logo SUARA MERDEKA
Line
  Kamis, 6 Februari 2003 Jawa Tengah - Pantura  
Line

Lima Wilayah Kecamatan Pantura Tergenang

  • Tanggul Pemali Jebol 100 Meter

BREBES - Banjir besar kemarin (5/1) melanda wilayah lima kecamatan di pantai utara (pantura) Kabupaten Brebes. Ribuan rumah dan areal sawah tergenang. Dari lima kecamatan itu, yang paling parah adalah Kecamatan Brebes.

Empat kecamatan lain yang terendam yaitu Kecamatan Songgom, Larangan, Kersana, dan Jatibarang. Berdasarkan radiogram camat ke Kantor Informasi dan Kehumasan, dari lima wilayah kecamatan tersebut, air bah menggenangi sebagian desa di wilayah kecamatan tersebut.

Di Kecamatan Brebes, genangan air berasal dari luapan Sungai Kaligangsa, perbatasan Kota Tegal-Brebes. Hujan pada malam Rabu hingga Kamis dini hari menjadikan sungai besar itu tak mampu menampung arus air. Air kemudian menggenangi Desa Kalimati dan Lembarawa. Di perkampungan permukaan air setinggi satu meter.

Limpasan air Sungai Kaligangsa nyaris ''menenggelamkan'' perumahan BTN dan Perumnas Kaligangsa serta perkampungan penduduk Desa Kaligangsa Wetan, khususnya di selatan jalan raya Tegal-Brebes. Air mulai menggenangi jalan kampung sekitar pukul 21.00 (Selasa malam), lalu pada pagi hari memasuki rumah-rumah penduduk. Permukaan air setinggi satu meter dan di dalam rumah antara 20-30 cm.

Banjir serupa menimpa perumahan RSS Kelurahan Gandasuli, kemudian sebagian Kelurahan Limbangan Wetan, Limbangan Kulon. Di perumahan yang sebagian besar berpenghuni PNS, hingga kemarin belum ada yang mengungsi. Mereka masih bertahan di rumah masing-masing.

''Yang punya anak kecil mengungsi di rumah saudaranya,'' ujar Agus warga Kelurahan Gandasuli.

Tanggul Jebol

Sementara itu, tanggul Kali Pemali di blok Saji Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes, kemarin siang pukul 14.00 dilaporkan jebol sepanjang 100 meter. Kondisi tanggul tersebut semula kritis dan baru ditangani warga. Namun, karena arus air begitu kuat, tanggul mendadak dadal.

Aliran air dari tanggul yang jebol menggenangi ratusan hektare lahan tambak ikan bandeng dan udang milik petani di timur sungai. Yakni, Desa Pagejugan, Kedunguter dan Tengki. ''Tanggul blok Saji berada di perbatasan antara Desa Kaliwlingi-Kedunguter. Setoran air ke arah timur hingga ke Desa Pagejugan dan Tengki,'' kata Camat Brebes Asih Pambudi SH, kemarin.

Di tanggul Kali Pemali sebelah timur di luar tanggul blok Saji, kata Camat Brebes, terdapat tiga lokasi air merembes dan dimungkinkan dadal jika tak ditangani. Antara lain, di Kampung Kauman, Gamprit Kelurahan Brebes, dan di Kelurahan Pasarbatang. Melihat kerawanan tanggul tersebut, warga bersama aparat desa dan kelurahan dibantu anggota Polsek dan Koramil berusaha menutup dengan karung yang diisi tanah dan pasir.

Kerja bakti menutup tanggul kritis dilakukan hingga dini hari pukul 03.00 (5/2). Ikut memimpin langsung penanganan tanggul Camat Asih Pambudi dan Kepala Kelurahan Brebes Drs Tatag.

''Kalau tanggul ini tak cepat ditangani pada suatu saat bisa dadal dan menenggelamkan Kota Brebes,'' kata Asih Pambudi.

Sembilan Desa

Dilaporkan pula, banjir yang menggenangi Wilayah Kecamatan Jatibarang, paling sedikit menimpa sembilan desa. Yakni, Desa Jatibarang Kidul, Kemiriamba, Buaran, Rengasbandung, Kedungtukang, Bojong, Kebonagung, Kebogadung, dan Desa Klikiran. Banjir di sembilan desa itu berasal dari luapan anak Kali Pemali, Sungai Gondang, dan Sibiak.

Di Dukuh Kalenpandan Desa Jatimakmur, Desa Wanatawang dan Desa Wanacala Kecamatan Songgom, air menggenangi perkampungan penduduk setinggi satu meter.

Di Kalenpandan satu rumah roboh diterjang air bah. Di Kecamatan Larangan terdapat tiga Desa tergenang, yakni Desa Poncol, dan Curug terendam air, setinggi 60 cm.

Guna membantu korban banjir PMI Cabang Brebes, kemarin membuka posko kesehatan dan dapur umum di Markas PMI Jl Raya Kaligangsa. Pos kesehatan juga dibuka Puskesmas Kaligangsa di perumahan penduduk Kompleks BTN Kaligangsa, dan Kelurahan Limbangan Kulon.

''Posko kesehatan ini didirikan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan,'' ujar petugas PMI. (wh-20e)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA