logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Senin, 23 Desember 2002 
Line

  • Sosok

"Climen Dadi Gedhen"

SUDAH lima kali mantu, Wakil Ketua DPRD Jateng HA Thoyfoer MC mengaku selalu menyelenggarakannya secara climen alias tidak pernah menyebar undangan. Termasuk Sabtu (21/12) lalu ketika ngundhuh mantu putranya yang keempat. Meski dihadiri Wapres Hamzah Haz, dirinya sebenarnya tidak mengirimkan undangan.

Ceritanya begini, beberapa waktu lalu dia telepon Ketua Umum PPP itu untuk memantapkan rencana kunjungannya ke Jateng. Saat itu Haz bercerita dapat undangan manten dari KH Tohir di Pekalongan, namun kemungkinan tidak bisa datang. Dalam pembicaraan itu, Wapres sempat bertanya nama besan Kiai Tohir. Thoyfoer pun menjawab, "Besannya ya yang Anda ajak bicara ini."

Maklum, mungkin Haz tidak terlalu memperhatikan undangannya. Begitu tahu Kiai Tohir besanan dengan Thoyfoer, spontan Wapres ingin datang saat ngundhuh mantu di rumah Thoyfoer di Lasem, Rembang. Maka, jadilah kunjungan Haz ke Lasem setelah ke Sarang, rumah KH Maemun Zubeir.

"Maunya climen dadi gedhen," katanya kepada 13 anggota Kelompok Diskusi Wartawan (KDW) Pemprov Jateng yang Minggu kemarin bersilaturahmi dan mengucapkan selamat di rumahnya.

Keruan saja aparat jadi ikut sibuk mengurus mantunya. Sampai-sampai ada tentara yang ikut mengusung bambu untuk persiapan tratak.

Ketua DPW PPP Jateng itu memang sengaja tidak menyebar undangan dengan alasan tidak mau merepotkan orang. Padahal, pejabat setingkat Thoyfoer biasanya kalau mantu berbagai ubarampe sering diurus oleh instansi, bahkan mungkin menggunakan anggaran negara. "Saya hanya izin Pak Mardijo tidak masuk beberapa hari karena akan mantu. Sejak dulu memang selalu begitu," kata bapak sebelas anak itu.(B8-60c)

Rahasia Tampil Seksi

ADA yang berbeda dari penampilan bintang sinetron berwajah cantik Nova Eliza. Kini penampilan pemeran Wulan dalam sinetron Kamu Yang Kumau ini semakin seksi. Padahal, dulu menurut Nova, tubuhnya gemuk dan tidak berbentuk. Lantas, apa rahasianya?

Setelah sempat setahun karena jadwal syuting yang padat, sekarang Nova getol fitness lagi. "Gue kan sebenarnya fitness sudah lama, cuma baru-baru ini mulai lagi. Kemarin terhenti karena sibuk syuting," ungkap artis yang turut membintangi sinetron Belaian Sayang dan Dua Kali Aku Mencintaimu.

Begitu serius ingin mempercantik penampilan, Nova melakukan fitness empat kali seminggu. Hasilnya, sekarang tubuh Nova agak berbentuk. "Karena itu, sekarang rajin. Gue ingin membentuk tubuh lagi, seperti lengan dan perut. Gue nggak ingin punya perut buncit. Itu terlihat jelek," tutur dara ayu yang kini bobot tubuhnya menyusut dari 53 kg menjadi 48 kg dan tingginya 162 cm.

Selain itu, dengan fitness Nova merasakan tubuh yang lebih segar dan tak mudah lelah. "Gue tetap mengonsumsi vitamin dari dokter agar tubuh tak cepat lelah dan bisa menggemukkan badan. Selain itu, dibantu dengan fitness dan aerobik," ujar bintang sinetron kelahiran Aceh pada 4 Juni 1980 itu kepada Multivision Plus.Com.(60e)

  • Seputar Tugumuda

Reuni Pasien Epilepsi Pascaoperasi

RS TELOGOREJO Jalan KH Achmad Dahlan, akan menggelar reuni dan ramah tamah pasien epilepsi pascaoperasi, Rabu (25/12) pukul 11.00, di auditorium RS. Dalam acara yang juga dihadiri dokter dan perawat itu, para pasien akan berbagi suka duka dan menceritakan pengalaman mereka. (D2-73g)

Supra Malam Natal di Loyola

MISA malam Natal di Kapel Loyola, 24 Desember pukul 19.45, diiringi gamelan supra dilanjutkan tatap muka dengan mantan pemain supra. Para mantan pemain supra diharapkan menghadiri tersebut.(B15-71g)

Menu Tahun Baru di Xiang Yuen

MENYAMBUT Natal dan tahun baru, Resto Cina Xiang Yuen Hotel Grand Candi menawarkan berbagai menu, antara lain Christmas Set Menu (23-25/12) dan New Year Set Menu (29-31/12). Humas hotel Nidya Astanty menuturkan Kafe Flamboyan di hotel itu juga menyediakan Christmas Brunch (25/12) dan Christmas Night Buffet (24-25/12). Pemesanan di kedua tempat itu bisa dilakukan lewat telepon 8416222 pesawat 418, 438, dan 416. (C28-13g)

Pengajian Gambang Syafa'at

IKATAN Remaja Masjid Raya Baiturrahman (Ikamaba) menyelenggarakan pengajian gambang syafa'at bersama Emha Ainun Nadjib, Rabu (25/12) pukul 19.00, di masjid itu. Ketua M Arif Hartanto mengatakan, informasi bisa diperoleh di sekretariat telepon 8319230. (C27-13g)

Natal Bersama Santa Claus

TK dan SD Bernardus Jalan Dr Sutomo mengadakan bazar dan perayaan Natal bersama Santa Claus pada 8-9 Januari 2003. Peminat dapat menghubungi Ibu Santi 0811289736 dan Ibu Shinta 08122905168. Pendaftaran selambat-lambatnya 6 Januari.(B14-73g)

Tempat Reuni Psikologi Dipindah

REUNI alumni Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang angkatan 1984-1997 semula akan diadakan di Auditorium Gedung Albertus. Namun dipindah ke Gedung Teater St Thomas Aquinas kampus Unika, Minggu (29/12). Semua alumnus dimohon menghadiri pada acara itu dengan kontribusi sukarela. Yang ingin hadir hubungi Probo (0818296025), Sanya (0811278227), Ista (08122500868), Ari (024-3565463), Prima (08156590340), dan Fakultas Psikologi atas nama Cicil (024-8441555).(B14-73g)

  • Jajah Desa Milang Kori

Jl Purwodadi-Wirosari Rusak Parah

GROBOGAN - Jalan Purwodadi-Wirosari Grobogan belakangan ini dikeluhkan pemakai jalan, terutama angkutan penumpang dan barang. Sebab di beberapa ruas jalan itu didapati dalam keadaan rusak parah.

Bahkan ruas Jono-Mayahan Tawangharjo ambles hingga posisi jalan tampak miring sebelah. Sehingga menyebabkan jalan tersebut bergelombang besar dan berlubang.

Marno (50), pengemudi angkutan barang jurusan Purwodadi-Bojonegoro mengatakan, kalau tak segera ditangani dipastikan tingkat kerusakan jalan tadi akan menjadi semakin parah. (A23-76)

  • Langgam Surakarta

GOWS Anjangsana ke Panti Jompo

UNTUK memperingati Hari Ibu dan Hari Kesehatan Nasional (HKSN) 2002, Senin ini Gabungan Organisasi Wanita Surakarta (GOWS) beranjangsana dan silaturahmi ke panti jompo di Jongke. Hubungan Masyarakat Wiwik DF Sugito menuturkan pengurus memberikan bingkisan tali asih ke 85 penghuni panti.(bt-42g)

Pameran Kelompok Pintu Mati

MEMBUKA lembaran tahun 2003, beberapa pelukis Solo yang tergabung dalam kelompok Pintu Mati akan mengadakan pameran seni lukis di Galeri Seni Rupa TBS Surakarta. Pameran pada 7-12 Januari 2003 itu akan dibuka pelukis kawakan Drs Bonyong Munny Ardhi. (bt-42g)

Sinterklas di Hotel Agas

SINTERKLAS akan menjumpai anak-anak di Hotel Agas Solo, Rabu 25 Desember pukul 10.00 dan 17.00. Marketing Manager Cahya Tri Irmadi menyatakan acara itu diselenggarakan untuk merayakan Natal. Orang tua yang menginginkan anak mereka foto bareng Sinterklas dipersilakan hadir. Acara tersebut untuk menghibur anak-anak dan menjadi sarana pendidikan keagamaan bagi mereka.(bt-42g)

Halalbihalal Jadikan Jiwa Sehat

DENGAN saling memaafkan, menghilangkan kejengkelan, praduga tidak baik, rasa benci dan dendam akan menjadikan jiwa menjadi sehat. Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (Unisri), Drs Amin Wahyudi, mengemukakan hal itu dalam halalbihalal di kampus. Acara itu diiikuti seluruh sivitas akademika di auditorium kampus Kadipiro, baru-baru ini.(F11-42g)

Dema FKIP Serukan Damai

TERJADI konflik intern antara Rektor dan tiga calon dekan UNS, yang menggugat ke PTUN. Karena itu Ketua Dema FKIP Bramastia berharap semua bisa membuat suasana damai, apalagi masih dalam nuansa Lebaran. Dia mengimbau semua elemen mahasiswa tak terjebak kepentingan. Mahasiswa sebagai agen perubahan, kata dia, masih menghadapi banyak permasalahan yang perlu diperjuangkan. (F11-42g)

UNS Dirikan Laboratorium Tur

PROGRAM studi D3 Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret (UNS) hari ini berencana meresmikan pendirian Laboratorium Tur. Ketua Program Drs Tundjung W Sutirto MSi mengemukakan dalam menghadapi era globalisasi, program studi itu perlu dilengkapi laboratorium untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa.(F11-42g)

  • Ojo Lali

Lomba Memasak Ikan

BOYOLALI - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali, Sabtu lalu menyelenggarakan lomba memasak ikan. Lomba diikuti organisasi wanita di tiap-tiap kecamatan. Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan drh Djoko Waluyo, lomba memasak untuk menggalakkan cinta ikan tawar atau ikan laut yang kaya protein. Lomba memasak berlangsung di aula Pendapa Kabupaten Boyolali. (shj-14e)

Depot Daging Akan Dibuka

BOYOLALI - Depot daging sapi direncanakan dibuka pada Januari 2003. Depot itu menempati dekat Pasar Boyolali jalan protokol dan sekarang dalam proses pembangunan. Melalui depot daging para konsumen akan mendapatkan daging yang steril dan siap masak. Selain itu juga menyediakan bahan baku untuk membuat bakso. Depot itu kali pertama di Boyolali yang dikelola oleh Dinas Peternakan dan Perikanan.(shj-14e)

Kandang Ternak Terbakar

WONOGIRI-Kandang ternak milik Giyanto (40) di Dusun Gembleb Desa Kerjo Kidul Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri dilaporkan ludes terbakar. Camat Ngadirojo Sumarno SH MM mengatakan, sumber api dari perapian di dekat kandang sapi yang biasa digunakan untuk mengusir nyamuk. Diduga api membesar tatkala terkena angin. Tak ada ternak yang terbakar dalam kejadian itu.(P27-14e)

Nelayan Hilang di Laut Selatan

WONOGIRI-Kasino (40), nelayan dari Desa Lampeyan Kecamatan Paranggupito Wonogiri, hilang ditelan ombak laut selatan. Kepada istrinya, nelayan itu pamit ke laut untuk mengangkat jaring yang dia pasang. Namun malang, dia terpeleset jatuh dari tebing pantai Sembukan dan ditelan ombak samudra selatan. Upaya pencarian telah dilakukan, tapi korban belum ditemukan. (P27-14e)

Menipu dengan Kartu Nama

WONOGIRI-Penipuan dengan kartu nama dilakukan tersangka Ny Tumiyati (45), warga asal Karangmojo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Dengan jaminan kartu atas nama Yanti, tersangka menggondol dagangan milik Ny Sakimin di Gerdu Wonogiri Kota, berupa 16 kg mete, 5 kg emping, 10 bungkus geti (makanan dari wijen), dan 4 bungkus abon. Sejumlah makanan itu dibawa lebih dulu dengan janji akan dibayar setelah mengambil uang dari bank. Namun, janji tersebut tak pernah ditepati. Bahkan, ketika alamat di kartu nama dikontak, ternyata pemilik kartu nama, Yanti di Nguter Kabupaten Sukoharjo, mengaku telah lebih dulu diperdayai oleh tersangka, yakni dengan membawa 4 kg daging sapi dagangan ibunya. Kasatserse AKP Santosa SE mengatakan, tersangka akhirnya dapat ditangkap dan kini ditahan. Warga yang pernah tertipu dapat melapor ke Polres Wonogiri.(P27-14e)

Univet Wisuda 173 Sarjana Baru

SUKOHARJO- Universitas Veteran Bangun Nusantara mewisuda 173 sarjana, Sabtu lalu. Dalam sambutannya, Pejabat Rektor Drs Sugeng Muryanto M Hum mengharapkan agar para wisudawan memiliki jiwa kemandirian dalam era globalisasi. ''Selain memiliki landasan keilmuan, maka setiap wisudawan juga perlu memiliki landasan keimanan yang tercermin melalui sikap dan perilaku yang baik,'' tegasnya.(G10-14)

Pencopet HP dan Dompet Dibekuk

KARTASURA- Stevanus Bambang (32) dibekuk petugas Polsek Kartasura, Sabtu malam lalu. Tersangka warga Gentan, Kecamatan Baki tersebut ketahuan mencopet HP dan dompet berisi sejumlah uang milik Widayati (31) warga Kwiran, Kecamatan Ceper, Klaten. ''Tersangka tertangkap saat membuang dompet yang dicopet di sebelah timur Toko Laris,'' papar Kapolsek Iptu Budi Santosa.(G10-14)

Tewas Tertabrak Kereta Api

SRAGEN-Gara-gara berjalan kaki menyusuri rel kereta api, Kliwon (40) warga Desa Tlogotirto, Kecamatan Sumberlawang, Sragen Sabtu lalu tewas mengenaskan. Korban tertabrak kereta tangki nomor loko 20157 rute Solo - Semarang dengan masinis Mugiyono (45). Saksi Sukamto (44) menyebutkan, sewaktu berjalan korban di diklakson, namun tidak mendengar hingga tersambar kereta. Korban tewas akibat mengalami luka berat di bagian kepala dan kedua kakinya mengalami patah tulang.(nin-14)

Tewas Tenggelam di Sungai

SRAGEN-Pamit mandi di sungai, Kamdi (45) warga RT 21 RW 8 Gambaran, Desa Gabugan, Kecamatan Tanon sabtu pukul 07.30 tewas tenggelam di sungai. Saksi Sukar (40) dan Sukimso (55) menjelaskan, setelah bertani lelaki itu pamit mandi di sungai tak jauh dari lahan pertanian. Selang sejam, korban tidak segera muncul. Setelah dilacak, ternyata korban tewas tenggelam. Jasadnya berhasil dievakuasi penduduk untuk dikuburkan. Diduga korban mengalami kejang saat mandi di sungai, hingga menyebabkan tewas tenggelam.(nin-14)

  • Lintas Pantura

Empat Kades Baru Dilantik

BREBES - Empat kades baru, akhir pekan lalu, dilantik oleh Bupati Indra Kusuma BcKn di balai Desa Bentarsari. Pelantikan ini tergolong istimewa karena dihadiri Wakil Bupati H Achmad Faris Sulhcaq SH SpN, Kapolres AKBP Drs Bambang Purwanto SH MSi, Dandim 0713 Letkol Inf Suparwanto.

Mereka yang dilantik adalah Carko (Kades Batarsari), Carno (Gununglarang), Karyono AMd (Bantarkawung), Dadang Supriyati (Kubangsari-Ketanggungan). Bupati berpesan kepada kades yang baru dilantik hendaknya melaksanakan amanat yang diberikan rakyat dengan sebaik-baiknya. Sedangkan mereka yang tidak terpilih menjadi kades, supaya berlapang dada. (wh-20)

Ziarah Nasional Hari Ibu

BATANG-Hari Ibu tahun 2002 tingkat Kabupaten Batang dilaksanakan dalam berbagai kegiatan. Antara lain pengobatan gratis dan pemberian bantuan untuk panti asuhan. Sedangkan hari Sabtu kemarin, acara diisi dengan ziarah nasional di TMP Kadilangu yang dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Ny Rini Bambang Bintoro SE. (ar-20)

Dialog Ilmiah Bahaya Narkoba

KAJEN-Dalam rangka menyambut HUT Ke-23 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Kedungwuni, Senin (23/12) ini akan dilangsungkan dialog ilmiah soal bahaya penyalahgunaan Narkoba bagi remaja.

Dialog yang akan diikuti oleh perwakilan organisasi Intra Sekolah (Osis) di Kabupaten Pekalongan tersebut akan bertempat di Aula SMK Negeri I Kedunwuni. (G16-20)

Penyederhanaan Akta Kelahiran

BREBES - Prosedur pembuatan akta kelahiran akan disederhanakan. Guna kepentingan itu, Dinas Kependudukan-Tenaga Kerja dan Transmigrasi (KTKT), Sabtu lalu menyelenggarakan lokakarya dengan narasumber Ketua DPRD, Kepala Bappeda dan Kepala Dinas KTKT Ir Budi Rahayu.

Tujuan lokakarya antara lain, meningkatkan SDM khususnya pengelola akta kelahiran. Selain menyeleraskan kerja sama UNICEF dengan sasaran pendekatan pelayanan pengurusan akta sampai ke tingkat desa. Peserta kegiatan ini 60 orang terdiri, dari kecamatan, desa, pejabat struktural dan petugas dari kantor kependudukan. (wh-20)

Pembekalan BPD dan Kades

PEMALANG - Pembekalan BPD dan Kepala Desa tahap II baru-baru ini diselenggarakan di Kabupaten Pemalang. Dibuka oleh Bupati HM Machroes SH. Diikuti 110 peserta terdiri 56 orang Ketua BPD dan 54 orang kepala desa. Sedangkan tahap pertama diikuti 322 peserta.

Maksud diadakan pembekalan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para penyelenggara pemerintahan desa. Khususnya Ketua BPD dan kepala desa. (sf-20)

  • Wara - Wara

Silaturahmi ke Mantan Bupati

JEPARA - Bupati Jepara Drs H Hendro Martojo, Wakil Bupati H Ali Irfan Mukhtar BA, serta Muspida, masing-masing bersama istri, Minggu malam melakukan silaturahmi ke rumah mantan bupati Jepara Drs H Soenarto MM.

Rombongan berangkat Minggu sore dari Jepara menuju Klaten. Silaturahmi dan halalbihalal dilaksanakan seusai salat Isyak. Sebelum menjadi bupati periode 1997-2002, Drs H Soenarto menjadi Sekwilda (sekarang Sekda-red) Jepara 1992-1997. Sebelum dilantik menjadi Bupati Jepara 6 Februari 2002 lalu, Drs H Hendro Martojo MM, menjadi Sekda Jepara (1997-2002). Jadi, Hendro Martojo dua kali menggantikan jabatan Soenarto sebagai sekda dan bupati.(kar-42)

Reuni APDN Angkatan VIII

JEPARA - Mahasiswa Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Semarang Angkatan VIII, Sabtu malam mengadakan reuni di rumah dinas Bupati Jepara Drs H Hendro Martojo MM.

Hadir 53 alumni yang sekarang bertugas di Jateng. Dari angkatan itu yang menjadi bupati baru Hendro Martojo. Hadir antara lain Sekda Demak Drs Pafta Yani. Selain dimanfaatkan untuk melepaskan rasa kangen, juga untuk saling tukar informasi.(kar-42)

Bantuan Bibit untuk Petani

BLORA - Untuk mencapai ketahanan pangan tahun 2003 sekaligus meringankan beban petani akibat kekeringan tahun 2002, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jateng memberikan bantuan benih padi dan benih jagung ke petani atau kelompok tani di 44 desa yang tersebar di tujuh kecamatan di Blora.

Bantuan benih padi 23.000 kg dan jagung 2.810 kg itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ir H Basuki Widodo di sela-sela pencanangan gerakan antisipasi dampak kekeringan di Balai Desa Turirejo, Kecamatan Jepon, Sabtu lalu.

Bupati menyatakan untuk memperkuat ketahanan pangan di Blora cadangan pangan tahun 2003 diproyeksikan 450.000 ton padi dan 470.000 ton jagung. Untuk mencapai sasaran itu, pemerintah akan meningkatkan ketahanan pangan dengan mendekati berbagai lembaga pelayanan di tingkat petani.(ud-42g)

  • Lereng Merapi

Tewas Tertimbun Tebing Pasir

MUNGKID- Damiri Surip (60), warga Dusun Berut Tegal, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, tewas akibat tertimbun tebing pasir. Saat itu dia sedang menambang material vulkanik Gunung Merapi pada kedalaman enam meter. Tiba-tiba saja tebing pasir longsor dan menimbun dirinya. Kapolres Magelang AKBP Drs Sugeng Priyanto SH didampingi Kapolsek Dukun Ipda I Wayan Sudiarta menjelaskan, peristiwa itu terjadi Jumat (20/12) saat korban menggali pasir di lahan milik Cipto Sudarmo.

Yang pertama tahu kejadian itu adalah Cipto, ketika dia mengirim makanan dan minuman untuk Damiri. Sampai di lokasi dia melihat tebing sudah longsor dan Damiri tidak ada. Saat itu juga segera minta tolong kepada penggali pasir lainnya. Setelah setengah jam dilakukan penggalian, korban ditemukan dalam posisi tengkurap dan sudah meninggal. (P60-74)

Silaturahmi Wisata Warga RSS

KEBUMEN - Warga Perumahan Korpri/RSS Jatimulyo, Alian, Kebumen, Minggu kemarin menggelar silaturahmi wisata ke pemandian air panas Krakal. Ada sekitar 80 warga dan anak-anak Rt 04/V turut serta pada acara yang meriah itu.

Menurut Ketua RT Sugito SIP, dengan silaturahmi di objek wisata sekaligus bisa mengajak keluarga dan anak-anak berlibur. Bahkan kegiatan itu juga diisi kegiatan rutin arisan dan pengajian yang disampaikan Ahmad Pinuji SE, warga. Acara diisi hiburan anak-anak berupa tari modern dan tari India. Seusai acara, makan bersama dengan hidangan Sate Ambal.(B3-74)

  • Eling - Eling

Panggung Hiburan Roboh

PURWOKERTO- Hujan dan angin besar yang mengguyur Kota Purwokerto, Minggu sore merobohkan panggung hiburan yang digelar di halaman parkir selatan Moro. Panggung itu adalah pentas musik rock yang diadakan sponsor untuk menghibur masyarakat dan pengunjung Moro.

''Begitu ada hujan dan angin besar orang-orang lari semua, angin makin kencang dan panggung roboh. Tidak ada yang luka, hanya peralatan band kena hujan,''kata Drs Nanung Astoto, Manajer Personalia dan Umum Moro Grosir.(in-47).

Donor Darah HUT Moro

PURWOKERTO - Dalam memperingati hari ulang tahu kelima Moro Grosir Purwokerto mengadakan bakti sosial berupa donor darah bekerja sama dengan PMI Banyumas, kemarin. Peserta yang ikut, yaitu para karyawan pasar swalayan itu sebanyak 450 orang, namun yang bisa diambil darahnya hanya 346 orang. ''Kegiatan lainnya adalah pentas musik,'' kata Humas Moro Wahadie. (in-68)

Parfi Banyumas Garap Ketoprak

BANYUMAS- Saat ini Parfi Koordinator Banyumas sedang menggarap ketoprak dengan ceritera Asal-usul Baturraden. Kisah itu dibagi empat episode dan didukung ketoprak Gudril Banyumasan pimpinan Cholik Puspita. Menurut Ir Suswati Ketua Korda Parfi Banyumas, ketoprak itu akan disiarkan TVRI Semarang pada bulan Maret 2003 mendatang. (P52-68)

Pilkades Mulyasari

MAJENANG- Pemilihan kepala desa (Pilkades) Desa Mulyasari Kecamatan Majenang direncanakan 22 Desember 2002. Pilkades putaran terakhir untuk wilayah Cilacap barat itu diramalkan banyak mendapatkan perhatian. Pasalnya, sejumlah calon dan pendukung dinilai sama-sama kuat. Pihak Muspika setempat meminta masyarakat dan pihak desa untuk tetap menjaga keamanan bersama.

Camat Majenang Kosasih SSos mengatakan, jajaran Muspika akan mengupayakan agar pelaksanaan Pilkades berjalan lancar. Pihaknya juga berkoordinasi dengan panitia pemilihan dan Badan Perwakilan Desa (BPD) selaku pihak yang bertanggungjawab atas jalan pesta demokrasi masyarakat desa ini. (yud-68)

  • Sekilas Ekonomi

Penanaman Melon Merah Dijadwal

SEMARANG-Untuk memenuhi permintaan 250.000 ton melon merah dari Timur Tengah, Asosiasi Agribisnis Melon Jateng terus melakukan persiapan. Antara lain mengatur jadwal penanaman. Demikian diungkapkan oleh Ketua Bidang Pengembangan Ir Soekam Parwadi, kemarin.

Untuk memenuhi permintaan itu, paling tidak dibutuhkan areal seluas 160 ha. Pengembangan dan budi daya melon merah di kalangan petani lokal selama ini bersifat individual. Jika dipaksakan, pola tanam kurang serempak sehingga antardaerah tidak seragam saat panen.''Padahal, pasar Timur Tengah menuntut Jateng menyuplai buah itu secara kontinu. Sekarang kami sudah mengeluarkan jadwal tanam 5.000-10.000 batang melon merah ke beberapa daerah di Jateng,'' tutur dia.

Melalui upaya tersebut, pihaknya berharap daerah yang berminat menanam bisa kontak dengan Asosiasi Agribisnis Melon Jateng. Terutama soal jadwal tanam yang diinginkan. Beberapa daerah yang sudah mengajukan jadwal tanam antara lain Sukoharjo, Tegal, dan Brebes. (F2-53c)

AFTA, Peluang Investasi Lebih Besar

SEMARANG-Era perdagangan bebas kawasan ASEAN atau ASEAN Free Trade Area (AFTA) tahun depan diprediksi akan lebih membuka peluang bisnis dan investasi. Meski demikian, kondisi tersebut belum tentu berdampak positif terhadap pertumbuhan usaha di Indonesia.

''Berbagai faktor akan sangat memengaruhi, termasuk peranan pemerintah sebagai fasilitator dan regulator, situasi politik dan keamanan, serta peranan para pelaku ekonomi dan dunia usaha,'' ungkap Direktur Utama PT West Investindo, Wisynu Adhi Nuswandityo, pada temu investor dan halalbihalal di Hotel Patra Jasa, Sabtu lalu.

Menurut Wisynu, salah satu alternatif peluang investasi yang makin terbuka pada perdagangan bebas nanti adalah investasi pasar derivatif indeks saham (stock index) dan valuta asing (foreign exchange). Pasar derivatif adalah sarana melakukan hedging (lindung nilai) atas investasi yang dilakukan di pasar saham.(G2-53c)

Tender Perintis Disambut Dingin

MALANG-Tender terbuka angkutan laut perintis periode 2003 yang diadakan Dinas Perhubungan Jatim disambut dingin oleh perusahaan pelayaran nasional anggota INSA. Pada tender senilai Rp 3 miliar itu, baru masuk satu penawaran dari operator muka lama.

''Padahal, angkutan laut perintis untuk melayani Pulau Masalembu, Ra'as, Sapudi, Kangean, dan pulau-pulau kecil di sekitar perairan Madura sebenarnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat,'' kata Kasubdin Laut M Amien Husain, di kantornya, Sabtu lalu.

Pada prinsipnya tender itu juga untuk membuka isolasi sejumlah daerah terpencil di perairan Madura yang selama ini penduduknya terkendala mobilitasnya. Penduduk kepulauan itu tahun ini baru bisa menikmati dua unit kapal yang dioperasikan PT Dharma Ikhtiar Indolines (DII). (jo-53c)

  • Sepak Pojok

PSM Datangkan Pemain Asing

MAKASSAR- PSM Makassar mendatangkan pemain asal Cile, George Talledo untuk memperkuat lapangan tengah yang selama ini menjadi titik lemah. Talledo yang juga kapten klub Fernandez Dial Cile, Kamis lalu tiba di Makassar setelah menempuh perjalanan panjang dari negeri asalnya, kata Sekretaris PSM Azhari Siradjuddin, Minggu. Selanjutnya, Talledo menuju Banjarmasin untuk bergabung dengan tim PSM yang telah berada di Kota Seribu Sungai tersebut dalam rangka mengikuti pertandingan segi tiga 22 Desember. Sebelumnya, PSM merekrut dua pemain asing asal Uruguay. Selain Talledo, Syamsul Chaeruddin yang dicoret dari tim Piala Tiger Indonesia akan bergahung dengan PSM di Banjarmasin. Diharapkan dengan bergabungnya dua pemain pilar tersebut, PSM yang diasuh pelatih Syamsuddin Umar akan makin solid. Pertandingan segi tiga bersama PSS Sleman dan tuan rumah Barito Putra di Tapin Banjarmasin merupakan uji coba terakhir bagi PSM. (ant-77c)

Matthaeus Melatih Partizan

BERLIN- Mantan kapten Jerman Lothar Matthaeus mendapat tawaran dengan bayaran 769.300 dolar AS dan biaya pesawat gratis dari kotanya ke Munich untuk melatih juara Yugoslavia Partizan Belgrade untuk 18 bulan mendatang, lapor harian Bild am Sonntag, kemarin. Koran tersebut menyebutkan, Matthaeus menerima tawaran itu, yang juga termasuk mobil mewah dan flat. Partizan mencari pelatih sebagai pengganti Ljubisa Tumbakovic. Pelatih berusia 41 tahun itu, yang memegang rekor 150 kali memperkuat tim nasional Jerman dan memimpin Bayern Munich dalam merebut tujuh gelar Liga, diberhentikan selaku pelatih Rapid Vienna Austria Mei lalu. (rtr,F3-77)

  • Lintas Arena

Australia Terbuka Tanpa Haas

HAMBURG-Petenis andalan Jerman, Tommy Haas mengundurkan diri dari seri pembuka grand slam Australia Terbuka setelah menjalani operasi pada cedera bahunya, demikian pelatihnya mengatakan, Sabtu lalu.

Petenis nomor satu Jerman berusia 24 tahun itu, yang maju ke semifinal Australia Terbuka tahun lalu, mengalami cedera urat daging pada bahunya dalam latihan. Itu membuat dirinya harus menjalani operasi, Kamis lalu, di New York.

Dia petenis papan atas terakhir yang mengundurkan diri setelah pemain putri Prancis, Amelie Mauresmo yang mengalami cedera lutut. Thomas Johansson dari Swedia juga dipastikan tak bakal tampil. Petenis senior Amerika Serikat, Pete Sampras, juga akan kehilangan peluang untuk tampil pada Australia Terbuka karena baru-baru ini istrinya melahirkan. (ant-22c)

PSN Berlaga di Hong Kong

SURABAYA-Setelah tampil di sejumlah kejuaraan di Malaysia, Thailand, dan Cina, beberapa waktu lalu, kini klub balap sepeda Polygon Sweet Nice (PSN) Surabaya menerjunkan lima atletnya berlaga di Tour of South China Sea di Hong Kong. Lomba itu akan berlangsung mulai 25 sampai 31 Desember mendatang.

Ketua Klub S Harijanto mengatakan, dalam kejuaraan ini pihaknya tidak mematok target muluk-muluk. Dia mengakui, kejuaraan itu cukup berat karena hampir dipastikan anak-anak asuhannya akan bersaing dengan klub profesional seperti Giant dari Taiwan.

"Kami akan berupaya keras. Saya yakin anak-anak bisa menunjukkan penampilan terbaiknya," ujarnya, Minggu kemarin. (ant-22c)

Arnold Juga Menyerah

JAKARTA-Satu lagi atlet squash asal Jateng, Arnold akhirnya juga senasib dengan 2 dua atlet Jateng lainnya. Dia gagal gagal melangkah ke babak semifinal Kejurnas yang berlangsung di Gedung Squash Senayan, sabtu lalu.

Di babak kedua, Arnold akhirnya takluk pada Bryan Dani asal Jawa Barat. Dani mengalahkannya dengan skor, 3-0.(bn-22)

  • Intermeso

Home Alone karena Ibu Minggat

LONDON - Seorang bocah Inggris ditinggal di rumah sendirian (home alone) selama 12 hari, setelah ibunya menghilang dua pekan lalu. Polisi mengatakan kemarin, Rufus Pollack (12) dari London baratdaya, tetap pergi sekolah dan menyiapkan makannya sendiri. Dia sekarang dalam perlindungan polisi, dan mungkin harus merayakan Natal di kantor polisi setempat. Sang ibu, Jill Parker (51), yang sudah janda tidak ketahuan di mana keberadaannya saat ini, juga belum diketahui mengapa dia pergi meninggalkan putranya.

''Kami prihatin,'' bunyi sebuah pernyataan Scotland Yard, Minggu kemarin. ''Sang anak benar-benar kehilangan ibunya, terutama pada waktu ini (menjelang perayaan Natal).'' Hilangnya Jill Parker dilaporkan kepada polisi oleh rekan sekerjanya. Polisi kemudian mendatangi rumah Parker, dan menemukan Pollack sendirian. Menurut bocah itu, dia kali terakhir melihat ibunya pada 7 Desember lalu. Teganya ya?

Jerman Banjir Bir Murah

BERLIN - Jerman saat ini dibanjiri bir murah: sekitar Rp 450 per kaleng! Pasalnya, toko-toko bergegas mengosongkan stok mereka menjelang diberlakukannya UU baru yang bakal menghukum para pembuat minuman dalam kaleng. ''Jerman penuh kegembiraan. Setiap orang membeli bir,'' tulis koran Bild, kemarin. Beberapa toko dikabarkan menjual bir kalengan berisi 6,6 liter dengan harga hanya satu euro (sekitar Rp 9.000). ''Perang harga bir!'' tulis tabloid BZ.

Namun para konsumen telah diperingatkan, Jerman akan menghadapi kelangkaan bir pada Januari nanti. Pemerintah akan mengenakan dakwaan pada pembuat minuman kaleng ''sekali pakai dibuang'' sebesar 25 sen dolar (sekitar Rp 2.500) per kaleng kecil dan 50 sen untuk kemasan kaleng besar, sebab persentase botol dan kaleng yang dapat di daur ulang telah merosot di bawah target minimum 75 persen (yang ditetapkan pada 1997).

Makanan Tidak Enak, Mengancam

ABU DHABI - Para pejabat keamanan di Bandara Abu Dhabi kemarin menahan dua pria penumpang sebuah pesawat Air Yordan, karena keduanya mengancam meledakkan pesawat hanya gara-gara makanan yang dihidangkan di pesawat dianggap tidak enak. Laporan media menyebutkan, kedua penumpang ''berselera tinggi'' itu mengatakan andai mereka punya bom, mereka akan meledakkan pesawat yang sedang dalam penerbangan ke Dubai dari Amman (ibu kota Yordania) itu.

Polisi Abu Dhabi mengatakan, kedua penumpang yang diidentifikasikan sebagai Mohammad Ramadan dan Abdul Naser itu ditahan begitu pesawat mendarat di Abu Dhabi, dengan tuduhan ''mengeluarkan ancaman''. Insiden tersebut hanya menyebabkan sedikit kekacauan dalam jadwal penebangan di Bandara Abu Dhabi, karena terjadi pada pagi hari yang masih sepi penerbangan. (rtr-ed-niek-30)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ragam | Ekonomi | Fokus |English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA