logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Senin, 21 Oktober 2002 
Line

  • Seputar Tugumuda

Pendaftaran Anggota Garuda Jaya

PENDAFTARAN anggota baru Garuda Jaya kelas reguler dibuka kembali hingga 1 November di sekretariat Jalan Wijaya Kusuma 33 telepon 8317366, Jalan Watu Gunung I/84 telepon 7611018, dan Jalan Asri II/15-16 Banyumanik (Eddy Soebagio). Pengobatan alternatif tenaga dalam untuk segala macam penyakit dibuka setiap Senin pukul 17.00 hingga selesai di Jalan Wijaya Kusuma 33 dengan biaya sukarela.(C22-45j)

Andi Mallarangeng di Unissula

PENGAMAT politik Dr Andi Alifian Mallarangeng bersama tokoh KP2KKN H Mahfudz Ali SH MSi tampil dalam Seminar ''Tinjauan Kritis Penegakan Hukum Pemerintahan Megawati'' di Ruang Magister Lantai II, Fakultas Hukum Unissula, Jalan Raya Kaligawe Km 4, Selasa (22/10) mulai pukul 08.30. Dekan Gunarto SH MHum mengemukakan, pihaknya melihat penegakan hukum semakin amburadul sehingga merasa perlu memberi paparan wacana lewat seminar.(C10-13j)

Lomba Keren Bergaya Busana Muslim

SMART Organizer, bekerja sama dengan TK ABA 04 Semarang dan Pasaraya Sri Ratu Peterongan menyelenggarakan semarak ramadhan 1423 H dengan lomba keren bergaya busana muslim dan kasual pada 2/11 pukul 15.30. Menurut panitia Dyas Kusumaningrum,lomba di lantai V dan pendaftaran di lantai dasar pasaraya tersebut. Kategori peserta A usia 3-7 tahun, B 8-12 tahun. Keterangan 024-8312260 pswt 301 atau TK ABA Jl Wonodri Baru VI/18 telp 024-8311840. (A14-76)

Diskusi Nasional Otonomi PT

DISKUSI nasional ''Peningkatan Mutu Pendidikan dan Penelitian dalam Rangka Pelaksanaan Otonomi Perguruan Tinggi'' digelar hari ini di Martapura Ballroom Hotel Grand Candi. Pembicara antara lain Prof Dr Ir Satriyo Sumantri Brodjonegoro (Dirjen Dikti), Prof Dr Ir Sudjarwadi MSc (Wakil Rektor I UGM), dan Drs Wiratno MEc (Pembantu Rektor II Undip). Kegiatan itu akan dibuka Menteri Pendidikan Nasional Prof Drs HA Malik Fadjar MSc sekaligus sebagai pembicara kunci.(B6-45g)

Diskusi RUU Parpol dan Pemilu

LEMBAGA-Independen Kajian Hukum (LIKH) Jateng bersama Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) Nahdlatul Ulama (NU) Jateng Rabu 23/10 pukul 08.30-13.00 di Kawedhar Hall-Hotel Santika Jl A Yani Semarang mengadakan diskusi nasional tinjauan kritis terhadap RUU Parpol dan Pemilu. Direktur eksekutif LIKH Ali Purnomo SH dan Ketua LPBH NU Djarot Widjayato SH menjelaskan, sebagai nara sumber Mulyana W Kusumah SH (ketua KPU Pusat), Drs M Adnan MA (Ketua PW NU Jateng dan Slamet Sudjono SH MH (Dewan Pakar LIKH Jateng). Sebagai moderator Arief Hidayat SH MS (dosen FH Undip). Calon peserta bisa hubungi sekretariat panitia Jl Puspanjolo Tengah VI/6 telepon 024-7620116. (E1-76)

Musala Al Hidayah Diresmikan

MUSALA Al Hidayah di RT 1 RW 3 Jalan Kanguru Selatan Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari, belum lama ini diresmikan. Pembangunan tempat ibadah itu, kata pengurus Ny Aris, menelan biaya Rp 6.124.380. Dana itu sumbangan warga dan kaum muslimin/muslimat setempat. (C27-13g)

Lokakarya Shambala Reiki

REIKI Mahameru Cabang Semarang, 26 Oktober mendatang mengadakan lokakarya Shambala Multidimensional Healing (SMH) yang akan dipandu Grand Master Ir Yan Nurindra. Menurut Koordinator RA Ati Mardjuki RM, energi SMH adalah gabungan Shamballa, Mahatma dan Ascended Master dan terdiri atas 4 tingkatan inisiasi. Yang berminat bisa menghubungi Drs H Soemahar RM di 8502819, 8311769, 08161391953. (D6-76)

Pasar Murah di Undip

DHARMA Wanita Persatuan Undip 4 November akan menggelar pasar murah. Koordinator Ny Hj Ali Mufiz menjelaskan, acara dalam rangka Dies Natalis Undip di Gedung Serba Guna Tembalang mulai pukul 08.00-16.00. Pendaftaran kepada Nu Ali Mufiz (telp.6710620), Ny Soebowo (8316756) dan Ny Hj Djoko Untung (3544588). Berbagai produk akan dijual kepada masyarakat.(B13)

Diskusi Songsong Partai Alternatif

DISKUSI interaktif bertema ''Menyongsong Kehadiran Partai Alternatif di Era Otonomi Daerah'' akan digelar Selasa (22/10) besok di Hotel Santika Jl A Yani 189, dengan pembicara Dr Andi Alifian Mallarangeng. Diskusi akan dipandu oleh Endhy Indra Purnama SH. Karena terbatasnya tempat, peserta diminta reservasi dulu dengan Lala/Shopi di Hp 0818245344 atau 08122827780.(C22-45)

  • Jajah Desa Milang Kori

Jangan Saling Menyalahkan

GROBOGAN - Wakil Bupati Grobogan Bambang Pudjiono SH mengatakan, umat Islam khususnya warga NU dan beberapa badan otonomnya tidak perlu saling menyalahkan dengan sesama umat dalam kegiatan ormas, partai maupun lainnya. Sebab saling menyalahkan seperti itu hanya akan menimbulkan rasa permusuhan yang berkepanjangan. Padahal NU dan badan otonomnya maupun di luar itu adalah umat yang satu. Ia mengatakan hal itu ketika memberikan sambutan sebagai Ketua GP Ansor pada konferancab NU, Ansor, Fatayat dan Muslimat di MTs Miftahul Ulum Sugihmanik kemarin. (A23-76)

Kejuaraan Bridge 2002

KENDAL - Pengcab Gabungan Atlit Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) Kendal akan menggelar Kejuaraan Bridge 2002 di pendapa kabupaten, Minggu (20/10), sekitar pukul 08.00. Panitia membuka kesempatan bagi para peserta untuk mendaftar dengan batas waktu hingga satu jam sebelum pertandingan. Ketua panitia Endro Arintoko SH MM menuturkan acara ini untuk mempromosikan objek wisata air terjun Curug Sewu, Sukorejo, dan mengembangkan atlet bridge Jateng dan DIY. ''Lomba ini menjadi kegiatan tahunan di Kabupaten Kendal serta kalender Pengda Gabsi Jateng.'' Acara akan diikuti sejumlah klub bridge ternama di Jateng dan DIY. (ss-73g)

Motor Anggota Dewan Dicuri

DEMAK - Motor Honda Mega Pro H-780-BE milik Awal TS Budiharsono, anggota DPRD dari Komisi A, hilang dicuri di rumahnya, Senin (14/10) lalu. Kejadian itu dilaporka ke Polisi esok harinya. Selain motor, sebuah remote control,jaket, dan helm ikut dibawa kabur. Dia mengaku menderita kerugian sekitar Rp 15 juta. Wakil rakyat Fraksi Pembaharuan (FP) itu sudah kali ke dua kehilangan motor. Tahun 2001, ia motornya Honda Legenda juga dicuri orang. Saat itu kerugiannya Rp 9,5 juta. (G5-76)

  • Langgam Surakarta

Mengenang Peristiwa 22 Oktober

EKSPONEN Angkatan 66 Surakarta Selasa besok (22/10) menyelenggarakan sarasehan untuk mengenang peristiwa 22 Oktober 37 tahun lalu. Dalam peristiwa tiga minggu setelah meletus G30S itu banyak korban gugur. Acara diselenggarakan di kampus Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta Jalan Agus Salim Solo mulai pukul 20.00.(bt-42g)

Aksi Peduli Umat

YAYASAN Asy-Syifa bekerja sama dengan Pengda Wanita Islam Surakarta kemarin mengadakan pengobatan dan pembagian bahan pokok gratis kepada 200 anggota masyarakat Petoran. ''Kegiatan yang dilakukan di Masjid Al Ikhlas Rejosari RW 7 Jagalan, Jebres, Surakarta, itu diawali pengajian yang diisi Ustaz Isa,'' kata ketua panitia Dra Djamilah, kemarin. (G8-42g)

Pelatihan Karyawan Quality

HOTEL Quality Solo, 17 - 18 Oktober menggelar pelatihan untuk karyawan. Judul acara ''The Profesional Hotelier Training Program''. Hal yang dibahas antara lain keramahtamahan serta motivasi dan kualitas pelayanan dalam industri perhotelan.(bt-42g)

Bazar Bank Mandiri Solo

MEMPERINGATI HUT ke-4, Bank Mandiri Solo Sabtu dan Minggu kemarin mengadakan bazar murah. Acara di kantor cabang Jalan Slamet Riyadi itu berlangsung meriah. Panitai menyediakan panggung gembira. Di tempat itu kemarin juga diselenggarakan pentas seni. (bt-42g)

  • Ojo Lali

Lomba Prasetya Korpri

BOYOLALI - Pemkab Boyolali Sabtu lalu menyelenggarakan lomba pengucapan Panca Prasetya Korpri. Lomba yang berlangsung di Aula PGRI Jalan Duren itu merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT Ke-31 Korpri.

Juara I Sukmawatisowati dari Kecamatan Selo, juara II Muh Syawaludin dari Kecamatan Boyolali dan juara III Suwarno dari Kecamatan Sambi. Sedangkan juara harapan Gloria Mei Dwi Hastuti dari Kantor Informasi, Komunikasi dan Kehumasan (KIKK).(shj-14)

Budi Tewas Tercebur Sumur

WONOGIRI-Malang nian Budi Prasetyo (30), warga Lingkungan Joholor RT 03/RW IV Kelurahan Giriwono Kecamatan Wonogiri Kota.

Ketika bertugas membenahi pompa penyedot air sumur, mendadak dia mengalami kecelakaan terjatuh dan tercebur ke dalam sumur berkedalaman sekitar 15 meter. Peristiwa itu terjadi Sabtu lalu (19/10) pada pukul 16.30. Upaya pengambilan korban dilakukan oleh Tarmin yang turun dengan memakai tangga PLN. Selanjutnya jenazah korban dimakamkan Minggu kemarin.(P27-14)

Sosialisasi Penanaman Modal

WONOGIRI-Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Penanaman Modal (Diperindagkopdal) Wonogiri bekerja sama dengan Badan Penanaman Modal (BPM) Jateng, menggelar sosialisasi peraturan tentang penanaman modal. Kepala Diperindagkopdal Wonogiri, Drs Poerwanto MM mengatakan, sosialisasi ini diikuti 90 peserta.

Berasal dari kalangan pengusaha, wiraswasta, perbankan, institusi keuangan lain dan para relawan dari LSM. Ikut hadir memberikan sambutan Sekda Drs H Triwibowo mewakili Bupati Wonogiri, dan Kepala BPM Jateng yang diwakili Sriyanto SH.(P27-14)

Pembekalan Teknis Baperdes

SUKOHARJO- Menurut rencana, sebanyak 900 perangkat desa (perdes) dan Badan Pemeriksa Desa (Baperdes) se-Kabupaten Sukoharjo akan mengikuti pembekalan teknis pelaksanaan tugas lurah, pamong desa, dan anggota Baperdes. Kegiatan akan dilaksanakan mulai Senin (21/10) hingga Sabtu (2/11).

''Materi pembekalan antara lain tentang kepemimpinan, UU No 22/1999, administrasi keuangan, komunikasi massa, penyusunan peraturan desa, serta perda-perda penyelenggaraan pemerintahan desa,'' papar Kabag Pemerintahan, Drs Indra Surya.(G10-14)

  • Lintas Pantura

Sosialisasi P2KP di Batang

BATANG-Bertempat di pendapa Kabupaten Batang, baru-baru ini diadakan Sosialisasi Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) ke-2. Kegiatan dibuka Asisten III Drajat Himawan SSos mewakili Bupati.

Kabid Sosbud Bappeda H Subandi SH melaprokan kegiatan itu bertujuan menyamakan persepsi di antara multi pihak mengenai filosofi, misi, visi dan strategi P2KP serta tersinkronisasinya kegiatan di daerah dengan proyek yang lain.

Nara sumber Anggota DPRD Batang, Unnes, Forum Badan Konsultan Manajemen, dan LSM Yayasan Mutiara.

Ketua Tim Konsultan Manajemen Wil VI Jateng Drs Anton Lami Suhadi menyatakan sosiliasi di Batang itu merupakan yang kali pertama. P2KP akan dilaksanakan di 10 desa/kelurahan di Kecamatan Batang, Bandar, Bawang, Blado dan Wonotunggal. (ar-56)

Asmawi Ketua PAC PKB Bulakamba

BREBES - H Asmawi Isa terpilih menjadi Ketua PAC PKB Kecamatan Bulakamba masa bakti 2002-2007 dalam musyawarah anak cabang di Desa Tegalglagah, kemarin. Tokoh muda ini memperoleh dukungan mutlak, yakni 15 ranting dari 19 ranting sekecamatan. Dalam kepengurusan, Asmawi didampingi wakil Abdul Aziz dan Ahmad Syaikhu, sekretaris Isa Ansori dan wakil Masroah Syarif, serta bendahara H Haris Almuhasibi.

Musancab juga menelurkan pengurus Dewan Syuro. Ketua K Masduki Ali, Wakil K Munawar. Sekretaris Thoha Mufti, dan Bendahara Abdul Kholiq. Ketua terpilih Dewan Tanfidz berharap formasi kepengurusan ini dapat bekerja sama dengan baik untuk meraih kemenangan pada Pemilu 2004. (wh-56c)

KBIH Walisongo Bimbing Calon Haji

PEMALANG - Keluarga Besar Ikatan Haji (KBIH) Walisongo Ulujami, Pemalang selama 16 hari mengadakan bimbingan ibadah haji diikuti 66 peserta. Selain diberikan pelajaran teori juga diberikan pelajaran praktik. Manasik diadakan di halaman masjid dan lapangan Desa Rowosari serta masjid Desa Wiyorowetan.

Ketua KBIH Walisongo H Abdullah Hasyim berpesan kepada calon jemaah haji agar dalam menjalankan ibadah benar-benar menerapkan dan mendasarkan rasa ikhlas. Serta selalu menjaga kesehatan sedini mungkin. Sebab ibadah haji merupakan ibadah fisik.(sf-56)

  • Wara - Wara

Salat Istisqa di Alun-alun Kudus

KUDUS - Bertempat di Alun-alun Kota Kudus, Selasa siang besok, Pemkab bekerja sama dengan MUI dan Kantor Depag akan menggelar salat istisqa. Salat untuk meminta hujan setelah salat zuhur tersebut dilakukan karena hingga kini belum ada tanda-tanda musim hujan datang. Beberapa desa mengalami krisis air minum, begitu pula areal sawah beririgasi teknis, belum bisa ditanami karena tidak mendapat cukup pasokan air. Angin kemarau juga mempermudah timbulnya bencana kebakaran.(yit-78c)

Dirut Bakrie Life Majun Pudja

KUDUS - Dikrektur Bakrie Life Majun Pudja (bukan Mayor Pujo, seperti ditulis sebelumnya-Red), belum lama ini menandatangani naskah kerja sama asuransi jaminan dan perawatan kesehatan bagi 10.000 buruh Pura Group Kudus berikut anggota keluarganya. Pura diwakili Kepala Personalia dan Public Relations Officer Hasan Aoni Aziz US. (yit-78c)

Kerja Sama Pengelolaan Hutan

BLORA - Di Balai Desa Gedebeg, Kecamatan Ngawen, baru-baru ini ditandatangani perjanjian kerja sama pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM) antara LSM Wono Dadi Mulyo desa itu dan PT Perhutani KPH Blora. Kerja sama tersebut meliputi pengelolaan hutan yang berada di wilayah administrasi Desa Gedebeg seluas 171.8 ha. Hadir dalam kesempatan tersebut anggota Forum Komunikasi PHBM dan Muspika Ngawen.

Sebelumnya dilakukan kegiatan serupa di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngawen dengan areal hutan 385,7 ha. Dengan demikian, hingga kini ada dua desa model yang melakukan penandatanganan PHBM dari enam desa model di KPH Blora yang direncanakan. (ud-78c)

  • Lereng Merapi

Wisuda Diploma STMIK Bina Patria

MAGELANG- Kali pertama sejak didirikan 3,5 tahun lalu, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bina Patria Magelang mewisuda 67 lulusan program Diploma 3 dan Diploma 1 jurusan Manajemen Informatika. Ketua STMIK Bina Patria, Drs Sukris Sutiyatno MM menerangkan, lulusan terbaik Diploma 3 adalah Masyhar Alwi Effendi dengan indeks prestasi komulatif (IPK) 3,48, sedangkan Diploma 1 Atik Azis IPK 3,62.

Dia mengatakan, perguruan tinggi saat ini sama halnya dengan dunia usaha yang sarat persaingan. ''Supaya dapat dipercaya masyarakat, maka kualitas lulusannya harus dapat menembus pasar kerja,'' ujarnya. (P60-74)

Haul Syeh Kiai Imanadi

KEBUMEN - Panitia Haul Syeh Kiai Imanadi menurut rencana Senin pagi (22/10) mengadakan peringatan di makam Pesucen Desa Wonosari, Kebumen. Menurut Panitia Mohamad Sujangi, haul akan diikuti sekitar 500 kerabat se-Kebumen dan sekitarnya. Adapun menyertai kegiatan itu dilakukan semaan Alquran dan tahlil bersama serta pesta sederhana. Acara diikuti pengajian, diisi KH Ahmad Daerobi Khasbullah, pengasuh Pondok Pekeyongan yang juga masih wayah Kiai Imanadi. Syeh Kiai Imanadi adalah pengulu landraad pertama di Kebumen. Sujangi menambahkan, kondisi makam tersebut saat ini mengkhawatirkan karena tergerus sungai Kedungbener.(B3-74)

Bantuan PNU Berdasar SK DPP

KEBUMEN - Pemkab Kebumen melalui Bagian Humas Sabtu lalu menjelaskan, selama ini tidak pernah turut campur tangan dalam persoalan intern partai. Hal itu menanggapi keluhan Ketua DPC Partai Nahdlatul Ulama (PNU) Kebumen Habib Maarif (SM, 19/10).

Pencairan dana untuk PNU menurut keterangan Kabag Keuangan Pemkab Drs Hartoyo, dana Rp 2,5 juta dicairkan dan diterima Chubbadin A Harun selaku Sekretaris DPC atas sepengetahuan Wakil Ketua Partai Suparman Hadi. Pencairan itu didasarkan SK DPP PNU No 052/Kep/DPP PNU/V/2002. Sesuai SK No 212/Kep/DPP PNU/II/1999 yang diberlakukan kembali, Chubbadin maupun Suparman duduk dalam kepengurusan PNU.(B3-74)

UKDW Gelar Kongres Mahasiswa

YOGYAKARTA - Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, Senin-Rabu (21-23/10) di kampus setempat menggelar Kongres I Mahasiswa UKDW. ''Kongres bertujuan mencari bentuk kegiatan yang ideal, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat,'' kata Ketua Panitia Kongres I Mahasiswa UKDW Yogyakarta Wisnu Widiatmoko di Kampus Jalan Dr Sutomo Yogyakarta, kemarin.

Untuk mencari bentuk kegiatan yang ideal bagi mahasiswa maupun masyarakat, menghadirkan sejumlah nara sumber seperti Ketua Yayasan PTK Duta Wacana Nindyo Pramono, Rektor UKDW Dr Budyanto, Mantan Rektor UKDW Dr Djoko Sutapa, Dr Robert Setyo Dosen Theologi UKDW dan lainnya. (sgt-74)

  • Eling - Eling

Lomba Mengarang HUT Golkar

PURBALINGGA- Lomba mengarang untuk para pelajar SLTP dan SLTA digelar Partai Golkar dalam rangka memperingati HUT ke-36. ''Selain untuk memanfaatkan liburan Ramadan, kami berharap memperoleh masukan dari para pelajar, tentang pandangan mereka terhadap Partai Golkar,'' kata Ketua DPD II Partai Golkar Purbalingga, Drs H Soetarto Rachmat.

Panitia menyediakan uang pembinaan Rp 650.000 kepada juara I, II dan III. Selain lomba mengarang, panitia mengadakan bakti sosial, ziarah ke TMP dan acara syukuran kemarin.(P16-47)

Bupati Pamitan ke Majenang

MAJENANG-Bupati Cilacap H Harri Tabri Karta SH beserta jajaran perangkat pejabat daerah akan mengadakan acara kunjungan kerja ke wilayah eks Distrik Majenang Selasa (22/10) besok.

Kunjungan tersebut digunakan untuk acara perpisahan, setelah Bupati Cilacap yang baru terpilih Kamis lalu. Camat Majenang Kosasih SSos menjelaskan, acara perpisahan akan dihadiri seluruh jajaran Muspika, instansi pemerintah dan tokoh masyarakat. (yud-68)

Kemah Bakti SMUN I Bobotsari

PURBALINGGA- Selama tiga hari dikitnya 1.100 siswa, guru dan karyawan SMUN I Bobotsari mengadakan kemah bakti di Congot, Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon. Kegiatan itu dalam rangka Tengah Semester dan HUT Ke-20 sekolah itu. Dalam kesempatan itu diserahkan beras untuk 300 KK, pakaian pantas pakai, pengajian umum, panggung hiburan, dan pertandingan sepakbola melawan Karang Taruna setempat.

Kegiatan lainnya, membuat tempat wudhu di Masjid Desa Langkap, Kecamatan Kertanegara. ''Selain itu mendidik siswa untuk memiliki kepedulian sosial terhadap lingkungannya,'' kata Kepala SMU Drs Sucipto Harmono. (F10-68)

Donor Darah di Tambak

TAMBAK- Palang Merah Indonesia Cabang Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas, tanggal 23 Oktober 2002 akan mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan yang terbuka bagi siapapun yang ingin menyumbangkan darahnya itu akan diadakan di kantor Kecamatan Tambak.

Menurut Wakil Ketua PMI Cabang Tambak yang juga Sekretaris Camat Tambak, Subhan Ashadi, kegiatan tersebut dilaksanakan dalan rangka memperingati HUT Korpri. (ms-68)

  • Sekilas Ekonomi

Jogja Export Expo 2002 Dibuka

YOGYAKARTA-Sekitar 150 stan mengikuti ''Jogja Export Expo 2002'' yang berlangsung pada 18-22 Oktober 2002 di Jogya Expo Center (JEC) Jalan Janti, Yogyakarta.

Pameran kemarin dibuka oleh Wakil Gubernur Sri Paku Alam IX. Usai pembukaan rombongan pejabat berkeliling menyaksikan berbagai kerajinan yang dipamerkan di arena tersebut.

Peserta pameran datang dari berbagai provinsi. Lewat pameran itu untuk mendapat produk unggulan suatu daerah tidak perlu datang ke daerah bersangkutan. (sgt-53)

Forum Bisnis di Hotel Lor In

SOLO- Forum bisnis akan diselenggarakan pada Rabu (23/10) di Hotel Lor In Solo. Narasumber Adiastopo Joko Purnomo (Pemimpin Bank Indonesia Solo), Adib Adjiputra (Ketua REI Surakarta), dan Hadi Purnomo (Kepala Cabang Bank Danamon Solo).

Ketua Panitia Ahmad Indra Batubara mengemukakan, berbagai masalah dalam mencari peluang bisnis dan dukungan dana perbankan serta kebijakan moneter dibahas dalam kegiatan itu.(bt-53j)

Diklat Pengembangan Bisnis - Kewirausahaan

SEMARANG-Dalam upaya meningkatkan kemampuan manajemen dan kewirausahaan, Bank BRI Kanwil Semarang akan menggelar Diklat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan bagi nasabah dan mitra binaanya se-Kanwil BRI Semarang.

Menurut Kakanwil Semarang Wachju Prijatna, acara akan dilaksanakan 21 Oktober hingga 2 November 2002 di Hotel Pandanaran Semarang dengan pembicara selain dari BRI juga menampilkan tim Garuda 21 IPB Bogor. ''Hingga September 2002, mitra binaan wilayah Semarang mencapai 1.166 unit usaha dengan dana yang disalurkan sebesar Rp 3,09 miliar. Dana tersebut diambilkan dari hasil menyisihkan sebagian keuntungan perusahaan,'' jelasnya.

Selain bantuan berupa pinjaman untuk modal kerja, tambah dia, pihaknya juga memberikan bantuan berupa pendidikan dan pelatihan serta membantu pemasaran dengan mempromosikan hasil produk mitra dengan memberikan quarantie fund.(G2-69)

  • Lintas Arena

Evie Juara Anniswati Memorial II

JAKARTA-Juara nasional catur putri 2002, MNW Evie Lindiawati, akhirnya keluar sebagai juara Turnamen Catur Klasik Anniswati Memorial II setelah meraih angka kemenangan tertinggi 7,5 MP dari delapan babak pertandingan. Dalam babak VIII, Minggu sore di Wisma Catur F Sumanti Tanah Abang, Jakarta, pecatur anggota The Dream Team putri itu menaklukkan pecatur Jateng, MNW Sulung Wahyuningsih.

Penampilan pecatur klub STIK Tanjung Duren, Jakarta Barat, tersebut cukup mengesankan karena dari delapan kali penampilannya hanya sekali bermain remis melawan pecatur Jabar, MNW Lilis Herna, di babak II. Tujuh babak lainnya bisa dimenangi semuanya.

Pecatur cilik kelahiran Jakarta yang membela Sumsel, MPW Irene Kharisama, keluar sebagai runner-up dengan 6 MP setelah di babak terakhir menaklukkan pecatur Jateng, MNW Susianah. Keberhasilan murid SDN 03 Kebayoran Lama Selatan meraih 6 MP itu juga membuatnya merebut norma Master Nasional Wanita (MNW).(ant-22t)

Ahmad Jayadi Tumbang

JAKARTA-Pembalap kawakan, Ahmad Jayadi, Minggu harus puas berada di posisi kedua kelas underbone Kejurnas balap motor tahun ini yang berlangsung di Sirkuit Sentul, kemarin. Dia harus menyerah kepada teman satu klubnya di CMS Jakarta, Ade Taruna.

Ahmad Jayadi yang mengendari Honda Tena menyelesaikan delapan putaran dengan catatan waktu 14 menit 57,323 detik atau terpaut per seratus detik (14 menit 57,812 detik) dari Ade Taruna yang mengendarai Cagiva Stella.

Posisi ketiga ditempati Hendriansyah dari klub Suzuki Hendriansyah Rac Yogyakarta dengan catatan waktu 15 menit, 19,347 detik.(ant-22t)

  • Intermeso

Keceplosan Sebut Pemenang

LONDON - Wajah panitia Booker Prize yang bergengsi di Inggris untuk bidang kesusasteraan, merah padam, Kamis lalu. Pasalnya, mereka secara tak sengaja menyebut salah seorang kandidat sebagai pemenang. Pengumuman pada situs internet resmi penghargaan tersebut menyebutkan penulis Kanada, Yann Martel, memenangi penghargaan itu atas bukunya ''Life of Pi'', meski para juri baru akan bertemu Selasa nanti. Pemenang penghargaan itu baru akan secara resmi diumumkan Selasa pekan depan.

Bocoran itu mendorong para petaruh memasang untuk Martel dengan penerbit buku William Hill, sehingga pertaruhan mengenai hasil pengumuman penghargaan tersebut ditunda. Para panitia Booker Prize mengatakan, pengumuman itu merupakan kekeliruan tak disengaja dan menegaskan bahwa Martel belum tentu menjadi pemenang.

''Itu hanya kesalahan administratif,'' kata juru bicara penghargaan itu pada Reuters. ''Kami telah menulis enam siaran pers dan kemudian menyiarkan salah satu di antaranya ketika para juri membuat keputusan mereka.'' ''Salah satu siaran pers itu sedang dikirim pada sebuah situs internet yang sedang dibuat sebagai uji coba, tapi sayangnya secara tak disengaja siaran pers tersebut terkirim ke sebuah situs yang dapat dilihat publik.''

Tusuk Hidung Anjing, Ditahan

BERLIN - Seorang pria Jerman dimarahi karena menusuk hidung anjing peliharaannya, kata polisi, Kamis. Pria berusia 36 tahun itu berulang kali menendang dan memaki hewan yang mendeking itu sebelum meringkus kepala dan menusut hidung anjing tersebut, kata seorang juru bicara polisi di Kota Braunschweig, Jerman utara.

Polisi terpaksa menahan pria tersebut. ''Dia sangat meresahkan (ketentraman umum), sehingga mustahil untuk berunding dengannya,'' kata juru bicara tersebut. Anjing itu, yang merupakan keturunan Eskimo berbulu hitam-putih, ditempatkan di rumah penitipan hewan menunggu orang lain yang mau memeliharanya.

Untung Ada Telepon Genggam

MILAN - Seorang tamu di sebuah hotel di Milan punya alasan untuk berterima kasih karena meletakkan telepon genggamnya di kamar kecil, setelah dia terjatuh dengan tangan menyangkut di toilet selama hampir satu jam. Pria berusia 65 tahun itu tergelincir ketika dia melangkah keluar dari kamar mandi dan secara tak sengaja tangannya masuk ke saluran toilet ketika dia berusaha mencari pegangan ketika jatuh, kata seorang pekerja penyelamatan.

Dalam keadaan masih telanjang, dia diselamatkan oleh para petugas pemadam kebakaran lebih dari satu jam kemudian setelah dia menelepon nomor darurat dari teleponnya. Pemadam kebakaran harus mencopot toilet tersebut untuk membebaskan tangan lelaki itu. Dia kemudian dilarikan ke rumah sakit dengan iga patah dan lengan terluka.(rtr-ben-46)

Meja Kantong Udara untuk Tidur

BERLIN - Seorang insinyur Jerman merancang sebuah meja yang dapat diubah menjadi bantal raksasa dengan hanya menekan sebuah tombol. Meja itu dirancang untuk para pekerja yang perlu tidur sejenak.''Pada saat bekerja, saya sering kali mencoba untuk membaringkan badan dan tidur sejenak,'' kata Matthias Knigge yang ''meja kantong udara''-nya akan segera dipamerkan di sebuah galeri seni di Hamburg.

''Meja kantong udara itu dirancang untuk setiap orang yang bekerja keras di meja mereka dan membutuhkan tidur singkat,'' kata dia .

Sebuah prototipe meja tersebut, yang dibuat dari sejenis kenari, terlihat biasa saja. Keanehan meja itu baru terlihat ketika sebuah tombol kecil ditekan. Tombol itu mengaktifkan sebuah kipas yang memompa kantong udara berwarna oranye cerah, yang menggelembung melalui sebuah panel terbuka di meja tersebut.

Namun Knigge (32), yang berasal dari Kota Ottensen di Jerman utara, mengatakan dia berharap penemuannya tidak akan mendorong orang untuk bekerja dengan jam kerja yang lebih panjang. ''Tujuannya bukan untuk membuat orang tetap berada di meja mereka selama 24 jam sehari,'' kata dia. (rtr-ben-46)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Budaya
Wacana | Ragam | Ekonomi | Analisis | Fokus | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA