logo SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Senin, 2 Juni 2003 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ragam | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin

JAWA TENGAH

Pantura
Kades Penunggak Raskin Akan Diusut
  • Dikenakan Tuduhan Kriminal

PEMALANG - Tunggakan pembayaran beras untuk keluarga miskin (raskin) sampai ratusan juta yang terjadi pada beberapa desa,

pembatas Pantura
Pemerintah Perlu Buat Lembaga untuk Menampung Ikan Nelayan

KEHIDUPAN yang melingkupi nasib para petani dan nelayan, hampir memiliki kesamaan. Mereka sama-sama rakyat kecil dalam posisi lemah yang tidak punya posisi tawar.

pembatas
Pantura
Pembebasan Tanah Ditunda
  • Untuk Jalan Lingkar

TEGAL- Meski anggaran sudah disiapkan lewat APBD, Pemkot Tegal saat ini belum berani membebaskan tanah untuk pembangunan jalan lingkar utara.

pembatas Pantura
Terbanyak Kecamatan Brebes

BREBES - Pemilih terbanyak di Kabupaten Brebes pada Pemilu 2004 berada di Kecamatan Brebes yakni, 106.006 orang. Urutan kedua, Kecamatan Bulakamba 99.576, dan Kecamatan Larangan 90.865 orang.

pembatas
Pantura
Atasi DB, Dimulai Gerakan Massal PSN

KAJEN- Untuk mengatasi peningkatan dan penjalaran penyakit Demam Berdarah (DB) yang menyerang masyarakat Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, warga setempat memulai gerakan massal Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

pembatas Pantura
Pemborong Pimpin Golkar

BATANG-Partai Golkar Kabupaten Batang mengukir sejarah. Suksesi pucuk pimpinan yang selama ini dipegang birokrat atau mantan pejabat, kini berganti wajah baru. Melalui musyawarah daerah (musda) antarwaktu, H Taryadi, seorang pemborong (rekanan) terpilih menjadi orang nomor satu di partai yang berlambang pohon beringin itu.

pembatas
Pantura
Kerajinan Gypsum Pangkah, Bikin Interior Lebih Mewah

SORE itu, Mashuri (34), warga Desa Bogares Lor, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal baru saja tiba di rumahnya. Dia dengan mengendarai colt bak terbuka beserta lima karyawannya tampak lusuh. Pakaian yang dikenakan belepotan tinta putih.

pembatas Pantura
Ribuan Hektare Sawah Bakal Kekurangan Air
  • Dampak Pengeringan Waduk Cacaban

SLAWI - Dalam musim tanam (MT) II tahun ini, ribuan hektare sawah petani bakal kekurangan air.

pembatas
Pantura
Lokomotif PG Pangka Jadi Aset Wisata

SLAWI - Bagaimana rasanya naik lokomotif tua seraya menikmati perkebunan tebu? Untuk sekadar menghilangkan kepenatan, bisa merasakan langsung ke PG Pangka. Wisata dengan naik lokomotif, kemarin mulai diperkenalkan kepada masyarakat umum lewat kegiatan agrowisata dan jalan santai...

pembatas Pantura
KNPI Pemalang Terancam Bubar

PEMALANG - Menjelang akan dilaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) II, KNPI Kabupaten Pemalang mengalami krisis kader. Hal itu disebabkan oleh vakumnya kegiatan di tingkat kabupaten dan kecamatan, sehingga organisasi yang dulu besar itu kini terancam bubar.

pembatas
Pantura
Babinkamtibmas Diperkuat
  • Dukung Pengamanan Pemilu

BREBES- Peran Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) yang selama ini kurang mendapat perhatian, kini mulai diperkuat untuk pengamanan pra dan selama pelaksanaan Pemilu 2004.

pembatas Pantura
Buntut Pemotongan Honor P4B
Sugiarto Isi Kekosongan Mantri Statistik

KAJEN- Kekosongan posisi mantri statistik di Kecamatan Kedungwuni menyusul penonaktifan petugas lama, mulai Minggu kemarin (1/6) diisi oleh Sugiarto. Kepala BPS Kabupaten Pekalongan, Gunawan SE mengatakan, penonaktifan mantri statistik...

pembatas
Pantura
Ditemukan, Bukti Kuat Kebakaran Bioskop

BUMIAYU- Penyebab kebakaran bekas gedung bioskop Bumiayu, Kamis (30/5) petang lalu, kini mulai terkuak. Jajaran Resintel Polsek Bumiayu yang menelisik kasusnya berkeyakinan kuat, kebakaran tersebut akibat hubungan arus pendek listrik yang memantik percikan api.

pembatas Pantura
Warga Muhammadiyah Tak Akan Golput

PEKALONGAN - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng Dahlan Rais menegaskan, warganya akan berpartisipasi aktif untuk memilih anggota DPRD tingkat I dan II serta memilih presiden secara langsung pada Pemilu 2004.

pembatas
Pantura
PNS Akan Terima Gaji Ke-13

BREBES - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Brebes bisa tersenyum lega, karena pertengahan tahun ini bakal menerima separo dari gaji ke 13. Sedangkan separo lagi akan diterimakan menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

pembatas Muria
Pembangunan Gedung KPU Harus Dilelang

PATI- Terlepas siapa rekanan jasa konstruksi yang akan menjadi pemenangnya, pembangunan gedung Sekretariat KPU Pati di kompleks Stadion Joyo Kusumo tetap harus dilelangkan terbuka.

pembatas
Muria
APBD Blora Akan Ditetapkan 5 Juni

BLORA- Setelah molor relatif lama, pada 5 Juni mendatang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Blora 2003 akan ditetapkan. "Sudah ada kepastian, APBD akan ditetapkan 5 Juni mendatang," jelas Wakil Ketua DPRD Haryono SD kepada Suara Merdeka, kemarin.

pembatas Muria
Bakti Sosial Guru Se-Pati ke Kayen

P A T I - Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn se-Kabupaten Pati, belum lama ini melaksanakan bakti sosial ke SD Negeri 01 dan 02 Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Pati. Kegiatan tersebut juga melibatkan...

pembatas
Muria
Hari Ini Penetapan Calon Bupati
Polres Gelar Gladi Kotor Pengamanan

KUDUS-Pimpinan DPRD Kudus, Senin ini akan menetapkan pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati. Mereka yang lolos dalam tahapan tersebut akan ditetapkan menjadi pasangan calon dalam rapat paripurna Dewan pada 4 Juni depan.

pembatas Muria
Mbah Roso Meruwat Pati

PROSESI acara budaya, Kamis malam pekan lalu berlangsung mulus di Pendopo Kabupaten Pati. Paranormal terkenal yang sekaligus Pimpinan Padepokan "Bumi Wali Songo" Pati-Jawa Tengah, Drs H Imam Suroso MBA MM (Mbah Roso), memimpin upacara ritual di bulan sakral (Syuro) tersebut.

pembatas
Muria
Dari Kunjungan Wartawan Media Cetak Jakarta (1)
PHBM = Manuk Jalak Nothol Tumane Kebo

SELAMA dua hari wartawan Suara Merdeka, Urip Daryanto mengikuti rombongan wartawan beberapa media cetak dari Jakarta yang atas prakarsa Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi...

pembatas Kedu & DIY
Puluhan Hektare Kobis Diserang Ulat
  • Diduga akibat Kekurangan Obat Pertanian

TEMANGGUNG- Puluhan hektare areal tanaman kobis di beberapa desa Kecamatan Bulu, Temanggung rusak diserang ulat grayak. Angka kerusakannya tinggi, lebih kurang 70 %, sehingga menimbulkan kerugian besar petani.

pembatas
Kedu & DIY
Aturan Usia Pensiun Masih Munculkan Reaksi

PURWOREJO- Kebijakan Pemkab Purworejo mengeluarkan aturan batas usia pensiun (BUP) bagi pejabat eselon dan guru pada usia 56 tahun mulai 1 Juni ini masih mendapat reaksi.

pembatas Kedu & DIY
Belanda Turut Memeriahkan Festival Kesenian Yogyakarta XV

YOGYAKARTA - Tiga daerah yakni Lampung, Banten, Cirebon dan Belanda bakal turut memeriahkan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) XV 2003 yang akan dibuka Sabtu (6/6) mendatang.

pembatas
Kedu & DIY
Daya Mastara Usul Presiden, Pilbup Ditangguhkan Setelah Pemilu 2004

BOROBUDUR- Forum Pemberdayaan Masyarakat Nusantara (Daya Mastara) mengirim surat kepada Presiden RI yang isinya mengusulkan agar pemilihan bupati Magelang ditangguhkan setelah pelaksanaan Pemilu 2004.

pembatas Kedu & DIY
Harta Karun Ir Soekarno Tak Ada

MAGELANG- Keterangan Soenoso Goroyo Soekarno yang mengaku mempunyai harta karun berupa obligasi dan emas batangan yang nilainya mencapai triliunan rupiah, perlu diteliti kebenarannya. Mengingat orang yang mengaku punya harta karun cukup...

pembatas
Kedu & DIY
Borobudur International Festival
Festival Kampoengan Bukan Tandingan

BOROBUDUR- Borobudur International Festival (BIF), 11-17 Juni, dipastikan bakal meriah. Sebab, pada saat yang sama Komunitas Borobudur akan menggelar "Festival Kampoengan 2003" yang lokasi penyelenggaraannya tidak jauh dari BIF.

pembatas Kedu & DIY
Borobudur International Festival
Mulai Dibersihkan

BOROBUDUR- Penyelenggaraan Borobudur International Festival (BIF) semakin dekat. Pemkab Magelang mengerahkan ratusan pegawai untuk bekerja bakti membersihkan sampah.

pembatas
Banyumas
Lebih 2.000 Ha Sawah Terancam Kering
  • Disiasati dengan Perbaikan Irigasi

BANYUMAS- Beberapa daerah sentra padi di Banyumas yang rawan air diwaspadai terhadap ancaman kekeringan yang mulai datang pada musim kemarau ini.

pembatas Banyumas
"Kini Ditanami Padi Rendengan"

PURWOKERTO- Ratusan hektar padi pada lahan tadah hujan di Banyumas dibiarkan kekeringan. "Luasnya masih di bawah 1000 hektare. Saat ini lahan tersebut ditanami padi rendengan, sehingga terancam gagal panen bila tidak ada hujan lagi," kata Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan,

pembatas
Banyumas
PKB Usul RUU Sisdiknas Ditunda

PURWOKERTO- Dewan Syuro DPP PKB mengusulkan penetapan Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) ditunda. Semula direncanakan penetapan pada sidang paripurna DPR RI, 10 Juni. Demikian keterangan Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Dr KH Nur Iskandar Al Barsani (Gus Nur), Sabtu lalu.

pembatas Banyumas
Delapan Tahun Manfaatkan Listrik Turbin

SEBELUM 1995, 150 keluarga di Grumbul Windusari, Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas masih hidup dalam kegelapan. Alat penerangan yang menggunakan tenaga listrik, sampai waktu itu belum ada. Semua warga di lereng Gunung Slamet itu mengandalkan lampu petromak.

pembatas
Banyumas
Program MBS Dilanjutkan

PURWOKERTO- Pelaksanaan program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Banyumas yang didanai Unicef dinilai berhasil oleh badan PBB yang mengurusi pendidikan dan anak-anak itu. Bupati HM Aris Setiono berharap program tersebut tetap dikembangkan dan dilanjutkan.

pembatas Banyumas
Paguyuban Wong Terminal Minta Sewa Harian

PURWOKERTO- Paguyuban Wong Terminal Bus Purwokerto meminta penggunaan kios terminal bus baru secara sewa harian atau bulanan dan bukan jual beli. Keinginan itu akan terwujud bila pembangunan secara swadana. Cara itu juga akan membuat sewa kios murah,

pembatas
Banyumas
Buronan Anto Begog Tertangkap

PURWOKERTO - Setelah buron selama dua minggu, residivis Anto Begog (35), ditangkap tim Reserse Polres Banyumas. "Dia tertangkap ketika bersembunyi di rumah temannya," kata Kasat Reserse AKP Jeffri Dian Juniarta, Minggu sore.

pembatas Banyumas
60 % Industri Farmasi Bisa Bangkrut
  • Terkait Dibukanya Kran Impor Obat

PURWOKERTO- Sekitar 60 % atau 90 industri farmasi teknologi sederhana dalam negeri bisa bangkrut dengan dibukanya kran impor obat oleh pemerintah.

pembatas
Banyumas
Selama 2002 sampai April 2003 Wanadadi Bebas Pencurian

BANJARNEGARA- Selama 2002, bahkan sampai April lalu, Desa/Kecamatan Wanadadi nihil kasus pencurian. Di desa ini, suatu ketika pernah terjadi pencurian kabel listrik, dan pencurinya tertangkap lalu diserahkan ke Mapolsek.

pembatas Banyumas
14 Pendaftar Ikut Seleksi Panwas

PURBALINGGA- Hingga penutupan pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilu, 29 Mei lalu, hanya 16 pendaftar yang mengembalikan berkas dari 18 pengambil berkas. Dan dari 16 pendaftar itu, dalam penelitian administrasi oleh tim seleksi Sabtu (31/5) dua di antaranya dicoret karena usianya belum memenuhi persyaratan.

pembatas
Banyumas
Penempatan Guru Bantu Kembali ke Sekolah Asal

CILACAP- Penempatan guru bantu asal Cilacap yang lolos seleksi setelah pengumuman Depdiknas, Rabu (28/5) lalu, rencananya sebagian besar dikembalikan ke sekolah asal. Sebab, 1.213 guru yang lolos dari total 2.134 orang yang ikut seleksi, 90 % adalah guru wiyata bakti.

pembatas Banyumas
Wiranto Hadiri Jambore AMPG dan KPPG

BANJARNEGARA- Lama tak muncul di depan publik semenjak purnatugas dari kedinasan, mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Wiranto tetap mendapat perhatian masyarakat. Tak cuma peserta Jambore Daerah Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), pengurus DPD II, simpatisan Partai Golkar,

pembatas
Banyumas
PDI-P Bertekad Menangi Pemilu

CILACAP- Massa pendukung dan simpatisan PDI-P di Cilacap menyatakan siap mendukung dan menyukseskan Pemilu 2004. Mereka juga bertekad memenanginya. Pernyataan itu disampaikan serempak pada acara malam tasyakuran warga PDI-P di lapangan Kecamatan Kedungreja, Sabtu (31/5) malam.

pembatas Banyumas
Dendam Lama, Warga Kalikabong Tewas Ditusuk

PURBALINGGA- Diduga dipicu dendam lama yang terpendam selama lima tahun, Irwanto (25) menemui ajalnya ketika bersama 15 temannya nglurug ke Dukuh Planjan, Desa Selabaya, Kecamatan Kalimanah, Minggu (1/6) dini hari.


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ragam | Ekonomi | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA