logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Sabtu, 31 Mei 2003 
Line

  • Aneka Warta

Syaifullah Tetap Maju ke Pilgub Jatim

MALANG-Meski Ketua Dewan Syuro DPP PKB KH Abdurrahman Wahid menyatakan tidak setuju, Drs H Saifullah Yusuf tetap maju mencalonkan diri sebagai Gubernur Jatim. Dia siap bersaing dengan calon kuat dari PKB lain, Mayjen TNI (Purn) Haris Sudarno.

Kendati demikian, Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu tetap berdalih masih menunggu keputusan partai. "Partai belum memutuskan, jadi saya pasrahkan pada keputusan partai dan anggota fraksi. Yang terbaik seperti apa, dan ini masih bagian dari proses," tegasnya.

Gus Ipul yang juga keponakan Gus Dur ditemui usai menutup Jambore Bhakti Ansor se-Jatim di Wana Wisata Coban Talun, Junggo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, baru-baru ini. Dia mengaku belum tahu kalau pamannya justru memberikan restu pada Haris Sudarno.

Disinggung soal Haris Sudarno menyatakan siap menjadi cagub dari PKB, bagi Gus Ipul masalahnya bukan siap atau tidak. "Soalnya, saya harus menunggu keputusan partai. Itu saja," katanya.

Kalau partai memberikan rekomendasi kepada dirinya, dia akan terus mencalonkan. Soal finalisasi jika partai akhirnya menelurkan satu nama, menurut dia semua bergantung situasi. "Saya tidak tahu persisnya, tetapi saya ngglundhung semprong ae (menggelinding begitu saja)," ujarnya. (jo-64k)

Juni, Presiden Melawat ke Jepang

TOKYO - Presiden Megawati Soekarnoputri akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang mulai 22 -25 Juni mendatang. Demikian diungkapkan Departemen Luar Negeri Jepang, Jumat (30/5), seperti dikutip AFP. Di Jepang, Presiden dijadwalkan bertemu dengan Kaisar Akihito, Permasuri Michiko dan Perdana Menteri Koizumi. Kunjungan Megawati ke Jepang adalah untuk mempererat persahabatan antara kedua bangsa.

Kunjungan ke Jepang ini merupakan kunjungan Presiden yang pertama sejak pemberlakukan darurat sipil di Aceh tanggal 19 Mei 2003 lalu. Terakhir, Presiden Megawati melakukan kunjungan 10 hari ke Rumania, Rusia dan Polandia akhir April 2003 lalu, sebelum pelaksanaan Operasi Terpadu di Aceh. (AFP-16)

Hari Ini Temu Kader NU se Jateng

SEMARANG - Sebanyak 350 lebih kader potensi Nahdlatul Ulama (NU) se Jawa Tengah, hari ini mengikuti acara temu kader di auditorium Badan Diklat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Jalan Setiabudi, Semarang.

Ketua Panitia Drs H Abu Habsin Umar MA PhD menjelaskan, acara berlangsung dua hari, hingga Minggu besok, diikuti para pengurus NU se Jateng dan kader-kader NU yang potensial sesuai bidangnya.

Rais Aam PBNU KH MA Sahal Mahfudh dan Gubernur Jawa Tengah H Mardiyanto dipastikan akan memberikan ceramah.

Dalam acara tersebut dibahas berbagai persoalan internal organisasi, meliputi ''Peran NU dalam Bidang Kesehatan'' oleh dr H Mashudi dengan moderator dr H Muhtadi. ''NU, demokrasi dan Keadilan (Perspektif Hukum)'' oleh Kabul Supriyadi SH MHum dengan Moderator Dharot Widjayanto SH, ''NU dan Media (Menyambut Gagasan NU On Line)'' oleh Ir H Edi Nur Sasongko MKom dengan moderator Agus Fathudin Yusuf, ''Pengembangan SDM Lewat Pendidikan'' oleh Drs HM Chabib Thoha MA dengan moderator Dr H Ahmad Rofiq MA.

Selain itu juga dibahas ''Pengambangan Wacana Khittah di Kalangan Politisi NU'' oleh Dr Mujahirin Tohir MA, ''Partisipasi Birokrat NU dalam Mewujudkan Clean Government'' oleh Drs H Achmad dan Drs Ali Mufiz MPA, ''Peran Pengusaha NU dalam Penguatan Ekonomi Masyarakat'' oleh Drs H Noor Achmad MA dan Drs H Abdullah Syatori MM, ''Tradisi Keilmuan NU dan Tantangan Pemikiran Islam'' oleh Dr H Abdul Djamil MA dan Dr Abdurrahman Mas'ud MA, ''Revitalisasi Fungsi Kelembagaan NU'' oleh Drs H Muhamad Adnan MA dan Drs H Busyairi Harits MA. (B13-29)

  • Seputar Tugumuda

Terjun Payung di Simpanglima

UNTUK menghibur masyarakat Kota Semarang, hari ini dan besok akan digelar ekshibisi terjun payung. Enam penerjun payung Jawa Tengah direncanakan akan mendarat di Lapangan Simpanglima, Sabtu ini pukul 16.30 dan 17.00, serta Minggu besok pukul 07.00 dan 07.30. Menurut penerjun senior yang juga mengikuti kegiatan ini, Yasri Yudha Yahya, acara tersebut didukung Direktur Suara Merdeka Kukrit Suryowicaksono dan Danlanumad Kolonel CHB Purnomo.(tok-22k)

Bedah Buku ''Fantasi Terorisme''

MASSCOM Media, bekerja sama HU Suara Merdeka dan Hotel Ciputra, hari ini menggelar bedah buku ''Fantasi Terorisme'' di Puri Suite, Hotel Ciputra, pukul 09.45-12.00. Buku karya Goenawan Permadi, alumnus S2 Universitas Shefield Inggris ini akan dibedah pakar hukum-militer Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dr Bambang Cipto dengan moderator Dudung Abdul Muslim. Berita ini sekaligus undangan, terutama bagi mahasiswa dan pengajar fakultas hukum, pondok pesantren, ormas keagamaan, dan pihak lain yang berminat. (B5-48)

Pelatihan Olah Data Statistik

UNIT Pelatihan Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang menggelar pelatihan olah data statistik angkatan IV, tanggal 6, 7 dan 14 Juni. Materinya meliputi review metodologi riset, preparasi data, operasi alat analisis, dan interpretasi hasil studi kasus. Jumlah peserta tiap angkatan dibatasi maksimum 24 orang. Peserta mendapat modul, disket dan sertifikat. Informasi lain hubungi Titien telepon 7473417 psw 182. (C22-45)

Bulan Promo Kosmetik di Sri Ratu

SRI Ratu Pemuda pada 1 - 30 Juni 2003 menggelar bulan promo untuk pembelian kosmetik, di Lt 2 pasaraya tersebut. Disediakan hadiah-hadiah menarik seperti payung jumbo, coffee cup saucer, dispenser, dinner set, dan lain-lain. Menurut Drs Tri Budi S selaku Sale & Event Coordinator, beberapa counter kosmetik juga memberi hadiah menarik seperti lilin bunga cantik dan sebagainya.(C22-45)

Pendidikan Aksesoris Pengantin

MASIH dibuka kesempatan untuk mengikuti pendidikan seserahan, baki lamaran, pesalin dan perlengkapan pengantin, interior rumah, merangkai bunga, patchwork quilt design, bed cover, disain mode, cordyn, souvenir, serta aksesoris mote. Pendaftaran di Monique House of Wedding Accessories & Handmade Course Jl Mawar 30 telepon (024) 3557334.(B15-71)

Sarasehan Hari Lahir Pancasila

DALAM-rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945, pengurus ranting PDI Perjuangan se Semarang Timur, menggelar sarasehan dengan pembicara unsur DPD PDI-P Jateng dan DPC PDI-P kota. Acara akan berlangsung Minggu (1/6) pukul 19.00 di sekretariat PAC PDI-P, komplek Dargo Plasa D-110.(E1-76)

Makan Malam di Kafe Flamboyan

SELAMA Juni di Kafe Flamboyan Hotel Grand Candi, telepon 8416222 psw 416 dan Pool Bar Area psw 309 menyajikan daily theme night dinner prasmanan mulai Selasa-Sabtu pukul 19.00-22.30. Manajer Humas Yosie Indra Susilo mengatakan, jadwal menu Selasa dan Rabu (steak), Kamis (Italian buffet dinner), Jumat (barbeque & pizza) dan Sabtu (night buffet dinner with live entertainment). Sedangkan masakan Indonesia Senin-Jumat pukul 11.30-14.00, harga Rp 45.000 nett.(C28-73)

Lomba Merangkak dan Joget di Sri Ratu

PASARAYA Sri Ratu Peterongan menggelar ''Pesta Ceria Balita'' yang diisi lomba bayi merangkak dan balita joget pada Minggu (15 Juni), pukul 10.00. Total hadiah Rp 1 juta, tropi dan bingkisan sponsor. Pendaftaran dan informasi hubungi Noorsida, Darmanto dan Yatie di telepon 024-8312260, faks 8317270. (D2-73)

Aneka Lomba di TK Bukit Aksara

MENYAMBUT pembukaan TK Bukit Aksara dan Sanggar Aksara Bukitsari, diadakan lomba merangkai aksara, sempoa, aritmatika, menyusun menara, bahasa Inggris, komputer, dan mewarnai untuk murid KB/ TK, dan SD. Pendaftaran ditutup 7 Juni di Sanggar Aksara Beringin (3545048) dan Bukitsari (7474262), atau lewat Yulie (08122917435) dan Rosita (081325725059). (tb-13)

Kuliah Interaktif Ikamaba

SEMARANG- Ikatan Remaja Masjid Baiturrahman (Ikamaba) Semarang, Minggu (1/6) besok menyelenggarakan "Kuliah Interaktif Ahad Pagi" di masjid setempat. Pengajian rutin remaja seminggu sekali itu, dimulai pukul 07.00 WIB.

Ustad muda yang cukup kocak, KH Supandi akan membahas dan menyampaikan tema kontradiktif "Pergaulan Bebas, Enjoy..!". Para remaja muslim yang berminat, diharapkan datang tepat waktu. Berita ini sekaligus sebagai undangan.(C29-)

Seminar Gratis soal Komputer

SEMARANG- Agar pencari kerja mudah mendapatkan pekerjaan ProVisi IT College mengadakan seminar gratis setiap Sabtu, pukul 09.00 bertema ''Manfaat Sertifikasi Internasional di Bidang Komputer (Teknologi Informasi).'' Peserta lulusan SMU, diploma dan sarjana. Pendaftaran di Jl Ki Mangungsarkoro No 9, telepon (024) 8418206. (F1-73)

  • Jajah Desa Milang Kori

Listrik di Ungaran Padam

UNGARAN - PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Pelanggan Ungaran, Sabtu (31/5) ini akan memadamkan aliran listrik di 51 lembaga, mulai dari kantor dinas, pertokoan, hingga perbankan. Ke-51 lembaga itu terletak di Ungaran kota, Bandarjo, Susukan, Karanganyar, Sebantengan, Sidomulyo, Kuncen, Tarubudaya, dan sekitarnya. Minggu (1/6) di Desa Talun, Sidorejo, Karangjati, Kutan, Randugunting, dan sekitarnya. Akibatnya, listrik di delapan perusahaan padam, yakni di PT Bapak Djenggot, Gemilang Prana Surya, Timbangan Budi, Cerio, Sinabro Garment, Sinarmas Indo, Show Room Grand Surya, dan PT Apac Inti Corpora. Manajer unit perusahaan tersebut, H Machmudi AhT menjelaskan, hal itu berkaitan dengan pemasangan trafo sisipan dan pemeliharaan jaringan.(A2-71c)

PKL RSD Diperingatkan

GROBOGAN - Pedagang kaki lima (PKL) di depan RSD Dr Raden Soedjati di Jl Panjaitan, Purwodadi, Grobogan, kemarin diperingatkan Satpol PP. Sebab, satu di antaranya menggelar barang dagangan ke trotoar di depan rumah sakit itu. Padahal, sebelumnya PKL itu maupun yang lain menyatakan tidak keberatan untuk ditempatkan di barat jalan. Koordinator tim penertiban Suyono SH mengatakan, keberadaan PKL di RSD akan terus dipantau. Bila tiga kali melanggar daerah larangan, pihaknya terpaksa menjatuhkan sanksi sesuai hukum yang berlaku. (A23-73)

Blok Saluran Irigasi Banyak Hilang

GROBOGAN - Blok berbentuk empat persegi yang terpasang di saluran irigasi teknis Kedungombo, tepatnya di saluran Sidorejo dari Toroh sampai Purwodadi banyak yang hilang. Diduga blok-blok itu diambili orang yang tak bertanggung jawab. Bahkan oknum petugas saluran diduga juga ikut mengambili blok-blok tersebut. Blok tadi dipasang kembali ketika saluran itu mendapatkan dana operasional pemeliharaan (OP). Kadinas Pengairan Grobogan Supriyadi ST memerintahkan kasi pengairan untuk mengusut. Sebab, hal itu membahayakan terhadap keselamatan tanggul. (A23-73)

Terlelap Tidur, 2 Motor Dicuri

DEMAK- Dua kendaraan, yakni Yamaha Jupiter H-3939-DZ dan Suzuki Shogun H-3939-BW milik Eryawan Hartono (35), warga Perum Kebonbatur Utara Gang VI/39, Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kamis (29/5) pukul 04.00 raib digondol pencuri. Pencuri masuk lewat jendela samping rumah, dan korban dalam keadaan terlelap tidur. Saat korban terbangun, dua motornya sudah hilang dan pintu bagian depan sudah terbuka. Akibat kejadian itu, Eryawan menderita kerugian Rp 24 juta.(F2-71)

  • Langgam Surakarta

Listrik di Laweyan Padam

HARI ini, Sabtu (31/5) pukul 09.00 sampai 15.00, PT PLN (Persero) AP Surakarta akan memadamkan aliran listrik di kawasan Jalan Dr Rajiman Laweyan, Tegalsari dan sekitarnya serta Desa Banaran untuk wilayah palur. Pemadaman tersebut dikarenakan adanya pekerjaan perbaikan jaringan dan rabas-rabas pohon.(G19-42)

Shanti dan Farhan di Quality

PRESENTER kondang asal Jakarta, Shanti dan Farhan, Sabtu malam ini (31/5) akan meramaikan acara ''Djarum Super Ultimate Experience Feat Shanti'' di Hotel Quality. Selain dua presenter kondang itu, acara yang akan digelar di Soemarjo Grandballroom mulai pukul 21.00 tersebut, juga akan diramaikan Andy Ayunir, Bandung Percusion Orchestra.(G19-42)

Halaqah Pendidikan di Al Firdaus

LEMBAGA Pendidikan Al Firdaus, Jumat (30/5) mengadakan Halaqah Pendidikan dengan tema ''Pendampingan Anak Sesuai Perkembangan Moralitas.''

Kegiatan yang diselenggarakan di aula SD Al Firdaus pukul 13.00-15.00 tersebut menampilkan pembicara Drs Dian Nafi, pengasuh Pondok Pesantren Windan, Makamhaji, Surakarta.(G19-42)

HUT Ke-3 ''Sarang Damelan''

DALAM merayakan ulang tahun Ke-3, ''Sarang Damelan'' (sebuah kelompok peduli budaya), Sabtu dan Minggu (31/5,1/6), akan menyelenggarakan berbagai acara, di antaranya ''Rang Dam Musik Konser'', Pemutaran VCD Sarang Damelan dan lainnya. Acara akan berlangsung mulai pukul 21.00 di Pendopo Kelurahan Baluwarti.(G19-42)

  • Ojo Lali

RSPD Siarkan Rapat DPRD

WONOGIRI-Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Wonogiri, Sabtu (31/5), akan menyiarkan langsung rapat paripurna DPRD yang membahas penetapan harga jual kios dan los pasar baru Wonogiri. ''Para pedagang dan masyarakat tidak perlu berbondong-bondong mendatangi gedung Dewan. Cukup mendengarkannya dari RSPD,'' kata Kabag Humas Pemkab Wonogiri Bambang Eko Sarwono.(P27-14c)

Reuni Master Angkat Besi

WONOGIRI-Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi, Sabtu (31/5), diharapkan membuka reuni angkat besi master veteran yang kelima yang akan menyelenggarakan lomba angkat besi dan binaraga nasional di Wonogiri. Sekretaris Panitia Tulardi mengatakan, pembukaan dilanjutkan lomba angkat besi master veteran tingkat nasional dan angkat besi remaja tingkat Jawa Tengah. Acara itu akan dirangkai dengan lomba binaraga nasional.(P27-14c)

Luka-luka Dihajar Tetangga

WONOGIRI-Budi Purnomo (23), warga Dusun Tanggung Kulon, Desa Sonoharjo, Kecamatan Wonogiri terluka setelah dihajar dua tetangganya, Eko Saputro (26) dan Yudi Krisyanto (15). Korban yang babak belur segera dibawa ke rumah sakit, dan polisi memeriksa kedua tersangka serta menyita kayu pemukul. Penganiyaan terjadi setelah korban dengan membawa golok menantang tersangka untuk menyelesaikan masalahnya di hutan. Tapi saat berjalan ke hutan, korban dikeroyok dan dipukuli kedua tersangka.(P27-14c)

Pencuri Pakaian Tertangkap

WONOGIRI-Kasimun (29), warga Dusun Geneng, Desa Padarangin, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, tertangkap basah saat mencuri pakaian dagangan di Pasar Slogohimo. Tersangka membawa 68 potong pakaian milik Mardi dengan cara membongkar kotak kayu tempat penyimpanan dagangan. Namun perbuatannya ini dipergoki petugas keamanan pasar dan akhirnya ditangkap. Saat diperiksa, tersangka mengaku tindakannya itu merupakan peristiwa ketiga di Pasar Slogohimo.(P27-14c)

Pedagang Kelontong Dirampok

WONOGIRI-Gara-gara takut diancam dengan celurit, Midut (40), warga Dusun Pucanganom, Desa Bero, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Kamis (29/5) dini hari pukul 02.30 terpaksa merelakan pesawat televisinya dibawa kabur perampok. Pedagang kelontong itu tak berdaya karena di bawah ancaman celurit. Diduga kawanan perampok yang menyatroni rumah Midut berjumlah empat orang.(P27-14c)

Gerak Jalan di Kawasan Wisata

BOYOLALI - Ratusan karyawan dari berbagai instansi/jawatan di Kabupaten Boyolali, Jumat kemarin mengikuti gerak jalan di objek wisata Kecamatan Selo. Kegiatan pagi itu dalam rangka memperingati HUT Ke-156 Kabupaten Boyolali sekaligus meramaikan kawasan wisata. Disediakan hadiah buat peserta. Selain itu, mereka dihibur dengan musik organ.(shj-14n)

Rumah Ngatini Terbakar

BOYOLALI - Ny Ngatini (30), warga RT 3 RW 16 Dukuh Bakungan, Kelurahan Sisowodipuran, Kecamatan Boyolali bernasib sial. Rumahnya pagi kemarin pukul 10.15 terbakar habis. Harta benda yang dimiliki ludes dilalap api. Kebakaran itu disebabkan percikan korek api yang mengenai beras dan pakaian. Kerugian dari peristiwa tersebut ditaksir Rp 15 juta.(shj-14n)

Bertemu Teman, Motor Raib

SRAGEN-Tidak pernah dibayangkan sebelumnya jika Septi (20) yang bertemu dengan bekas rekan sekolah dasar (SD), Dini (20), bakal kehilangan sepeda motor Honda Supra miliknya. Sebab, setelah kangen-kangenan itu, Dini Budi Handini membawa kabur motor Honda Supra AD-3119-VN milik Septi. ''Ngomongnya dia hanya pinjam sebentar, tapi tidak mengembalikan,'' tutur Septi saat mengadu ke Polres, kemarin.

Menurut keterangan, kedua sahabat lama ini sangat girang ketika bertemu di rumah Septi, Kamis lalu. Setelah ngobrol, Dini meminjam motor sebentar. Tanpa menaruh kecurigaan sedikit pun, Septi menyerahkan motor seharga Rp 12 juta itu. Setelah ditunggu beberapa jam, mantan sahabatnya itu tidak kunjung muncul. Setelah seharian, korban baru menyadari bahwa dirinya tertipu. Korban kemudian melaporkan perkara itu ke polisi.(nin-14c)

  • Lintas Pantura

Penyuluhan Tiblantas Sopir Bus

TEGAL - Para sopir bus dan angkutan umum lainnya yang ada di terminal bus Tegal segera dikumpulkan untuk mengikuti pembinaan dan penyuluhan ketertiban berlalu lintas (Tiblantas). ''Pembinaan dilakukan untuk menekan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalur Pantura. Polresta Tegal akan mengajak LLAJ dalam kegiatan ini,'' kata Kasat Lantas Polresta Tegal, AKP Juliana Boru Bangun SH, kemarin.

Di samping pembinaan, pos-pos lalu lintas di daerah rawan akan dioptimalkan dengan menempatkan personel lalu lintas, baik pagi, siang maupun malam. Pos lalu lintas yang ada diberdayakan agar masyarakat merasa nyaman. (so-74)

Maulid Nabi SMK Bhakti Praja

BATANG- Memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, keluarga besar SMK Bhakti Prja Batang, belum lama ini mengadakan pengajian yang diadakan di halaman sekolah. Penceramah, KH Nurzen Ismail, menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW. ''Hikmah peringatan ini adalah, untuk selalu mencontoh dan menjalankan semua syariat. Selain itu, menghindari perbuatan yang tidak terpuji seperti main judi (togel), minum-minuman keras, narkoba, dan tindakan yang dilarang agama,'' ujar dai Kamtibmas asal Desa Cepoko, Batang itu.

Kepala SMK Bhakti Praja, Ny Moelyarsih SH mengajak seluruh siswa untuk meniru keteladanan Nabi Muhammad SAW. ''Agar hidup bahagia di dunia dan akhirat, kita tiru dan contoh keteladanan hidup seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.'' (ar-74)

Bappeda Buka Aspirasi Masyarakat

BREBES - Guna penyusunan RAPBD tahun 2004, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Brebes, membuka jaringan aspirasi masyarakat sebagai salah satu saluran menampung berbagai aspirasi. Masyarakat yang berminat menyumbangkan pemikiran atas RAPBD dapat menyampaikan ke PO Box 1000 Brebes atau secara tertulis ke Kantor Bappeda Jl Sudirman.

Kepala Bappeda Ir H Iskandar SH MM mengatakan, aspirasi paling lambat disampaikan 30 Juni 2003. Masukan dari masyarakat menyangkut berbagai hal tentang pembangunan akan dipelajari dan bila memungkinkan akan dimasukkan ke rencana strategis pembangunan Kabupaten Brebes ke depan. ''Gagasan yang baik tentu saja akan menunjang pembangunan kabupaten ini,'' katanya. (wh-74)

RSUD Kraton Dapat Bantuan Mobil

KAJEN-Untuk membantu kelancaran operasional, RSUD Kraton Pekalongan kemarin mendapat bantuan mobil Toyota Kijang dari PT (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesia. Bantuan diberikan secara simbolis Kepala Regional PT Askes Jateng dan DIY dr Retno Hastuti kepada Sekretaris Daerah Drs Sudiyantoro.(G16-42e)

Harlah PPP Khitankan 100 Anak

PEMALANG - Hari lahir (harlah) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kecamatan Randudongkal, Pemalang, kemarin diperingati di SMP Islam dengan mengkhitankan 100 anak tidak mampu. Selain itu, diisi pentas musik gambus dan rebana oleh kader-kader wanita.

Menurut Ketua DPC PPP H Abdul Basyir, 100 anak selain dikhitankan secara gratis juga diberikan baju dan kain sarung seragam, peralatan sekolah, dan uang tali asih baik dari panitia maupun pengunjung. Sebelum dikhitan, mereka diarak keliling dengan tetabuhan kesenian terbangan. (sf-74)

  • Wara - Wara

Musda Paguyuban Bhakti Praja

KUDUS-Paguyuban Bhakti Praja Kudus Kamis lalu menggelar musyawarah daerah. Hadir dalam acara di Gedung Dipenda itu Kabag Kesmas Suyanto dan Ketua Paguyuban Bhakti Praja Jateng H Karseno.

Terpilih sebagai Ketua Bhakti Praja Kudus Paidjo Siswanto, dan Wakil Ketua Suharto, Turmudzi Sadjad, KH Afif Sholeh, Nunuk Kartinem, Johny Dwi Harjhono, Bendahara Hj Hindun Suwarno, dan Wakil Suparti Sutrisno. Paguyuban tersebut adalan wadah para mantan anggota legislatif. (yit-78e)

SLTPK Buka Barongsai

KUDUS-SLTP Keluarga Kudus berencana membuka ekstrakurikuler bagi siswa berupa kesenian barongsai, mulai tahun pelajaran 2003/2004.

Kegiatan tersebut, kata Kaur Kurikulum Martinus Basuki Sugito, bekerja sama dengan Grup Barongsai Setya Dharma yang berada di bawah Yayasan Tri Dharma Amurva Bhumi Kudus. Kini sebagian besar anggota/pemain barongsai tersebut adalah siswa SLTP itu. (yit-78e)

Kapolsek Mlonggo Dilantik

JEPARA - Kapolres Jepara AKBP Fakhrizal melantik AKP Joko Septiono menjadi Kasat IPP Polres menggantikan AKP Sugito di halaman Mapolres, Rabu lalu. Kasat IPP yang baru berasal dari Polda Jateng. Sedang AKP Sugito dipromosikan ke Polda.

Sementara itu, Mahendra (Kaur Bin Ops Satreskrim Polres) bertukar jabatan dengan Ipda Ngadiyo (Kapolsek Mlonggo). Bagi Mahendra, menjadi Kapolsek Mlonggo sudah tidak asing lagi.

Sebab, sebelum menjadi kaur Bin Ops Satreskrim, dia pernah menjadi Kapolsek Mlonggo. Ikut dilantik, Iptu Suparno sebagai Kaur Bin Ops Satlantas.

Iptu Edi Junaidi dikukuhkan sebagai Kasat Polisi Air Polres Jepara. Sebelumnya, Unit Polair Jepara di bawah komando Satpolair Polda Jateng. (kar-78)

Pengumuman Pendaftar Panwaslu

JEPARA - Pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Jepara ditutup Kamis (29/5) lalu. Para pendaftar yang telah menyerahkan berkas persyaratan akan diseleksi Sabtu ini.

Ketua Tim Seleksi, Jaksa R Esfarin SH, mengatakan pendaftar yang lulus pemeriksaan administrasi akan diumumkan Senin (2/6) dan akan mengikuti tes 3 Juni. (kar-78)

  • Lereng Merapi

Pelatihan Auto CAD

YOGYAKARTA - Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) akan menyelenggarakan pelatihan Auto CAD, 2-7 Juni di kampus Pusat UTY Jalan Ringroad Utara, Jombor, Yogyakarta.

Panitia Endy Marlina mengatakan, pelatihan terbuka untuk umum. Pendaftaran di kampus pusat Jalan Ringroad, Jombor, Yogyakarta pada jam kerja. (P12-80e)

Pembunuh Bayi Disidang

PURWOREJO- Pembunuh bayi sendiri, Tatik S, warga Pangenjurutengah, Purworejo, disidang di Pengadilan Negeri (PN) Purworejo. Sidang kedua pada beberapa hari lalu itu dilakukan untuk memeriksa tiga saksi.

Mereka terdiri atas Widya S yang menemukan mayat bayi, Suprayitno perangkat kelurahan, dan Endang Widarti tetangga terdakwa. Seperti diberitakan, mayat bayi ditemukan tergeletak di bawah pohon pisang. Belakangan terungkap, si pembunuh adalah ibu kandung bayi tersebut.

JaksaSri Tatmala mengatakan, pelaku bisa dijerat Pasal 341 KUHP tentang pembunuhan anak oleh ibunya. Selama sidang, pelaku mengakui perbuatannya. Terhadap pelanggaran hukum itu terdakwa diancam hukuman maksimal tujuh tahun penjara. (yon-80e)

Sewakan VCD Porno Dihukum

PURWOREJO- Pemkab Purworejo ternyata tidak main-main dalam memberantas persewaan VCD porno. Terbukti, telah ada pemilik persewaan VCD yang kini disidangkan.

Michael (39) pemilik sebuah persewaan VCD di Jalan Kol Sugiono, Purworejo, diancam hukuman 2 tahun 8 bulan. Dalam operasi petugas gabungan pada 13 Maret lalu, dia diketahui memiliki 31 keping VCD porno.

Atas perbuatannya menyewakan kaset VCD porno, Michael didakwa melanggar Pasal 282 ayat 3 KUHP. Kasus tersebut telah memasuki sidang keempat di PN Purworejo. (yon-80e)

  • Eling - Eling

Lomba Siskamling

CILACAP-Kelompok ronda RT 01 RW 07 Kelurahan Gunungsimping Kecamatan Cilacap Tengah berhasil maju ke-tingkat Polwil Banyumas dalam lomba sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Mereka terpilih, setelah sebelumnya keluar sebagai juara pertama tingkat Polres Cilacap. Sehingga berhak mewakili kabupaten Cilacap di tingkat Eks Karisidenan Banyumas. Kelompok ronda binaan Polsek Cilacap Tengah dan tim Bimas Polres dinilai paling baik dalam masalah pengamanan lingkungan, tertib administrasi dan mampu meningkatkan kekompakan dan partisipasi warga dalam menangani masalah-masalah kemasyarakatan di lingkungannya. (yud-68)

Tiga Bangunan Terbakar

PURBALINGGA- Tiga buah bangunan bersebelahan milik Iswani (62), Siami (66), dan Sajiwo (48) di Jl MT Haryono, Purbalingga Kulon terbakar. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian yang dialami pemilik bangunan pertama berupa sebuah ruko itu mencapai Rp 18,2 juta. Kebakaran ini diduga disebabkan terjadinya arus pendek.

Menurut saksi Sujadi (38), sewaktu melintas di situ dia melihat ada asap mengepul dari lantai dua ruko Iswani. Dia berteriak minta tolong. Warga lalu berdatangan dan berusaha memadamkan api. Tetapi api sudah terlanjur membesar dan merembet ke dua rumah milik Siami dan Sajiwo di sebelahnya. Api berhasil dipadamkan setelah dua mobil pemadam kebakaran datang. (F10-68)

Banyumas Expo 2003 di GOR Satria

PURWOKERTO- Pemkab Banyumas akan menggelar Banyumas Expo 2003, 20-26 Juni mendatang di GOR Satria Purwokerto. Ketua Panitia, Drs Juliono mengemukakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-421 Kabupaten Banyumas.

Mereka yang diharapkan ikut dalam acara itu antara lain, dinas/instansi, BUMN, BUMD dan swasta. ''Pendaftaran di Sekretariat Panitia Kantor Badan Arsip Informasi dan Kehumasan (BAIK) Pemkab di Jalan Masjid No.8,'' kata dia. (G17-68)

Semiloka Manajemen Farmasi

PURWOKERTO- Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto bekerjasama dengan RSUD Margono, RS Elizabeth dan RS Islam Purwokerto akan menyelenggarakan kegiatan Semiloka Nasional dengan tema Manajemen Pelayanan Farmasi Rumah Sakit yang Berorientasi Pasien, pada Sabtu ini.

Ketua Panitia dr Tri Wibowo Sp. A menjelaskan, semiloka ini berupa diskusi panel dengan keynote speaker Drs M Dwidjo Susono SE Apt (Direktur Bina Farmasi Komunitas dan Klinik Ditjen Yanfar dan Alkes Depkes RI.(G17- 68)

  • Sekilas Ekonomi

Amway Luncurkan Nutrilite

JAKARTA-Untuk meningkatkan penetrasi pasar ke berbagai kalangan masyarakat di Indonesia PT Amway Indonesia meluncurkan sejumlah produk makanan tambahan Nutrilite.

"Produk ini merupakan makanan tambahan yang mendukung pemenuhan kebutuhan gizi bagi semua orang untuk mencapai kesehatan optimal, sehingga dengan kemasan khusus yang ditujukan agar semua orang dapat senantiasa mengonsumsi di mana saja berada," kata Senior Manager Marketing Tina Prabowo, kemarin.

Bersamaan dengan peluncuran Nutrilite itu, pihaknya akan menyelenggarakan roadshow di 5 kota besar di Indonesia sampai Agustus 2003. Menurut Presiden Direktur Koen Verheyen, saat ini lebih dari 450 produk Amway telah dipasarkan di Indonesia melalui 160.000 distributor aktif. (bn-53)

  • Lintas Arena

Wakil Medoho Tumbang

SEMARANG-Red Star Medoho ditumbangkan Unissula 0-2 dalam lanjutan babak pertama Piala Wali Kota IV di lapangan Pedurungan Kidul Semarang, Kamis lalu. Gol kemenangan Unissula masing-masing dijaringkan oleh Hartanto pada menit ke-41 dan Hakim pada menit ke-58.

Dalam pertandingan kemarin, wakil Medoho lainnya, Anak Bola Medoho (ABM) juga tumbang. Mereka ditundukkan BTS Batan Miroto 0-1. Satu-satunya gol BTS diciptakan oleh Rudi pada menit ke-23. Masih pada babak I, hari ini akan bertanding Biprada Semarang melawan PSSD Karangawen, Demak.(22)

Kodam Vs Polda di Semifinal

SEMARANG - Tim tenis Kodam IV Diponegoro, Polda Jateng, Pemkot Sematang dan Depdiknas akhirnya lolos ke babak semifinal Kejuaraan Tenis Antar-Instansi 2003 se-Jateng dan DIY di Lapangan Pegandan, Semarang, Jumat. Dalam babak penyisihan, Kodam berhasil mengalahkan tim Unnes 2-1, tim Polda berhasil menjungkirkan tim Setda Jateng dengan angka telak 2-0. Prestasi sama diraih tim Depdiknas setelah mengalahkan tim BPS, 2-1 dan tim Pemkot Semarang menggulingkan Grobogan, 2-0.(G5-77)

  • Intermeso

Kakak Mati Adik Dikubur

LONDON - George O'Key (83), seorang veteran perang dunia, beberapa hari lalu tergerak hatinya untuk mengunjungi taman makam pahlawan di Middlesbrough (Inggris utara) - tempatnya menetap - untuk mengenang rekan-rekannya yang gugur dalam Perang Dunia II lampau. Satu per satu makam dia ziarahi, dan ketika tiba di sebuah nisan dia kaget luar biasa! Pada batu nisan tersebut tertulis namanya sendiri, lapor koran Times, Jumat.

''Saya langsung mendatangi manajer taman makam pahlawan itu, dan mengatakan kepadanya bahwa sayalah George O'Key dan saya masih hidup. Selama perang saya memang beberapa kali nyaris tewas, tetapi Tuhan melindungiku,'' katanya, seperti dikutip Times. Setelah melakukan penyelidikan dengan melihat arsip-arsip negara, manajer TMP Middlesbrough akhirnya menemukan kesalahan tersebut. Yang dimakamkan di TMP itu adalah Frederick O'Key, kakak George, yang gugur saat ditawan tentara Jepang pada 1944 di suatu tempat di Pasifik. (rtr-ed-30)

Meludah Denda Rp 48.000

BEIJING - Pemerintah Cina telah mengerahkan mobil-mobil yang dilengkapi peralatan canggih, untuk memantau orang-orang yang meludah sembarangan. Larangan keras meludah di tempat-tempat umum diterapkan, dalam upaya mencegah penyebaran virus SARS yang diduga penyebarannya antara lain lewat ludah penderita. Menurut laporan koran-koran setempat, mobil pemantau itu dipasangi tiga kamera dan layar monitor besar, yang dapat mengirim gambar-gambar ke Dinas Sanitasi Kota Beijing hanya dalam waktu beberapa detik.

Beijing Evening News melaporkan, mobil-mobil khusus tersebut pada masa mendatang - jika wabah SARS sudah teratasi - akan dimanfaatkan untuk memantau aksi kejahatan di jalan-jalan ibu kota Cina itu. Pemerintah sejak beberapa pekan lalu melancarkan kampanye antimeludah, yang merupakan kebiasaan lama (namun tidak sehat) di kalangan rakyat negeri berpenduduk satu miliar jiwa tersebut. Mereka yang tertangkap basah meludah di Beijing dan Guangzhou akan didenda 50 yuan (sekitar Rp 48.000). (rtr-ed-30)

Pria Ganteng Bibit Unggul

LONDON - Para pria ganteng menghasilkan sperma berkualitas paling baik, sementara wanita-wanita ayu punya suara merdu. Demikian diungkapkan para ilmuwan Spanyol dan Inggris. Para periset Universitas Valencia (Spanyol) belum lama ini mengetes kualitas sperma sejumlah pria, dan kemudian meminta sejumlah wanita untuk menilai serta memperingkat keatraktivan para pria tersebut. Hasilnya sangat menarik. ''Ditemukan, para pria yang dinilai berwajah paling ganteng, juga menghasilkan sperma berkualitas terbaik,'' lapor majalah New Scientist terbitan London.

Dalam studi yang lain, para periset Universitas Nottingham (Inggris) membandingkan kualitas suara kaum wanita dan bentuk wajah mereka. Mula-mula para periset itu memperdengarkan rekaman suara 30 cewek kepada sejumlah pria, yang diminta memperingkat kualitas suara-suara tersebut. Mereka selanjutnya menunjukkan foto-foto ke-30 cewek itu, dan para pria tadi diminta menunjukkan wajah cewek yang mana paling cantik. Ternyata, menurut New Scientist, cewek yang dinilai paling cantik, suaranya juga paling merdu. (rtr-ed-30)

Pengemudi di AS Ceroboh

WASHINGTON - Hampir semua pengemudi di Amerika mengakui, mereka punya kebiasaan buruk saat mengemudikan kendaraan: ngebut, makan sambil nyetir, atau berbicara melalui telepon genggam (HP). ''Drive for Life: The National Safe Driving Test and Initiative'' - suatu kelompok yang mendorong pendidikan bagi pengemudi - belum lama ini melakukan jajak pendapat. Hasilnya benar-benar mengejutkan! Sebanyak 91 persen responden mengatakan, mereka melakukan setidaknya satu tindakan berbahaya saat mengemudikan kendaraan.

Jajak pendapat nasional terhadap lebih dari 1.100 pemegang SIM itu mendapati, 56 persen responden adalah pengemudi yang kurang waspada (ancaman terbesar bagi keamanan saat orang mengemudi). Ngebut menempati urutan teratas. Tujuh dari 10 responden mengatakan mereka kadang mengemudikan kendaraan melebihi batas kecepatan. Tindakan berbahaya lain, meliputi menerobos lampu merah atau lampu kuning (35 persen), tidak menyalakan lampu sein (26 persen), dan mengemudi secara agresif (13 persen). Angket itu punya margin kesalahan kurang lebih tiga persen. (rtr-ed-30)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA