jika kemarau berkepanjangan, bantuan air akan lebih ditingkatkan.(shj-14e)

40 PNS Ikuti Diklatpim

SUKOHARJO - Sejumlah 40 PNS mengikuti Diklatpim di Hotel Pramesthi, Kartasura, belum lama ini. Dalam sambutannya, Bupati Bambang Riyanto SH mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap para PNS. Dengan demikian, mereka dapat melaksanakan tugas jabatan struktural eselon III secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika pegawai negeri sipil (PNS). ''Sekaligus menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaru dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa,'' paparnya. (G10-14n)

Tewas Tersengat Aliran Listrik

SUKOHARJO - Kaur Kesra Desa Mulur, Bendosari, Sapto Suparno tewas tersengat aliran listrik saat memasang umbul-umbul, kemarin. Saat itu korban bersama warga memasang lampu rontek menggunakan tiang bambu. Secara tak sengaja, ujung tiang bambu yang digunakan itu menyenggol kawat listrik. Akibatnya, korban yang memegang bambu itu tersetrum dan meninggal di rumah sakit. (G10-14n)

80 Guru SD Ikuti Diklat

SUKOHARJO -Sejumlah 80 orang guru SD pemandu pelajaran Bahasa Indonesia mengikuti diklat di gedung PSBR Sukoharjo hingga 26 Juli mendatang. Kepala Kantor Badan Kepegawaian Daerah Sukoharjo Drs Giyanto MM mengharapkan, para peserta dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan, wawasan, dan sikap di bidang Bahasa Indonesia. ''Sekaligus dapat meningkatkan profesionalisme guru serta meningkatkan pemahaman dalam mentransfer Bahasa Indonesia kepada anak didiknya.'' (G10-14n)

  • Lintas Pantura

Peringatan Hari Koperasi

BATANG - Di halaman Pendapa Kabupaten Batang kemarin dilaksanakan upacara peringatan Hari Koperasi dan Hari Keluarga Berencana tahun 2003. Selaku pembina upacara Wakil Bupati H Achfa Mahfudz yang sekaligus membacakan sambutan Menteri Negara Koperasi dan UKM H Ali Marwan Hanan.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati menyerahkan hadiah juara pertama pembinaan perkoperasian kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tersono Ny Her Susanto. Acara dilanjutkan dengan seminar ''Strategi Pengembangan Koperasi dan Usaha Kecil'' dengan pembicara Siti Nurhayati, dosen Unikal, dan moderator Isnanto. ''Kami berharap, para pengelola bisa mengembangkan koperasi dan usaha kecil untuk meningkatkan kesejahteraan anggota,'' ujar Kepala Kantor Koperasi H Sukirman.(ar-80e)

Seleksi Panwas Kecamatan

TEGAL - Meski baru akan dilantik pada Rabu (16/7) besok, Panwas Pemilu Kota Tegal tengah merampungkan tugas menyeleksi calon anggota Panwas Pemilu tingkat kecamatan. Tercatat ada 25 warga dari Kecamatan Tegal Timur, Tegal Barat, Tegal Selatan, dan Kecamatan Margadana mengikuti seleksi calon anggota. ''Mereka sudah mengikuti seleksi tertulis dan wawancara. Anggota Panwas Kecamatan ada tiga orang, satu diisi kapolsek dan dua dari tokoh masyarakat melalui seleksi,'' kata Ketua Panwas Pemilu Kota Tegal Mintardjo, kemarin.

Dia mengakui, meski belum dilantik oleh Panwas Pemilu Provinsi, sejak terpilih anggota Panwas Pemilu Kota Tegal sudah diminta mendaftar dan menyeleksi calon anggota Panwas Pemilu Kecamatan. Pengumuman hasil seleksi dilaksanakan setelah Panwas Pemilu Kota dilantik. (so-80e)

Bimbingan Teknis Budaya Kerja

SLAWI - Seratus delapan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Tegal, kemarin mengikuti bimbingan teknis pengembangan budaya kerja di Gedung Loka Bina Cipta Bappeda. Kabag Kepegawaian dan Organisasi Tedjo Kisworo mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan, sikap mental dan ketrampilan teknis profesionalisme pejabat. Selain itu, untuk memasyarakatkan program budaya kerja sebagai salah satu aspek dari pelaksanaan gerakan disiplin nasional. (G12-80)

  • Lereng Merapi

Program PPK Akta Kelahiran

KEBUMEN - Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kebumen terus meningkatkan kualitas pelayanan. Hal itu antara lain dilakukan dengan penyuluhan dan pos pelayanan keliling (PPK) di kecamatan dan desa serta program pembuatan akta kelahiran satu hari jadi.

Kepala Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil HM Munhamir SSos menyebutkan, pada 2003 program tersebut dilaksanakan di dua kecamatan, yakni di Adimulyo (12 desa) dan Kuwarasan (18 desa). Di Adimulyo dilaksanakan pada April-Mei dan pada Juni-Agustus dilaksanakan di Kuwarasan.(B3-42e)

Yaphi Pindah ke Gang Bogowonto

KEBUMEN-Pusat Pelayanan Hukum Masyarakat Yayasan Pengabdian Hukum Indonesia (PPHM Yaphi) Cabang Kebumen yang beralamat di Gang Kerkop 53 Mertokondo, mulai 8 Juli lalu pindah alamat ke Jl Pahlawan Gang Bogowonto No 2A Kutosari Kebumen (0287-382078). Pengacara St Bagus Triyoga AP SH menyebutkan, berita ini sekaligus pemberitahuan kepada mitra jaringan kerja.(B3-42e)

Pemindahan Karyawan Disorot

PURWOREJO-Pemindahan pegawai RSU Purwodadi, Purworejo menjadi bahan perbincangan para anggota Dewan, kemarin. Budi Utomo dipindahkan ke Puskesmas Ngombol mulai 1 Juli sedangkan Sri Hartati dikabarkan akan dipindah ke Poliklinik Pemkab.

Hal itu sempat menjadi pergunjingan Dewan karena tersebar isu pemindahan tersebut berkaitan dengan tindakan dua orang itu melaporkan soal pembukuan keuangan di tempat kerjanya. Kepala TU RS Purwodadi Eko Susanto tidak bersedia memberikan komentar. Sementara seorang karyawati setempat kemarin menyatakan itu hanya isu.

Kalau benar pemindahannya karena dua orang itu melaporkan borok di tempat kerjanya, beberapa wakil rakyat sangat menyesalkan sebab akan menjadi preseden buruk di Purworejo. Bawahan akan menjadi takut melaporkan kesalahan atasannya. (yon-81)

486 Pegawai Disumpah

PURWOREJO-Bupati H Marsaid SH MSi mengambil sumpah dan janji 486 pegawai negeri di jajaran Setda, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan, kemarin. Yang diambil sumpah adalah para pegawai korban likuidasi dan mutasi.

Marsaid dalam kesempatan itu mengingatkan pegawai negeri wajib memiliki kemampuan profesional. Mereka dituntut meningkatkan kualitas dalam melaksanakan peran-perannya. Selain itu dalam melaksanakan tugas negara, pemerintah dan pembangunan harus netral.

Maksudnya, pegawai harus bisa menjaga jarak yang sama dengan semua komponen yang mungkin terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.

"Sangat tidak bisa diterima dengan akal apabila dalam benak pegawai lebih cenderung dipengaruhi golongan atau partai tertentu," tandasnya. (yon-81)

Menteri Pertanian di Temanggung

TEMANGGUNG-Menurut rencana, Menteri Pertanian Bungaran Saragih akan melakukan panen kopi Arabika Kate di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Temanggung. Menurut Kabag Humas Pemkab Temanggung, Bekti Priyono, dalam kegiatan itu menteri juga akan melakukan dialog dengan petani selama sekitar dua jam. (nt-81)

Pesantren Kilat Pelajar Ditutup

TEMANGGUNG-Pesantren kilat tingkat pelajar se-Kabupaten Temanggung yang dipusatkan di Madrasah Aliah Negeri (MAN), baru-baru ini berakhir.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari dan diikuti 178 pelajar SD/MI, SLTP/MTs, dan SMU/MA itu diisi berbagai ilmu agama, termasuk manasik haji. Tujuannya untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan sekaligus memperluas ilmu agama. (nt-81)

UGM Gelar Diklat Penelitian

YOGYAKARTA - Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) UGM Yogyakarta selama empat hari, 17-20 Juli, akan menggelar diklat Metodologi Penelitian tingkat nasional di Asrama Haji DIY Jl Ringroad Utara, Yogyakarta. Peserta adalah utusan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia. Namun, acara tersebut bukan merupakan pertemuan BEM.

Ketua Panitia Pelaksana Nomo Ariawan mengatakan, diklat yang merupakan program kerja bidang penelitian ini akan mengundang para pakar seperti Prof Dr Edhi Martono, Prof Dr Zaenal Bachruddin, Prof Dr Umar Anggoro Jenie MSc, Prof Dr Ahmad Mursyidi, Prof Dr Sri Kadarsih Soeyono, Prof Dr Mubyarto, Dr Koentjoro, Dr Chairil Anwar, dan Dr Ir SM Widiastuti. (P12-42n)

Seminar Pengembangan Pangan

YOGYAKARTA-Beberapa industri pangan di Indonesia menjalin kerja sama pengembangan produk dengan para peneliti, baik perorangan maupun institusional. Kerja sama itu diharapkan semakin berkembang dan membudaya pada masa datang seperti di negara-negara maju.

Berkaitan dengan hal itu akan diselenggarakan seminar nasional "Peranan Industri dalam Pengembangan Produk Pangan di Indonesia" pada 22 Juli di Gedung Sabha Pramana Lantai I UGM. Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) dan Fakultas Teknologi Pertanian UGM serta Fakultas Teknologi Pertanian Unwama.

Pembicara seminar antara lain Dirjen IKAH/Dirjen POM, F Welirang (PT ISM Bogasari Flour Mills), Prof Dr HD Isengard (University of Hohenheim, Stuttgart, Germany), Prof Dr Conrad Perera (National University of Singapore), dan lain-lain.(P12-42e)

Unsiq Dampingi Opak Singkong

WONOSOBO- Lembaga Penelitian Penerbitan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Universitas Sains Al Quran (Unsiq) Jateng di Wonosobo melakukan pendampingan Usaha Kecil Menengah (UKM) Opak Singkong di Kelurahan Kalibeber, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo.

Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Elis Suyono dalam rilisnya mengatakan program ini merupakan kerja sama antara Unsiq dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng.

Dijelaskan, kegiatan pendampingan ini sebagai bentuk pengabdian lembaga kepada masyarakat sekaligus merupakan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi yang ketiga. Kegiatan ini berlangsung selama 7 bulan, melibatkan dua dosen pembimbing, dan empat mahasiswa pendamping.(C26-42)

  • Eling - Eling

75 Pejabat Dilantik

PURBALINGGA- Sebanyak 75 pejabat di lingkungan Pemkab Purbalingga dilantik Bupati Drs H Triyono Budi Sasongko MSi, baru-baru ini. Pejabat yang dilantik terdiri dari 19 pejabat struktural eselon III dan 56 pejabat struktural eselon IV, termasuk di dalamnya kepala Puskesmas Rembang yang seharusnya ikut dilantik pada 21 September 2002. Di antara 19 pejabat eselon III yang dilantik, 6 di antaranya mendapat promosi, dan selebihnya hanya bergeser tempat. Sedangkan 56 pejabat eselon IV yang dilantik, 33 di antaranya adalah staf yang mendapat promosi dan selebihnya hanya bergeser tempat.(F10-17)

Mahful, Ketua Aptisi Jateng

BANYUMAS - Drs Mahful MPd, Rektor UPS Tegal, terpilih menjadi Ketua Umum Pimpinan PTS dan Ketua Yayasan Komisariat III Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) wilayah VI Jawa Tengah periode 2003-2007. Pemilihan dilakukan di Aula AK Universitas Muhammadiyah Purwokwerto, Sabtu lalu, dan dihadiri 55 pimpinan PTS dan Ketua Yayasan di Wwilayah Komisariat III APTISI Jateng. Drs Mahful MPd menggantikan ketua sebelumnya, Drs Yoyok Tarunawijaya. (ms-17)

Porseni PTS Berjalan Sukses

BANYUMAS - Porseni Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VI Jateng berjalan sukses. Acara yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto itu berlangsung dari 12 - 13 Juli 2003. Rayon II akhirnya keluar sebagai juara umum disusul Rayon I dan III. (ms-17)

Seminar Alam Gaib PKS

PURWOKERTO-Seminar alam gaib, yang diadakan DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dihadiri ribuan orang dari Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, Tegal, Wonosobo dan Kebumen, Minggu lalu. Pada acara itu tampil pembicara Ustadz Fadlan Abu yasir Lc dari Ponpes terpadu Al Hikmah dan KH Dr Zuhrul Anam, pimpinan Ponpes Attujih Al Islami dan juga Ketua DPC PPP. Pada kegiatan itu, diadakan praktik terapi ruqyah secara syar'i yang dipimpin oleh Ustadz Fadlan. Pesertanya adalah orang yang terkena gangguan jin. Dengan terapi itu diharapkan terbebas dari gangguan jin. Bagi yang berminat bisa datang ke Sekretariat DPD PKS di Jl Hoopan 02, Purwokerto. (bd-17)

  • Sekilas Ekonomi

Hanya 209 Koperasi yang Sehat

MALANG- Dari 432 koperasi di Kabupaten Malang, hanya 209 yang masuk kategori sehat dan stabil perkembangannya. Sisanya masih melakukan konsolidasi kelembagaan dan usaha serta berstatus rehabilitasi yang perlu pembinaan dan penataan.

Khusus koperasi berstatus rehabilitasi hanya ada dua pilihan, dimerger atau dilikuidasi. Persentase yang dilikuidasi hanya 10%-15%, tetapi sudah berjalan. Koperasi bersangkutan diminta menyerahkan badan hukumnya ke Dinas Koperasi.

"Nanti badan hukum itu akan dialihkan ke koperasi lain yang lebih siap dengan sarana pendukung, kelembagaan, dan usaha yang jelas," ungkap Kepala Dinas Syakur Kullu, Jumat lalu.

Koperasi yang kena likuidasi diminta membuat berita acara pembubarannya. Alasan pembubaran, karena dua tahun berturut-turut tidak menunjukkan kegiatannya.(jo-53j)

Transaksi Visa Naik 26%

JAKARTA-Visa berhasil menaikkan nilai transaksi pembayaran 26% dalam tiga bulan pertama tahun 2003 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu senilai 900 juta dolar AS. Country Manager Visa Indonesia, Ellyana C Fuad, mengatakan jumlah kartu yang beredar sampai akhir Maret lalu mencapai 5,6 juta atau naik 9% dari periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan itu menunjukkan masyarakat Indonesia mulai merasakan manfaat menggunakan kartu kredit. Berdasarkan hal itu Visa akan terus meningkatkan nilai tambah bagi pengguna kartu kreditnya. Masyarakat Indonesia juga mulai percaya mengganti alat pembayaran tunai dengan kartu debit dan kredit, apalagi ditunjang oleh kondisi ekonomi yang membaik.

Pada akhir Maret 2003 jumlah transaksi dengan kartu kredit mencapai 10 juta dolar AS atau meningkat 22% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, sedangkan Visa Electron (debit) meningkat 6% atau senilai 10 juta dolar AS. (ant-82)

  • Lintas Arena

Bulutangkis Kapolres Cup II

KLATEN - Dalam rangkaian peringatan Hari Bhayangkara, Polres Klaten akan mengadakan kejuaraan bulutangkis Kapolres Cup II di Gedung Supra Kelurahan Klaten Tengah, Klaten, 20-31 Juli ini. Peserta adalah ganda dengan jumlah umur kedua pemain minimal 80 tahun, terbuka bagi warga yang mempunyai KTP Klaten minimal enam bulan sebelumnya. Panitia menyediakan hadiah piala, piagam, raket, dan uang pembinaan. Juara pertama akan mendapat hadiah Rp 1,5 juta, kedua Rp 800.000, dan ketiga Rp 500.000. Ketua Panitia Iptu Barozi mengatakan, pendaftaran dibuka sejak 23 Juni lalu dan ditutup pada 18 Juli mendatang. Temu teknik akan dilaksanakan pada 18 Juli di Gedung Supra pukul 19.00. Peserta bisa mendaftar di Toko Rapi dan Toko Rejeki Jl Pemuda Klaten dengan membayar biaya pendaftaran Rp 25.000. (F5-57e)

Jateng Hanya Raih Perunggu

SAMARINDA - Kontingen Jateng hanya meraih satu perunggu pada Kejurnas Gulat dan Pra-PON lewat Iskandar pada kelas 60kg gaya Grego Romawi. Emas dan perak nomor ini diraih Deki Zulkifli (Kaltim) dan Supri Edi (Jatim). Sementara ambisi tuan rumah Kalimantan Timur untuk merebut Piala Presiden untuk ketiga kalinya tercapai setelah meraih meraih tujuh medali emas, tiga perak dan dua perunggu. Dilaporkan di Samarinda, Senin, kontingen Jatim berada di tempat kedua setelah meraih enam emas, empat perak dan dua perunggu dan posisi ketiga ditempati oleh Kalsel yang berhasil mendulang masing tiga emas, perak dan perunggu. Keberhasilan Kaltim meraih juara umum sekaligus merebut Piala Bergilir Presiden Megawati Soekarnoputri sebagai piala tetap karena berutut-turut hingga tiga kali menjadi juara umum. (ant-57)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA