logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Sabtu, 14 Juni 2003 
Line

  • Aneka Warta

Mendagri Lantik Gubernur Jabar

BANDUNG - Menteri Dalam Negeri Hari Sabarno atas nama Presiden melantik dan mengambil sumpah Drs H Danny Setiawan dan Drs H Nu'man Abdul Hakim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2003-2008, di Gedung Merdeka Bandung, Jumat.

Danny Setiawan kelahiran Purwakarta 28 Agustus 1945 merupakan orang pertama lulusan APDN yang terpilih menjadi Gubernur Jabar. Danny merupakan pejabat karier yang memulai pengabdiannya dari bawah. Dia memulai kariernya di pemerintahan di wilayah Kabupaten Lebak dengan jabatan camat.(ant-16t)

Presiden Akan Melawat ke 4 Negara

JAKARTA- Presiden Megawati Soekarnoputri dijadwalkan akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke empat negara Asia, yaitu Bangladesh, Mongolia, Jepang, dan Vietnam pada 18-27 Juni.

Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, dijadwalkan Presiden Megawati akan mengadakan pembicaraan hubungan bilateral dengan keempat kepala pemerintahan negara tersebut, yakni PM Bangladesh Begum Khaleda Zia, PM Mongolia Nambar Engkhbayar, PM Jepang Junichiro Koizumi, dan PM Vietnam Phan Van Khai. (ant-16j)

  • Seputar Tugumuda

One Day Service SLTP Al Azhar 14

SLTP Islam Al Azhar 14 Jl Kelentengsari 1 Pedalangan, Banyumanik, telepon 7479551 menerapkan one day service dalam penerimaan siswa baru gelombang II tahun pelajaran 2003/ 2004. Panitia menginformasikan, lewat sistem itu hasil tes calon siswa bisa diketahui pada hari itu juga. (C27-13)

Acara Promosi dan Bazar USM

DALAM rangka Dies Natalis XVI USM diselenggarakan acara promosi dan bazar, Sabtu-Minggu (21-22/6) pukul 09.00-15.00 di kampus II Jl Soekarno-Hatta. Peserta antara lain Penerbit Erlangga, Toko Buku Toga Mas, Indosat IM3, Indofood, Teh Tong Tji, BPR, Kopima, serta stan jamu, pakaian jadi, aksesori Hp, dan aneka makanan. (C27-13)

Science Day Graceland-Patra Jasa

SEBANYAK 80 murid kelas IV SD Karangturi mengikuti Science Day yang diselenggarakan Graceland (lembaga pengajaran bahasa Inggris dan Cina) dan Hotel Patra Jasa, Jumat (13/6). Acara di hotel itu, yang merupakan bagian dari program English Camp Graceland, meliputi pembuatan kotak kedap suara dan ''letupan gunung berapi'' dari campuran bahan kimia. Juga diadakan jalan sehat dan in house tour dipandu petugas hotel. Demikian Silvy Megawati Soesilo, pimpinan Graceland. (ed-13)

Tiket Level 42 di Semarang

TIKET pertunjukan grup musik Level 42 yang tampil di Yogyakarta Expo Centre, Kamis (19/6) pukul 19.00 bisa diperoleh di Semarang, yaitu di Satu Visi Jl Taman Duta Indah 3 Duta Bukit Mas Banyumanik telepon 7466638, L'estat VCD Jl Kaligarang 2 telepon 8451652, dan 38 MM Communications Jl Gajah Birowo 2 Tlogosari telepon 08164242561. (C27-13)

Pendaftaran di STIE Semarang

STIE Semarang menerima mahasiswa baru melalui jalur PMDK dengan daftar ulang sampai 30 Juni, sedangkan ujian penerimaan gelombang I program reguler diselenggarakan pada 16 Juni. Panitia PMB Hendra Kusuma SSos MM mengatakan, peserta ujian yang telah mendaftar bisa ikut tes langsung di kampus Jl Menoreh Utara Raya 11. (C27-13)

Look Model Image Jateng/DIY

TOTOK Shahak Modelling School Jl Mangga VI/61 telepon 8312427 kembali menggelar acara berlabel: Look Model Image 2003 tingkat Jateng/DIY, Sabtu (12/7) pukul 16.00 di Poncowati Ballroom Hotel Patra Jasa. Peserta dibagi empat golongan (putra-putri), A (3-7 tahun), B (8-11), C (12-15), dan D (16-25). Bagi pemenang akan menjadi duta Jateng pada acara yang sama di Jakarta 27 Juli 2003. Kecuali itu, di tempat yang sama mulai pukul 19.00 digelar sport body contest 2003 khusus untuk usia 15-27 tahun. (C22-45)

Seksualitas Remaja Diseminarkan

DALAMrangka memperingati hari Keluarga Nasional ke-10 tahun 2003, BKKBN Kota semarang akan menyelenggarakan seminar seksualitas di kalangan remaja pada Rabu (25/6) di Gedung Pertemuan Balaikota Jl Pemuda 148 mulai pukul 08.00 sampai selesai. Pembicaranya dr Didik Djoko Martopo mengupas seksualitas di kalangan remaja, dr H Ismed Yusuf Sp Kj mengupas masalah remaja dan problemnya dan masalah pencegahan kanker alat reproduksi disampaikan dr Lilien Eka Chandra M Rep Sc Sp OG.(E1-76)

Happy Hour di Majesty Restaurant

MAJESTY Chinese Food International Restaurant Jl Gajahmada 74-76 menawarkan Happy Hour mulai pukul 11.00-15.00 setiap hari kecuali Sabtu, Minggu dan hari libur. Yang datang pada jam itu diberi potongan harga 15 persen, kecuali menu makanan paket. Selain itu setiap Sabtu dan Minggu restauran buka pukul 11.00 - 22.00.(B14-45)

Gelar Lomba Dongeng Boneka

ADA Majapahit menggelar lomba dongeng dengan tema ''Boneka Susu Bendara 123'', hari ini dan Minggu besok (15/6) di pasar swalayan itu. Lomba mendongeng buat si kecil disediakan trofi dan voucher belanja Rp 1 juta lebih. Keterangan di Ada Majapahit telepon 024-6723848.(B14-45)

Pemadaman Aliran Listrik

PT PLN AP Semarang, Senin (16/6) pukul 09.00-16.00 akan memadamkan aliran listrik di sebagian daerah Beringin, Ngaliyan, Kedungpane, perumahan Pokok Pondasi, Pandana Merdeka dan sekitarnya. Pemadaman itu sehubungan dengan pekerjaan pemeliharaan jaringan distribusi dan revisi ABSW. (C28-13)

Nonton Bareng F1 di Kafe Segara

Semarang- Di Kafe Segara akan diselenggarakan acara nonton bareng Formula 1, Minggu (15/6) atau Senin dini hari pukul 00.00. Tersedia Hp Siemen S-57, ME-45, C-55 dan TV 14 inchi serta TV 21 inchi, dan radio kaset sebagai hadiah. Kecuali itu, Hotel Graha Santika menawarkan diskon khusus 50% untuk semua tipe kamar bagi yang ingin menginap pada hari itu juga. Untuk reservasi hubungi 8413115. (C22-45)

  • Jajah Desa Milang Kori

Isworo Pameran di Patra Jasa

SALATIGA- Pelukis asal Salatiga, Isworo (55), sejak Kamis (12/6) hingga sebulan mendatang menyelenggarakan pameran tunggal di Hotel Patra Jasa Semarang. Dua puluh karya lukisannya bertema tradisional dipamerkan di lobi. Antara lain berjudul ''Pasar Tradisional'' dan ''Tari Bali''. (A2-13)

PKS Setuju Kampanye di Kampus

SALATIGA-Partai Keadilan Sejahtera (PK Sejahtera) Salatiga prinsipnya menyetujui pelaksanaan kampanye di kampus. Ketua Umum Budi Santoso SE mengatakan, saat ini yang berani bersikap kritis terhadap penguasa adalah mahasiswa. ''Lewat kampanye di kampus, mahasiswa dapat menilai mana yang lebih layak memimpin negeri ini di masa mendatang,'' kata dia, pada seminar di sekretariat HMI Jumat (13/6). (A2-13)

Terpilih KPU, Potong Kambing

SALATIGA-Dai muda asal Salatiga, yang juga dosen STIE AMA dan STAIN M Fauzi SAg MAg, akan melakukan syukuran dengan memotong kambing. Hal itu untuk memenuhi nadarnya setelah terpilih sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Salatiga. Empat anggota lainnya adalah Satuf Rohul Hidayah, R Bambang Adi Nugraha SH, Drs Kiai Tamam Qaulany, dan Dyah Sari Marhaeny. (A2-13)

Haul Syekh Abu Kanti Grobogan

GROBOGAN - Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Mun'in Putatsari, Grobogan, kemarin mengadakan haul Syekh Abdul Kodir Ad-Jaelani dan Syekh Abu Kanti di pondok pesantren itu. Pembicara pengasuh Ponpes Tegalrejo Magelang KH Abdurrochman Khudlori yang juga Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jateng dan pengasuh Ponpes Al-Ma'ruf, Bandungsari, Ngaringan. Pengasuh Ponpes Darul Mun'in yang juga sekretaris Dewan Syuro DPC PKB, Grobogan selaku penyelenggara mengatakan, khaul itu selain bertujuan mengenang kembali sejarah perjuangan almarhum juga merupakan ikatan tali persaudaraan di antara kaum santri dan umat NU dengan masyarakat umum. (A23-73)

Kejaksaan Cek Proyek 2003

GROBOGAN - Tim dari Kejaksaan Negeri Grobogan akan diturunkan ke lapangan untuk mengecek proyek-proyek APBD II, APBD I dan APBN 2003 yang mulai dikerjakan pada Juni ini. Hal itu dilakukan untuk bahan evaluasi mengenai ada tidaknya unsur penyimpangan dalam bestek maupun lainnya. Kasi Intel Kejaksaan Grobogan Rahardjo BK SH mengatakan, beberapa orang dari intel kejaksaan sudah mulai memantau pelelangan proyek M-2 dan proyek-proyek lain. Termasuk bagaimana cara dan prosedur dalam mendapatkannya juga sudah direkam.(A23-73)

Dua Lurah Desa Dilantik

DEMAK-Bupati Dra Hj Endang Setyaningdyah, Rabu (11/6) melantik dua lurah desa di pendapa kabupaten, yaitu Prapto Aryadi (Lurah Desa Temuroso, Kecamatan Guntur) dan Suparno Wijaya (Kembangan, Bonang), untuk masa jabatan lima tahun. Selama itu, mereka mendapat hak penguasaan tanah bengkok desa. Acara pelantikan perangkat desa tersebut dihadiri pejabat muspida, muspika, BPD, dan anggota DPRD. (F2-13)

  • Langgam Surakarta

Full Moon Barbeque di Quality

SELAMA bulan Juni dan Juli, setiap Sabtu, Hotel Quality Solo menggelar promosi masakan. Kali ini bertema "Full Moon Barbeque" yang akan disajikan di Pool Bar Hotel tersebut.(an-42)

Parade Dangdut Dua Panggung

ALUN-ALUN KIDUL- Malam Minggu ini mulai pukul 20.00, alun-alun yang biasanya remang-remang kegiatan prostitusi akan disulap event organizer Clara Interprise menjadi ajang pentas musik.

Tiga grup dangdut masing-masing OM Ken Dedes (Karanganyar), OM Santika (Solo) dan OM Ganesha (Salatiga) serta sekelompok musik asal Solo yang menamakan diri Grup ''Black Borot'', akan berparade di dua panggung yang saling berhadapan dalam tajuk ''Parade Dangdut untuk Alkid Djarum 76''.(won-42)

Presidium Mahasiswa STAIN

SETELAH mengalami kebuntuan pada kongres mahasiswa yang digelar awal Maret lalu, mahasiswa STAIN Surakarta sepakat membentuk presidium. Keputusan tersebut diambil setelah pertemuan antar-UKM dan HMJ yang difasilitasi pimpinan STAIN, 25 Mei lalu.(an-42)

Deklarasi PKS Surakarta

PARTAI Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surakarta akan dideklarasikan Sabtu siang ini (14/6) di Gelora Manahan pukul 13.00. Menurut informasi, rencana Presiden PKS Dr Hidayat Nurwahid MA akan hadir memberikan pidato politik di depan warga PKS dari berbagai kota se-eks Karesidenan Surakarta.(an-42)

Pisah Sambut Ketua LPM UNS

LEMBAGA Pengabdian Masyarakat (LPM) UNS akan mengadakan pisah sambut ketua baru, yang diserahterimakan dari Dr Ravik Karsidi kepada Dr Drajat Tri Kartono. Ravik kini menjabat sebagai Pembantu Rektor I. Acara diselenggarakan Sabtu ini, pukul 11.00 di Kampus Mesen.(an-42)

Penelitian Anak Unicef

SELAMA setahun sejak Juni 2002 lalu, Unicef melakukan penelitian dan mengembangkan kemampuan peneliti 13 perguruan tinggi lembaga perlindungan anak, dan LSM yang berkompeten terhadap anak. Menurut penuturan Retno Setyowati, penelitian menggunakan metode parsipatori, baru pertama dilaksanakan di Indonesia. Diharapkan hasil penelitian akan bisa dimanfaatkan.(an-42)

Serah Terima Dan Menwa UMS

SABTU (14/2) pagi ini jabatan Komandan KMS Menwa UMS akan diserahterimakan dari Eko Santoso kepada Novianto Teguh Widodo. Diharapkan Dan Menwa baru akan semakin memperteguh KMS dalam usaha mewadahi minat mahasiswa dalam bidang bela negara.(an-42)

  • Ojo Lali

Dua Pemain Terluka

WONOGIRI-Dua pemain sepakbola Paguyuban Peloper Pengasong Koran Wonogiri (P3KW) saat melawan insan pers, Jumat (13/6), di Alun-alun kabupaten terluka. Keduanya adalah Andreas dari P3KW luka di hidungnya dan Ewa (Bengawanpos) luka di lutut. Pertandingan dipimpin wasit Heriyanto Poerwo yang juga Ketua Forum Komunikasi Partai Politik Peserta Pemilu (FKP4) Wonogiri. Pertandingan berakhir 5-4 untuk P3KW.

Anggota FAKP DPRD Wonogiri Hamid Noor Yasin yang juga menjadi penasihat P3KW menjadi penyerang tengah. Pertandingan bola yang difasilitasi Kabag Humas Bambang Eko Sarwono itu mendapat perhatian pula dari tiga anggota Dewan, yakni Sardi DP dan Sutrisno (FPG), serta Supanto (FTNI/Polri). ''Pertandingan seperti ini ide yang baik. Lain waktu perlu diagendakan melawan para anggota Dewan,'' ucap tiga wakil rakyat itu.(P27-14e)

Lulusan Kursus Pranatacara Diwisuda

WONOGIRI-Persatuan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani) Wonogiri, Minggu (15/6) pagi besok akan mewisuda peserta yang lulus kursus panatacara pamedhar sabda (protokol dan berpidato berbahasa Jawa) angkatan XVI. Ketua dan Sekretaris Panitia, Sulistyanto dan Tulus Sakino mengatakan, wisuda itu akan dirangkai dengan peresmian kurus yang sama angkatan XVII. Untuk membangun nuansa kejawen, panitia berharap seluruh hadirin termasuk undangan mengenakan busana jawa lengkap dengan keris.(P27-14e)

Warga Punduhsari Bangun Masjid

WONOGIRI-Masyarakat Desa Punduhsari Kecamatan Manyaran, Wonogiri membangun masjid dengan biaya swadaya masyarakat. Atas nama majelis takmir masjid, Muh Sularto mengatakan, biaya pembangunan masjid Punduhsari itu Rp 85 juta. Peresmian penggunaan dan pemberian nama masjid dilakukan Bupati H Begug Poernomosidi. Tempat ibadah itu diberi nama Masjid Al Hikmah.(P27-14e)

Bantuan untuk Wanita Lansia

WONOGIRI-Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkesos) Wonogiri merencanakan akan membantu bahan pangan kepada 15 wanita lanjut usia (lansia) miskin di Dusun Tondan Desa Banaran Kecamatan Pracimantoro. Jumlah itu sesuai dengan hasil penelitian oleh petugas sosial Kecamatan Pracimantoro, sebagai tindak lanjut laporan warga yang mengalami gagal panen. Selain kepada warga Tondan, juga akan diberikan paket bantuan pangan berupa beras, kecap, dan mi instan kepada 45 orang miskin di Desa Banaran.(P27-14e)

Punggung Riwanto Ditembak

WONOGIRI-Punggung anggota TNI AD Prada Riwanto (23), yang putra Wonogiri asal Dusun Geneng Desa Purwosari Kecamatan Wonogiri Kota, ditembak Gerakan Separatis Aceh (GSA) atau Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Akibatnya, dia terluka di punggungnya, tapi nyawanya dapat diselamatkan lewat operasi di RSPAD Jakarta. Setelah sembuh, dia diberi cuti pulang ke kampung.(P27-14e)

Sosialisasi Pendataan Ulang PNS

SUKOHARJO - Sebanyak 101 peserta dari seluruh satuan kerja Pemkab Sukoharjo mengikuti sosialisasi pendataan ulang pegawai negeri sipil (PNS) di Gedung Korpri. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sugiyanto menjelaskan, pendataan ulang PNS menurut rencana akan dilaksanakan pada 1-31 Juli 2003 secara nasional. ''Karena itu, perlu kesamaan pemahaman antara BKD dan satuan kerja yang ada dengan mengadakan sosialisasi,'' katanya.(G10-14e)

Panitia Mbak dan Mas Dikritik

BOYOLALI - Ketua Panitia Mbak dan Mas Kabupaten Boyolali, Edy Sutedjo menyesalkan adanya kritik melalui surat tertulis dengan alamat rumah dinas Kapolres. Pengirim surat yang mengaku Joko Wicaksono SH dinilai kurang fair dan tidak bertanggung jawab. Sebab setelah saya cek ternyata Jalan Pandanaran No 322 itu rumah dinas Kapolres.''Kalau mau mengkritik silakan saja bahkan saya merasa senang mendapat masukan. Tetapi caranya jangan begitu, menyalahgunakan nomor rumah orang lain. Apalagi rumah seorang pejabat,'' katanya kepada wartawan, kemarin.(shj-14)

  • Lintas Pantura

Pendaftaran Murid Baru TK Pertiwi

BATANG -TK Pertiwi binaan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Batang menerima murid baru tahun pelajaran 2003/2004. Orang tua yang akan mendaftarkan anaknya bisa datang ke sekolah Jl Kartini (timur rumah dinas bupati). ''Silakan daftarkan anak-anak Anda masuk di TK Pertiwi. Di TK kami anak-anak bisa belajar sambil bermain lengkap mulai ayunan sampai permainan untuk melatih IQ. Marching band mini pun tersedia. Jadi, anak-anak akan punya banyak kesempatan beraktivitas dan berkreasi,'' ujar Kepala TK Pertiwi Ny Chotimah.(ar-78e)

Komisi A Kunjungi Desa Selopajang

BATANG - Komisi A DPRD Batang, Selasa (17/6) mendatang akan melakukan kunjungan kerja di Desa Selopajang, Kecamatan Blado. Kunjungan itu sebagai tindak lanjut rapat kerja Komisi A dengan perwakilan dan tokoh masyarakat Desa Selopajang yang dipimpin Kades Sutikno sehubungan aspirasi pemekaran Desa Selopajang. ''Kedatangan kami nanti akan melihat sejauh mana kondisi di lapangan. Apakah aspirasi pemekaran itu memang murni dari masyarakat,'' ujar Ketua Komisi A Purwanto.

Ketua Panitia Pemekaran Desa Selopajang Tarim menyatakan, desanya terbagi dalam 10 dusun. ''Warga Dusun Blumbang, Jetak, Kalirejo, Rejosari, dan Rongkel berharap pemerintah merealisasikan pembentukan Desa Selopajang Timur.''(ar-78e)

RSI Gelar Operasi Katarak Gratis

KAJEN-Untuk memeringati milad ke-15, RSI PKU Muhammadiyah Pekadjangan Pekalongan menggelar operasi katarak gratis. Masyarakat umum menurut Bagian Humas dan Marketing Zajad Djuani SSos bisa mendaftarkan diri ke rumah sakit itu hingga 28 Juni.(G16-78e)

Jalan Jenderal Sudirman Ditutup

PEMALANG - Mulai Sabtu ini (14/6) dan Minggu kemungkinan Jalan Jendral Sudirman akan ditutup untuk keperluan arena balapan sepeda motor. Jalan yang ditutup adalah mulai perempatan Jalan A Yani dan Jalan Jendral Sudirman ke arah timur sekitar 200 meter. Kemarin peralatan untuk kegiatan itu sudah mulai ditata.

Kasatlantas AKP Nurwitomo mengatakan, penutupan jalan itu belum pasti karena hingga sore kemarin pihaknya belum mendapat surat perintah. Selain itu pihak penyelenggara juga harus mendapat persetujuan dari para pemilik toko lebih dahulu. Jangan sampai ada protes. Kalau jadi ditutup pengalihan arus lalu lintas tidak masalah.(sf-78)

Hatmanto Ketua Medik RSU Kardinah

TEGAL - Dokter Hatmanto SpPD terpilih sebagai Ketua Komite Medik RSU Kardinah Kota Tegal 2003-2006. Pemilihan berlangsung hangat. Direktur RSU dr Makmur Santosa didampingi Wakil Direktur Pelayanan dr A Hakim Tohari mengatakan, tugas komite adalah membantu menyusun standar pelayanan medis dan meningkatkan program pelayanan, diklat, serta penelitian dan pengembangan bidang medis. Humas Joko Windiarto SH kemarin mengatakan, Hatmanto menggantikan ketua lama dr Sutarto SpA yang pensiun.(aj-78e)

  • Wara - Wara

Sembako Murah Kodim Jepara

JEPARA-Dalam rangka membantu kesulitan rakyat, Kodim Jepara menjual sembilan bahan pokok di wilayah Jepara. Penyerahan sembako dilakukan secara simbolis sebanyak 1.200 paket, masing-masing isi 1,8 kg beras, 0,45 kg minyak goreng, dan empat mi instan dengan harga Rp 4.500.

Dandim Letkol Inf Mulyono Syah antara lain mengatakan, kenyataan di lapangan menunjukkan keberadaan Bintara Bina Desa (Babinsa) dirasakan secara langsung masyarakat. Pembinaan teritorial merupakan tugas yang harus dilakukan dalam mendukung tercapainya tugas pokok TNI-AD. Di samping sembako murah, pihaknya juga membagikan 32 paket secara gratis kepada warga Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo. (yit, 58)

Friday Nite Music di Mahkota Jaya

KUDUS-Joglo Communication bekerja sama dengan PT Djarum akan menampilkan grup-grup band dari Semarang di Gedung Mahkota Jaya di Jalan Jendral Sudirman Kudus tiap Jumat malam. Public Relations Kiki N Corianto mengatakan, demi kenyamanan pengunjung, gedung tersebut diseting dengan suasana kafe. Tanggal 13 Juni Dacapo Band, 20 Juni depan ditampilkan Apocalips Band, dan 27 Juni Dimensi Band. (yit-58)

  • Lereng Merapi

Balik Nama Berbelit-belit

PURWOREJO-Sejumlah pedagang Pasar Kutoarjo dan Baledono Purworejo mengeluhkan proses balik nama sertifikat yang berbelit-belit. Selain itu dikeluhkan pula pembengkakan biaya balik nama.

Menurut keterangan, sebelum otonomi daerah proses balik nama cukup dengan memasukkan ke notaris dengan biaya Rp 250 ribu - Rp 300 ribu namun saat ini prosesnya sulit dengan biaya melambung sampai Rp 900 ribu. Padahal saat ini ada puluhan pedagang di dua pasar tersebut yang akan balik nama. (yon-81)

Seminar ''Corporate Governance'' UTY

YOGYAKARTA- Dalam rangka launching Pusat Studi ''Corporate Governance'' Fakultas Ekonomi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), diselenggarakan seminar sehari ''Issues, Application & Research in Corporate Governance'' di Hotel Santika Yogyakarta, Sabtu (14/6).

Menurut Ketua Panitia Drs Priyo Sadjarwo MSi Ak, seminar menghadirkan pembicara Dr Bambang Riyanto LS MBA (FE UGM), Dr Tri Gunarsih MM (FE UTY), Drs Anis Baridwan MBA (Kepala Biro Standar Akuntansi dan Keterbukaan Bapepam), Drs Mas Achmad Daniri MEc (Sekjen FCGI), Wahyu Hidayat (Kabag Pemeriksaan dan Penyelidikan Keterbukaan Emiten Perusahaan Publik), dan Prof Dr Mas'ud Machfoedz MBA (FE UGM). (P12-81)

  • Eling - Eling

Beralih pada Budidaya Jamur

PURWOKERTO- Saat ini Kelompok Remaja RW I Kelurahan Sokanegara mencoba mengisi kesibukannya dengan budidaya jamur tiram. Niat itu mendapat respon dari warga, para ketua RT dan didukung Ketua RW I Nainggolan. Menurut Rudi salah seorang remaja, pihaknya mencoba menghapuskan imej negatif yang masih melekat dari remaja yang hobinya hanya kongko-kongko. Lurah Lukman Nazarudin membantu fasilitas lahan sebagai tempat kegiatan dan sarana - prasarana. Misalnya bambu untuk membuat rak jamur.'' (P52-17)

Ditinggal Istri, Nekat Gantung Diri

CILACAP - Diduga karena kesepian ditinggal istri selama bertahun-tahun, Ali Sadikin, nekat gantung diri beberapa hari lalu. Lelaki warga Desa Kedungbakung, Kecamatan Kedungreja, Cilacap itu gantung diri menggunakan tali plastik hijau di kamarnya. Diyakini kasus itu murni bunuh diri, karena tidak ditemukan bekas-bekas penganiayaan. (ms-17)

Cari Belut, Tewas Digigit Ular

BANYUMAS - Niat hati mencari belut, apa daya nyawa melayang. Itulah yang menimpa Salman, warga Rt 01/1 Desa Petarangan, Kecamatan Kemranjen, Banyumas. Saat tengah mencari belut di sawah dekat rumahnya, tanpa sengaja dia menginjak ular welang yang sangat berbisa. Setelah sempat dirawat di rumah sakit, lelaki malang tersebut akhirnya meninggal. (ms-17)

Hismic Adakan Malam Syukuran

CILACAP- Program sertifikasi bagi 846 perusahaan yang tergabung dalam Himpunan Suplier Migas Cilacap (Hismic) telah selesai. Hasilnya sudah dibagikan kepada seluruh perusahaan. Untuk mensyukuri keberhasilan tersebut, Hismic mengadakan syukuran di Gedung DPD Partai Golkar, Kamis malam (12/6). ''Pada kesempatan ini kami juga mengadakan pembubaran panitia peringatan HUT Ke-4 Hismic. Acara diisi pasar murah, olahraga, pengecatan marka jalan dan pos jaga polisi, kirab tertib lalu lintas dll,'' kata ketuanya, Syarbaini.(ag-17)

  • Intermeso

Ingin Untung Malah Buntung

SOFIA - Assia Mladenova, seorang gelandangan, menemukan 400 potong perhiasan emas ketika mengorek-ngorek tempat sampah dekat sebuah pabrik perhiasan di Pleven, Bulgaria utara, lapor televisi bTV, Kamis. Dia sedang mencari besi tua dan kardus untuk dijual lagi, ketika menemukan harta senilai 4.000 euro (Rp 32 juta lebih) itu. Seorang petugas kebersihan pabrik, rupanya tanpa sengaja telah membuang barang-barang berharga tersebut.

Mladenova mengira, seorang perampok membuang barang-barang berharga itu ke tempat sampah karena dikejar polisi. Karenanya dia mengambil emas tersebut dan menguburnya di sebuah kebun anggur. Namun, polisi menangkapnya ketika pemulung tersebut berusaha menjual beberapa perhiasan itu ke pabrik. Dia kemudian dipaksa menggali dan menyerahkan barang-barang yang dikuburnya. Dia diberi tahu, jika dia melaporkan barang-barang itu saat ditemukan, maka dia mungkin menerima hadiah 10 persen dari nilai semua perhiasan tersebut. (afp-ed-30)

Nangis Terus, Mulut Diplester

BERLIN - Seorang perawat di Jerman, yang kelabakan mengatasi bayi baru lahir yang terus saja menangis, dengan nekat mengambil jalan pintas untuk membungkam sang bayi: memelester mulut bayi yang masih merah tersebut! Menurut jubir RS Kassel, Jerman bagian barat, kedua orang tua bayi tersebut kaget luar biasa ketika mendapati buah hati mereka diperlakukan seperti itu. Perawat konyol tersebut, yang belakangan dipindah tugasnya ke bangsal pasien dewasa, telah mengakui perbuatannya dan terancam sanksi dari RS Kassel, tempatnya bekerja. ''Dia baru saja membuat kesalahan,'' kata seorang jubir RS Kassel kepada Reuters. Untung, bayi itu tidak apa-apa. (rtr-ed-30)

Makin Banyak Orang Kaya di UEA

DUBAI - Satu dari 67 orang di negara kaya minyak Uni Emirat Arab (UEA) adalah mahajutawan berkekayaan jutaan dolar AS, lapor koran Khaleej Times Jumat, mengutip ''Laporan Orang-orang Kaya Dunia''. Dikatakan, orang-orang dengan aset bernilai lebih dari satu juta dolar AS (Rp 8 miliar lebih) meningkat menjadi 45.000 pada tahun ini, dari 40.000 orang tahun 2002. Angka-angka tersebut merupakan hasil survei Cap Gemini Ernst and Young baru-baru ini.

Menurut survei itu, jumlah mahajutawan di seluruh dunia meningkat menjadi 7,3 jiwa pada tahun lalu, sekalipun tercatat penurunan di AS. Dengan total penduduk tiga juta jiwa (termasuk ekspatriat), orang-orang kaya di UEA tersebut tercatat 1,5 persennya, kata Khaleej Times. Para ekspatriat, yang kebanyakan para pekerja asal Asia yang digaji rendah, merupakan 80 persen dari seluruh penduduk UEA. (afp-ed-30)

Kondektur yang Sembrono

NEW YORK -Seorang turis asal Afrika Selatan beberapa hari lalu menggugat pimpinan kereta api bawah tanah New York City. Dia menuntut ganti rugi 10 juta dolar AS (Rp 8 miliar lebih), karena merasa kondektur kereta api tersebut tidak sopan dan melakukan tindakan berbahaya. Mantan insinyur telekomunikasi itu, Pieter Swanepoel (62), dan istrinya, Sheila (59), sedang menikmati pemandangan Big Apple (julukan New York City), Desember lalu, saat insiden yang membuat jari tangannya terluka itu terjadi.

''Ketika sebuah kereta api bawah tanah berjalan perlahan memasuki Stasiun Jalan 42, klien saya mendekati seorang kondektur yang duduk dekat jendela KA itu. Sambil menempelkan tangannya ke tepi jendela, dia bertanya apakah KA tersebut akan menuju Bandara Kennedy,'' kata Mitchell Kessler, pengacara turis asal Afrika tersebut. ''Tiba-tiba kondektur dengan kasar menutup jendela KA dan putuslah salah satu jari tangan klien saya.'' ''Pieter melihat jari tangannya terpotong dan berdarah. Bukannya memberikan pertolongan, kondektur itu mlah tampak tidak acuh,'' tambahnya. Jubir perusahaan kereta api New York City Transit Authority (NYCTA) menolak memberikan komentar atas gugatan itu, yang diajukan ke Mahkamah Agung Manhattan. Mahkamah itu menuduh NYCTA ''tidak peduli dan sembrono'' karena mempekerjakan karyawan yang ''tidak cakap, tidak memenuhi syarat, dan tidak terlatih'' (rtr-ed-30)

  • Lintas Arena

Semut Ireng Maju ke Babak Ketiga

SEMARANG - PS Semut Ireng Boja menjadi tim kedua yang lolos ke babak ketiga turnamen sepakbola Piala Wali Kota IV, setelah menang atas Risbon Mranggen 4-0 pada pertandingan di Lapangan Pedurungan Kidul Semarang, kemarin. Nurul mencetak dua gol pada menit ke-32 dan 45. Gol yang lain diciptakan Tokrek (35) dan Riyadi (65). Pertandingan sore nanti, Kuda Sakti melawan Bayu Aji Bangetayu. (A4-57t)

Tiga Pemain Laser's Perkuat Kalteng

SALATIGA - Tiga pesepakbola dari Klub Laser's Kota Salatiga awal Juni ini berangkat ke Kalimantan Tengah (Kalteng) guna memperkuat Pra-PON provinsi setempat. Kata Manajer Laser's, Kustadi Danuri, ketiganya adalah Guntur SH (striker), Jimmy (tengah), dan Agung (belakang). Mereka dibawa pelatih Laser's Rony Arifin, mantan pemain Barito Putra. ''Mereka sebenarnya pemain potensial di Laser'. Namun karena diminta untuk memperkuat Pra-PON Kalteng, kami tak keberatan. Mudah-mudahan bakat ketiganya dapat berkembang,'' harap Kustadi. (A2-57t)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA