logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Kamis, 10 Juli 2003 
Line

  • Aneka Warta

Dirut Perhutani Diperiksa 8 Jam

JAKARTA-Dirut Perhutani Marsanto diperiksa penyidik Mabes Polri selama 8 jam dalam kasus korupsi Rp 43,3 miliar. Dia diperiksa sebagai saksi. Namun ada kabar, Marsanto akan dijadikan tersangka. Selain Marsanto, juga ikut diperiksa sebagai saksi Direktur Keuangan Bambang Supriyanto, Mantan Kadiv Perkantoran dan Perlengkapan Perhutani Bambang Sunarto, dan Direktur Pemasaran Baginda Sitanggang.

Mereka diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Kadiv Perencanaan dan Pengembangan Bambang Aji dan salah seorang personel Avindo Akbar. Mereka diperiksa sejak pukul 11.00 WIB dan baru keluar dari ruang pemeriksaan sekitar pukul 19.30 WIB, Rabu (9/7). Seusai diperiksa, ketika ditanya wartawan, Marsanto menolak berkomentar.

Kuasa hukumnya, David ML Tobing membenarkan kliennya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bambang Aji dan Akbar. Kedua tersangka kini ditahan di Mabes Polri. Dia belum bisa memastikan, apakah pemeriksaan kliennya akan berlanjut atau tidak. Soalnya kasus ini masih dalam proses.

Untuk diketahui, kasus ini mendapat perhatian dari Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Walhi. Dalam konferensi pers beberapa waktu lalu, mereka mempertanyakan budgeting proyek corporate image sebesar Rp 43,4 miliar, sementara dana reboisasi di Jawa hanya sebesar Rp 58 miliar. (dtc-64)

Ali Marwan Anggap Persoalan Selesai

YOGYAKARTA-Ketua DPP PPP Ali Marwan Hanan mengatakan tidak ada kelanjutan atas aksi pemukulan terhadap dirinya. ''Sudah selesai, itu urusan intern partai dan tidak ada lapor-melapor ke polisi,'' ujarnya kemarin (9/7) di Bantul. Hal itu dikatakan Ali Marwan kepada wartawan ketika selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) ketika mendampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ir Purnomo Yusgiantoro pada acara pemberian bantuan pembinaan usaha kecil dan koperasi (PUKK).

Ali Marwan Hanan tidak mau memberikan komentar lebih lanjut atas insiden yang terjadi pada rapat DPP PPP di rumah Wakil Presiden Hamzah Haz di Jakarta kemarin (8/7). ''Nggak usah dibesar-besarkanlah,'' ujarnya sambil berlalu menuju bus rombongan. Dia dipukul salah seorang fungsionaris partainya karena dianggap menghambat penempatan pada posisi Wakil Ketua Bidang Litbang. (P58-64)

  • Seputar Tugumuda

Pengajian Tasawuf dan Pembersihan Hati

PERTEMUANpengurus pengajian Masjid Baiturrahman Simpanglima, Jumat (11/7) pukul 14.00 mengadakan pengajian tasawuf dalam proses pembersihan hati yang disampaikan Prof Dr Amin Sykur. Esoknya (12/7) pukul 12.30 di tempat yang sama dilanjutkan pengajian akbar dengan pembicara Ny Hj Lutfiah Sungkar bertajuk : mengatasi konflik menuju keluarga sakinah. Acara dilanjutkan shalat Ashar bersama.(E1-76)

Pengarahan Akta IV Unissula

PESERTA Program Akta IV Angkatan IX Unissula akan menerima pengarahan Jumat besok (11/7) jam 13.00 di lantai III gedung Fakultas Agama Islam, Jl Raya Kaligawe Km 4. Menurut Ketua Program Drs M Muhtar Arifin Sholeh MLib, masih dibuka pendaftaran bagi peminat hingga hari ini, melalui telepon 6583584 pesawat 414. (C10-76)

Sabtu, Macapatan Swagotra

KELUARGA besar Swagotra Budaya Jateng, Sabtu (12/7), mulai pukul 19.30 menyelenggarakan macapatan di kediaman Ki Sunardi Timbul Wacana, Lamper Tengah X/39 (selatan jembatan Kabluk Timur). Ketua Yayasan Drs Setyadji menjelaskan, macapatan dilanjutkan upacara nebus kembarmayang. Peminat hubungi Sekretariat Jl Singa III/4 telepon 6711288 atau Ki Slamet Sucipto, Ketileng Indah Raya Blok K/54-A Hp 081325733089. (C2-63)

Tes IELTS International

IDPEducation Australia Semarang kembali akan mengadakan test IELTS international pada tanggal 26 Juli 2003. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 22 Juli 2003. Keterangan lain bisa menghubungi kantor IDP Education Australia Semarang, di Gajahmada Plaza Blok C 20-21 Simpanglima telepon 024-8317961.(E1-76)

Seminar Kerja sama Dokter-Farmasis

BADAN Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) akan mengadakan seminar nasional bertajuk : Kesiapan Kerja Sama Dokter-Farmasis Menuju Patient Oriented dalam Era Pharmaceutical Care pada 20-21 Juli 2003 di kampus Unwahas Jl Menoreh Tengah X/22 Semarang. PR III Dr Can Ir Nugroho W Dipl WRD M Eng menjelaskan, selain seminar juga diadakan Konferensi Ikatan Mahasiswa Farmasi se Jateng dan DI Yogyakarta. Keterangan lain bisa menghubungi kampus tersebut telepon 024-8505681.(E1-76)

Dialog Pimpinan Perguruan Tinggi

PARA pimpinan perguruan tinggi di Jawa Tengah baik negeri maupun swasta baik rektor, ketua, maupun direktur hari ini Kamis (10/7) pukul 14.30-16.30 akan mengikuti dialog interaktif dengan Dirjen Pendidikan Tinggi Prof Dr Ir Sumantri Satrio Brojonegoro di Balai Merapi, komplek PRPP. Rektor IKIP PGRI Semarang Drs Sulistiyo MPd menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan panitia Kongres PGRI Ke-19 tahun 2003. Ia yang juga sekretaris panitia kongres menambahkan, topik dialog adalah pengembangan perguruan tinggi dalam peningkatan mutu pendidikan pada era globalisasi. Pemberitaan ini sekaligus sebagai undangan untuk para pimpinan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.(E1-76)

Fit Up Fun Bike 2003

DALAM rangka HUT Ke-58 RI, MC Productions Event Organizer dan Konimex menyelenggarakan sepeda santai Fit Up Fun Bike 2003, Minggu (10/8). Hadiah diantaranya sepeda motor, TV, dan almari es. Keterangan lain hubungi sekretariat Jalan Supriyadi B 18 (ruko) atau telepon 6711529. (D18-76)

  • Jajah Desa Milang Kori

Lelaki Meninggal di Tepi Jalan

SEMARANG TIMUR- Mohammad Hasan (54) warga RT 4 RW 9 Medoho Asri, Sambirejo, Gayamsari, Rabu (9/7) pukul 12.30 ditemukan meninggal di depan sebuah gudang plastik di tepi Jl Unta Raya. Kematian lelaki lumpuh yang menurut warga sekitar hidup menggelandang itu, diperkirakan karena sakit. Jenazah korban ditemukan kali pertama oleh Kusmin (41) dan Mustofa (28), pemulung yang tinggal di seberang gudang plastik. Menurut Kusmin, korban sudah tiga minggu ini tinggal di gubuk kecil depan gudang plastik. ''Dia tidak bisa kemana-mana karena kakinya lumpuh,'' kata Kusmin. Lantaran kasihan, keduanya dan warga setiap hari memberikan makan dan minum kepada Hasan.(G3-71)

Gadaikan BPKB Diganjar 11 Bulan

SEMARANG - Gara-gara menggadaikan BPKB milik orang lain, Sri Hartono (33), warga Penggaron Kidul, Pedurungan, akhirnya dijatuhi hukuman 11 bulan dalam persidangan yang digelar Pengadilan Negeri Semarang, Rabu (9/7). Sri Hartono menggadaikan mobil Mitsubhisi Jet Star tahun 1989, warna merah AA-7007-KD milik Nanik. Sri terbukti melakukan penggelapan sebagaimana diatur dalam pasal 372 KUHP. Putusan hakim tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa yang menuntutnya dengan hukuman pidana penjara selama satu tahun.(ars-71)

Membedah ''Sex and the City''

SALATIGA- Acara LA Lights Presents: Gaul in Campus 2 digelar di Balairung UKSW, Kamis (10/7), mulai pukul 19.00. Acara diisi bedah buku ''Jakarta Undercover: Sex and the City'' karya Muammar Emka. Buku tersebut mengulas kehidupan malam kota Jakarta dan kota besar lain di Indonesia.

Tampil sebagai pembicara Muammar Emka, artis Cornelia Agatha, Budayawan Romo Shindunata dan Yulius dari Galang Press. Acara juga dimeriahkan pentas musik Mitra Band dari Semarang. Menurut Imam Raharjo dari DAS Communication, kegiatan tersebut dimaksudkan agar kalangan akademis mengetahui dan memahami sisi kehidupan malam di kota-kota besar. (B7-63)

Haji Grobogan 430 Orang

GROBOGAN- Jumlah pendaftar haji di Kantor Depag Grobogan sampai kemarin tercatat 430 orang. Kasi Urusan Haji Muchib Mustaqim S Ag mengatakan, pendaftar haji 2003 diperkirakan mencapai 500 orang lebih.Sebab, peminat dari Kecamatan Purwodadi, Ngaringan, Kradenan, Gubug, Godong, Wirosari dan lainnya banyak yang belum mendaftar. Pendaftaran akan ditutup 23 Juli. (A23-73)

Bupati Resmikan Jembatan

DEMAK- Bupati Dra Hj Endang Setyaningdyah, Kamis (10/7) pukul 10.00, akan meresmikan Jembatan Merah yang dibangun dengan anggaran APBD, di Kelurahan Mranak, Kecamatan Wonosalam. Pada peresmiannya ditandai pula penyerahan bantuan 230 zak semen yang dibagi untuk Desa Mranak, Trengguli, Mojodemak dan Botorejo. Sebelum dibangun lagi, jembatan tersebut kondisinya rusak. (F2-76)

Deklarasi PMII Cabang Demak

DEMAK Deklarasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Demak dan Demak Culture Dialoge bakal dilaksakan pada Minggu (13/7), bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Demak dengan tema ''Reinventing Demak Potention: Menggali Potensi Keluhuran Kota Wali''. Sebagai Pembicara, Prof Dr Abdul Jamil MA, Drs Ali Mufiz MPA, KH Nurul Huda MA, dan Nusron Wahid MM. (ars-73)

  • Langgam Surakarta

Gelar Wilujengan Dukutan

PANITA Pekan Raya Solo 2003, Senin (7/7) mengadakan Wilujengan Dhukutan di Sasana Sitihinggil. Wilujengan berupa pepak ageng, dimaksudkan agar hajatan yang diselenggarakan Citra Pamerindo, Keraton Surakarta Hadiningrat dan Pemkot Surakarta dapat berjalan sukses dan lancar. Rencananya acara itu akan dibuka Jumat (25/7) oleh Wali Kota Slamet Suryanto, dimeriahkan berbagai acara, antara lain kirab budaya, pesta kembang api, dan menghadirkan artis ibukota. (an-17)

Invitasi Bola Basket SMS

SEMANGAT Muda Surakarta (SMS) akan mengadakan invitasi bola basket Karesidenan Surakarta. Acara digelar mulai Senin, 14 Juli 2003 di Lapangan SLTP N 26 Surakarta Jl Kepatihan Kulon.(an-17)

Full Pertunjukan di Dies STSI

ANEKA pertunjukan akan digelar memperingati Dies Natalis Ke-39 STSI Surakarta, antara lain pentas barongan, konser kerawitan, pagelaran wayang purwa, pentas tari, ensambel musik, pentas reog ponorogo, ketoprak dengan lakon ngudhak sengkala, pameran seni rupa, dan campursari. Pertunjukan digelar di kompleks STSI mulai Minggu lalu sampai Rabu (16/7). Acara puncak diselenggarakan Rapat Senat Terbuka pada Selasa (15/7) dengan pidato ilmiah dari I Nyoman Chaya SKar MS tentang Menyimak Makna Tari.(an-17)

Terima Kasih Wali Kota

WALI Kota Surakarta H Slamet Suryanto berterima kasih atas suksesnya penyelenggaraan khitanan massal, pengobatan gratis dan pasar murah yang diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi Ke- 57 Pemkot serta menyongsong Hari Gerak PKK. Kegiatan itu terselenggara berkat dukungan berbagai pihak, mulai rumah sakit, perguruan tinggi, perusahaan, dan juga organisasi masyarakat serta media massa. ''Kami berterima kasih atas semua dukungan demi masyarakat Surakarta,'' kata dia, kemarin.(an-17)

Pengukuhan Prof Dr Suroto

PROF Dr dr H Suroto SpS(K) akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Kedokteran UNS. Dia akan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul Peran Patobiologi Molekuler pada Penanganan Stroke di Masa Depan dan Implikasinya pada Pendidikan Kedokteran. Pengukuhan berlangsung Sabtu (19/7) di Auditorium Kampus UNS.(F11- 17)

Pelatihan Administrasi Jarpuk

PUSAT Pengembangan Kewirausahaan LPM UNS belum lama ini menyelenggarakan pelatihan administrasi keuangan bagi jaringan perempuan usaha kecil (Jarpuk). Ketua Pelaksana, Dra LV Ratna Devi, menjelaskan kegiatan itu bertujuan agar dapat memahami fungsi laporan keuangan dalam rangka pemberdayaan perempuan usaha kecil.(F11-17)

  • Ojo Lali

IDI Adakan Khitanan Massal

WONOGIRI-Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bekerja sama dengan PT ICI yang memproduksi baterai ABC, Rabu (9/7) menggelar pelayanan gratis khitanan massal. Ketua IDI Wonogiri, dr H Sumarsono MKes MMR mengatakan, jumlah anak yang dikhitan sebanyak 227. Pelayanan khitan di lima distrik. Yakni di Purwantoro 82 anak, Jatisrono (33), Wuryantoro (31), Wonogiri dan Baturetno masing-masing 41 anak. Anak yang dikhitan memperoleh bingkisan sarung, kaos dan peci. ''Sebenarnya targetnya hanya 200 anak, tapi realisasinya 227 anak,'' katanya saat menunggui khitanan massal di Puskesmas I Wonogiri Kota.(P27-14)

Hari Ini KPU Sosialisasi Pemilu

WONOGIRI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri, Kamis (10/7) ini akan melakukan sosialisasi Undang-undang 12 Tahun 2003 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) anggota DPR, DPD dan DPRD. Sekretaris KPU Wonogiri, Drs Sumadi MM mengatakan, acara sosialisasi pemilu ini diharapkan dibuka Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi SH di pendapa kabupaten.(P27-14)

Pencuri Babak Belur Dimassa

WONOGIRI-Warto bin Sardi (42), tersangka pencuri yang babak belur diamuk massa, karena kepergok setelah masuk lewat atap rumah di Dusun Nguluwetan Kelurahan Praci, Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri (Suara Merdeka 9/7) mengaku pernah mencuri gabah tapi kasusnya tidak pernah terungkap. ''Dia yang mengaku sebagai warga asal Jerukwangi Desa Sambiharjo Kecamatan Paranggupito, itu bukan residivis, meski mengaku pernah mencuri gabah,'' kata Kaurbinops Satserse Polres Wonogiri, Iptu Suparmin.(P27-14)

Sekolah Favorit Jadi Incaran

BOYOLALI - Sekolah favorit di Kabupaten Boyolali menjadi incaran orang tua wali murid. Bahkan mereka rela bermalam untuk mendaftarkan putra-putrinya. SD Negeri Negeri 5 yang terletak di Jalan Garuda Boyolali menjadi sasaran. Menjelang dini hari para orang tua sudah mulai berdatangan untuk mendaftarkan anaknya.''Kalau saya tidak bermalam khawatir tidak bisa ikut mendaftar,''kata salah seorang ibu yang akan mendaftarkan putrinya. (shj-14)

Kunjungan Kerja Serap Aspirasi

BOYOLALI - Bupati Boyolali dr H Djaka Srijanta didampingi kepala dinas/jawatan kemarin melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kecamatan Teras. Dalam kunjungan kerja Bupati meminta kepada masyarakat untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Selain itu Bupati juga menyerap aspirasi dari masyarakat untuk ditindaklanjuti.(shj-14)

Ekspo Lingkungan Hidup

KARANGANYAR-Melalui ekspo lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup Karanganyar bermaksud menggugah kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup. ''Acara Ekspo lingkungan hidup untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang akan dilaksanakan 1-3 Agustus 2003 di gedung Wanita itu diharapkan menjadi media sosialisasi permasalahan dan kebijakan dalam pengelolaan lingkungan hidup.(G8-14)

  • Lintas Pantura

M Zahidin Bersaing dengan Istrinya

BATANG- Bertempat di Balai Desa Lebo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Senin lalu dilaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) yang seru. Sebab, M Zahidin HM dengan tanda gambar payung bertarung dengan istrinya, Sumiarsih (gentong). Kabag Pemerintahan Agung Prasetyo SH MM mengatakan, jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih di desa itu 2.983 orang, dan yang mencoblos 2.682 orang. Setelah penghitungan, M Zahidin (payung) memperoleh 2.340 suara, sedangkan 159 surat suara memilih gambar gentong (Ny Sumiarsih). ''Sementara itu, 126 surat suara rusak dan blangko 57 lembar. Selesai penghitungan itu, Zahidin langsung diusulkan kepada Bupati untuk ditetapkan menjadi kades dan sekaligus pelantikan.''(ar-34j)

Anggota PP Dilatih SAR

TEGAL- Dua puluh enam anggota Pemuda Pancasila (PP) Tegal, Brebes, dan Slawi mengikuti latihan Search and Rescue (SAR) laut dan gunung Sabtu-Rabu (5-9 Juli). Latihan lima hari ini dilaksanakan di bawah instruktur dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal dengan lokasi di perairan Tegal dan sekitar. Latihan Rabu kemarin resmi ditutup oleh Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (T) Bambang Wahyudi. Mereka yang telah mengikuti latihan diberikan sertifikat. Ketua PP Kabupaten Brebes Wahyudin Noer Ali dan Ketua PP Kabupaten Tegal Heribertus, sebelum upacara penutupan mengatakan, latihan ini sebagai bentuk kepedulian PP di tiga daerah itu yang sebagian besar wilayahnya berupa laut dan gunung. ''Bila suatu saat ada musibah di laut atau gunung di tiga wilayah ini, anggota PP yang telah dilatih ini siap diterjunkan untuk bertugas SAR,'' ujar Wahyudin.(so-34j)

Tidak Ada Rasionalisasi PNS

PEMALANG- Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) di Kabupaten Pemalang kini sedang dimulai dan akan berakhir 31 Juli mendatang. Pendataan diawali dengan publikasi dan sosialisasi. Bertujuan agar semua PNS mengetahui kegiatan tersebut. Lalu dilanjutkan pelatihan instruktur di unit kerja masing-masing untuk pengisian formulir.

Kepala Kantor Informasi dan Komunikasi (Infokom) Drs Subardi mengatakan, berdasarkan keterangan dari Asisten III Dra Halimah tidak ada rasionalisasi PNS. Pemkab hanya mendata ulang, kemudian akan diterbitkan sejumlah kartu baru.(sf-34j)

  • Lereng Merapi

Pencuri di Warung Ahmad Yani

KEBUMEN - Para pencuri di wilayah kota Kebumen belakangan makin berani. Baru-baru ini warung milik Darno di Jalan Ahmad Yani yang berada di jantung kota dijarah maling. Uang ratusan ribu rupiah di laci amblas. Begitu kejadian pencurian tersebar, puluhan warga berkumpul dan mencoba mengejar pelaku. Namun, pencuri keburu kabur. Pelaku beraksi bersamaan dengan shalat Magrib ketika penjual warung itu masuk ke dalam.(B3-42i)

Tumpengan Rehab Balai Wartawan

KEBUMEN - Menandai rehab Balai Wartawan di Paseban Barat Alun-alun Kebumen, Selasa petang, diadakan doa bersama dan potong tumpeng. Acara di rumah dinas Pemkab Jl HM Sarbini itu, dihadiri Sekda H Suroso SH, Sekretaris Bappeda Drs M Arief Irwanto MSi, Kasubdin Perikanan Ir Tri Projo dan masyarakat. Koordinator PWI Kebumen M Sudjangi mengatakan, rehab memakan waktu tiga bulan dan menelan dana APBD kurang lebih Rp 80 juta.(B3-42i)

Peresmian Pondok Baca NH Dini

YOGYAKARTA - Pondok Baca NH Dini yang berada di Graha Wredha Mulya, Kawasan lansia Mandiri Sendowo, Sinduadi, Sleman akan diresmikan pada 26 Juli mendatang. Hari itu bertepatan dengan kelahiran penyair legendaris Chairil Anwar.

NH Dini mengatakan, pondok baca tersebut bertujuan mengundang anak-anak di lingkungannya agar menyukai bacaan. Sebelum diresmikan, tanggal 7 Juli lalu pondok tersebut sudah dibuka sehingga anak-anak di sekitarnya bisa memanfaatkan.(D19-42i)

Yusuf Kalla Siap Capres

YOGYAKARTA - Menko Kesra Yusuf Kalla menyatakan kesiapannya menjadi calon presiden pada Pemilu 2004 mendatang. Dia mengatakan hal itu usai membuka Halaqah Ukhuwah Wathaniyyah di Yayasan Ali Maksum, Ponpes Krapyak, Bantul. Meski demikian, dia masih menunggu konvensi yang akan digelar Partai Golkar, Oktober. Dia mengaku sudah mendapat dukungan dari banyak pihak, antara lain dari Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan lainnya.(D19-42i)

Kelurahan Belum Buat APBDes

KULONPROGO - Lebih 50% kelurahan di Kabupaten Kulonprogo belum menyelesaikan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Selain itu, masih banyak juga yang belum menyampaikan LPJ pada BPD. Sekda Kulonprogo Drs Sutito mengatakan hal itu belum lama ini. Dia berharap, aparat desa bisa segera melaksanakan tugas dan kewajibannya menyelesaikan APBDes dan LPJ agar kegiatan pembangunan di desa berjalan lancar.(D19-42i)

565 Proyek Diresmikan

WONOSOBO - Bupati Wonosobo Drs H Trimawan Nugrohadi meresmikan 565 buah proyek pembangunan tahun 2002 senilai Rp 107,5 miliar. Peresmian dipusatkan di Kantor Kecamatan Kalikajar, Rabu kemarin.

Untuk memeriahkan sekaligus memberikan hiburan segar kepada masyarakat, malam harinya digelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Enthus Susmono.

Bupati menyatakan, untuk mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat, Kantor Kecamatan Kalikajar dipindahkan ke lokasi baru yang lebih representatif.(P55-42k)

  • Eling - Eling

Mencuri Mentog Disidang

BANYUMAS - Mencuri benda seremeh apa pun tetap merupakan tindakan yang bisa diperkarakan. Demikian pula yang terjadi pada Sali bin Yasa, warga Desa Karangrau, Kecamatan Banyumas, yang karena butuh uang terpaksa mencuri seekor mentog, dua ekor ayam dan dua lembar seng. Akibat perbuatannya itu kini dia disidang di PN Banyumas dan dijerat Pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman tujuh tahun kurungan penjara. (ms-20)

AKP Sugiyono Kasat Narkoba

PURWOKERTO - Kapolres Banyumas AKBP Drs LOM Marpaung, kemarin melantik AKP Sugiyono SH menjadi Kasat Narkoba. Ini merupakan kesatuan baru di Polres. Kapolres juga melantik Ipda Sumardo menjadi Kapolsek Sumpiuh, AKP Sartono SH menjadi Kapolsek Wangon, dan Kasi Ops AKP Widodo. (in-20)

Ditemukan Tewas di Sawah

BANYUMAS - Dariyah (28), warga Kutasari, Baturraden, Banyumas kemarin ditemukan meninggal dunia di sawah tidak jauh dari rumahnya. Korban ditemukan pertama kali oleh Hadi Wartimin (43), ketika akan pergi ke sawahnya. Korban selama ini mengidap penyakit ayan. (in-20)

Harlah PKB di Al Hidayah

PURWOKERTO-Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Banyumas, Musadad Bikri Nur, mengatakan partainya akan mengadakan peringatan Harlah Ke-5 di kediaman KH Dr Noer Iskandar al-Barsany (Gus Nur) di Karangsuci, Purwokerto. Gus Noer adalah anggota DPR, Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP dan pengasuh Ponpes al Hidayah.

Pada kesempatan itu akan diselenggarakan silaturahmi alim ulama dan pelantikan pengurus pergerakan perempuan kebangkitan bangsa (PPKB). Acara itu akan dihadiri Ketua DPP Alwi Shihab. (bd-20)

  • Sekilas Ekonomi

Jamsostek Masih Minati Danamon

JAKARTA-Rencana pelepasan 20% saham Bank Danamon melalui block sale sudah direspons oleh beberapa investor. Di antaranya yang telah melakukan penawaran adalah PT Jamsostek. BUMN tetap menyatakan minatnya meski pada divestasi yang pertama gagal memenangi.

''BPPN akan memilih investor mana yang memberikan penawaran paling baik terhadap saham Bank Danamon yang dijual melalui block sale,'' kata Deputi Ketua BPPN, I Nyoman Sender, di sela-sela rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR, Selasa lalu.

Saat ini, lanjut dia, BPPN masih melakukan proses book building atas saham Bank Danamon. Diperkirakan satu sampai tiga pekan lagi proses block sale sudah bisa dilakukan. Investor yang sudah memasukkan penawaran tetap diteruskan.(wa-53)

Ekspor Rokok Jatim Meningkat

MALANG-Selama Januari-Mei 2003 nilai ekspor rokok Jatim mencapai 26,51 juta dolar AS atau memberikan kontribusi sekitar 13% dari total ekspor. Pada periode yang sama tahun lalu nilai ekspor rokok sekitar 11,5 juta dolar AS dan selama tahun 2002 mencapai 38,703 juta dolar AS.

Negara tujuan utama ekspor rokok Jatim adalah Cina, Timur Tengah, dan negara-negara ASEAN. Peningkatan nilai ekspor rokok tersebut dipengaruhi oleh penambahan negara tujuan baru selain rokok asal Indonesia makin dikenal.

Cipto Budiono, Kepala Disperindag Jatim, mengatakan selain rokok, ekspor non migas selama Januari-Mei 2003 juga naik 14,77%. Nilai ekspor Jatim pada periode itu mencapai 2,1 miliar dolar AS, sedangkan volumenya 198 juta ton.(jo-53)

  • Lintas Arena

Jamsostek Masih Minati Danamon

JAKARTA-Rencana pelepasan 20% saham Bank Danamon melalui block sale sudah direspons oleh beberapa investor. Di antaranya yang telah melakukan penawaran adalah PT Jamsostek. BUMN tetap menyatakan minatnya meski pada divestasi yang pertama gagal memenangi.

''BPPN akan memilih investor mana yang memberikan penawaran paling baik terhadap saham Bank Danamon yang dijual melalui block sale,'' kata Deputi Ketua BPPN, I Nyoman Sender, di sela-sela rapat dengar pendapat dengan Komisi IX DPR, Selasa lalu.

Saat ini, lanjut dia, BPPN masih melakukan proses book building atas saham Bank Danamon. Diperkirakan satu sampai tiga pekan lagi proses block sale sudah bisa dilakukan. Investor yang sudah memasukkan penawaran tetap diteruskan.(wa-53)

Ekspor Rokok Jatim Meningkat

MALANG-Selama Januari-Mei 2003 nilai ekspor rokok Jatim mencapai 26,51 juta dolar AS atau memberikan kontribusi sekitar 13% dari total ekspor. Pada periode yang sama tahun lalu nilai ekspor rokok sekitar 11,5 juta dolar AS dan selama tahun 2002 mencapai 38,703 juta dolar AS.

Negara tujuan utama ekspor rokok Jatim adalah Cina, Timur Tengah, dan negara-negara ASEAN. Peningkatan nilai ekspor rokok tersebut dipengaruhi oleh penambahan negara tujuan baru selain rokok asal Indonesia makin dikenal.

Cipto Budiono, Kepala Disperindag Jatim, mengatakan selain rokok, ekspor non migas selama Januari-Mei 2003 juga naik 14,77%. Nilai ekspor Jatim pada periode itu mencapai 2,1 miliar dolar AS, sedangkan volumenya 198 juta ton.(jo-53)

Atlet Rusia Ditawari Uang

MOSKOW - Para atlet Rusia yang berhasil merebut medali emas pada Olimpiade Athena tahun depan akan menerima uang perangsang sebesar 50.000 dolar AS. Hadiah uang bagi peraih medali emas itu dijanjikan Perdana Menteri Mikhail Kasyanov Selasa. Peraih medali perak juga dijanjikan akan mendapat hadaih 20.000 dolar AS dan perunggu setengah dari jumlah itu. Departemen penerangan yang mengumumkan perangang itu mengungkapkan pula, pemerintah meminta komite olahraga negara untuk menyediakan dana yang cukup agar Rusia dapat benar-benar siap menghadapi pesta olahraga dunia itu. (ant-57)

Sharapova Siap Hadapi Williams

MOSKOW - Petenis remaja Rusia Maria Sharapova, yang membuat sensasi dengan mencapai babak keempat di Wimbledon, menganggap dia siap bertanding lawan Williams bersaudara. "Tentu. Saya harus siap," kata petenis berusia 16 tahun itu seperti dikutip suratkabar Sport-Express terbitan Selasa ketika ditanya kesiapannya menghadapi petenis tangguh Amerika itu. Impian Sharapova menjadi petenis wildcard pertama yang mencapai perempat final pertama di Wimbledon berakhir ketika dia kalah dalam tiga set dari rekan senegaranya Svetlana Kuznetsova.

"Saya tidak tertarik akan apa yang akan terjadi lima tahun dari sekarang, tapi besok lebih penting bagi saya," kata Sharapova. "Tujuan saya dalam tenis adalah menjadi nomor satu dunia dan saya bekerja keras untuk mewujudkan impian itu." (ant-57)

  • Intermeso

Diplomasi Ping Pong Betulan

SINGAPURA - Istilah diplomasi ping pong - diplomasi bolak balik antara para diplomat dua negara - sekarang mendapat arti baru. Minggu depan, para utusan negara-negara anggota ASEAN akan bermain ping pong (tenis meja) sungguhan di Singapura. ''Ini merupakan upaya untuk menjadikan olahraga bagian dari budaya di sini,'' kata Crosby Ong dari Asia Pr.Com, salah satu penyelenggara event tersebut. Para dubes dan staf mereka yang mewakili 10 negara anggota ASEAN akan berusaha sekuat tenaga memenangi pertandingan.

Bukan hanya ping pong yang dipertandingkan, tetapi juga sepakbola, bola basket, dan badminton. Para penyelenggara mengatakan, ke-10 dubes ASEAN hanya akan bermain ping pong, dan menyerahkan pada staf masing-masing untuk bermain cabang olaraga yang lain. ASEAN terdiri atas Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Vietnam, Laos, dan Myanmar. (rtr-ed-30)

3.000 Anjing Bakal Dikebiri

BANGKOK - Sekitar 3.000 anjing liar akan ditangkapi dan dikirim ke kawasan pinggiran, dalam upaya memperindah kota Bangkok menjelang penyelenggaraan konferensi tingkat tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), Oktober mendatang, kata Pemda Kota Bangkok, Rabu. Sejumlah anjing kampung yang biasa hidup berkeliaran di dalam wilayah ibu kota Thailand itu, dan juga di daerah bersejarah dekat Istana Besar, akan ditangkapi sebelum para pemimpin 21 negara anggota APEC tiba. ''Anjing-anjing itu menimbulkan kekotoran dan membuat kota ini menjadi tidak indah,'' kata Sompop Chatraporn, direktur Dinas Peternakan Pemda Kota Bangkok.

Sompop mengatakan, sebuah surveri yang dilakukan pada 1999 menyebutkan, terdapat sekitar 3.000 anjing liar berkeliaran di Bangkok, kota yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. ''Saya berharap rencana itu akan disetujui gubernur pada pekan ini, hingga kami dapat mulai mengumpulkan anjing-anjing itu pada pertengahan Agustus,'' katanya. Dia meminta penduduk Bangkok untuk mendukung program tersebut, dengan tidak melindungi anjing-anjing liar yang akan dibawa ke suatu tempat penampungan di Provinsi Sa Kaew, untuk selanjutnya divaksinasi dan dikebiri. (ant-30)

Pengungsi Istimewa Tiba di AS

LOS ANGELES - Pada saat Irak masih porak poranda akibat invasi koalisi dan rakyatnya mengalami penderitaan luar biasa, suatu tim pencinta binatang Amerika justru merayakan upaya penyelamatan mereka terhadap lima pengungsi luar biasa dari Irak: empat anak anjing dan induk mereka! Marcy Christmas dari kelompok Pecinta Binatang California, memutuskan mengadakan operasi penyelamatan internasional, setelah menyaksikan empat anak anjing dengan induk mereka di latar belakang tayangan televisi yang meliput perang dekat perbatasan Irak-Yordania, tiga bulan lalu.

Setelah penerbangan panjang separo dunia dengan pesawat, keluarga anjing dari Irak tersebut tiba di Los Angeles, dan sekarang dirawat dengan baik oleh Christmas, seorang janda berusia 51 tahun. Namun dia menyesal, karena tidak dapat menemukan dan membawa ke AS sejumlah anjing lain yang tampak bersama ''lima pengungsi'' tersebut dalam tayangan televisi. Dia tidak mengungkapkan, berapa biaya yang dihabiskannya untuk operasi penyelamatan keluarga anjing dari Irak itu. (ant-30)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA