logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Jumat, 3 Januari 2003 
Line

  • Seputar Tugumuda

Pengajian Selapanan Ahad Legi

PENGAJIAN rutin selapanan Ahad Legi, akan berlangsung Minggu (5/1) pukul 13.00 di Masjid Al-Barokah l Setia Budi No 105, Ngesrep Barat, Srondol Kulon. Pengajian akan dihadiri oleh Almukarom Al-Arifbillah KH Achmad Abdul Haq Dalhar dan Al-Karim Ibnulkarim KH Gus Ali Khoisor dari Muntilan Magelang. Panitia mengharap kaum muslimin dan muslimat menghadirinya.(C22-45)

Lokakarya Khusus Reiki

DALAM rangka menyambut tahun baru, Reiki Mahameru Cabang Semarang, Sabtu (4/1) dan (11/1) 2003, mulai pukul 09.00-16.00, akan mengadakan lokakarya Reiki Usui Tibetan (UT) bagi tingkat pemula, di Jl Dr Wahidin FHG 14 Semarang. Reiki ini sangat bermanfaat bagi penyembuhan diri dan orang lain. Peminat bisa menghubungi Ibu Ati telp (024) 8502819 atau Hp 08161391953. (F2-45)

Ruwatan Sengkala dan Sukerta

MENGAWALI tahun 2003, paranormal Mbak Sri Ningsih akan mengadakan ruwatan sengkala dan sukerta untuk umum. Acara pada 5 Januari 2003 mulai pukul 09.00 itu dilangsungkan di rumahnya, Perumahan Mijen Permai Blok C/174. Yang berminat bisa menghubungi lewat HP 081 2292 3878, atau langsung datang. Prosesinya dibantu paranormal D Susanto dan Ki Bellot. (E4-13)

Listrik di Jalan MT Haryono Padam

PT PLN Area Pelayanan Semarang, Sabtu (4/1) pukul 09.00-16.00, memadamkan aliran listrik di sebagian Pasar Langgar, Pringgading, Jalan MT Haryono, Muradi, dan Wologito. Minggu (5/1) sebagian kompleks Perumahan Sapta Marga Janggli dan Pucangsari. Senin (6/1) sebagian Jalan Ahmad Yani, Seroja, Erlangga, Ki Mangunsarkoro, Atmodirono, Pudakpayung, dan Taman Unyil. Rabu (8/1) sebagian Wijaya Kusuma, Ki Mangunsarkoro, Ngaliyan, Pokok Pondasi, Beringin, Kedungpane, dan Pandana Merdeka.(C28-45j)

Optik Lesehan Gelar Kafe 70.000

OPTIK Lesehan di Jalan MT Haryono 140 Semarang, selama sebulan menggelar acara Kafe 70.000. Pemiliknya, Anas Salim, menyatakan untuk konsumen yang menginginkan kacamata berikut frame cukup dengan Rp 70.000. Selain itu, Lesehan juga menjual aneka sun glasses Rp 5.000/buah. ''Kami menyediakan sekitar 1.000 aneka sun glasses,'' ujarnya seraya menambahkan, pemilik yang sudah bosan dengan kacamata lama dapat menukartambahkan di optik bernomor telepon 024-3550503 itu.(A2-71j)

  • Jajah Desa Milang Kori

Rp 50 Juta untuk Tes Urine

GROBOGAN - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Grobogan mengusulkan ke DPRD dana Rp 50 juta untuk tes urine pejabat di jajaran Pemkab. Tes air kencing itu dimaksudkan untuk mendeteksi ada tidaknya pejabat di daerah itu yang mengonsumsi narkoba. Sekretaris LSM Hizib Hendro Santoso SH menilai tak penting BKD mengajukan anggaran itu untuk tes urine pejabat. Sebab, terlibat tidaknya pejabat dalam soal narkoba sebenarnya bisa dideteksi lewat pengamatan sehari-hari. Justru anggaran tersebut lebih penting untuk pemberantasan narkoba di kalangan pelajar. Sebab, disinyalir narkoba mulai merambah pelajar. (A23-45k)

  • Langgam Surakarta

Mangayubagya Pemberangkatan Calon Haji

PANITIA Penyelengaraan Ibadah Haji Kota Surakarta, Kamis kemarin mengadakan upacara ''Mangayubagya Pemberangkatan Calon Haji Kota Surakarta''. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 itu dilaksanakan di Gedung Persaudaraan Haji, Kampung Baron Gede Surakarta.(wk-42)

Bantuan untuk RB/BP PKU Batuwarno

MAJELIS Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat (MKKM) Muhammadiyah Surakarta baru-baru ini menyerahkan bantuan peralatan kedokteran untuk persiapan pembukaan Rumah Bersalin/Balai Pengobatan (RB/BP) PKU Muhammadiyah Batuwarno. Bantuan diserahkan langsung Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kota Surakarta Drs H Abdul Rozaq Rais.(wk-42)

Halalbihalal Dinas Pariwisata

HALALBIHALAL diadakan Dinas Pariwisata Seni dan Budaya (Parsenibud) Solo, kemarin. Acara tersebut berlangsung di Restoran Internasional Boga yang terletak di kawasan Taman Sriwedari, dan dihadiri pejabat dan karyawan dinas tersebut. Kepala Dinas Sutarno SH CN menyampaikan cenderamata kepada dua mantan Kepala Dinas Pariwisata Drs H Subadyo dan Drs Sutrisna.(sri-42)

  • Ojo Lali

Penyiraman Tanaman Berkurang

BOYOLALI - Memasuki musim penghujan penyiraman taman di kawasan kota Boyolali mulai berkurang, bahkan hanya lokasi tertentu yang disiram.

Hujan yang turun hampir setiap hari menjadikan tanaman di sepanjang jalan protokol mulai tumbuh subur. Menurut salah seorang warga kota, Hartono, meski tidak disirami tetapi harus ada perawatan. Curah hujan yang tinggi bisa juga menimbulkan kerusakan tanaman, karena terendam air.(shj-78k)

Hahalbihalal DPRD Boyolali

BOYOLALI - DPRD Kabupatan Boyolali belum lama ini menyelenggarakan halalbihalal di ruang sidang utama. Hadir dalam acara tersebut Bupati dr H Djaka Srijanta, muspida, kepala dinas/jawatan, serta para mantan anggota Dewan. Acara ditandai sambutan Ketua Dewan Miyono dilanjutkan dengan hiburan.(shj-78k)

Hartono Tersengat Listrik

WONOGIRI-Hartono (37), warga asal Karangharjo Pulo Kabupaten Gorbogan Purwodadi, Kamis (2/1), mengalami luka berat karena tersengat aliran listrik tegangan tinggi. Kejadian ini berlangsung pukul 10.45, di Toko Sumber Jaya jalan protokol Wonogiri Kota.

Korban yang sejak pagi bertugas memasang papan reklame toko dengan cara memanjat, tiba-tiba tersengat aliran listrik dari jaringan transmisi yang ada di atasnya. Saat itu juga korban terjatuh dengan luka bakar. Warga sekitar bersama polisi segera mengangkut korban untuk dibawa ke RSU Wonogiri.(P27-14)

HUT Ke-22 Satpam di Klaten

KLATEN - Upacara HUT Ke-22 Satpam se-Wilayah Surakarta dipusatkan di Mapolres Klaten dengan inspektur upacara Kapolwil Surakarta Kombes Drs Hasyim Irianto SH, Senin (30/12). Ratusan Satpam dari berbagai isntansi mengikuti acara tersebut.

Kapolwil berpesan, agar para Satpam meningkatkan kemampuan individu, waspada dan selalu berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. Dalam kesempatan itu, Kapolwil memberikan penghargaan pembinaan Satpam yakni PT Sritex Sukoharjo, PT Hanil Boyolali dan PT Sari Husada Klaten. Penghargaan individu diterima Daryono (PT Sritex) dan Darto (PT Hanil). Untuk lomba tingkat Klaten juara I PT Sari Husada, juara II PT Mondrian dan juara III PT Kusuma Nanda Putra.(F5-78)

Tewas Terseret Banjir Bengawan Solo

SUKOHARJO- Nasib tragis dialami Setyowati (11) bin Setyo warga Nusupan Rt 1/5, Desa Kadoan, Grogol. Korban yang duduk di kelas IV SD tersebut tewas terseret banjir di Bengawan Solo, Rabu lalu. Semula korban bersama dua temannya yaitu, Yuli Cahyati (11) dan Gandik Fajar Kusnadi (11) bermain di pinggir Bengawan yang mengalir di kampung mereka. Korban terpeleset dan ditelan aliran sungai itu.(G10-78)

Warga Belanda Tertipu

KLATEN- Walter Dawut Athur (50), warga Belanda yang sedang berkunjung ke Indonesia, ditipu temannya saat di Klaten, Minggu (29/12) pukul 21.00. Akibatnya, tas berisi uang tunai Rp 4 juta, handycam, visa, paspor, dan kamera lenyap.

Berdasarkan laporan korban ke Polres Klaten, saat berlibur ke rumah saudaranya di Yogya, dia diajak Roni (25) warga Yogyakarta menonton sepakbola di Stadion Trikoyo Klaten. Namun di sana tidak ada pertandingan, sehingga mereka memutuskan kembali ke Yogya dengan menumpang kereta. Saat Wakter lengah di stasiun, tas miliknya dibawa kabur pelaku. Perwira Pamapta Ipda Kanang A membenarkan adanya laporan itu.(F5-78j)

Diskusi Refleksi 2002

KLATEN - LSM Persepsi Klaten mengadakan diskusi tengah hari dengan tema ''Refleksi 2002 dan Menggagas Klaten 2003 yang Dinamis, Sejahtera, Berkeadilan Gender dan Demokratis, dalam Perspektif Agama, Budaya dan Hukum'' di aula Kantor Persepsi, Ngawen, Klaten, Rabu lalu (1/1). Acara dihadiri kalangan eksekutif, legislatif, LSM, Organisasi masyarakat dan mahasiswa.

Ada tiga narasumber yang tampil dalam kesempatan itu, politisi senior yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Cabang PDI-P Klaten, Supanto Wijoyo Harsono, akademisi Prof Dr Musa Asy'arie dan Dosen UNS Surakarta, Moh Yamin SH.

Menurut Direktur Persepsi Yuni Pristiwati, momentum akhir tahun 2002 dianggap saat strategis untuk melakukan refleksi guna meningkatkan kepekaan terhadap kepentingan publik.(F5-14)

  • Lintas Pantura

Pelatihan Desentralisasi Fiskal

PEMALANG - Pelatihan desentralisasi fiskal dan upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) baru-baru ini diselenggarakan di Sasana Bhakti Praja. Acara dibuka Bupati HM Machroes SH dan diikuti 30 orang dari legislatif dan 20 orang dari eksekutif. Menurut panitia penyelenggara, Dra Halimah, pelatihan ini untuk meningkatkan wawasan para pejabat eksekutif dan legislatif tentang perlunya visi kemandirian dalam pengelolaan potensi daerah. (sf-17k)

Jateng Kekurangan 46.000 Guru

PEKALONGAN- Rektor IKIP PGRI Semarang Soelistyo MPd berharap, pemerintah mengangkat tenaga pendidik untuk memenuhi kekurangan guru di wilayah Jateng yang diperkirakan lebih dari 46.000 guru baik untuk SD, SLTP, maupun SMU/SMK. Dengan penambahan tenaga pendidik itu, nantinya kualitas pendidikan dapat meningkat sesuai dengan perkembangan zaman.(A15-17j)

Silaturahmi DII PGTKI

TEGAL- Dekan FKIP Universitas Negeri Semarang Drs Siswanto mengemukakan, Kota Tegal sudah memelopori pendidikan guru taman kanak-kanak (TK) di jenjang DII. Karena itu, pada tahun-tahun mendatang guru TK di Jateng diharapkan sudah berpendidikan S1.

''Hingga saat ini Tegal pencetak guru TK berpendidikan DII PGTKI (Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia-Red) terbanyak. Bila saatnya nanti ada persyaratan harus S1, maka Tegal diharapkan menjadi daerah paling siap mencetak guru TK dengan kualifikasi pendidikan seperti itu,'' paparnya saat sambutan ''Silaturahmi dan Penerimaan guru TK DII PGTKI Angkatan I'' di Gedung Sanggar Pramuka, kemarin.(D12-17j)

  • Wara - Wara

Bisa untuk Rawat Inap

KUDUS-Balai Kesehatan untuk buruh rokok di bekas bangunan lama Jalan Veteran dengan dana Rp 1,4 miliar, juga dapat melayani rawat inap. Peletakan batu pertama dilaksanakan akhir Desember lalu oleh Ketua Persatuan Perusahaan Rokok Kudus (PPRK) H Nawawi Rusdi.

Lalu Ketua Pengurus Balai Kesehatan Drs H Djuffan Ahmad yang Sekjen GAPPRI, serta Ketua Pengurus Cabang Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman (PC SP RTMM) H Moh As'ad. Bangunan dua lantai di atas tanah seluas 1.500 m2, merupakan upaya peningkatan pelayanan kesehatan bagi 90.000 buruh rokok di Kudus.(P7-58).

Isa Anshori Sekdes Tumpangkrasak

KUDUS-Isa Anshori terpilih menjadi Sekdes Desa Tumpangkrasak Kecamatan Jati. Dalam ujian yang diikuti tujuh peserta belum lama ini, dia menduduki urutan pertama. Disusul Bambang, Soleh SPd, Drs Ach Sudarlan, Siswanto, Daru Retno W dan Drs Mundiyoko. Ujian merupakan yang kedua kalinya, setelah dalam tes pertama yang diikuti, Drs Ach Sudarlan, Drs Mundyoko, Soleh SPd dan dan Daru Retno W, tidak ada yang lulus tes.(P7-58)

HUT Ke-53 Raudlatul Ulum

PATI - Ketua Yayasan Perguruan Islam Raudlatul Ulum (YPRU) Drs HM Humam Suyuti MHI menyatakan, serangkaian acara digelar untuk memperingati HUT ke - 53 Ponpes Raudlatul Ulum, Guyangan, Trangkil, Pati dan haul ke - 24 KH Suyuti Abdul Qodir. Serangkaian kegiatan yang digelar 30 Desember 2002 hingga 6 Januari 2003 itu, di antaranya tahlil bersama, gelar parade rebana, pawai akbar, hingga ceramah dan pengajian akbar. (D6-58)

Kerja Sama LMDH - Perhutani

BLORA - Wakil Bupati Blora Drs HR Soebronto Joesoef bersama Administratur PT Perhutani KPH Randublatung Ir Andi Purwadi mengukuhkan dan menandatangani naskah kerja sama antara Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH ) dan Perhutani. Menurut Ir Andi, pengukuhan tersebut merupakan tindak lanjut dari pola PHBM yang telah dilakukan beberapa bulan lalu di Desa Jegong. Ia menjelaskan, langkah tersebut merupakan solusi terbaik yang ditawarkan Perhutani bagi masyarakat untuk bersama-sama mengelola dan menjaga potensi hutan yang ada. (ud-78k)

Peringatan HAB Ke-57 Depag Blora

BLORA - Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-57, Depag Blora menyelenggarakan berbagai kegiatan di antaranya kegiatan sosial berupa pemberian santunan kepada anak yatim. Menurut Ketua Panita Drs Masfuin, selain kegiatan bakti sosial juga dilakukan khataman Alquran yang diikuti pegawai Depag. ''Kami juga memberikan piagam penghargaan kepada wartawan Suara Merdeka Urip Daryanto dan wartawan Wawasan Wahono, atas kerja samanya yang baik selama ini,'' jelasnya.(ud-78k)

  • Eling - Eling

HUT Partai Golkar Purbalingga

PURBALINGGA-Bupati Drs Triyono Budi Sasongko MIP minta agar Partai Golkar ikut menopang terwujudnya alam demokrasi dengan melakukan pendidikan politik. Hal itu disampaikan di hadapan 1.200 kader Golkar pada HUT Partai tersebut di Gedung Korpri kemarin.

Ketua DPD Partai Golkar, Drs Soetarto Rachmat, menyatakan keharuannya atas melimpahnya kader yang datang. ''Ini menunjukkan para kader masih setia pada partai untuk mengabdi pada bangsa dan negara,''ujarnya usai memberikan bea siswa kepada 30 siswa SD masing-masing sebesar Rp 72.000.(P16-47)

Temu Alumni SLTPN 2

PURWOKERTO-SLTP Negeri 2 Purwokerto yang pada 1 Maret nanti akan merayakat HUT ke-53, kini sudah memiliki 11 ribu lebih alumni yang tersebar ke seluruh Indonesia.

Dalam rangka HUT nanti, akan diselenggarakan Temu Alumnus, sebagai pelepas rindu bagi para alumni yang puluhan tahun tidak bertemu. Kegiatan HUT dimulai bulan Februari dengan acara pawai keliling kota, bakti sosial dan berbagai kegiatan lomba tingkat kabupaten.(P16-47)

Lomba Mancing Hut Ke-172

PURBALINGGA-Hadiah uang tunai dalam lomba mancing Hari Jadi Ke-172 Purbalingga, diborong para pemancing Purwokerto dan Majenang. Meski demikian, pemancing Purbalingga berhasil menyabet juara I dan berhak atas uang tunai Rp 4 juta.

Lomba mancing Minggu lalu dibuka Bupati Drs H Triyono Budi Sasongko MIP di kolam pemancingan Dinas Perikanan dan Peternakan. Bupati mengatakan, lomba mancing yang digelar rutin setahun sekali sekaligus sebagai sarana promosi pariwisata khususnya wisata perikanan. (F10-68)

  • Sekilas Ekonomi

Kebijakan Ekonomi Mengarah Pemiskinan

YOGYAKARTA - Kebijakan perekonomian Indonesia sejak dulu mengarah kepada proses pemiskinan. Proses itu, kata Drs H Margono MM, memang tidak terasa, karena terjadi berangsur-angsur, sistematis, dan direkayasa.

"Bangsa ini dalam cengkeraman sistem kapitalis yang serakah," tegasnya dalam Sarasehan Kebangsaan di Wisma Kagama Yogyakarta, belum lama ini.

Yang berkembang kini justru semangat konsumerisme dan hedonisme. Akibatnya selalu terjadi kesenjangan antara yang kuat dan lemah, desa dan kota, domestik dan asing, serta pribumi dan nonpribumi. Sarasehan yang diadakan Keluarga Besar Marhaenis (KBM) itu juga menghadirkan Drs Suprajitno dari Universitas Airlangga Surabaya. (D19-69e)

Usulan OC BPPN Belum Ditanggapi

JAKARTA - Ketua Komite Pemantau Pelaksana Tugas/Oversight Committee (OC) BPPN Mar'ie Muhammad mengaku usulannya untuk mendapat tambahan anggaran belum ditanggapi pemerintah. Padahal, usulan itu sudah disampaikan kepada Ketua Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK), Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, dan para anggota KKSK, sejak 18 Desember 2002. OC tidak memberikan batasan kapan usulan tersebut harus dipenuhi.

Sebelum itu, OC mengusulkan tiga hal yang harus dipenuhi untuk tetap meneruskan tugasnya. Antara lain, tambahan anggaran, karena selama ini OC tidak menerima tambahan dana.

"Pada dasarnya OC dibentuk guna meningkatkan good corporate governance di BPPN. Transparansi pun akan kami tingkatkan, yakni difokuskan pada hal-hal yang berkaitan dengan transaksi di BPPN," tegasnya. (tri-69e)

  • Lintas Arena

Temu Teknik Kompetisi Bola Voli

SEMARANG-Sebanyak 23 tim dipastikan ambil bagian dalam Kompetisi Bola Voli Semarang Putaran II yang akan berlangsung di GOR Satria, 6-12 Januari. Ke-23 tim itu terdiri atas 8 tim Divisi I, 10 tim Divisi II, dan 5 tim putri.

Ketua Panitia Drs Purdianto mengatakan, 8 tim Divisi I adalah PDAM, Tunas, Jasa Marga, Unnes, Pervo, Satria Muda, Hongs, Vopas. Lalu, 10 tim Divisi II yaitu Beringin Muda, Texmaco, Bravoga, Popsivo, Bina Taruna, Volta PLN, Ivoma, SPD, Jatidiri, Vosaba. Lima tim putri meliputi Tugu Muda, Garuda, Jatidiri, Popsivo, Ardin.

''Pada malam ini pukul 19.00 dilakukan temu teknik. Kami berharap, semua pelatih hadir. Kami masih menerima pendaftaran hingga temu teknik besok,'' ujar Purdianto. (B18-22e)

Knicks Permalukan Raptors

NEW YORK-Kurt Thomas mencetak 26 poin dan 14 rebound untuk membawa New York Knicks menang 95-75 atas Toronto Raptors, dalam satu dari dua pertandingan kompetisi NBA yang berlangsung Rabu atau Kamis pagi WIB kemarin.

Dengan keberhasilan itu, Knicks mencatat dua kemenangan dalam dua pertandingan terakhir mereka. Bagi Raptors, kekalahan itu makin membuat mereka terpuruk. Hasil itu adalah ke-12 dari 13 pertandingan terakhir mereka.

Allan Houston menambah 15 poin untuk Knicks yang bertindak sebagai tuan rumah. Charlie Ward dan Michael Doleac masing-masing menambah 11 poin, yang sejauh ini mencatat jumlah menang-kalah 11-17.

Kurt Thomas cs memimpin 23-22 setelah permainan berlangsung satu kuarter, namun Raptors bangkit pada kuarter kedua. Mereka sempat memasukkan tambahan 28 angka, sementara lawannya hanya 14. Tetapi keunggulan itu tak bisa mereka pertahankan sampai akhir pertandingan.(ant,rtr-22t)

Armstrong Ingin Kontrak Ullrich

BERLIN-Pembalap tim Postal AS juara Tur Prancis empat kali, Lance Armstrong berminat untuk mengontrak mantan juara Tur Jerman, Jan Ullrich, tulis harian Bild di Berlin, Kamis kemarin. Ullrich disebut-sebut sebagai lawan terberat Armstrong.

Bild menggambarkan tawaran itu sebagai "suatu penghinaan" bagi Ullrich, juara Tur Prancis 1997, yang dikutip mengatakan: "Saya ingin membalap melawan Armstrong bukan membalap untuk dia."(ant-22)

  • INTERMESO

Usamah Jadi Nama Petasan

KARAKAS -Meski buron, nama dan gambar Usamah bin Ladin ternyata diminati banyak orang. Buktinya, warga Venezuela yang sedang mencari bunyi keras ekstra untuk pesta-pesta Tahun Baru atau protes-protes politik kemarin menemukan sekutu baru yang gaduh - Bin Ladin. Nama Usamah bin Ladin, ketua jaringan Al Qaedah dan tersangka serangan kamikaze di AS 11 September 2001, dipinjam oleh warga Venezuela untuk menggambarkan jenis petasan yang bunyinya sangat keras, kuat dan sangat berbahaya.

Seperti di banyak negara di Amerika Selatan dan Asia, rakyat Venezuela menggunakan kembang api dan petasan untuk menambah semangat bulan puasa, perayaan Natal dan Tahun Baru - dan pawai-pawai politik. Pada pesta Tahun Baru di Karakas, yang diadakan pada hari rabu pagi oleh puluhan ribu penentang Presiden Hugo Chavez, bunyi gemuruh meledaknya "Bin Ladin" menyela letusan kembang api dan petasan.

Dalam kekuatan desibel memekakkan telinga, "Bin Ladin" menduduki urutan teratas arsenal kembang api yang laris dijual pada tahun ini oleh para penjaja jalanan di Karakas. Sebelum aksi kamikaze, suara ledakan gaduh diberi nama Spanyol seperti "Tumbaranchos" (penghancur gubuk) atau "Matasuegras" (pembunuh ibu mertua). Namun nama Bin Ladin, silinder seukuran baterai yang dibungkus dengan kertas warna-warni dan diisi dengan bubuk mesiu, menjadi kosa kata populer Venezuela.(rtr-niek-46)

Wanita Paling Memalukan

LONDON -Istri PM Inggris Tony Blair merupakan orang yang paling ingin ditendang dari negara itu oleh rakyat Inggris. Menurut jajak pendapat Rabu lalu, hal itu terjadi setelah hubungannya dengan orang kepercayaan yang kini dihukum diekspos dalam affair "Cheriegate" belum lama ini. Dalam survei BBC yang melibatkan 15.000 suara, Cherie Blair menduduki tempat teratas ruang memalukan dengan 31 persen suara, setelah pembeberan bulan lalu tentang hubungannya dengan penipu mendominasi berita utama dan mempermalukan pemerintah.

Cherie Blair, penasihat hukum terkenal, mengalami penurunan dukungan publik Desember lalu saat media terus-menerus memberitakan secara rinci bagaimana Peter Foster membantunya membeli dua apartemen di Bristol, Inggris barat daya. Program radio BBC saat ini, Today, yang mengadakan jajak pendapat itu, mengatakan dalam pernyataan: "Saat ini belum merupakan akhir tahun yang bagus bagi istri perdana menteri." Dalam jajak serupa tentang siapa yang ingin mereka hormati, 51 persen warga Inggris menjawab pemimpin oposisi prodemokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi. Suu Kyi dibebaskan dari 19 bulan tahanan rumah Mei tahun lalu.(rtr-niek-46)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Budaya | Olahraga
Internasional | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA