logo SUARA MERDEKA
Line
  Sabtu, 11 Januari 2003 Ragam  
Line

Pandan Wangi, untuk Penenang dan Penghitam Rambut

DAUN pandan wangi, sangat dikenal masyarakaat terutama kaum wanita. Selain sebagai bahan rempah-rempah, juga digunakan sebagai bahan baku minyak wangi. Bila diremas-remas daunnya harum. Sering juga digunakan sebagai bahan baku penyedap (kolak, nasi uduk), pewangi dan pemberi warna hijau pada masakan atau penganan.

Irisan daun pandan muda dicampur dengan bunga mawar, melati, cempaka dan bunga kenanga sering diselipkan pada sanggul wanita menambah harum dan wangi pada rambut. Kadang kadang juga diletakkan diantara tumpukan pakaian dalam almari. Untuk penghitam rambut dan mencegah rambut rontok, serta mengusir ketombe, pandan dibuat minyak cem-ceman. Daun pandan juga berkhasiat untuk mengatasi lemah saraf, tidak nafsu makan, rematik, pegel linu dan sakit disertai gelisah.

Pandan wangi yang dalam bahasa latinnya Pandanus amaryllifolius Roxb., tumbuh liar di daerah tropis. Kadang-kadang di pinggir sungai, di tepi rawa atau di tanah yang basah. Subur di daerah pantai sampai ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Batangnya bulat dengan bekas duduk daun, bisa bercabang-cabang, menjalar, akar tunjang ke luar di sekitar pangkal batang dan cabang.

Daun tunggal, duduk, dengan pangkal memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. Helai daun berbentuk pita, tipis, licin, ujung runcing, tepi rata. Bagi tanaman yang subur, daunnya bisa mencapai pajang antara 40 sampai 80 cm, lebar 3 sampai 5 cm, warna hijau, bila diremas berbau harum. Bunga majemuk, bongkol, putih. Buahnya batu, menggantung, bentuk bola, warna jingga. Memperbanyak tumbuhan pandan bisa dilakukan dengan memisahkan tunas-tunas muda yang tumbuh diantara akar-akarnya.

Untuk Pengobatan

Dr Setiawan Dalimartha dalam bukunya ''Atlas Tumbuhan Obat Indonesia'' menyebutkan untuk mengobati lemah saraf 3 (tiga) lembar daun pandan wangi dicuci lalu dipotong kecil-kecil, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum pagi dan sore, masing-masing satu gelas.

Untuk mengobati rematik dan pegel linu, tiga lembar daun pandan diiris tipis-tipis, diseduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk-aduk merata. Setelah dingin digunakan untuk menggosok bagian tubuh yang sakit. Atau 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun sereh (serai) ditumbuk halus. Tambahkan minyak kayu putih dan ganda pura masing-masing satu sendok makan. Diaduk dan diremas-remas sampai rata, baru digosokkan pada bagian badan yang sakit.

Untuk obat penenang atau mengatasi hati yang gelisah, 2 lembar daun pandan segar diiris-iris tipis diseduh dengan segelas air panas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Lakukan 2 atau 3 kali sehari sampai tenang.

Rambut Rontok

Untuk mengatasi rambut yang rontok, satu lembar daun pandan wangi, 10 lembar daun waru muda yang masih segar, segenggam daun urang-aring, 5 lembar daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati dan sekuntum bunga mawar, dipotong-potong secukupnya. Semuanya dimasukkan dalam panci email ditambah minyak wijen, minyak kelapa dan minyak kemiri masing-masing setengah cangkir. Dipanaskan sampai mendidih, lalu diangkat. Setelah dingin disaring, lalu siap digunakan. Caranya dengan megoleskan campuran minyak itu keseluruh kulit kepala sambil dipijat-pijat ringan. Lakukan malam hari sebelum tidur, esok paginya rambut dikeramas. Lakukan 2 atau 3 kali seminggu.

Untuk menghitamkan rambut, 7 lembar daun pandan wangi dipotong-potong, direbus dengan 1 liter air sampai warnanya menjadi hijau, Embunkan semalaman. Pagi harinya campurkan kedalamnya perasan tiga buah mengkudu masak. Air campuran itu digunakan untuk mencuci rambut. Lakukan 3 kali seminggu.

Untuk mengatasi ketombe, 7 lembar daun padan segar digiling halus. Tambahkan setengah cangkir air bersih dan diremas-remas sampai rata lalu disaring. Air perasan dioleskan ke seluruh kulit kepala berketombe. Biarkan mengering, kalau perlu oleskan lagi. Kira kira satu jam rambut dibilas dengan air bersih. Lakukan sampai ketombe habis.(HA Manan-35)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ragam | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA