logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Rabu, 14 Mei 2003 
Line

  • Seputar Tugumuda

Penyembuhan Massal di Dibya Puri

PENYEMBUHAN massal berbagai penyakit dengan teknik reiki tummo akan diselenggarakan Yayasan Padmajaya perwakilan Semarang di Hotel Dibya Puri Jalan Pemuda, pada Kamis (15/5). Kegiatan itu akan berlangsung dari pukul 08.00 sampai selesai, dan peminat diharapkan langsung datang ke tempat tersebut. (hb-13)

Haflah Maulud di Baiturrahman

IKATAN Remaja Masjid Raya Baiturrahman (Ikamaba) Jl Pandanaran 126 telepon 8319230 mengadakan haflah Maulud Nabi Muhammad SAW bersama Habib Umar Muthohar SH, pada Kamis (15/5) pukul 06.00 di masjid itu, dilanjutkan khitanan massal. Hikmah Maulud disampaikan Habib Sholeh Al Jufri dari Solo. (C27-13)

Brevet Pajak dan Kursus Audit

GG Consultant kembali membuka kelas reguler (pagi dan sore) untuk brevet pajak A & B dan kursus auditing. Pendidikan mulai 19 Mei. Pengasuh terdiri atas tenaga ahli perpajakan dan akuntansi antara lain Drs Agustinus Kuntjoro, Abdul Syukur SH MM, Drs Dana Darsono, Drs Supaat Abbas, Soepari SH, Drs Rachmat dan Drs Sukanto Akt MSi, dan widyaiswara BPKP. (hb-13)

Pengajian Qolbun Salim

PENGAJIAN interaktif Qolbun Salim dengan tema ''Islam Jalan Hidupku'' menghadirkan KH Mustofa Bisri dan Craig Abdurrahim Owen, Rabu (21/5) pukul 18.30 di Hotel Graha Santika. Undangan bisa diambil mulai Jumat (16/5) pada Sabeth/ Ina Suara Merdeka Jl Pandanaran 30, Wahyu Jl Tlogosari II/40, Harto Jati Raya U/5, Wilgo Zanair, Semarang Indah Blok D X/10, Asep Puspowarno II/5, dan Ichsan Multi Cipta Jl Kauman. Demikian humas Didik Herdiana. (C27-13)

Permohonan Maaf soal Listrik

SEHUBUNGAN dengan padamnya aliran listrik beberapa saat di sebagian wilayah Kota Semarang pada Selasa (13/5) antara sekitar pukul 10.30 dan 12.00, Manajer AP PLN Semarang Ferdinand Siahaan mohon maaf kepada konsumen. Gangguan itu akibat ada alat berat menabrak tower transmisi sehingga pembangkit PLTGU Tambaklorok terganggu. (C27-13)

Memories Nite di Grand Candi

LOTUS Executive Pub & Karaoke Hotel Grand Candi telepon 8505500 pada Jumat (16/5) pukul 21.30-24.00 mempersembahkan acara Memories Nite bersama Nayaka Band di Sakura Hall. Public Relations Officer Nidya Astanty mengatakan, cover charge Rp 20 ribu termasuk draft beer. (C27-13)

Obrolan soal Ahad-Net di TVRI

JARINGAN bisnis muslim PT Ahad-Net Internasional bekerja sama dengan Reza Leadership Center menggelar Obrolan Aktual dan Spiritual Selepas Subuh (Oasis), Sabtu 17/5) pukul 05.00-06.00 di TVRI dalam acara pemberdayaan ekonomi umat Islam, antara lain menghadirkan produsen kosmetik zahra dan wardah non-alkohol dari Jakarta, Hj Nurhayati. Informasi lengkap hubungi (024)-7621315, Hp 08122881968.(C22-45)

Pendaftaran Paling Lambat 17 Mei

STUDYWORLD membuka kelas Bahasa Inggris pada 26 Mei. Program ini seluruhnya dibimbing oleh guru-guru dari Kanada, Inggris, Australia, dan Amerika yang berpengalaman mengajar dengan multimedia komputer. Pendaftaran paling lambat 17 Mei 2003. Informasi di sekretariat Jl Dr Cipto 111 telepon 3561111.(C22-45)

Ralat Seminar Hidup Berkemenangan

DALAM berita berjudul "Penyegaran Rohani Makin Diperlukan" (SM, 12/5) terjadi salah kutip telepon 7606209. Yang betul seharusnya 7471392 (Ny Joni), pelaksana Seminar Hidup Berkemenangan.(B15-71c)

Gangguan Distribusi Air PDAM

AKIBAT pemadaman aliran listrik PLN, Rabu (14/5), pukul 09.00-16.00, menyebabkan pompa distribusi Kalidoh Ungaran tidak bisa beroperasi. Akibatnya pelanggan PDAM di wilayah Pudak Payung, komplek Gedawang, Banyumanik, Ngesrep, dan Perintis Kemerdekaan mengalami gangguan distribusi. Untuk itu PDAM minta maaf. Demikian disampaikan Kabag Umum Drs Bowo Hadiyanto. (G7-73)

Seminar Masalah Ekonomi-Politik

PUSAT Studi dan Pengkajian Masyarakat Eropa, Universitas Diponegoro akan menyelenggarakan seminar dengan tema ''Peranan Uni Eropa dalam Menyelesaikan Masalah Ekonomi dan Politik Internasional Pascaperang Dingin'' Senin (19/5) pukul 08.45-12.00 di Gedung Serba Guna, Program Pascasarjana Undip Jl Hayam Wuruk 5-7 Pleburan. Pembicaranya Sabato Della Monica (Duta Besar Uni Eropa) dan Arizal Effendi SH MA (Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Departemen Luar Negeri RI) (45)

Dibuka, Diklat Ahli Kepabean

LEMBAGA Pendidikan Pelatihan Manajemen Keuangan Terapan (LP2MKT) Semarang masih membuka pendaftaran hingga 19 Mei. Direktur Eksekutif Drs Pudi Djatno mengatakan, dibutuhkan 40 calon peserta diklat ahli kepabean, sedangkan yang mendaftar saat ini baru 26 orang. Diklat bekerja sama Balai Diklat Keuangan III Depkeu itu dimulai 2 Juni selama 45 hari. Informasi di sekretriat Jl Pemuda 2, telepon 3561100, faksimile 3567034. (A23-73c)

Temu dan Kontak Bisnis 2003

LEMBAGA Pusat Penelitian Pengembangan Teknologi Undip bekerja sama dengan Pemprov dan Kadinda Jateng, akan menyelenggarakan temu dan kontak bisnis. Ini sebagai rangkaian Agro Ekspo Jateng di Soropandan Temanggung. Dr Ir Edy Kurnianto MS Agr menjelaskan, sasaran yang akan dicapai adalah terjadinya interaksi dan transaksi antara pengusaha dalam maupun luar negeri. Informasi hubungi sekretariat panitia telepon (024) 7460049, Hp 08164250722, 08122824473. (D5-45)

Maulud Nabi di Kauman Krendo

MAJELIS Taklim Habib Toha Al-Munawwar akan mengadakan peringatan Maulud Nabi Muhammad Kamis (15/5) pukul 19.00 di Jl Kauman Krendo 31. Pembicara Al Habib Abdul Rahman Smith MA dan Al Habib Syekh Assegaf dari Solo (D5-45)

Pertemuan Serulingmas Korwil Barat

PAGUYUBAN Serulingmas Korwil Semarang bagian Barat akan menyelenggarakan pertemuan dua bulanan pada hari Kamis (15/5) pukul 09.30 di Balai Kelurahan Ngaliyan. Selain acara rutin arisan, akan dilakukan pemilihan pengurus baru, karena yang lama telah habis masa baktinya. Berita ini juga sebagai undangan. (45k)

Pendaftaran Ujian Pengacara

BERDASARKAN hasil rapat antara Mahkamah Agung RI dengan Komite Kerja Advokat Indonesia (KKAI) pada Jumat (25/4) dan memperhatikan ketentuan dari UU Advokat No 18/2003, maka pendaftaran ujian pengacara praktik ditunda hingga ada petunjuk lanjut dari Ketua MA RI. (F1-45)

  • Jajah Desa Milang Kori

Pelatihan Penelitian Poltekkes

BANDUNGAN-Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Depkes Semarang akan mengadakan pelatihan penelitian bidang kesehatan, termasuk cara menyusun proposal, di Bandungan, Kabupaten Semarang, pada 18-20 Mei. Instruktur antara lain Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan UI dan Kepala Litbang Fakultas Kedokteran Undip. Informasi melalui Sekretaris UP3M Poltekkes Arwani SKM BN MN telepon/ faksimile (024) 7460274 atau 08122523964. (C27-13)

Warga Kenteng Tewas di Jurang

AMBARAWA-Seorang petani asal Kenteng, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Imam (40), Minggu (11/5) ditemukan tewas di jurang dekat rumahnya. Seorang saksi mengaku sebelumnya melihat korban menanam sayuran di ladangnya yang berada di atas jurang. Diduga korban kepeleset dan jatuh ke jurang. (A2-13)

Penjual Rokok Dianiaya Preman

BAWEN-Penjual rokok di Terminal Bus Bawen, Munir (28), warga Doplang Bawen, Kabupaten Semarang, Senin (12/5) dilarikan ke RSU Ambarawa. Dia menjadi korban penganiayaan yang diduga dilakukan Widodo (30), preman. Saat itu, korban menawari rokok tersangka. Pada saat bersamaan, ada orang lain yang berkelakar hingga menyebabkan terjadinya kesalahpahaman. Akhirnya tersangka menganiaya Munir. (A2-13)

Bukan untuk Berpolitik Praktis

GROBOGAN - Ketua NU Grobogan Drs KA Hambali mengatakan, NU membentuk tim komisi politik bukan untuk kepentingan politik praktis. Tetapi mencari bentuk politik untuk orang-orang NU yang tepat untuk ukuran saat ini. Mereka sebagai objek politik diuntungkan oleh partai-partai di kemudian hari. Dikatakan, bentuk politik orang-orang NU itu tengah dikaji oleh tim komisi politik NU yang diketuai Drs HA Syamsul Huda. Dari rapat pleno dengan MWC, diusulkan supaya NU mengirimkan kader terbaiknya dengan sistem sharing ke partai-partai yang cocok dengan kultur nahdliyin. (A23-76)

Pemadaman Listrik di Ungaran

SALATIGA- PT PLN Persero Unit Pelanggan Ungaran, akan melakukan pemadaman sementara aliran listrik di beberapa desa di Kabupaten Semarang, Rabu (14/5), pukul 08.00 - 16.00. Desa-desa tersebut adalah Ds Kalidoh, Ds Jatirunggo, Ds Jatisari, Ds Jatikurung, dan sekitarnya. Pemadaman tersebut dalam rangka pemasangan trafo sisipan dan pemasangan jaring / rabas-rabas. (G6-73)

Izin KBIH Tunggu Penertiban

GROBOGAN - Kakandepag Drs H Sulomo melalui Kasi Urusan Haji Mustaqim Muhib Sag mengatakan, izin pendirian Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Muslimat NU Grobogan menunggu selesainya penertiban KBIH di seluruh Indonesia. Sebab saat ini Dirjen Urusan Haji Jakarta tengah mengadakan akreditasi kelompok bimbingan itu. Rencananya pendirian KBIH Muslimat NU didatangi tim teknis Kanwil Depag Jateng setelah akreditasi itu selesai.(A23-76)

  • Langgam Surakarta

Maulud Nabi di PRSDB

PARA karyawan, siswa penyandang cacat, dan siswa cacat TNI Pusat Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (PRSBD) Prof Dr Soeharso memperingati Maulud Nabi, kemarin. Kepala PRSBD Dra Titin Suryatiningsih mengharapkan seluruh jajaran PRSBD dan siswa memahami ajaran Islam dan mencontoh Nabi.(G10-42g)

Hizbut Tahrir Gelar Diskusi Publik

MENURUT rencana, Hizbut Tahrir akan mengadakan diskusi publik di Masjid Al Fatih, Kepatihan Wetan, Minggu (11/5). Hubungan masyarakat Tindyo Prasetyo mengatakan, diskusi bertema "Dampak Agresi AS ke Irak tehadap Dunia Islam" itu untuk merespons agresi AS setelah kejatuhan pemerintahan Saddam Husein. (G10-42g)

Juara Pramuka Luar Biasa

KONTINGEN pramuka penyandang cacat PRSBD Prof Dr Soeharso menjadi juara umum II Perkemahan Pramuka Luar Biasa di Sukoharjo, belum lama ini. Kepala PRSBD Dra Titin Suryatiningsih menyambut positif prestasi para siswa. ''Kami berharap prestasi itu memacu semangat siswa untuk lebih giat berlatih,'' katanya.(G10-42g)

Peringatan Kebangkitan Nasional

HARI Kebangkitan Nasional diperingati Pemerintah Kota Surakarta dengan berbagai kegiatan. Sekda Qomaruddin menuturkan kegiatan itu antara lain tirakatan di Tugu Lilin, upacara bendera, dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti, Jurug.(G10-42g)

Imunisasi Tifus TK-SD Se-Solo

SOLO - Pharmaton Junior dan McD mengadakan program kesehatan anak berupa imunisasi tifus TK-SD se-Solo (Jumat, 23/5) dan Yogyakarta (Minggu, 25/5). Pendaftaran di McD Singosaren, Solo, hingga 22 Mei dan McD Malioboro, Yogyakarta, hingga 24 Mei. (D6-51g)

  • Ojo Lali

Musda Pemuda Muhammadiyah

BOYOLALI - - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Boyolali akan menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) di Wisma Haji Jalan Perintis Kemerdekaan,16-17 Mei. Ketua Panitia Yusuf Mustofa mengatakan, Musda akan memilih pengurus periode 2003-2007. Kegiatan itu akan merekomendasikan berbagai masalah, terutama yang berkaitan dengan moral.(shj-78n)

Berkas Penyelundupan Diserahkan

BOYOLALI - - Berkas perkara penyelundupan emas seberat 85 kg yang melibatkan tiga tersangka dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Boyolali. Ketiga tersangka adalah Nusantara Putra (50) penduduk Pedan, Klaten, Ang Oen Tjoen (42), dan Budi Cahyono (30), warga Gilingan, Banjarsari, Solo. Kajari Purwoko mengatakan, dengan pelimpahan berkas perkara itu, tanggung jawab keamanan tersangka tidak lagi ada pada kejaksaan. Diharapkan bulan ini perkara tersebut sudah disidangkan. (shj-78n)

  • Lintas Pantura

3.757 Pelajar Ikut Porseni

BREBES - Sebanyak 3.757 pelajar SD/MI, SLTP/MTs negeri dan swasta Senin (12/5) lalu mengikuti pekan olahraga dan seni (porseni) tingkat kabupaten. Porseni dibuka Wakil Bupati H Achmad Faris Sulchaq SH SpN, ditandai pelepasan burung merpati di Stadion Karangbirahi.

Cabang yang dipertandingkan atletik, renang, sepakbola, bulutangkis, tenis lapangan, tenis meja, bola voli, sepak takrow dan catur. Kesenian, seni tari, baca puisi, geguritan, seni lukis, dan mocopat. Ka Dinas P dan K Drs H Tarsun MM mengatakan, tujuan porseni utuk memupuk dan menggalang rasa persatuan di kalangan pelajar. Sekaligus mencari atlet berprestasi. (wh-20)

Porseni Tingkat SLTP/SLTA

SLAWI - Para pelajar SLTP/SLTA Se-Kabupaten Tegal kemarin mengikuti kegiatan Pekan OlahrRaga dan Seni (Porseni) di lapangan Monumen GBN Slawi. Kegiatan yang dibuka Bupati Drs Soediharto diwakili Asisten Administrasi Drs Sartono MM itu digelar selama dua hari.

Ketua Panitia Dra Indah Winarni mengatakan dalam kegiatan itu cabang olahraga yang dilombakan antara lain atletik, bola voli, basket, bulu tangkis, tenis meja sepak takraw dan sepak bola. Sedangkan,untuk bidang seni yang dilombakan baca puisi, seni lukis, poster dan seni tari. ''Dari hasil kegiatan ini peserta akan dijaring pembentukan kontingen yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Daerah (Popda) Provinsi,''katanya.(G12-42)

Rakor Ketahanan Pangan

KAJEN -Menghadapi musim kemarau April-September dan mengantisipasi kemunduran musim tanam, Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Pekalongan kemarin menggelar rapat koordinasi (rakor) di Aula Setda Kabupaten. Rakor yang diikuti 70 orang anggotanya, camat, kepala cabang dinas pertanian dan undangan lain dibuka Asisten Administrasi Pembangunan Drs Abdul Hamid MM yang mewakili Bupati Pekalongan Drs Amat Antono.(G16-42)

Kades Ketapang Terpilih Dilantik

PEMALANG - Kurnadi yang terpilih sebagai Kepala Desa Ketapang, Kecamatan Ulujami, Pemalang, belum lama ini dilantik oleh Bupati HM Machroes SH. Pelantikan berlangsung di Balai Desa Ketapang dihadiri muspida, Komisi A DPRD dan tamu undangan lainnya.

Dikatakan Bupati, sebagai pemimpin penyelenggaraan pemerintahan di desa Kades harus mampu segera beradaptasi dengan lingkungan dan menguasai betul prosedur dan mekanisme yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan tugas. Serta dapat memberikan contoh yang baik bagi masyarakat dan lingkungannya. (sf-20)

Diduga Berbuat Cabul Ditahan

TEGAL - Diduga mencabuli anak di bawah umur, Abdul Rosyid (26), kini ditahan di ruang tahanan Mapolresta Tegal. Ia yang mengaku sebagai warga Jl KH Mukhlas, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal itu dilaporkan telah mencabuli gadis berumur 11 tahun bernama Nani (bukan nama sebenarnya), yang juga tetangga dekatnya.

Kapolresta AKBP Drs Darwin Butar Butar kemarin membenarkan hal itu. Ditegaskan, hingga kemarin pihaknya baru bisa membuktikan tersangka diduga melakukan pencabulan terhadap satu korban. Namun demikian, dia akan terus mengembangkan kasus itu barangkali ada pula gadis lain yang menjadi korbannya.(aj-42)

  • Wara - Wara

Perayaan Waisak di Desa Kutuk

KUDUS- Warga Budha di Desa Kutuk, Kecamatan Undaan, Kudus, akan merayakan hari Trisuci Waisak 2547/2003 pada hari Minggu di Vohara Vajra Bodhi Manggala desa setempat. Ketua Panitia Ngateman mengatakan, perayaan antara lain, akan diisi pembacaan kitab suci Dhamapada, pemberangkatan prosesi keliling, dan pentas wayang kulit dengan lakon Semar Bangun Candi Sabto Renggo dengan dalang Heri Purwanto dan Siswo Sunarman. Pada hari Sabtu, diadakan puja bakti, cerdas cermat, baca Dhamapada, dan Dhamadutta. (yit-80)

Gelar Keterampilan Pramuka

KUDUS- Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kudus akan mengadakan gelar keterampilan Pramuka se-Jawa Tengah pada Sabtu depan di lapangan Alun-alun Simpang Tujuh. Dalam acara tersebut, antara lain akan digelar displai drum band dan tari Sedekah Gunung. (yit-80)

Sosialisasi Munas I KBPPP

KUDUS- Pimpinan Resor Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) Kudus belum lama ini, di Mapolres mengadakan sosialisasi hasil Munas I KBPPP. Kegiatan itu, diikuti sekitar 100 peserta terdiri atas perwakilan dari sembilan kecamatan, Hadir Waka Polres Kompol Supriyanto. (yit-80)

Paguyuban Tembang Kenangan

BLORA - Paguyuban tembang kenangan Blora kota yang terdiri atas berbagai elemen masyarakat, baru-baru ini terbentuk. Pembina paguyuban Pudiyatmo mengemukakan, paguyuban terbentuk berawal dari hobi dan apirasi saat kunjungan ke desa dan kelurahan.

"Dari sinilah akhirnya direspon Bupati hingga terbentuk paguyuban tembang kenangan yang di ketuai Agus Hermawan, Kepala SMP N 5 Blora," jelasnya. (ud-80)

Peziarah Santri Songo Meningkat

BLORA - Kepala Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Triyono mengungkapkan, menyusul dengan dibangunnya kompleks makam santri songo di desanya, belakangan ini animo peziarah baik dari dalam maupun luar Blora meningkat. ëíBeberapa peziarah dari luar Blora yang banyak datang di antaranya dari Bojonegoro, Tuban, Rembang dan beberapa derah lainnya,íí jelasnya. (ud-80)

  • Lereng Merapi

Warga Minta Lampu Jalan

KEBUMEN - Warga Desa Seling, Kecamatan Karangsambung Kebumen, saat ini meminta Sub-Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) segera memasang lampu penerangan jalan. Sebab, di pertigaan jalan Kebumen - Karangsambung dan jalan masuk ke balai desa itu sudah ada tiang lampu penerangan jalan.

Menurut tokoh masyarakat H Saechan Purwoatmodjo, lampu yang ada telah lama mati dan belum diganti. Padahal, jalan tersebut tiap malam ramai sehingga rawan kecelakaan. (B3-42n)

Jambore Kokam di Kalijajar

WONOSOBO- Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jateng Drs Sudiyono MSi Kamis besok (15/5) akan membuka Jambore Ke-3 Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muhammadiyah (Kokam) di Dusun Rejosari Kalijajar Wonosobo. Kegiatan berlangsung tiga hari diikuti utusan tiap kabupaten se Jateng, masing-masing 31 orang dan utusan khusus dari Jabar, Jatim dan DIY. Sebelum pembukaan resmi, Jumat lusa (16/5) akan dilaksanakan pengajian akbar diisi Prof Dr HM Amien Rais.(tb-42)

Amien Rais di Wonosobo

WONOSOBO- Berkaitan dengan konsolidasi DPC PAN putaran III yang akan diadakan 16 Mei 2003 di Kabupaten Wonosobo jam 09.00, Ketua Umum HM Amien Rais akan hadir dalam forum konsolidasi pemenangan pemilu se-eks Karesidenan Kedu. Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Sasana Adipura Kencana (Alun-alun) tersebut, akan dihadiri pula Ketua DPW Jateng Drs H Munawar Sholeh dan Sekretaris Ir Taufik Kurniawan MM. (B8-74)

Drum Band Akmil di Sleman

SLEMAN- Drum Band Canka Lokananta, Akademi Militer (Akmil) Magelang, Kamis (15/5) besok akan unjuk kebolehan di Kabupaten Sleman. Penampilan grup drumband bergengsi tersebut dalam rangka memeriahkan HUT Ke-87 Kabupaten Sleman. Mereka akan tampil dari halaman mesjid Agung menuju ke halaman Gedung Parasamya, kompleks Pemkab Sleman, untuk bersama-sama karyawan mengiringi Pusaka Turunsih hingga lapangan Denggung, Kecamatan Tridadi, Sleman.(P58-80j)

Transmigran Alami Masalah

YOGYAKARTA- Data yang ada menunjukkan bahwa transmigran yang meninggalkan area trasmigrasi masih di atas 10 persen. Transmigran mengalami banyak problem afektif sehubungan dengan tempat tinggal baru mereka di area transmigrasi. Ini merupakan gambaran dari respon afektif transmigran terhadap area transmigrasi sebagai tempat tinggal mereka.

Hal itu dikatakan oleh Hemy Heryati Anward MSc tenaga pengajar Kopertis Wilayah XI Kalimantan pada FKIP Universitas Ahmad Yani Banjarmasin, ketika menyampaikan disertasinya untuk meraih gelar Doktor Ilmu Psikologi dari UGM Yogyakarta. Pada ujian promosi kemarin, promovendus dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan. (P12-80)

Jalur Truk Kembali Semula

PURWOREJO- Jalur truk dari arah Magelang menuju Yogyakarta atau Kebumen dikembalikan ke jalur semula. Yaitu lurus ke arah kota Purworejo, sesampai pos polisi tugu berbelok ke barat. Sebelumnya, sejak 31 Maret 2003, truk dari arah Magelang dilewatkan jalur lingkar utara.

Begitu pula, truk dan bus dari arah Kutoarjo-Magelang, juga lewat jalur lingkar utara. Tetapi saat ini, jalur tersebut dikembalikan ke jalur semula karena sejak Jum'at malam (9/5), ruas jalur lingkar utara mengalami kerusakan cukup parah.

Kerusakan di tikungan dekat jembatan Sucen diduga karena kondisi tanahnya labil, sehingga tidak mampu menopang beban kendaraan berat. (yon-81)

  • Sekilas Ekonomi

Layanan TelkomSave-Visa Card

JAKARTA-Pemegang kartu Visa di Indonesia sekarang dapat menikmati layanan khusus dari PT Telkom melalui TelkomSave-Visa Card. Ellyana C Fuad dari Visa Internasional mengatakan pemegang kartu tersebut dapat lebih menghemat dari tarif telepon biasa. Selain itu, transaksi lebih cepat dan aman.

Bambang Lusmiadi dari Divisi Multi Media PT Telkom menambahkan layanan tersebut menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) yang dapat diakses melalui terminal telepon di mana saja penggunanya berada.(bn-53)

  • Lintas Arena

Aguaria Tundukkan Pusam 4-1

SEMARANG- Kesebelasan Aguaria dengan susah payah berhasil lolos ke babak berikutnya turnamen sepakbola Piala Wali Kota IV di Lapangan Pedurungan Kidul, setelah kemarin menang 4-1 atas Pusam lewat drama adu penalti. Dalam waktu normal, skor imbang 1-1 sehingga harus dilakukan adu penalti. Tiga algojo Aguaria sukses menjalankan tugasnya. Pertandingan Rabu sore ini akan mempertemukan PS Risbon vs Bumi Singosari. Sedangkan Kamis (15/5) sore bertemu Kuda Sakti melawan Amko Putra dan Jumat (16/5) sore Gelora Bahari ditantang Putra Persada. (F3-77)

Jatim Siapkan 21 Pepanah

MALANG- Pengda Perpani Jatim sudah mempersiapkan 21 pepanah dalam Puslatda PON XVI/2004. Jumlah ini berdasarkan konsultasi yang dilakukan antara Pengda Perpani dengan KONI Jatim. Dalam Puslatda tersebut, panahan Jatim akan ditangani lima pelatih yaitu Yahya Buari, Denny Trisyanto, Sumawirya, Ayun Barun Syah dan Sarju.

Sedang atlet yang masuk puslatda, menurut Sarju, ada beberapa di antaranya yang kini masih berada di pelatnas SEA Games yakni Hendra Setiawan, Kuswantoro, Mashudianto, dan Dellie Treesha Dinda. Mereka akan turun dalam ronde FITA (Internasional). Jatim mencanangkan merebut 18 tiket ke PON XVI. Jumlah tersebut merupakan angka maksimal yang diberikan untuk tiap daerah. Dalam PON XV lalu, Jatim berhasil mendapatkan 18 tiket dan merebut 13 medali emas yang merupakan penyumbang terbanyak untuk kontingen Jatim. Panahan menjadi salah satu cabang prioritas pertama bagi Jatim. (jo-77)

  • Kronik

Festival Kuda Lumping

JURUSAN Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Unnes akan menggelar Festival Kuda Lumping, Sabtu-Minggu, 17-18 Mei 2003. Kegiatan pada hari pertama (babak penyisihan) akan berlangsung pukul 09.00 - 14.00 di tiga lapangan kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang. Adapun final akan digelar di halaman Gubernuran Jl Pahlawan pada hari kedua. Festival yang bakal diikuti 31 kelompok kuda lumping dari Jawa Tengah dan DIY itu, rencananya dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Drs Gde Ardika. Festival juga memperebutkan hadiah uang pembinaan total Rp 15 juta. (cip-41)

Mengenang Muryalelana

MENGENANG setahun wafatnya sastrawan dan kritukus sastra Jawa Muryalelana (Dojosantosa), Komunitas Bahasa Sastra dan Budaya Semarang mengadakan anjung doa, kesaksian, dan pembacaan karya almarhum, Kamis 22 Mei 2003 pukul 19.30 di rumah Jl Diponegoro 189 Ungaran. Para bahasawan, sastrawan, dan pemerhati budaya serta handai taulan, diharapkan hadir sekaligus berpartisipasi dalam acara tersebut. Konfirmasi kepada Ketua Panitia Dr Sudi Yatmana, telepon 024-8319839 atau HP 08122905414. (cip- 41)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA