logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Kamis, 13 Februari 2003 
Line

  • Seputar Tugumuda

Workshop Pengisian SPT Terbaru

KADINDA Jateng telepon 3561464 dan 3561463 bekerja sama dengan GG Consultant mengadakan workshop pengisian SPT terbaru, 19-20 Februari dan 26-27 Februari. Pembicara Drs Agustinus Kuntjoro, Drs Rachmat, Drs Dana Dharsono, Drs Abdul Syukur SH MM, Drs Soepaat Abas. Materi antara lain SPT tahunan PPh badan, pribadi, dan pasal 21. (C27-13)

Menu Valentine Day Kafe Segara

KAFE Segara Hotel Graha Santika telepon 8413115 pesawat 82/ 83 akan menyediakan menu khusus makan malam berkait dengan Valentine Day (Hari Kasih Sayang), pada 14 Februari di tepi kolam renang hotel. Public Relations Mukti Wardani mengatakan, pengunjung juga akan mendapat suguhan lagu-lagu cinta dari Bud n' Friends. (C27-13)

Valentine Night di Candi Resto

CANDI Resto Jl Sisingamangaraja 12, telepon 8505631, menggelar ''Valentine Night'' pada Kamis dan Jumat (13-14/2) mulai pukul 18.00. Menurut Public Relations & Operational Manager Quin, pengunjung akan mendapat suguhan menu spesial dengan suasana romantis, cocok untuk pasangan atau keluarga tercinta. Selama sepekan Valentine Day pihaknya memberikan diskon 20% untuk semua menu sebagai kelanjutan dari soft opening hingga 20 Februari. (D2-73k)

Diskusi Menggali Aspirasi Pilkada

LEMBAGA Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Masyarakat hari ini (13/2) mulai pukul 08.30 akan menggelar diskusi publik ''Menggali Aspirasi Masyarakat dalam Pilkada Jateng 2003'' di Gedung Diklat Depkes RI Jl Pahlawan 1.(B15-71)

Romantic Dinner Hotel Horison

MENYAMBUT Hari Kasih Sayang 14 Februari, Hotel Horison Jl KH Ahmad Dahlan Simpanglima mengadakan Romantic Dinner di Malabar Coffee Shop Lantai IV. Mulai dari dekorasi hingga menu dikemas serba pink, termasuk nasi goreng valentine. Makan malam akan diiringi alunan musik Genta Band.(D18-71)

Antaran Valentine McD Ciputra

MCDONALD'S Ciputra telepon 8415991/ 3554334, dalam rangka Hari Kasih Sayang, Jumat (14/2) akan mengadakan berbagai program, di antaranya antaran spesial Valentine dengan fasilitas bunga dan kartu ucapan serta gratis album foto bagi 100 pembeli pertama dua paket chicken McD meal, mulai pukul 11.00. (beng-76)

Valentine Day Hotel Pandanaran

UNTUK memeriahkan Valentine Day pada 14 Februari akan diadakan acara ''Djarum 76 Dangdut with Love'' di ruang Anggrek Ballroom Hotel Pandanaran 58 telp (024) 8452952. Even tersebut akan menampilkan artis-artis Jateng dan akan diadakan Lomba Goyang Dangdut untuk umum dan dimeriahkan fashion show dari Pesta 42. Informasi lengkap ke Jl Setiabudi No 77 atau Radio Idola (024) 6733244. (F1-71)

  • Jajah Desa Milang Kori

Jateng Pasok Hewan Kurban

UNGARAN - Pemotongan sapi untuk kurban pada Hari raya idul adha di Jateng tahun 2003 ini diperkirakan naik dua kali lipat dibanding hari biasa yang rata-rata mencapai 17.650 ekor. Bahkan untuk pemotongan kambing ataupun domba jumlahnya bisa tiga kali rata-rata tiap bulan yang mencapai 108.378 ekor. Plh Kepala Dinas Peternakan Jateng drh SW Nugroho di kantornya kompleks Tarubudaya, Kabupaten semarang menjelaskan, harga ternah kurban menjelang Idul Adha naiknya rata-rata 30 persen.

Pengeluaran sapi potong asal Jateng tiap tahun rata-rata 170 ribu ekor dan kambing 150 ribu ekor, terutama dikirim ke daerah DKI Jakarta dan Jabar. "Jateng memasok hewan kurban ke luar daerah," katanya.(dok-76)

Dua Hari PLN Matikan Listrik

UNGARAN - PT PLN Ungaran, Kamis dan Jumat (13-14/2) akan mematikan listrik karena adanya pekerjaan pemeliharaan jaringan dan rabas-rabas. Kata Manajernya, Dra Fajar Munikah, hari Kamis padam di wilayah Muntal, Ngijo, Kalisegoro, Puntan, Ampelgading, dan Pakintelan. Hari Jumat padam di wilayah Kajangan, Kalongan, Gendurit, Kawengen, dan sekitarnya. Pemadaman mulai 08.00-16.00. (A2-76)

Motor Pak Guru Hilang

SALATIGA - Nasib apes dialami YC Supardi (53) warga Manggung Karangdowo Klaten, Selasa (11/2) siang. Ketika ia yang berprofesi sebagai guru itu sedang menengok anaknya di Jalan Wahid Hasyim, motornya Honda Impressa AD-5716-VL hilang. Menurut korban, motornya diparkir di depan tempat kost anaknya tak kurang dari 10 menit. Saat akan pulang, motor seharga sekitar Rp 8 juta itu sudah tak ada lagi. (A2-76)

PLN Padamkan Aliran Listrik

SALATIGA - PLN Salatiga, Kamis (13/2) memadamkan aliran listriknya pukul 09.00-16.00. Kata Manajernya, Dra Fajar Munikah, pemadaman berkaitan dengan pengerjaan bongkar pasang ABSW di Plumbon dan penggantian CT/PT KWH Exim di Tuntang. Wilayah yang padam, Tingkir, Jatirejo, Dersansari, Reksosaro, Suruh, Plumbon, Krandonlor, Sukorejo, Bonomerto, Medayu, Ketanggi, Purworejo, Kenteng Kuripan, Gunung Tumpeng, Kesongo, Lopait, Kolombo, Celengan, Praguman, Gading, Tapen, Candirejo, Jombor, Sraten, PT Kodam IV, Perumahan Candirejo Permai, dan Sraten. (A2-76)

Haji dari Kendal Meninggal

KENDAL- Hamzah bin Bajuri (70), seorang jamaah haji asal Desa Tamanrejo Desa Limbangan, Kendal, Senin (11/2) sekitar pukul 12.30 WIB dikabarkan meninggal dunia di Makah. Almarhum sebelumnya berangkat dengan kloter 4 melalui Bandara Adisumarmo, Solo. Menurut informasi dari Tim Pendamping Haji Daerah, Hamzah meninggal karena sakit. Jenazahnya dimakamkan di Tanah Suci. (G15-76k)

Berdayakan Wanita Bentuk Poktan

BOJA - Dalam upaya memberdayakan wanita pedesaan, kelompok tani wanita Sariasti Peni di Dusun Blorong Desa Kaligading, Boja, Kendal membangun kemitraan usaha pertanian dengan sejumlah perusahaan. Langkah ini ditindaklanjuti dengan mendirikan kios yang menyediakan sarana pertanian dan usaha simpan pinjam. "Kami juga melakukan kegiatan peningkatan mutu produksi padi dan palawija," jelas Camat Boja Soegijarto BA. (G15-76k)

  • Langgam Surakarta

Seminar Pers di Monumen Pers

SEMINAR tentang Pers Bebas Bukan Tanpa Batas akan diselenggarakan di Gedung Monumen Pers Solo, Jl Gajahmada 59. Seminar pada Kamis (20/2) itu akan menampilkan pembicara Drs Kustana Prajadinata (Deputi Pengkajian dan Pengembangan Sistem Informasi), Tjahyo Kumolo SH (anggota DPR RI), Soetjipto SH (Pimred Wawasan), dan Drs Mursito BM (UNS). (an-51e)

Shalat Idul Adha Kapas

KELUARGA Pengamen Surakata (Kapas) menggelar shalat idul adha pada Rabu kemarin di halaman Stasiun Peti Kemas, Jebres. Khatib dan imam Fajri Muhammad. Menurut Ketua Kapas Isa Anshary, kegiatan itu untuk mengembleng rohani para pengamen. (an-51e)

Kurban di RSU PKU

RSU PKU Muhammadiyah Surakarta, Rabu kemarin menyembelih hewan kurban 4 sapi dan 9 kambing. Daging hewan itu tidak hanya dibagikan kepada warga sekitar rumah sakit, tapi juga warga kurang mampu wilayah lain. (an-51e)

PDI-P Sembelih Kurban

DEWAN Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Kota Surakarta, Rabu kemarin menyembelih hewan kurban di Kantor DPC PDI-P di Jl Hasanudin 25 Purwosari. Kegiatan serupa dilakukan di beberapa kantor PAC, antara lain Jebres, Pasar Kliwon, Banjarsari, Serengan, dan Laweyan.(an-51e)

Pelatihan Ekspor Impor

PUSAT Pengembangan Ekspor Impor FE UNS menyelenggarakan pelatihan para pelajar SMK I Wonogiri, mulai 3-8 Februari lalu. (an-51e)

  • Ojo Lali

Penderita Hydrochepalus Dibawa ke RSU

BOYOLALI - Rumah Sakit Umum (RSU) Boyolali dalam waktu dekat akan memeriksa Sinem yang menderita Hydrochepalus. Kepala bayi berusia delapan bulan, anak Sinam (32), penduduk Desa Klakah, Kecamatan Selo, itu sejak beberapa bulan semakin membesar. Menurut Camat Selo Drs Luwarno MM, pemeriksaan ke rumah sakit tersebut atas inisiatif pemerintah dan jika perlu dilakukan operasi.(shj-78e)

Pompa Bantuan Segera Dimanfaatkan

BOYOLALI - YMT Bupati Boyolali KH Habib Masturi meminta perangkat Desa Klakah dan Tlogolele, agar segera memanfaatkan bantuan pompa air. Fasilitas senilai Rp 6 juta untuk memenuhi kebutuhan air bersih Desa Klakah dan Tlogolele, Kecamatan Selo itu diberikan berkaitan dengan banjir lahar dingin yang menghancurkan jaringan pipa. (shj-78e)

Tewas di Jurang Pelang

WONOGIRI-Malang nian nasib Mbok Kasiyem (61). Warga asal Dusun Ngasem Desa Ngabeyan Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri itu tewas di Jurang Pelang Desa Kerjokidul Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri. Camat Ngadirojo Sumarno SH MM, Rabu (12/2), menyatakan, korban diduga terpeleset di tebing Jurang Pelang pada saat meniti tanggul jembatan Grombyang ketika dalam perjalanan menuju Desa Kerjokidul. Setelah dipastikan tewas karena terpeleset oleh petugas puskesmas dan muspika, mayat korban kemudian diserahkan ke pihak keluarganya untuk dimakamkan.(P27-78e)

Warga Dua Dusun Nyaris Bentrok

WONOGIRI-Mendapat telepon karena anaknya dipukuli pemuda, Wardi yang sedang merantau di Bogor marah dan segera pulang ke kampungnya di Desa Jatirejo Kecamatan Girimarto. Hal itu bermula ketika Edi (12), anak Wardi, mendadak dipukuli Eko (23). Karena takut melawan, Edi menelepon ayahnya yang di Bogor. Begitu pulang, Wardi langsung menghajar Eko. Kasus itu nyaris menyulut bentrok warga dua dusun, yakni Dusun Pucungan dan Gentung, tempat tinggal Eko dan Edi. Namun, berkat kesigapan petugas, tawur tersebut bisa diredam. Warda kedua dusun kemudian didamaikan.(P27-78e)

Warga Bangun Lumbung Desa

SUKOHARJO- Bupati Bambang Riyanto SH belum lama ini meresmikan pos kamling dan lumbung padi Desa Sidareja, Kecamatan Bendosari. Bangunan senilai Rp 14,7 juta tersebut dibangun secara swadaya oleh warga. Bupati berharap kedua fasilitas itu dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dan kemakmuran warga. (G10-78)

  • Lintas Pantura

Pencuri Kabel Listrik Ditangkap

PEMALANG - Dua pencuri kabel listrik yang membentang pada beberapa tiang listrik di Desa Pesantren dan Sidomulyo, Kecamatan Ulujami, Pemalang ditangkap polisi. Tersangka Sujiono (21) dan Ahmad Salim (20) warga Desa Klareyan, Kecamatan Petarukan kini mendekam di ruang tahanan Mapolres.

Dikatakan Kasatserse AKP Supriyadi, tersangka baru ditangkap beberapa hari setelah mencuri. Ketika dia melakukan perbuatan itu dan ketahuan penduduk, membuang barang curian sepanjang 150 meter itu ke sawah. Lalu dia bersembunyi. Tetapi petugas kemudian melacak dan berhasil menangkapnya. (sf-20)

Sunatan Massal Sebayu Pro FM

TEGAL - Sebanyak 40 anak-anak dari keluarga tidak mampu, Kamis (13/2) ini, bakal dikhitan di RSU Kardinah. Kegiatan yang dikemas dalam Sunatan Massal Sebayu Bahari Peduli dan Teh 2 Tang itu, dimulai pukul 09.00 pagi.

Menurut Ketua Panitia Yono Daryono dari radio Sebayu Bahari Pro FM (radio milik Pemkot Tegal), peserta sunatan massal itu 10 orang berasal dari Kabupaten Tegal dan Brebes. Sisanya adalah dari Kota Tegal. Kegiatan sosial tersebut diprakarsai oleh radio itu dengan sponsor produsen Teh 2 Tang. Peserta sunatan selain akan mendapat bingkisan, juga baju koko, peci, sarung dan sandal. Usai dikhitan, kata Daryono, akan diarak hingga menuju halaman depan Blok A Pasar Pagi di Jl A Yani. Mereka akan disambut kesenian terbangan dan Barongsai. (D12-20)

Pengedar Upal Ditangkap

BATANG-Setelah dijebak Tim Buser Polres Batang, seorang tersangka pengedar uang palsu ditangkap. Eriyanto (34) penduduk Dusun Jono, Desa Besani, Kecamatan Blado tidak berkutik ketika polisi menyergapnya, seusai membeli rokok dengan uang palsu di warung di Desa Kalipancur.

Penangkapan tersangka bermula ketika dua anggota Polsek Blado Bripka Hery dan Briptu Candra yang sedang berpatroli melihat ada keributan di pasar. Setelah di dekati ternyata ada pedagang yang mendapatkan uang pecahan Rp 50.000 palsu.(ar-20e)

  • Lereng Merapi

Warga Terancam Tanah Bergerak

KEBUMEN - Bencana tanah bergerak sedikitnya mengancam 35 keluarga di Desa Ginandong, Kecamatan Karanggayam, Kebumen. Jika hujan terus-menerus terjadi di daerah pegunungan itu, dimungkinkan terjadi longsoran.

Menurut Kepala Kantor Kesbanglinmas Kebumen Drs Witoyo PL , kondisi tanah bergerak itu sudah ditinjau Bupati Dra Rustriningsih MSi. Bupati juga memberikan bantuan dan telah meminta lokasi desa tersebut diteliti ahli geologi. Guna mengantisipasi hal yang tak diinginkan, warga diimbau selalu siaga, terutama jika hujan turun terus-menerus.(B3-74)

Senam Massal HUT KJS Amongroso

BOROBUDUR- HUT Ke-X Klub Jantung Sehat (KJS) Amongroso Kabupaten Magelang, Minggu lalu (9/2) diperingati dengan senam massal, yang diikuti 1.300 lebih peserta di Lapangan Danurejo, Ngluwar. Mereka berasal dari Yogya, Temanggung, Wonosobo, Magelang, dan kota lainnya. Sesepuh senam jantung sehat yang juga Ketua KJS Hata (sehat dan taqwa) Magelang, Ny Asri Murni Prawoto menjelaskan, senam bersama ini bertujuan menyosialisasikan ke seluruh masyarakat agar tubuhnya selalu sehat.

"KSJ tidak membedakan status sosial, umur, dan sebagainya. Karena itu terbuka untuk umum," tuturnya sambil mengajak warga untuk bergabung ke KSJ terdekat. (P60-74)

  • Eling - Eling

Pencuri Salak Ditangkap

LUMBIR - Dua orang pemuda yaitu Suyit (20) dan Kambali (20), warga Gununggiyana, Lumbir, Banyumas ditangkap massa karena mencuri salak. Dua tersangka itu kini mendekam di Polsek Lumbir.

Tersangka diketahui mencuri salak di kebun milik Sastro (55), warga setempat. Pemilik kebun mengetahui kebunnya berantakan, dan buah salaknya tidak ada. Setelah keliling kebun ada dua tersangka sedang memetik salak, dan ditangkap beramai-ramai. Polisi mengamankan dua karung salak seharga Rp 200 ribu. (in-68)

Kunjungan Kerja di Kroya

KROYA- Hari ini eksekutif-legislatif akan mengadakan kunjungan kerja di Kroya. Di antaranya, Bupati Probo Yulastoro dan Ketua DPRD II Cilacap Frans Lukman serta akan dihadiri Ketua DPRD I Jawa Tengah, Mardijo.

Pihak pemerintahan kecamatan dan desa akan hadir seluruh muspika serta para perangkat desa, kepala cabang dinas dan instrasni se-eks distrik Kroya serta para tokoh partai dan masyarakat di wilayah tersebut. (ms-68)

  • Sekilas Ekonomi

Jumlah Penumpang KA Turun

BANDUNG-Sepanjang 2002 PT KAI mendapati kenyataan bahwa minat masyarakat menggunakan jasa kereta api turun. Dari estimasi 188 juta penumpang ternyata hanya terealiasasi 179 juta. Dalam siaran persnya perusahaan itu mengakui penurunan jumlah penumpang terjadi karena kalah bersaing dengan jenis angkutan lain, terutama pesawat terbang. Tidak hanya volume penumpang, target lainnya pun banyak yang meleset. Volume angkutan barang yang semula ditargetkan 21 juta ton ternyata hanya tercapai 17 juta ton. Lalu pendapatan yang diestimasi mencapai Rp 2,1 triliun hanya masuk Rp 1,7 triliun, bahkan rugi Rp 48 juta.

Meski demikian PT KAI optimistis targetnya pada tahun 2003 akan tercapai. Volume penumpang ditargetkan 186 juta, volume barang 20 juta ton, pendapatan Rp 2,3 triliun, dan keuntungan mencapai Rp 72 juta. Beberapa langkah strategis telah disiapkan. Antara lain meningkatkan jumlah penumpang melalui pengelolaan angkutan yang profesional, termasuk sistem tiket dan perbaikan sarana serta prasarana dengan prioritas pada keselamatan. Selain itu, dilakukan optimalisasi pemanfaatan aset-aset properti.(dwi-69)

LG Tingkatkan Produksi TV

BANDUNG-Tahun ini PT LG Elektronik Indonesia berencana meningkatkan produksi televisi 20% dari tahun sebelumnya kendati pasar lesu. Sekitar 1 juta unit akan dilempar ke pasar pada tahun ini, sedangkan tahun lalu sekitar 800 ribu. Incharge R&D TV Manager, Dhanny Dharmawan, mengatakan langkah tersebut dilakukan sebagai upaya merebut pasar mengingat saat ini persaingan sangat ketat. Konsumen pun amat kritis sehingga hanya memilih barang berkualitas tapi harga bersaing dan terjamin layanan purna jualnya.

Celah pasar televisi, lanjut dia, berkembang pada ukuran 14-20 inci layar cembung. Untuk layar datar masih terbentur pada teknologi sehingga harga di pasaran masih mahal. Sebenarnya kalau kebijakan PPN dicabut harganya bisa murah dan membuka celah baru. ''Saat ini ada kecenderungan produk Jepang mulai mengantisipasi akselerasi produk-produk elektronik asal Korea. Selain itu, produk Cina mulai meramaikan persaingan,'' tutur dia.

Menurut dia, keadaan tersebut jelas bakal ada dampaknya. Produk Cina mungkin dari segi harganya, sedangkan yang lain dari segi kualitas. Pihaknya berupaya menggabungkan keduanya dengan sasaran kelas menengah ke atas. (dwi-53)

  • Lintas Arena

Mayorga Ingin Satukan Gelar

WASHINGTON - Ricardo Mayorga dari Nikaragua, juara kelas welter ringan Dewan Tinju Dunia (WBC) dan Asosiasi Tinju Dunia (WBA), merencanakan untuk menyatukan gelar sebelum kemungkinan tanding ulang melawan petinju AS Vernon Forrest. ''Kami siap melakukan tanding ulang lawan Vernon, tetapi kami sebelumnya ingin menyatukan ketiga sabuk dan baru lawan dia lagi,'' kata Carl King, promotor Mayorga.

Dengan demikian, Mayorga akan mempertahankan gelar melawan pemenang pertandingan pada 14 Maret di Italia antara Michele Piccirillo dan Cory Spinks. Mayorga membuat kejutan bulan lalu dengan menghentikan Forrest pada ronde ketiga dan merebut gelar WBC. (rtr,A7-59)

Menginap di Kolong Stadion

JAKARTA - Tim panahan Papua yang berjumlah 24 atlet terpaksa menginap di kolong Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Mereka menempuh langkah itu, karena sudah telanjur datang ke Jakarta.

Pemberitahuan dari PB Perpani tentang penundaan kejurnas panahan terlambat dan baru diterima mereka saat masih di daerahnya. Event itu semestinya dilaksanakan mulai 15 Februari. Namun akhirnya diundur pada 17 Maret. Pemanah Papua yang dipimpin Maurich tiba di Jakarta Senin lalu.

''Kami kaget mendapat informasi dari PB Perpani. Kami kecewa karena tidak diberi tahu ketika masih di Jayapura. Kami rugi besar atas keterlambatan pemberitahuan itu,'' tegas Maurich.

Pelatih nasional Daniel Lumalesil mengatakan, PB Perpani sebenarnya sudah memberitahukan penundaan itu ke daerah-daerah termasuk Papua. Rombongan tim panahan Papua sudah bertolak pada 3 Februari dari Jayapura ketika Perpani memberitahukan penundaan pada Kamis (6/2) lalu.

''Mereka mungkin akan ditempatkan di lapangan panahan kalau tidak boleh lagi menginap di kolong Stadion Gelora Bung Karno. Saat ini mereka membayar Rp 15.000. Ini memang darurat,'' kata Kepala Sekretariat PB Perpani Diarto. (D3,wgm-59t)

Serang Wasit, Riley Didenda

NEW YORK - Asosiasi Bola Basket Nasional (NBA) mendenda pelatih Miami Heat Pat Riley, karena mengkritik wasit untuk kali kedua dalam tiga bulan. NBA mendenda Riley 20.000 dolar AS setelah kalah 101-87 di kandang sendiri dari Portland Trail Blazers pekan lalu. Dia didenda 50.000 dolar AS Desember tahun lalu lantaran mengkritik ofisial. Dia menuduh wasit tertentu bertindak tidak adil terhadap dia dan Heat.

''Itu benar-benar perwasitan yang tragis. Saya pikir itu komedi dengan memperlihatkan beberapa pelawak tampil dan ketawa bersama Blazers dan berbicara kepada mereka sambil tersenyum-senyum. Itu sungguh tidak profesional,'' tukas Riley. (rtr,A7-59)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Budaya | Olahraga
Internasional | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA