logo SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Jumat, 3 Januari 2003 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Budaya | Olahraga
Internasional | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin

JAWA TENGAH

Pantura
Demo Kenaikan BBM, Penumpang Telantar
  • Awak Mikrobus Minta Penyesuaian Tarif

BREBES- Demo besar-besaran, kemarin (2/1) dilakukan awak mikrobus antarkota jurusan Tegal-Losari dan Tegal-Ketanggungan, menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).Mereka menuntut pemerintah segera menerbitkan SK baru tentang tarif penumpang mikrobus antarkota.

pembatas Pantura
Tak Beda Suara Akademisi dan Anak Jalanan

MENDENGARKAN keluhan akademisi, praktisi, dan suara anak jalanan soal situasi lokal (Kota Tegal) dan nasional seperti tak beda jauh. Hal itu terlihat dari dua kegiatan diskusi yang menyoroti kilas balik 2002 dan menjalani 2003. Kegiatan yang diselenggarakan Forum Pemberdayaan Masyarakat Tegal (FPMT) dan sekelompok anak jalanan yang tergabung dalam Lembaga Eksternal Anti Kongkalikong (LEAK).

pembatas
Pantura
Tersangka Pengeroyokan Tertangkap

PEKALONGAN- Dalam waktu kurang dari 24 jam, Polres Pekalongan dapat menangkap tersangka Nasirom (20), pelaku pengeroyokan yang mengakibatkan korban meninggal dan lima lain luka-luka. Polisi kini masih meminta keterangan dua orang yang saat kejadian di lokasi, yakni Am (26) dan Mz (38), semua warga Sokorejo.

pembatas Pantura
Pasar Kedungwuni Tetap Semrawut

KAJEN - Meski Pemkab Pekalongan sudah membangun los baru guna menempatkan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di pinggir jalan, pasar Kedungwuni tetap semrawut dan kumuh. Padahal pembangunan los baru tersebut untuk mengatasi kesemrawutan dan kekumuhan yang selama ini terjadi di pasar itu.

pembatas
Pantura
Di Bumiayu Ada Pencegatan

BUMIAYU - Ratusan penumpang, terutama para pelajar yang baru pulang dari sekolah siang kemarin telantar, karena angkutan umum khususnya mikrobus jurusan Bumiayu - Purwokerto dan sebaliknya mogok, memprotes kenaikan BBM.

pembatas Pantura
''Ninja'' Bacok Tangan Sendiri

BATANG- Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya jatuh juga. Demikian pula yang dialami Ngatmuri (39), warga Dukuh Dreman, Desa Gumawang, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang.

pembatas
Pantura
Pemilik Pabrik Kembang Api Dituntut 10 Tahun Penjara

SLAWI - Dua terdakwa dalam kasus ledakan pabrik kembang api PT Cahaya Pelangi Abadi (CPA) di Desa Kalibakung Kecamatan Balapulang, Edi Sukamto (55) warga Jl Masjid Kelurahan Mangunkusuman Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, dan Kosasih (62), dalam sidang di PN Slawi kemarin dituntut hukuman yang berbeda.

pembatas Pantura
Pasar Grosir Pekalongan Jadi Objek Wisata Belanja

KALAU berbagai daerah kini berlomba-lomba mengembangkan tempat wisata alam, ternyata bukan demikian Pemda Kota Pekalongan. Sesuai dengan identitasnya sebagai Kota Batik, kini daerah di pantura itu mengembangkan wisata belanja, khususnya produk batik dan tekstil produksi alat tenun bukan mesin (ATBM).

pembatas
Pantura
Pemkab Ceroboh soal TV-P

PEMALANG- Pembubaran Teve Pemalang (TV-P) akibat kisruh antarpemegang saham, mendapat sorotan anggota DPRD. Mereka menilai, Pemkab ceroboh menentukan mitra kerja serta harus ikut bertanggung jawab dalam menyelesaikan kasus itu. Anggota Komisi E DPRD Bambang Mugiarto mengemukakan, penutupan TV-P tidak bisa dibiarkan begitu saja oleh Pemkab.

pembatas Muria
1.500 Buruh PT Djarum Mogok Kerja
  • Tuntut Kepala Brak Kedungdowo 3 Dicopot

KUDUS-PT Djarum Kudus mendapat kado tak mengenakkan pada Tahun Baru 2003. Kemarin, sekitar 1.500 buruh giling dan bathil (perapi batang rokok dengan menggunakan gunting) di brak (gudang produksi) Kedungdowo 3 mogok kerja.

pembatas
Muria
Kembangkan Hutan Desa Ditanam 23.000 Jati Super

BLORA- Pada 2002 Blora mendapat jatah 23.000 bibit jati kelas super untuk kegiatan pembangunan hutan desa. Kepada Kantor Kehutanan Ir Geger Purwadi mengemukakan, dana untuk kegiatan tersebut dari APBD Pemprov Jateng Rp 138 juta dan didukung APBD Kabupaten Blora Rp 25 juta.

pembatas Muria
Alih Tugas Komisi di FPDI-P Hadapi Jalan Buntu

PATI- Meski sudah dibahas internal mulai awal Desember 2002 lalu, alih tugas anggota FPDI-P ke komisi-komisi di DPRD Pati hingga sekarang masih menghadapi jalan buntu. Pasalnya, antaranggota fraksi terbanyak (21 orang) di lembaga legislatif itu masih terjadi silang pendapat berkepanjangan.

pembatas
Muria
Puguh Widarmoko Ditemukan Tewas

JEPARA - Setelah dicari selama 24 jam, Puguh Widarmoko bin Daroni (16 tahun), ditemukan sudah tewas di perairan Pantai Bandengan, Jepara, Kamis sore pukul 14.45 WIB. Jenazah korban dibawa ke RSUD RA Kartini, setelah itu dibawa pulang keluarganya.

pembatas Muria
Pemkab Punya Pusat Media Promosi Sumber Daya Ekonomi Daerah

P A T I - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, kini memiliki Pusat Informasi dan Media Promosi Sumberdaya Ekonomi Daerah berbasis internet. Portal internet tersebut akan digunakan oleh 14 badan, dinas, dan kantor.

pembatas
Muria
Kurang Yodium Bisa Keguguran

REMBANG -''Yodium jangan dianggap masalah sepele. Hanya gara-gara kekurangan yodium kita bisa celaka,'' kata Drs Bahroni saat menghadiri acara sosialisasi penegakan norma sosial gangguan akibat kekurangan yodium (GAKY) di Gedung Binangkit, kemarin.

pembatas Muria
Mahasiswa Digandeng untuk Mereboisasi Hutan

CEPU- PT Perhutani (Persero) KPH Cepu bekerja sama dengan mahasiswa, pelajar, pramuka, dan organisasi pencinta alam se-Wilayah Blora yang berjumlah 295 orang menyelenggarakan reboisasi di bawah titel acara ''Green World Party I'' baru-baru ini.

pembatas
Kedu & DIY
246 Ha Hutan Lindung Merapi Rusak
  • Akibat Penambangan Pasir

BOROBUDUR- Administratur Perhutani KPH Kedu Utara Ir Suripto mengeluh, luas hutan lindung kawasan Gunung Merapi yang rusak akibat penambangan pasir 246 hektare.

pembatas Kedu & DIY
Warga Beri Tanda Silang Pohon Pinus

BOROBUDUR- Pohon-pohon pinus di Petak 36, hutan lindung di kaki Gunung Merapi, kemarin ditandai silang dengan cat dan pilok oleh puluhan warga empat desa di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. "Langkah itu sebagai upaya menyelamatkan hutan lindung.

pembatas
Kedu & DIY
Sengketa Gardena
Kedua Belah Pihak Sepakat Bertemu Lagi

MAGELANG-Dalam upaya menyelesaikan sengketa antara pengelola Gardena Swalayan selaku penyewa dan Bambang Budiono yang memiliki tanah dan bangunan tersebut, kedua belah pihak sepakat bertemu lagi dalam waktu dekat. Pemkot Magelang tetap bertindak selaku fasilitator pertemuan itu.

pembatas Kedu & DIY
Buruh GKBI Minta Tak Di-PHK

YOGYAKARTA - Ratusan buruh pabrik tekstil GKBI Medari, Sleman yang terbakar beberapa waktu lalu berunjuk rasa di Kompleks Kepatihan, Kamis kemarin. Mereka menolak PHK dan minta agar manajemen tidak arogan serta menghentikan segala bentuk intimidasi. Mereka beramai-ramai ke kantor gubernur dengan truk, mobil bak terbuka, dan sepeda motor.

pembatas
Kedu & DIY
Pembunuhan Bocah 2,5 Tahun
Diduga Terpengaruh Ilmu Hitam

KEBUMEN- Polres Kebumen hingga kemarin masih memeriksa Sudarto (26), tersangka pembunuh adiknya, Diki bin Sudarno, bocah 2,5 tahun dari Desa Surorejan, Puring. Ada dugaan, pelaku menghabisi adiknya akibat terpengaruh ilmu hitam.

pembatas Kedu & DIY
Hari Jadi Ke-67 Kebumen (2-Habis)
Kenaikan Dana Alokasi Umum Menjadi Kado Istimewa

POTENSI sosial budaya masyarakat Kebumen selama ini adalah berciri agamais. Yakni, ditandai kehidupan keagamaan yang kuat, karena ada 90 pondok pesantren di 22 kecamatan.

pembatas
Kedu & DIY
Daerah Harus Memiliki Keberanian Membangun

PURWOREJO-Gubernur H Mardiyanto menginginkan dalam rangka otonomi daerah (otda), daerah harus memiliki keberanian dalam memajukan pembangunan. Daerah yang memiliki uang tetapi tidak memiliki keberanian melangkah, menurut Gubernur, itu percuma.

pembatas Banyumas
Tuntut Kenaikan Tarif Ratusan Awak Bus Mogok
  • Kenaikan Sementara 20 %

PURWOKERTO-Ratusan awak bus dan mikrobus melakukan aksi mogok, kemarin. Mereka menuntut kenaikan tarif angkutan sesegera mungkin menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

pembatas
Banyumas
Jurusan Gombong Juga Mogok

BANYUMAS- Belasan bus tigaperempat jurusan Purwokerto-Buntu-Maos-Cilacap, Kroya-Gombong, Cilacap-Sampang-Purwokerto kemarin juga mogok. ''Kami sengaja mogok untuk memprotes kenaikan solar yang tidak wajar dan karena para penumpang menolak kenaikan tarif kami,'' kata Wowon, seorang sopir angkot jurusan Purwokerto-Buntu-Cilacap.

pembatas Banyumas
Bupati Lakukan Penataan Pejabat Besar-besaran

CILACAP- Bupati Cilacap, Probo Yulastoro melakukan gebrakan baru dengan penataan pejabat secara besar-besaran. Jumlah pejabat yang ditata mencapai 234 personel, baik yang dipromosikan maupun dimutasi. Ke-234 pejabat tadi dilantik di pendapa Wijayakusuma Sakti, Selasa lalu. Mereka terdiri pejabat Eselon II, III, dan IV.

pembatas
Banyumas
Musadad Meraih Suara Terbanyak

PURWOKERTO-Musadad Mutabik Mukri Nur (Ketua DPC PKB Banyumas) meraih suara terbanyak 28 dari total 57, dalam penjaringan bakal calon bupati oleh Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) PKB se Kabupaten Banyumas, kemarin.

pembatas Banyumas
Tak Pernah Siapkan Dana Rp 5 Miliar

PURWOKERTO-Anggota DPRD Banyumas Ny. Wasitah Yusuf menyatakan belum pernah mengatakan pada siapa pun menyediakan dana Rp 5 miliar untuk pencalonannya sebagai Bupati Banyumas.

pembatas
Banyumas
Jembatan Gantung Ambruk
Muncul Jasa Perahu Penyeberangan

BANJIR menyebabkan jembatan gantung Rawajaya yang melintas di atas Sungai Cimeneng, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap ambruk. Jalur transportasi yang menghubungkan beberapa desa di Kecamatan Bantarsari seperti Rawajaya, Bantarsari, Sidakaya. Bulureja dan Sikerang kini terganggu.

pembatas Banyumas
''Calon Bupati Harus Berasal dari Kader Partai''

PURWOKERTO - Calon Bupati Banyumas Bambang Haryanto Baharudin mengatakan, sebaiknya bupati mendatang adalah kader partai. ''Orang berpolitik lewat partai adalah untuk merebut kekuasaan, dan kesempatan itu terbuka sekarang,'' katanya dalam jumpa pers kemarin.


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Budaya | Olahraga
Internasional | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA