logo SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Rabu, 23 Oktober 2002 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin

JAWA TENGAH

Pantura
Terdakwa Dijerat Pasal UU Darurat
  • Sidang Meledaknya Pabrik Kembang Api

SLAWI - Sidang pertama kasus meledaknya pabrik kembang api PT Cemerlang Pelangi Abadi (CPA) di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, yang menelan korban 22 pekerja tewas pada 21 September kemarin lancar.

pembatas Pantura
Kekurangan Guru Bisa Diatasi dengan Menggabung SD

UNTUK mengatasi kekurangan guru SD, salah satu alternatif pemecahannya dengan melakukan penggabungan sekolah. Dengan demikian, Pemkot tidak perlu menambah guru baru untuk mengisi kekurangannya sebanyak 202 orang sehingga dapat mengurangi anggaran pemeliharaan sekolah.

pembatas
Pantura
PKL Tanyakan Alun-alun

SLAWI - Pembangunan alun-alun di depan Kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten Tegal kini dipertanyakan kapan selesai. Mereka, khususnya pedagang kaki lima, sudah lama mengetahui lahan 2,5 ha itu akan dijadikan alun-alun. Mereka pun berharap bisa berdagang di kawasan itu.

pembatas Pantura
Dua Tewas Tabrak Lari

PEKALONGAN- Dua pelajar menjadi korban tabrak lari di jalan raya Bojong-Kajen, tepatnya di depan Jalan Taman Makam Pahlawan Bojong. Korban adalah Erna (16) dan Sita Anita (17) warga Sinongoprendeng, Kajen. Anggota Satlantas dapat menangkap penabrak.

pembatas
Pantura
Operasi PLN Ungkap 75 Pelanggan Liar

TEGAL- Sejak 23 September lalu, PLN Tegal bersama empat polres, yaitu Slawi, Tegal Kota, Pemalang, dan Brebes melaksanakan operasi khusus penertiban pemakaian tenaga listrik dengan sandi Operasi Candi Pijak 2002. Sasarannya menjadi pelanggan dan yang belum menjadi pelanggan.

pembatas Pantura
Tak Ada Lagi Aspal Banci di Kabupaten Tegal

JALAN di Kabupaten Tegal sebagian melingkari daerah terpencil. Seandainya saat ada perbaikan sarana fisik itu dikerjakan pemborong yang tidak memiliki komitmen tinggi terhadap kualiatas tentu agak sulit terdeteksi. Karena, sebagian jalan itu merambat di daerah terisolasi dan tak sedikit yang menanjak di daerah atas, misalnya di kaki Gunung Slamet.

pembatas
Pantura
Mendagri Minta DPRD Gelar Paripurna II
  • Perkembangan Baru Pilkada Brebes

BREBES- Setelah hampir lima bulan terkatung-katung, proses pilkada Brebes memasuki babak baru yang mengarah pada penetapan calon bupati dan wakil terpilih hasil pemilihan 29 Mei.

pembatas Pantura
Bantuan bagi Kelompok Produktif Perlu Ditingkatkan

PEKALONGAN -Jumlah keluarga miskin beberapa tahun terakhir terus meningkat akibat krisis ekonomi sejak tahun 1997. Keluarga miskin dan sangat miskin di Kota Pekalongan kini lebih dari 19.000 KK. ''Untuk mengatasi kemiskinan, pemerintah harus meningkatkan bantuan bagi kelompok produktif,''

pembatas
Pantura
Petani Udang Windu Gagal Panen

KAJEN - Udang windu di ratusan hektare tambak milik petani di Kecamatan Wonokerto gagal dipanen. Hanya udang di puluhan hektare dari sekitar 560 ha milik beberapa warga yang bisa dipanen. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan, Ir Soemarno MPi, menyatakan kegagalan petani tambak udang itu sudah lama berlangsung.

pembatas Pantura
Tempat Parkir Disulap Jadi Ruang Pelayanan

TEGAL - ''Wah yen ngene carane ora bar-bar (Wah kalau caranya seperti ini, tidak bakal cepat selesai).'' Itulah ungkapan spontan Wakapolresta Tegal Kompol Endro Suharsono saat melihat ruang sempit bagian pelayanan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB), Satintelpam, dikerubuti ribuan pelamar CPNS yang mengurus pembuatan surat keterangan itu.

pembatas
Pantura
Dituduh Dukun Santet Rumah Kiai Nyaris Dimassa

KAJEN - Amuk massa yang dipicu isu dukun santet nyaris terjadi di Dukuh Ngandu Desa Tengeng Wetan Kecamatan Siwalan. Yang nyaris menjadi sasaran adalah rumah pemimpin Pondok Pesantren Al Mubtadi'in Tengeng, Kiai Mubakir Ahmad (38). Dia dituduh menjadi dukun santet.

pembatas Pantura
Keluarga Miskin Bertambah

PEKALONGAN- Krisis ekonomi menyebabkan jumlah keluarga miskin di Kota Pekalongan terus meningkat. Pada 2001 adalah 20.759 keluarga. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan pada 2000 yang hanya 16.730 keluarga (27,02%) dari total penduduk Kota Pekalongan.

pembatas
Pantura
KA Kaligung Anjlok di Petarukan

PEMALANG - Kereta api disel Kaligung jurusan Semarang-Tegal dengan rangkaian enam gerbong penumpang kemarin mengalami kecelakaan ringan yaitu anjlok di Desa Serang, Kecamatan Petarukan, Pemalang pukul 10.30. Tidak ada korban jiwa namun perjalanan KA terlambat beberapa jam.

pembatas Pantura
''Lurahe Kafe Harus Bisa Menjadi Jenderal''

''BAPAK harus sukses di Jakarta. Bapak harus jadi jenderal,'' pinta Agus Wijanarko, mewakili komunitas pers pada malam keakbrakan melepas kepergian lurahe Kafe Nelayan Hotel Bahari Iin, Selasa malam. Sang lurah, Letkol AL Yan Simamora, dengan sigap mengatakan, ''Siap salah'' sambil berdiri dari tempat duduknya.

pembatas
Muria
Hindari Kesalahan, KUT Tak Lagi Dikucurkan
  • Dana Pinjaman Nunggak Rp 6,9 Triliun

KUDUS- Program kredit usaha tani (KUT) amburadul, terbukti dana pinjaman tersebut yang tidak kembali atau nunggak mencapai Rp 6,9 triliun. Karena itu, dalam memberdayakan petani, pemerintah sekarang tidak akan mengulangi kesalahan yang telah terjadi pada masa lalu.

pembatas Muria
"Pengaduan Keluarga Wiji Ada Unsur Provokasi"

PEMBERITAAN atas meninggalnya Wiji (40) warga Desa Jomblang Kecamatan Jepon, akibat "bentrok" dengan oknum petugas Perhutani Cepu, membuat Adm/KKPH Cepu Ir Bambang Setyabudi mengeluarkan pernyataan keras. Saat dihubungi Suara Merdeka melalui telepon, dengan nada keras dia mempertanyakan apakah pemberitaan seputar Wiji masih kurang.

pembatas
Muria
3.000 Botol Miras Disita

BLORA-Paling tidak 3.000 botol minuman keras (miras) berbagai merek yang rata-rata kandungan alkoholnya lebih dari 40%, kemarin disita Tim URC Polres Blora. Saat disita, minuman itu akan didrop dengan truk boks H-9156-KS ke beberapa toko di wilayah Blora, Cepu, dan Rembang.

pembatas Muria
Jalan Mulus Timbulkan Kecelakaan

REMBANG -Hasil pembangunan tak seluruhnya berdampak positif. Terbukti, jalan Lasem-Sale yang sekarang mulus, karena baru saja dibangun Pemerintah Provinsi Jateng, sering digunakan mengebut oleh para pengemudi mobil atau sepeda motor.

pembatas
Muria
FKB Minta Dana Bantuan Haji 2003 Dihapus

REMBANG -Secara esensial isi daftar rancangan perubahan APBD tahun 2002 masih diwarnai banyak kepentingan. Dengan demikian, substansi perubahan anggaran jauh dari makna sesungguhnya. Hal itu bisa membuka peluang terjadi korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

pembatas Muria
GRENENGAN
Wicaksana Itu Berarti Mau Memahami

SULIT memang untuk bisa nglakoni. Artinya tidak hanya sekadar mengucapkan kata wicaksana, tetapi mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang bijak mengemukakan, untuk bisa wicaksana orang harus dapat melepas segala kepentingan pribadi dan kelompok.

pembatas
Muria
MALITER ... CAH
Kasmuri, Pak Kopral "Dokter" Motor Antik

MENGENDARAI motor gede (moge), motor antik, motor kuno, mobil kuno dan sejenisnya, memang mengasyikkan. Untuk memilikinya, jelas butuh dana besar. Hanya yang berkantong tebal dan punya sikap "rela berkorban" yang dapat melanggengkan hobi itu.

pembatas Muria
Rp 60 Juta untuk Korban Kebakaran
  • Warga Kawasan Hutan Gunung Muria Siaga

KUDUS-Korban kebakaran di Dukuh Kapuan Wetan, Desa Jetiskapuan, Kecamatan Jati, Kudus akhirnya mendapat bantuan dari Pemkab Rp 60 juta. Sebelumnya Bupati telah menyumbang Rp 5 juta.

pembatas
Muria
Petani Tembakau Tumpahkan Amarah

KUDUS-Wakil petani tembakau dari Temanggung, Wonosobo, Kendal, dan Demak Senin lalu menumpahkan amarah di depan Menteri Pertanian Prof Dr Bungaran Saragih dan kalangan pabrikan. Yakni, PT Djarum, PT Nojorono, PR Sukun, PR Jambu Bol, dan PT Gudang Garam.

pembatas Muria
Toko Mebel Terbakar

JEPARA - Toko mebel "Semoga Laris" milik Ny Hj Sumiati (38), di tepi Jalan Raya Desa Langon (RT 1/RW I), Kecamatan Tahunan, Jepara, Selasa petang kemarin terbakar. Informasi yang diperoleh Suara Merdeka di tempat kejadian menyebutkan, api diperkirakan bersumber dari kios tambal ban, yang berada di pojok depan toko mebel.

pembatas
Muria
Pesantren Modern Rohmatul Ummah Terban
Kebangkitan Islam Abangan Kudus Wetan?

PENYEBUTAN angka Rp 30 miliar oleh panitia saat menyampaikan undangan peletakan batu pertama pembangunan Pesantren Modern Rohmatul Ummah di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, membuat Suara Merdeka ragu menuliskan. Namun ternyata penyebutan angka itu benar.

pembatas Kedu & DIY
Lima Pelajar dan Personel TNI Ditangkap
  • Terlibat Peredaran Ganja

KEBUMEN - Lagi kabar kurang sedap datang dari Gombong. Sedikitnya lima pelajar SMU berbagai sekolah berusia belasan tahun di kota itu ditangkap aparat Polres Kebumen karena terlibat peredaraan ganja.

pembatas
Kedu & DIY
Simpan Granat Tak Sanggup Mengambil

PURWOREJO - Di tengah keramaian berita tentang pengeboman, di Purworejo ada masalah serupa. Namun yang terjadi di kota penghasil durian itu bukan teror bom. Persoalan berpangkal dari kebingungan Sunarwan (60), warga Pulutan, Ngombol, soal senjata peledak miliknya.

pembatas Kedu & DIY
Kukesra Taman Agung Terbaik Nasional

BOROBUDUR- Pelaksanaan Kredit Usaha Keluarga Sejahtera (Kukesra) dan Tabungan Keluarga Sejahtera (Takesra) Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang termasuk yang terbaik nasional. Penilaian itu diutarakan Sintawati SP dari Centre for Economic and Sosial Studies (CESS), Senin (21/10).

pembatas
Kedu & DIY
Pagar Nusa Ikut Tangkal Terorisme

KEBUMEN - Dewan Pendekar Lembaga Pencak Silat Nahdlatul Ulama (LPSNU) Pagar Nusa Wilayah Jateng HM Suyuti Gazali alias Abah Suyuti mengemukakan, tuduhan Indonesia sebagai sarang teroris tidaklah benar. Cap tersebut sekadar ulah orang luar negeri untuk memojokkan umat Islam.

pembatas Kedu & DIY
Hotel di Sekitar Candi Borobudur Sepi

BOROBUDUR- Kendati kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur pascapeledakan bom di Kuta Bali relatif stabil, tamu yang bermalam di berbagai hotel di seputar candi tersebut turun drastis. Apalagi setelah Badan Intelijen Negara (BIN) memberi sinyal cukup kuat adanya rencana peledakan Candi Borobudur dan sejumlah tempat hiburan ternama di kota-kota besar di Indonesia.

pembatas
Kedu & DIY
Penganiaya Deny Divonis 10-12 Tahun

BOROBUDUR- Puluhan warga Desa Gunungpring, Selasa (22/10) menggeruduk Kantor Pengadilan Negeri Kabupaten Magelang. Mereka mendesak majelis hakim agar menghukum setimpal 10 warga Kalangan yang menganiaya Deny hingga meninggal. Sejumlah poster ditempelkan pada beberapa pohon di halaman dan tiang teras Kantor Pengadilan.

pembatas Kedu & DIY
Kekurangan Air, Mandi Satu Kali Sehari

PURWOREJO- Kemarau panjang kali ini cukup merepotkan warga di beberapa desa wilayah Purworejo. Tidak sedikit yang harus rela mandi satu kali sehari akibat jauhnya lokasi sumber air. Seperti dialami sebagian warga Tlogokotes, Bagelen, rata-rata mereka hanya mandi satu kali.

pembatas
Kedu & DIY
Pengalaman Hj Tienuk
Merias Pengantin Guruh-Sabina Guseynova

PERNIKAHAN akbar Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra dengan Sabina Guseynova, sudah berlalu. Kini yang membekas hanyalah kenangan, baik bagi pasangan pengantin maupun tamu undangan. Dari segudang kenangan yang tidak mudah dilupakan itu,

pembatas Banyumas
Mogok Bus Cilacap-Pangandaran Berlanjut
  • Keberatan terhadap PO Cahaya Limex

CILACAP- Aksi mogok puluhan awak bus jurusan Cilacap-Pangandaran sampai Selasa (22/10) masih terus berlanjut. Mereka sama sekali tidak mau mengoperasionalkan kendaraannya.

pembatas
Banyumas
Getuk Goreng Terbesar

PURWOKERTO - Getuk goreng Sokaraja, Banyumas sudah terkenal. Namun nama getuk itu belum tercatat oleh Muri (Musium Rekor Indonesia). ''Kami akan mencatatkan getuk goreng dalam Muri,'' kata Restyarto Efiawan SE MM, pengusaha asal Purwokerto, belum lama ini.

pembatas Banyumas
Tak Ada Tandon
Penyaluran Air Bersih Terhambat

BANYUMAS- Proses penyaluran bantuan air bersih di Banyumas banyak ditemui persoalan di lapangan. Dari pantauan Suara Merdeka Selasa (22/10) di beberapa titik kekurangan air, terungkap persoalan utama adalah terbatas tandon air di lokasi kekeringan.

pembatas
Banyumas
3.500 Batang Jati Terbakar

MAJENANG- Hutan jati milik PT Perhutani Banyumas Barat Wilayah Cimanggu Cilacap, sejak Minggu siang terbakar. Kebakaran terjadi pukul 14.30 pada petak 30C-31B di lahan seluas 30 ha sebelah utara Desa Cibalung Cimanggu. Dari catatan Resor Pemankuan Hutan (RPH) Cimanggu, pohon yang terbakar mencapai 3.500 batang.

pembatas Banyumas
Insentif Guru TK/SD Diterima Tidak Utuh

BANJARNEGARA - Para guru TK/SD se kecamatan kota yang diperbantukan di sekolah swasta mengeluh. Uang insentif yang seharusnya menjadi hak mereka, lagi-lagi terkena pemotongan dan tak diterimakan utuh. Beberapa guru TK/SD kemarin mengungkapkan, akhir September lalu mereka dikumpulkan di kantor Cabang Dinas Kecataman Kota Jl Mayjen Panjaitan.

pembatas
Banyumas
Sungai Gintung Tercemar Limbah Pabrik Aci

PURBALINGGA- Warga Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang yang biasanya memanfaatkan air Sungai Gintung untuk keperluan mandi dan mencuci, sekara1ng tidak bisa lagi melakukannya. Air sungai itu tercemar limbah yang diduga dari pabrik aci di Desa Punggelan, Banjarnegara. ''Warga terpaksa mencari sumber-sumber air di hutan dengan berjalan kaki yang jaraknya sampai delapan kilometer,''


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional
Budaya | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA