logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Sabtu, 7 September 2002 
Line

  • Sosok

Saling Pengertian

SM/dok

SEBAGAI artis yang tengah naik daun, nama Putri Patricia begitu populer. Kiprah di dunia akting ditunjang aktivitas di dunia iklan dan presenter membuat Putri punya masa depan cerah di jagat hiburan. Tetapi untuk urusan pacaran, Putri merupakan salah satu selebritas yang cukup tertutup. Setelah dirumorkan memiliki kedekatan khusus dengan Didi Riyadi, pasangan dalam sinetron Dewi Fortuna dan Tersanjung 6, akhirnya dia angkat bicara. Yakni, pacarnya bukan dari kalangan artis. Apa kesan dia berpacaran dengan cowok dari "dunia" berbeda?

"Yang penting kami saling pengertian. Dia bisa mengerti profesi aku, sedangkan aku juga mengerti tentang profesi dia," ujar dia. Meski pacar Putri bukan dari kalangan artis, melainkan pengusaha muda yang masih kuliah di sebuah universitas swasta di Jakarta, itu tak membuat mereka sulit membina hubungan cinta.

Tetapi hingga kini dara bernama lengkap Raden Putri Patricia Ayu Dewayani Widjaya Wardani ini belum mau membeberkan lebih jauh tentang pacarnya. "Untuk saat ini hanya seperti ini yang bisa aku berikan," kata Putri. Dia menuturkan sang pacar memang tak mau terlalu dipublikasikan. Dengan alasan menghormati hak dia, Putri juga tak mau bertutur panjang lebar. (60g)

  • Aneka Warta

Tablig Akbar pada Milad PBB

SEMARANG-Puncak peringatan milad (HUT) ke-4 Partai Bulan Bintang (PBB) tingkat Jawa Tengah akan diselenggarakan di Temanggung, 21 dan 22 September. Acara utama adalah tablig akbar yang akan dihadiri Ketua Umum DPP Prof Dr Yusril Ihza Mahendra dan anggota DPR dari PBB Ahmad Sumargono.

Kepala Humas DPW PBB Jateng Yudhi Kurniawan Noorhidayat SE menjelaskan, kegiatan lain adalah temu para tokoh Masyumi se-Jateng, liga Bulan Bintang yang merupakan final dari penyisihan di setiap wilayah. Yakni, Jateng, Jatim, Jabar, dan DKI Jakarta.

Pada hari ini dan Minggu besok diadakan pertemuan para anggota DPRD/DPR RI dari kader PBB se-Jawa dan Bali. "Dalam pertemuan ini akan disampaikan pengarahan dan pembekalan ke para kader yang duduk di legislatif. Dengan tujuan, menyamakan visi tentang kebijakan partai." Dia menyatakan selain sebagai wakil rakyat, anggota legislatif juga aparat partai. Karena itu dalam menjalankan tugas sehari-hari mereka harus melaksanakan kebijakan partai. (C2-60g)

Hari Ini Pelatihan Syuriah NU

SEMARANG- Lima puluh orang pengurus NU se-Jateng hari ini mengikuti pelatihan kader syuriyah di kantor PWNU Jalan Dr Cipto 180 Semarang. Pembicara Wakil Katib Aam PBNU H Farid Masdar Mas'udi, Rais Syuriyah PWNU KHMC Amin Sholeh, dan Ketua NU Drs H Mohammad Adnan MA.

Adnan menyatakan pelatihan yang baru kali pertama diadakan itu untuk menyiapkan para kader syuriyah sejak awal. "Selama ini yang bisa duduk di lembaga syuriyah hanya kiai-kiai atau gus (putra kiai). Mudah-mudahan dengan terobosan ini lembaga syuriyah kelak lebih terbuka dan tidak lagi kesulitan mencari orang untuk duduk dalam posisi itu."

Dia mengakui berbagai tingkatan pengurus NU kesulitan ketika mencari figur yang didudukkan dalam jajaran syuriyah. "Kalau untuk tanfidziyah selama ini tidak ada masalah," kata dia.(B13-60g)

  • Seputar Tugumuda

Donor Darah SMU Negeri 3

OSIS dan Palang Merah Remaja (PMR) SMU Negeri 3 Jalan Pemuda 149 belum lama ini mengadakan donor darah bekerja sama dengan UTD PMI Kota Semarang. Kepala Sekolah Drs Sardju Maheri mengatakan, aksi sosial dalam rangka merayakan HUT Ke-57 RI dan HUT Ke-125 sekolah itu menghasilkan 62 kantong darah. (C27-13)

Gelombang Akhir Pendaftaran LP3I

LEMBAGA Pendidikan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Cabang Semarang masih membuka pendaftaran gelombang terakhir hingga 13 September. Koordinator Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Sis Raharjo mengemukakan, tes masuk akan diselenggarakan pada 7 dan 14 September. Informasi dan pendaftaran hubungi (024) 7479665.(C22-45j)

Pendaftaran Terakhir STIMIK-AKI

PENDAFTARAN mahasiswa baru gelombang terakhir STIMIK-AKI, STIBA-AKI, STIE-AKI, dan APIKES-Aki masih dibuka hingga 14 September. Pendaftaran Senin-Jumat pukul 08.00-18.00 dan Sabtu 08.00-12.00 di Jalan Pemuda 49-51 Semarang. Tes diadakan setiap Sabtu.(G6-76j)

Apel Hari Olahraga di Gubernuran

APEL Hari Olahraga Nasional XIX 2002 tingkat Jateng akan diadakan Minggu (8/9) besok di halaman Gubernuran Jalan Pahlawan. Sekda Mardjijono, kemarin, menuturkan acara yang dimulai pukul 06.30 itu akan diisi penyerahan piagam penghargaan olahraga, SKJ massal, poco-poco, senam kreasi spesifik Jateng, demo wushu dan barongsai, serta hiburan solo organ. (A18-45g)

Goyang Dangdut di RRI Semarang

RRI Semarang memperingati Hari Radio ke-57 menggelar panggung dangdut ''Goyang OBH Combi'', pada Sabtu (7/9), pukul 20.00 di halaman RRI Jl A Yani. Hiburan gratis untuk umum ini menampilkan OM Arista Demak dan penyanyi Wonder. (D2-73)

Lomba Balita Sehat RS Roemani

RS Roemani dalam rangka Milad ke-27 mengadakan lomba balita sehat untuk umum bekerja sama dengan PT Sari Husada. Lomba berhadiah trofi dan tabanas ini digelar Minggu (22/9), pukul 08.00. Pendaftaran ditutup Jumat (20/9) di BKIA RS Roemani Jl Wonodri No 22, telepon 8444623 psw 39. (D2-73))

Jalan Santai AMNI 8 September

JALAN santai bersama Wali Kota H Sukawi Sutarip dalam rangka Dies Natalis Ke-39 AMNI bukan tanggal 10, melainkan 8 September. Pendaftaran gratis di kampus Jl Soekarno-Hatta 180. Humas Drs Untung Budiarso menjelaskan, wisuda periode II pada 21 September dengan irup Gubernur H Mardiyanto. (D6-45k)

Outbound Training Codass

PERUSAHAAN dengan core business pengembangan SDM yang menggunakan pendekatan outbound trainning Codass Indonesia telepon 024-7477948 atau 0818521500 mengadakan public training di Hotel Catalina Kopeng, 20-22 September. Program bertema beyond the limit itu didesain khusus untuk pelaku bisnis dalam membentuk karakter dan kultur sesuai dengan visi dan misi perusahaan.(ss-45k)

Konferensi Nasional Persadia

PERSATUAN Diabetes Indonesia (Persadia) menggelar konferensi nasional pada 19-20 Oktober di Hotel Patra Jasa. Biaya pendaftaran untuk diabetesi Rp 200.000, dan pendamping Rp 100.000. Keterangan melalui Endang/ Dayu di Lab Klinik Prodia Jl MT Haryono 882 telepon 8444331. (G1-13)

Pendaftaran Cama Untag

UNTUK memberi kesempatan bagi lulusan SMU/SMK dan transfer jenjang pendidikan, Untag Semarang masih membuka pendaftaran sampai akhir September 2002. Ka Humas Drs H Achmad Sediadi MPd menyatakan, pendaftaran dilayani di Kampus Seteran Dalam 9, Jl Pemuda 70, dan Pawiyatan Luhur Bendan Duhur.(C24-56)

Pertemuan KSM Langgengsari

KELOMPOK Swadaya Masyarakat (KSM) Langgengsari mengundang seluruh anggota untuk hadir pada pertemuan rutin bulanan, sekaligus peresmian balai pertemuan. Acara Minggu (8/9) pukul 15.00 di Desa Nongkosawit, sebelah SLTP/ SMU Semesta Gunungpati, Semarang. (F2-13)

Lomba Foto Flora dan Fauna

JAVA Supermall dan Semarang Photo Club pada Minggu (8/9) menyelenggarakan lomba foto flora dan fauna mulai pukul 11.00 di Atrium Java Supermall. Pendaftaran Rp 30.000, mendapat 1 rol film. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi telepon 8410008. (G2-13k)

Pendaftaran Sepeda Antimadat

PENDAFTARAN sepeda santai antimadat yang dilaksanakan oleh Wartawan Unit dan Poltabes diundur sampai Sabtu (7/9). Menurut Ketua Panitia Nugroho Dwiadhiseno, pengunduran waktu tersebut karena jumlah calon peserta terus bertambah. (D7-13)

  • Jajah Desa Milang Kori

Ayung Praktik Terapi Kejantanan

SALATIGA- Ustadz Ayung Surya dari Caringin, Cisolok, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, sejak dua hari lalu membuka praktik terapi kejantanan di Hotel Surya Indah Jalan P Diponegoro, telepon 0298-323008/9. Terapi meliputi penyembuhan disfungsi ereksi hingga menambah daya kejantanan. Metode terapi gabungan antara racikan ramuan, pemijatan, dan doa. "Faktor doalah yang menjadi kunci keberhasilan terapi kami," kata Ayung melalui keterangan tertulis, Jumat (6/9). (A2-73g)

Musim Kering Gagal Panen

GROBOGAN-Petani Desa Kropak, Kecamatan Wirosari, Grobogan mengeluh karena panen jagung mereka tak seimbang dengan modal. Bahkan tak sedikit yang gagal panen akibat musim kering berkepanjangan. Mereka terpaksa menjual tanaman berupa tebon. Marsahid, petani desa itu, mengaku terpaksa membiarkan sawahnya tak ditanami. Sebab, setiap 5 cm tanah merekah cukup lebar dan dalam. Bahkan dipacul saja susah, sehingga dibiarkan bera atau tidak ditanami. (A23-76g)

Poco-Poco Massal di Alun-alun

DEMAK-Dalam rangka hari olah raga nasional (Haornas), Pemkab Demak akan menggelar senam poco-poco massal di alun-alun depan Masjid Agung Demak, Senin (9/9). Menurut staf bagian Infokom, Rudyanto, acara itu akan diikuti sejumlah komponen masyarakat dan karyawan sejumlah instansi di Demak. (G5-76)

Perebutkan Trofi Ali Fozasa

AMBARAWA- Tiga puluh empat klub voli se-Kabupaten Semarang, Minggu (8/9) akan memperebutkan trofi Ali Fozasa. Pertandingan di lapangan Desa Jombor tersebut akan dibuka Bupati H Bambang Guritno. Ketua panitia Nasikun mengutarakan, pertandingan tersebut juga akan memperebutkan hadiah total Rp 1,5 juta. Kegiatan itu berkaitan dengan HUT Ke-4 Partai Amanat Nasional (PAN) Dokter H Anis S menekankan, banyak remaja berbakat memerlukan pembinaan.(C17-76j)

  • Langgam Surakarta

Festival Drum Band SD di THR

FESTIVAL drum band antar-SD se-wilayah Surakarta akan berlangsung di THR Sriwedari Solo pada Sabtu dan Minggu (7-8/8) ini. Lomba yang setiap hari dimulai pada pukul 08.00 itu memperebutkan trofi Wali Kota dan Kadikpora. Ada beberapa kriteria penilaian bidang juara, misalnya mayoret terbaik, juara umum, dan penampilan grup terbaik. Menurut Anik DS, panitia penyelenggara, kini sudah sekitar 50 peserta mendaftar.(won-42e)

Musala Suhadi Diresmikan

MUSALA Suhadi Hardjosutarno di lingkungan Kelompok Bermain/Taman Kanak-kanak (KB/TK) Surya Mentari diresmikan penggunaannya, kemarin. Peresmian bangunan senilai Rp 83 juta lebih di atas lahan m2 itu dilakukan Ketua Majelis Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat (MKKM) PD Muhammadiyah Surakarta Drs H Abdul Rozaq Rais. Acara dimeriahkan paduan suara, pembacaan kitab suci AlQuran, dan fashion show siswa KB/TK Surya Mentari.(ae-42e)

Ruwatan Massal di RRI

DALAM rangka Hari Radio Ke-57, RRI Surakarta akan menggelar ruwatan massal pada Senin lusa (9/9) di Auditorium RRI. Ruwatan yang dimulai pada pukul 11.00 dipimpin dalang kondang Ki H Manteb Soedharsono.(ae-42e)

  • Ojo Lali

Lomba Tim Ketahanan Pangan

SUKOHARJO- Tim Lomba Ketahanan Pangan tingkat Jawa Tengah, kemarin menilai Bupati Sukoharjo, Bambang Riyanto SH. Tim dipimpin Ir Tarwoko dan melibatkan Badan Binmas dan Ketahanan Pangan serta Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah. ''Sukoharjo maju ke tingkat provinsi karena dinilai berhasil dalam meningkatkan ketahanan pangan yang didukung lahan sawah yang luas,'' kata Kepala Kantor HIK, Drs DT Siswadi.(G10-14)

Bantuan Mesin Pengering Gabah

SUKOHARJO- Pemkab Sukoharjo mendapat bantuan mesin pengering gabah bantaun Instruksi Gubernur Jateng. Menurut Kepala Kantor HIK Pemkab Sukoharjo, Drs DT Siswadi, mesin tersebut mempunyai kapasitas 10 ton dengan waktu pengeringan selama 10 jam.(G10-14)

13 Pelacur Ditangkap

KLATEN - Tim operasi penyakit masyarakat Polres Klaten yang dipimpin Kasat Bimmas, Iptu Endang Srihastuti menjaring 13 pelacur, Kamis (5/9) lalu sore. Mereka tertangkap ketika menanti lelaki hidung belang. Operasi digelar di tiga tempat, yakni ''Gang Pesing'' di utara Pasar Klaten, di daerah Pakis Delanggu, dan di sekitar terminal Penggung, Kecamatan Ceper. Para wanita itu dibawa ke Mapolres untuk diperiksa.(F5-14e)

Kelompok Tani Dinilai

BOYOLALI - Kelompok Tani Lestari Desa Penggung, Kecamatan Boyolali, Rabu lalu dinilai tim nasional yang dipimpin Ir Siwi Purwanto. Kelompok tani tersebut mewakili Boyolali dalam lomba intensifikasi agrobisnis tanaman pangan atau jagung tingkat nasional. Sebelum menilai, tim diterima Bupati Boyolali di aula pendapa kabupaten. Menurut Ketua Kelompok Tani Lestari, Wijianto, jagung dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain sumber daya manusia. (shj-14e)

BPAH Akan Bangun RS

BOYOLALI - Badan Pengelola Asrama Haji (BPAH) Dohohudan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali berencana mendirikan rumah sakit (RS) Donohudan Al-Mabrur. Rumah sakit tersebut berada di sekitar masjid asrama haji. Sekretaris Yayasan Donohudan Al-Mabrur Warsidi SAg mengatakan, rumah sakit yang akan dibangun untuk kepentingan masyarakat umum dan anggota jamaah haji. Sebelum dibangun akan didirikan poliklinik.(shj-14e)

Gelar Lomba Penyiar

WONOGIRI - Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Wonogiri, Minggu (8/9), akan menggelar lomba penyiar dalam tiga bahasa, yakni bahasa Jawa, Indonesia, dan Inggris. ''Lomba penyiar ini terbuka untuk para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Ini dalam rangka peringatan HUT Ke-32 RSPD Wonogiri,'' kata Kasen, mewakili panitia. Kecuali lomba penyiar, juga diadakan lomba menyanyi karaoke, melukis, jalan sehat, parade band pelajar dan lomba tumpeng. ''Khusus lomba tumpeng, dapat diikuti oleh para anggota monitor RSPD yang bergabung dalam Paguyuban Ngudi Rukun,'' ujarnya. Para juara akan diberi trofi, piagam, dan uang pembinaan. (P27-14e)

  • Lintas Pantura

Vaksin Polio untuk Balita

BREBES- Untuk menghindari keterjangkitan polio di kalangan anak bawah lima tahun (balita), Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Brebes, pada 12 September nanti menyelenggarakan vaksinasi polio serentak kepada 172.000 balita. Kegiatan itu akan diselenggarakan di Kelurahan Limbangan Wetan, Kecamatan Brebes. Kepala DKK dr H Laode Budiono MPH mengutarakan, gerakan imunisasi itu untuk menyelamatkan 1,7 juta jiwa warga Brebes.(wh-17j)

Donor Darah di Unikal

PEKALONGAN- Search and Rescue (SAR) Universitas Pekalongan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) akan mengadakan kegiatan ''Peduli Donor Darah 2002'' yang akan diikuti segenap sivitas akademika Unikal dan umum. Ketua Panitia Imron Rosyadi dan Sekretaris M Rikza Prayoga mengemukakan, kegiatan itu di Fakultas Pertanian Unikal, Sabtu 7 September, mulai pukul 08.00. Kepada segenap sivitas akademika Unikal dan umum dimohon bersedia menyumbangkan darahnya untuk kepentingan kemanusiaan.(A15-17j)

Pencuri Masuk Ponpes, Dihajar

PEKALONGAN - Heri Wijayanto (27), warga Desa Karangdowo Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal, kemarin pagi dihajar massa karena masuk ke pondok pesantren (ponpes) di Jenggot Kota Pekalongan dan mengambil barang. Lelaki itu luka berat dan ditahan di Mapolres Pekalongan. Menurut Wakapolres Pekalongan Kompol Drs Iswandi Hari SH MSi, dia masuk ke ponpes pukul 04.30, lalu mengambil sarung dan dompet milik Mujiono (22), seorang santri. Namun sial, aksinya ketahuan, sehingga dia dihajar para santri hingga babak belur. (A15-17k)

Kunjungan DPRD Indramayu

BATANG - Lima belas anggota DPRD Indramayu melakukan kunjungan kerja di Batang. Selain dari Dewan, ikut juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabag Humas, Organisasi dan Hukum. Ketua rombongan yang juga Wakil Ketua DPRD KH Ahmad Fudholi mengatakan, kedatangan mereka untuk banding Panitia Khusus dalam rangka pembahasan raperda penetapan dan pembentukan lembaga perangkat daerah. Mereka diterima Wakil Bupati Drs Achfa Mahfudz didampingi Ketua DPRD HM Azies, Wakil Ketua H Solichin Am di pendapa kabupaten. (ar-17k)

Sonhaji, Kades Gringgingsari

BATANG - Bertempat di Balai Desa Gringgingsari Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang, belum lama ini diadakan pemilihan kepala desa (pilkades) yang diikuti dua calon, yakni H Sonhaji dengan gambar padi dan Naseh (ketela). Dari tiga dukuh di desa itu, tercatat 1.030 warga yang mempunyai hak pilih. Namun, pada saat pelaksanaan yang hadir hanya 833 orang. Setelah dihitung, H Sonhaji memperoleh 420 suara, Naseh (342), rusak 44, abstain (45). Hadir menyaksikan, Kasubag Pemdes Bagian Pemerintahan Hadi Susianto, Sekcam Wonotunggal Sujiman SH, Kapolsek Ipda Kasmudi, dan Danramil Serma Anantagama. (ar-17k)

  • Wara - Wara

AS Hikam Harlah PKB di Kudus

KUDUS- Mantan Menristek AS Hikam menurut rencana tampil di depan publik di GOR Wergu Wetan, Kudus, Senin (9/9) malam sekitar pukul 20.00. Ketua DPP PKB tersebut akan menyampaikan pidato politik sehubungan peringatan hari lahir ke-4 partai itu. Sedangkan mengenai Sekjen PKB Syaifullah Yusuf, kata Ketua DPC PKB DRs M Asyrofi Masytho, masih menunggu konfirmasi. (yit-74)

Sarasehan Perawatan Rumah Adat Kudus

KUDUS- Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan menyelenggarakan sarasehan dengan tema Pengembangan Peran Serta Masyarakat dalam Perawatan Rumah Adat Kudus secara Tradisional, 10-13 September. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dijadwalkan hadir dalam acara yang diadakan di Pendapa Kabupaten dan Taqim Art Studio, Colo, Gunung Muria. Pembicara antara lain Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia Ir Budi A Sukada dan Deputy Bidang Sejarah dan Budaya Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Dr Anhar Gonggong. (yit-74)

Pelatihan Guru Matematika dan IPA

KUDUS- Sebanyak 40 guru SD pengampu matematika se-Kabupaten Kudus mengikuti pendidikan dan pelatihan fungsional mulai 2-14 September. Pelatihan yang diadakan di Balai Diklat Sonya Warih, Desa Menawan, Kecamatan Gebog itu dibuka Bupati HM Amin Munadjat SIP MSi. Sebelumnya di tempat sama, selama 12 hari, 40 orang guru SD pengampu IPA juga mengikuti pendidikan. (yit-74)

Ngobrol Sambil Menikmati Makanan

REMBANG- Setiap malam Alun-alun Kota Rembang berubah menjadi pusat berdagangan. Pengunjung yang datang cukup banyak, terutama pada malam hari libur. Meski situasinya ramai, tempat itu cukup nyaman dijadikan ajang pertemuan. Sebab tak sedikit pedagang makanan lesehan yang menyediakan tempat untuk makan dan ngobrol.(jl-74)

Tangkapan Nelayan Tradisional Laip

REMBANG- Laip. Itulah kata-kata yang belakangan ini sering diucapkan para nelayan tradisional di wilayah Rembang. Menurut mereka, laip artinya sepi atau tidak ada hasil. Nah, itulah yang terjadi akhir-akhir ini. Laut sepertinya tak mau diajak bersahabat, semua ikan menghilang sehingga hasil tangkapan mereka sepi, alias laip.(jl-74)

Kesepakatan Pengelolaan Hutan

REMBANG- PT Perhutani KPH Kebonharjo kemarin mengadakan kegiatan pelatihan petani pesanggem dan sosialisasi pengembangan agribisnis terpadu dengan sistem pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM). Kegiatan itu berlangsung di bekas tempat pelelangan kayu (TPK) Banyu Urip, ikut wilayah Blora.

Adm KKP Kebonharjo Ir Rizal Bukhari Msc menjelaskan, tujuan kegiatan untuk mengajak masyarakat sekitar hutan guna membangun dan melestarikan hutan. Seusai pembukaan dilakukan penandatanganan nota kesepakatan kerja sama antara Pemkab Blora (Dinas Pertanian) dengan PT Perhutani KPH Kebonharjo.(jl-74)

  • Lereng Merapi

Pansus II ke Jakarta

PURWOREJO - Pansus II DPRD Purworejo yang menangani pengelolaan penambangan pasir besi oleh PT Aneka Tambang, Kamis kemarin berangkat ke Jakarta. Tujuannya, untuk menelusuri kekurangan dana royalty pasir besi.

Sebab data yang ada di Departemen Geologi dan Sumber Daya Mineral beda dengan data milik Pemkab. Terdapat selisih sekitar Rp 300 juta yang semestinya menjadi hak Pemkab Purworejo. (yon-56)

Tunas Jaya Pameran Sepeda Motor

MAGELANG - Persaingan dunia otomotif yang semakin ketat membuat PT Armada Tunas Jaya, dealer sepeda motor Honda di Kota Magelang, menyelenggarakan program jemput bola. Caranya menyelenggarakan dua pameran sekaligus selama September, yaitu di areal parkir Magelang Theatre serta di Jl Raya Secang.

"Ini untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat," kata A Riawan, marketing support perusahaan itu, Kamis kemarin. Selama pameran, dealer memberi subsidi Rp 500.000 untuk semua tipe supra series, dan hadiah lainnya seperti Daihatsu Ceria dan HP. (P60-56)

Dr Syahrir di Radio Polaris

MAGELANG - Pengamat ekonomi, Dr Syahrir, akan menyampaikan pendapatnya seputar masalah ekonomi, hukum dan politik negara kita, pada acara ''1 Jam Bersama Yefta'' di Radio Polaris FM hari ini (7/1) pukul 17.00-18.00.

Pimpinan Perhimpunan Indonesia Baru menilai ekonomi kita tetap suram, hukum kita loyo dan politik sarat konflik. Untuk mencari jalan mengatasinya dia minta masyarakat Magelang untuk urun rembug. Acara ini direlai Radio Yasika FM Yogyakarta. (P60-56)

Kelas Baru SLTP Persatuan

BOROBUDUR - Bupati Magelang Drs H Hasyim Afandi meresmikan delapan ruang kelas baru SLTP "Persatuan" Mertoyudan. Biaya pembangunan Rp 480 juta, separoh di antaranya bantuan pemerintah pusat.

"Masih 2 ruang kelas yang masih dalam proses pembangunan," kata Winarti SPd, Kepala SLTP itu, kemarin. Dalam acara itu, hadir Kepala Dinas Dikbud Drs Subagijo MPd. (pr-56)

RSI Dilengkapi Reiki

BOROBUDUR - Rumah Sakit Islam "Ibnu Shina" Kabupaten Magelang, kini dilengkapi dengan Reiki atau pengobatan alternatif menggunakan tenaga dalam yang dipadukan teknologi modern kedokteran. Hal itu diungkapkan Ketua Yayasan RSI, H Gatot Sugiharto BA, dalam peringatan hari jadi rumah sakit itu ke-4, beberapa hari lalu.

Direktur RSI dr H Djunaedi meminta masyarakat ikut memanfaatkan, agar rumah sakit itu bisa berkembang. Karena RSI didirikan atas infaq dari masyarakat. (pr-56)

  • Eling - Eling

Rotary Dukung PIN 2002

PURWOKERTO - Empat Rotary Club di Kota Purwokerto siap mendukung pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2002 pada 12 September dan 9 Oktober mendatang. Di antaranya, membantu sosialisasi dengan pemasangan spanduk jalan, poster di pos PIN. Asisten Governor VIII Suarti Djojosoeboroto menjelaskan, masing club mempunyai kewajiban memantau kegiatan PIN di 4 kecamatan di Kota Purwokerto. Yaitu, RC Purwokerto di Kecamatan Purwokerto Selatan dengan 72 pos, RC Satria di Purwokerto Barat, RC Hapsari di Purwokerto Timur dan RC Sudirman di Purwokerto Utara. (P52-68)

Bahrul, Juara Potret Model

PURWOKERTO - Lomba rally foto dan motret model 2002 yang digelar PT Modern Foto, distributor Fuji Film dan Sampurna Foto Purwokerto, kemarin diikuti ratusan foto dari 297 orang peserta. Ketua dewan juri Drs Henky Hamdani (Semarang) menetapkan para juara. Juara I rally, Tjahya Darsana (Magelang), II Getmy Imam Sarojo (Purwokerto), Fanny Octavianus (Purwokerto). Harapan I Alvein (Yogyakarta), II Aries Liem (Solo), III Putra Hadi Rumekso (Yogyakarta), IV Atok Suharto (Semarang), V Sugede SS (Solo). Juara I motret model Fuji Film, Bahrul Ulum (Kudus), II Kristupa Saragih (Solo), III Eka Susanto (Magelang). Harapan I Setiawan (Yogyakarta), II Sugede SS (Solo), III Putra Hadi Rumekso (Yogyakarta), IV Liem Djik Ie (Yogyakarta), V Fanny Octavianus (Purwokerto). Ketua panitia Drs Hananto Prasetyo SH mengatakan, mereka diundang dalam acara resepsi di Sampurna Foto. (in-68)

  • Sekilas Ekonomi

Target Pajak APBN Baru 60%

MALANG-Dirjen Pajak Hadi Poernomo mengatakan, target pemasukan pajak APBN Rp 184,7 triliun. Namun ternyata baru tercapai 60% atau Rp 110 triliun. Itu diperoleh dari PPH nonmigas Rp 55 triliun, PPH migas Rp 10,5 triliun, PPN Rp 39 triliun, PBB Rp 4,2 triliun, dan pendapatan lain-lain Rp 900 miliar.

Pajak yang tertunggak sekitar Rp 14 triliun. Setiap tahun penunggak dan nilai pajak meningkat. Para penunggak pajak tetap dicegah dan ditangkal. "Memang ada ketentuan bahwa penagihan bisa dipertegas dengan pencekalan atau penyanderaan. Namun harus diketahui juga perusahaan bisa rugi atau untung," tutur dia di Universitas Brawijaya, baru-baru ini. (jo-53g)

Diskon dan Pemeriksaan Gratis Nasmoco

SEMARANG-Sebagai upaya mendukung loyalitas konsumen terhadap Toyota, PT Nasmoco Jalan Pemuda 72 Semarang memberikan diskon 10% dalam setiap pembelian Toyota Genuine Motor Oil (TGMO) bensin dengan SJ 20W-50 dan diesel CF 40 kemasan 1 dan 4 l. Penggantian harus dilakukan di bengkel Nasmoco itu dan berlaku 2 September hingga 29 November 2002.

''Kami juga memberikan pemeriksaan gratis 24 item meliputi engine analisis, kondisi platina, van belt, kebocoran air radiator, kerja boster, kopling, power window, control lock, dan lain-lain,'' kata Yonas Yunanto, kepala bengkel. (G2-53g)

  • Lintas Arena

Minggu Besok, Sensasi Biru

YOGYAKARTA- Lomba jalan kreatif ''Sensasi Biru Indonesia'' Minggu (8/9) besok digelar serentak di 36 kota besar di Tanah Air. Lomba gerak jalan kreatif yang diselenggarakan PT Bentoel Prima tersebut memperebutkan piala dan uang tunai puluhan juta rupiah.

Dari 36 kota di seluruh Indonesia, Jateng dan DIY kebagian enam kota, yaitu Semarang, Magelang, Purwokerto, Tegal, Solo, dan Yogyakarta. Lomba gerak jalan unik yang digelar kali pertama di Indonesia itu bertujuan menciptakan suasana nyaman dan tenteram di setiap kota dan Indonesia.

''Berdasarkan tempat-tempat pendaftaran di enam kota, tampaknya lomba itu mendapat sambutan baik. Di Semarang saja sudah dua puluh regu lebih yang mendaftar. Di Yogyakarta, yang mendaftar sudah sekitar dua puluh lima grup,'' ungkap Gatot Bayu dari PT Bentoel Prima, Jumat kemarin.(sgt-22j)

Pencak Silat Piala Presiden

SEMARANG-UKM Perisai Diri Undip akan mengadakan Kejuraan Nasional Pencak Silat Antarperguruan Tinggi XIX memperebutkan Piala Presiden, 24-30 September, di GOR Jatidiri. Kegiatan yang diperkirakan diikuti 60 PTN/PTS se-Indonesia itu menurut rencana dibuka Ketua Umum PB IPSI Edi Nalapraya.

Humas panitia Leny S mengatakan, kejuaraan ini juga akan diikuti para pesilat dari Australia dan Inggris.''Kejuaraan ini sangat prestise sehingga dipastikan terjadi persaingan sengit. Tahun lalu juara umum kontingen Universitas Udayana Bali,'' ucap dia. Pendaftaran di sekretariat panitia Jalan Imam Bardjo 1 telepon 8448024 dan e-mail pd_smg@yahoo.com. (B18-22g)

  • Sepak Pojok

MU Keluarkan Aturan Baru

BANGKOK- Manchester United (MU) tak ingin satu pun pemain mereka memublikasikan buku menyusul autobiografi kontroversial Roy Keane Keane. "Kami harus memperjelas, tidak ingin pemain memublikasikan buku ketika mereka masih bermain untuk Manchester United," tandas David Gill, direktur klub Divisi Utama Liga Inggris itu, kemarin, setelah penandatanganan sebuah kesepakatan penjualan cendera mata dengan sebuah toserba di Thailand.(ant-59j)

Patikraja Kalahkan Purwojati

PURWOKERTO-Dengan mudah, salah satu tim favorit Patikraja mengalahkan Purwojati 3-0 (1-0), pada kompetisi sepakbola Porda II Banyumas di Stadion Satria, Purwokerto, kemarin. Gol-gol Patikraja dicetak Bagyo (30), Andre (46) dan Abidin (59). Sore nanti Ajibarang vs Purwokerto Selatan. (bd-77)

Armando Melaju ke Final

WONOSOBO- Armando Magelang melaju ke babak final turnamen sepakbola Piala Bupati, setelah menundukkan tuan rumah Gelora Kertek 3-2 (1-1), di Alun-alun Wonosobo, kemarin. Pada babak final yang dilangsungkan Minggu (8/9), Armando akan berhadapan dengan Persid Dieng. (P55-77)

  • Kronik

Menikmati Bee Gees Bersama Bud 'N Friends

MENYUSUL sukses penampilan grup The Second Band yang mengusung nomor-nomor Queen bulan lalu, The Columns Music Lounge Vina House Jl Diponegoro 29 dan ST Dupont akan menggelar ''Bee Gees Nite with Bud 'N Friends'', malam ini (7/9) pukul 22.00. Acara akan diawali repertoar blues bersama Mr Tanimoto dan Iskandar dari Jakarta.

Dengan lokasi strategis di kawasan Candi Baru dan jaminan privasi pengunjung yang sangat dijaga, acara itu diharapkan mendapat sambutan hangat. Sebab, lounge tersebut memang diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas yang mencari tempat bersantai sambil menikmati musik.

Buka setiap hari mulai pukul 19.00 hingga 01.00, The Columns Lounge menjadi pilihan tepat bagi para profesional muda yang ingin menyatukan kegiatan bisnis dan kesenangan.

Bud 'N Friends merupakan band yang cukup terkenal di Jateng. Mereka akan menghadirkan tembang-tembang lawas milik grup legendaris Bee Gees yang sangat terkenal pada era 1960-an.

Ahmad Nasyiruddin dari PT HM Sampoerna menyatakan, kerja sama itu merupakan salah satu komitmen ST Dupont dalam rangka mem-back up penyaluran inspirasi dan ekspresi target pasar rokok tersebut: kaum profesional dan pengusaha muda.

''Bee Gees Nite with Bud 'N Friends diharapkan dapat memperkenalkan dan mengangkat nama The Columns Lounge kepada masyarakat sebagai satu-satunya lounge di Jateng yang berada di luar hotel. Acara ini juga didukung Smart FM,'' ungkap dia. (Asep BS-75)

''Gallery of Kisses'' di TIM

EKSOTIKA Karmawibangga Indonesia (EKI) Dance Company kembali menggelar drama musikal. Kini bertajuk Gallery of Kisses: My Words, My Song, My Dance pada 12-14 September 2002 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM).

Produksi ke-57 EKI itu akan disutradarai oleh Rusdy Rukmarata. Kompisisi musik digarap Sujiwo Tejo, skenario Yanusa Nugroho. Di Gallery of Kisses, EKI akan kembali mengangkat tema kesepian dan keterasingan.

Sejumlah artis terlibat, antara lain Rachel Maryam Sayidina, Farhan, Syaharani, Maya Hasan, Nico Siahaan, dan Indra Safera. Dalam pertunjukan itu Rudy Wowor yang biasa bermain sinetron akan menyanyi, Sujiwo Tejo yang dalang itu akan meniup saksofon. Maya Hasan pun tampil dengan harpanya didukung vokal Sita RSD untuk lagu berirama jazz mainstream. Bagi Sita, repertoar itu merupakan penampilan keduanya setelah Madame Dasima beberapa waktu lalu. (tn-41)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Budaya
Wacana | Ragam | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA