logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Jumat, 6 September 2002 
Line

  • Seputar Tugumuda

Silaturahmi PHI Al Mina

PERSAUDARAAN Haji Indonesia (PHI) Al Mina 8590 Jalan Karimata 32 telepon 8416224 akan menyelenggarakan pengajian sekaligus silaturahmi serta memperingati HUT ke-12 organisasi. Ketua HM Ridhowi mengungkapkan, acara Minggu (8/9) mulai pukul 09.00 di rumah H Achmad Aidy Chariri (PT Fatimah Zahra) Jalan Thamrin 138.(C27-13j)

Pameran Lukisan Sarasehan Seni

PAMERAN lukisan ''Lesehan Seni 2002'' dalam rangka memperingati HUT Ke-57 RI masih berlangsung hingga 24 September di Jalan MT Haryono 140. Panitia Anas Salim sekaligus penanggung jawab kegiatan itu menjelaskan, pameran sejak 24 Agustus.(C27-13j)

Lomba Menggambar di Rumah

LOMBA mewarnai/menggambar bertema ''Aku Cinta Sesama'' digelar untuk murid TK A dan B, kelas I-III SD (mewarna dan melengkapi), serta kelas IV-VI (menggambar). Pendaftaran paling lambat 10 September di TB Merbabu Jalan Pandanaran 108. Panitia, Yuni Wulandari, menjelaskan lomba bisa dikerjakan di rumah. Kertas disediakan panitia bekerja sama dengan Garudafood.(76j)

Jalan Santai AMNI Berhadiah

DALAM rangka Dies Natalis ke-39, AMNI pada 10 September mengadakan gerak jalan santai bersama wali kota. Pendaftaran gratis di kampus Jalan Soekarno-Hatta 180 dan disediakan ratusan doorprize. Humas Drs Untung Budiarso menjelaskan, wisuda periode II pada 21 September dengan irup Gubernur H Mardiyanto.(76j)

Prof Sudjati Meninggal Dunia

GURU besar Fakultas Sastra Undip, Prof Drs Sudjati, meninggal dunia Kamis kemarin pukul 14.30 dalam usia 66 tahun. Jabatan terakhir dia adalah Sekretaris Badan Pelaksana Harian Senat Undip sekaligus Ketua Komisi III. Mendiang meninggalkan seorang istri dan empat putra. Jenazah akan dikebumikan Jumat ini (6/9) pukul 14.00 berangkat dari rumah duka Jalan Badak I/63. (D18-45g)

Pendaftaran Program D1 Polines

POLITEKNIK Negeri Semarang (Polines) telepon 7473417 membuka pendaftaran mahasiswa program profesi 1 tahun (D1) bagi lulusan SMU/SMK/ MA. Ketua Panitia Drs Budi Prasetyo menyatakan, program studi meliputi Aplikasi Komputer, Administrasi Niaga, Akuntansi, Komputer Akuntansi, Elektro Industri, dan Teknik Komunikasi. (F2-13c)

Warga Pamor ke Borobudur

WARGA Paguyuban Monitor Radiks (Pamor) 99 FM, Minggu (8/9) beranjangsana ke rumah Ny Triwidoyo di Borobudur, Magelang. Humas Eyang Pikun mengutarakan, acara itu juga akan membahas peringatan HUT Pamor pada 6 Oktober. Kru dan anggota dapat mendaftar di studio, telepon 7605755, paling lambat 6 September.(C27-13j)

Hiburan Anak di Taman Lele

PUSAT Rekreasi Taman Lele, Minggu (8/9) mulai pukul 10.00, menampilkan fashion show bersama Rembulan (bintang cilik asal Semarang), solo organ Mr Boy, pelawak Bedul cs, badut, dan pesulap Mr Alren. Ny Tinie dari Rembulan Production mengungkapkan, dalam acara itu akan dilelang busana kasual.(C27-13j)

Pendaftaran Mahasiswa Baru AAE

PENERIMAAN mahasiswa baru Program Profesional Komputer Akuntansi satu tahun dan D-3 Akademi Akuntansi Effendiharahap (AAE) masih berlangsung hingga akhir September. Direktur AAE Semarang Irwan Mangara Harahap SE MSi mengemukakan, informasi pendaftaran ke kampus Jalan Abimanyu Raya 17-19, telepon 024-3544694 dan 3564860.(E1-76j)

Pentas Wayang di Patra Jasa

SEMARANG- Hotel Patra Jasa malam ini akan menggelar pentas wayang kulit di taman parkir hotel itu Jl Sisingamangaraja, dengan menampilkan dua dalang bapak dan anak, Ki Sriman Wacono dan Gandos Saputra dengan lakon Dewa Ruci/Bima Suci, mulai pukul 19.30. Kegiatan itu merupakan syukuran pegawai hotel memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.(B15-71)

Pengajian Manasik

SEMARANG - Pengajian manasik haji diselenggarakan setiap Sabtu pukul 10.00 di Masjid Besar Kauman. Peserta diharapkan membawa buku manasik. Demikian sekretaris takmir masjid itu, Ahmad S.(G1-13j)

Simposium Perdosi

SEMARANG- Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdosi) Cabang Semarang bekerja sama dengan Bagian/ SMF Neurologi FK Undip mengadakan simposium ''Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif''. Acara Sabtu (7/ 9) mulai pukul 08.00 di Balai Kota. (F1-13)

  • Jajah Desa Milang Kori

Wabub Tempati Rumah Dinas

GROBOGAN - Wakil Bupati Grobogan Bambang Pudjiono SH kemarin boyongan dari rumah dinas Jl Parikesit ke rumah dinas yang baru di Jl Piere Tendean Purwodadi. Rumah dinas itu diresmikan penggunaannya oleh Bupati H Agus Supriyanto SE dengan ditandai pemotongan pita. Hadir dalam acara itu Ketua DPRD Septa Yuardi, anggota Dewan, kepala dinas dan instansi terkait. Rumah dinas itu seharusnya ditempati tahun 2001. Karena pembangunan dapur, garasi dan rumah transit tamu terlambat dibangun, penempatannya ditunda.(A23-71)

Ospek dan Pendaftaran FE Undaris

UNGARAN- Universitas Darul Ulum Islamic Center (Undaris) Ungaran akan menyelenggarakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) bagi mahasiswa baru. Kegiatan dilaksanakan 6-7 September di Kampus Undaris, Jl Tentara Pelajar 13 Ungaran telp (024) 6927826. Mahasiswa baru dari enam fakultas itu wajib mengikuti. Selain itu, Fakultas Ekonomi (FE) Undaris masih membuka pendaftaran hingga 10 September khusus kelas pagi. Menurut PD III Fakultas Teknik Abdullah ST, mahasiswa baru FE kelas pagi dibebaskan dana SPI.(F3-71)

  • Langgam Surakarta

Seminar Pedalangan di STSI

SEMINAR pedalangan dengan topik "Menggali Konsep-konsep Garap Pakeliran" akan diselenggarakan di Gedung Teater Besar kampus STSI Surakarta, Kentingan, Jebres, 20-21 Agustus. Acara itu menghadirkan pembicara Sumanto SKar MS, Bambang Suwarno SKar MS, B Subono SKar, Kuwato SKar MS, Purbo Asmoro SKar, Trisno Santosa SKar MS, Haryadi, dan Sugeng.(wk-51c)

Bantuan Block Grand

BERTEMPAT di aula SMU 8, Wali Kota Surakarta Slamet Suryanto menyerahkan dana bantuan block grand/matching grand kepada tiga SLTP dan dua SMU. Bantuan yang berasal dari APBD Provinsi Jateng tersebut diserahkan kepada kepala sekolah. Untuk SMU 8 Rp 60 juta, SMK TP1 Rp 35 juta, SLTPN 14 Rp 30 juta, SLTP Muhammadiyah 7 Rp 30 juta, dan MTS Muhammadiyah I Rp 30 juta (P44-51c)

Peresmian Klinik Kesehatan

KLINIK Kesehatan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Surakarta berdiri sejak 1985. Lokasi pertama di Gedung Manahan, tahun 1990 pindah ke Gedung KONI. Sejak 2000 pindah lagi ke Kelurahan Sangkrah, menjadi satu dengan Pondok Kasih Ibu (Pokasi) karena lokasinya kurang strategis. Kini DWP Surakarta memiliki Gedung Klinik Kesehatan di kompleks Balai Kota dan telah diresmikan penggunaannya oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan Ny Slamet Suryanto, kemarin.(P44-51c)

  • Ojo Lali

Biaya Nikah Naik

KLATEN - Berdasar keputusan bersama Kantor Departemen Agama, Kepala Bagian Sosial dan Komisi E DPRD Klaten tanggal 29 Agustus 2002, biaya nikah di Kabupaten Klaten mengalami kenaikan. Untuk nikah di KUA biayanya Rp 95.000 meliputi Rp 30.000 untuk kas negara, honorarium Pembantu Pagawai Pencatat Nikah Rp 25.000, sisanya untuk LPTQ, operasional Urais, buku pintar, jasa pelayanan, honorarium penjaga kantor dan wiyata bakti serta perawatan dan pemeliharaan kantor KUA.

Untuk nikah bedol atau di luar jam keja ditambah Rp 15.000 untuk transpor petugas sehingga total menjadi Rp 110.000. ''Ketetapan ini mulai berlaku 1 September 2002,'' kata Ketua Komisi E, H Muslim Fadlil di kantor DPRD.(F5-70)

Jajanan PKL Diborong

BOYOLALI - Para pedagang kali lima yang menjajakan makanan kecil di Boyolali kini boleh lega. Setiap minggu pagi mereka diminta menjajakan barang dagangannya di Stadion Sono Kridanggo. Peserta senam dari pejabat dan masyarakat akan memborong dagangan mereka. Menurut Kepala Kantor Informasi, Komunikasi dan Perhubungan (KIKK), Dra Kristiana Purwanti, kegiatan senam pagi dan poco-poco setiap minggu pagi memang dimaksudkan untuk pemberdayaan ekonomi lemah. (shj-70)

  • Lintas Pantura

Parade Musik 2002 di Bandar

BATANG - Untuk memeriahkan HUT Ke-57 RI, Generasi Muda Bandar (GMB) dan Radio Aro Moncer menyelenggarakan Parade Musik 2002. Kegiatan itu akan dilaksanakan di depan kolam renang Bandar, Minggu (8/9). Menurut Direktur Radio Aro Chusuma BBA yang didampingi Shotdiq, parade musik akan diikuti band-band se-eks Karesidenan Pekalongan. ''Akan hadir pula band kawula muda sebagai bintang tamu, yaitu Opus dan Batang Slank, Magelang Jamrud, dan J-Eleven Yogyakarta.''

Yang berminat bisa mendaftarkan di sekretariat Jl Pemandian Bandar (0285-689235), Lotus Art kompleks pasar, dan Restoe Bumi Air Brush Jl Raya Sidomluyo di Bandar. Bisa juga di Radio Aro Jl Raya Tegalsari telepon 0285-31383. (ar-20c)

Hanarto Juara Utama Bola Sodok

PEMALANG - Hanarto, warga Semarang peserta Kejuaraan Bola Sodok Indonesia Terbuka yang diadakan Polwil Pekalongan bekerja sama dengan CV Media Karya di Pemalang meraih juara utama dengan hadiah trofi dan uang pembinaan Rp 5 juta. Kejuaraan untuk memperingati HUT Ke-57 RI itu berlangsung di Gedung Serbaguna, Sabtu dan Minggu lalu.

Panitia Teguh Jaya mengatakan, juara II-IV Apsi dari Bandung, Sumarno (Semarang), dan Andi (Cirebon). Mereka mendapat hadiah Rp 2,5 juta, Rp 1,5 juta, dan Rp 1 juta. (sf-20c)

Tiga Kepala Desa Dilantik

BREBES - Tiga kepala desa baru, yakni Nalim dari Desa Karangmaja, Tarmudi (Kersana), dan Sahirin (Kadumanis-Salem), kemarin, dilantik Plth Bupati Drs Tri Harjono di pendapa kabupaten. Ketiga kepala desa baru tersebut terpilih dalam pemilihan yang digelar sebelumnya.

Dalam sambutan, Ptlh Bupati Drs Tri Harjono meminta tiga pejabat baru tersebut segera menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat kerjanya. Mereka diharapkan mampu merangkul semua komponen masyarakat, termasuk lawan dalam pemilihan lalu. Berkaitan dengan pelaksanaan otonomi daerah, kepala desa baru ini harus menguasai UU No 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemerintahan Desa. Ini sangat penting untuk kelancaran tugas yang dihadapi. (wh-20c)

Ketua MPC DPC PPP Wafat

PEKALONGAN - Ketua MPC DPC PPP Kota Pekalongan KH Munawir Abdul Djabar meninggal akibat sakit jantung di rumahnya. Jenazahnya dimakamkan di TPU Krapyak Lor, Kota Pekalongan kemarin setelah sebelumnya disalatkan di Masjid Aulia desa setempat. KH Munawir menderita sakit sejak empat bulan lalu akibat menderita penyakit asam urat dan gangguan jantung. Dia wafat dalam usia 55 tahun dan meninggalkan dua isteri masing-masing Hj Misnah dan Hj Luwiyah serta tiga anak.

Upacara pemakaman itu antara lain dihadiri Habib Idrus bin Hasyim Alatas dari MPP DPP PPP, Ketua DPW PPP Jateng KH Thoifur MC dan wakilnya Drs Hisyam Ali serta beberapa ketua DPC di Jateng. (A15-20)

  • Wara - Wara

Penertiban Pedagang Kaki Lima

REMBANG -Tim Yustisi Pemkab yang dikoordinir oleh Bagian Hukum, kemarin mengadakan pertemuan dengan para pedagang kaki lima (PKL) di Kantor Kesbang Linmas. Kabag Hukum Soehartono SH menjelaskan, pertemuan itu dilakukan dalam rangka penertiban PKL yang melanggar perda nomor 6 tahun 1977, tentang kebersihan, keindahan, kerapian, ketertiban, dan keamanan.

Hasil pertemuan, mereka (PKL) sanggup memindahkan barang-barang dagangannya dari tempat larangan ke tempat yang diperbolehkan. Kesanggupan mereka dituangkan dalam surat pernyataan. Sebagai tanda peringatan, Bagian Hukum telah memasang sejumlah papan pengumuman tentang larangan berjualan di pinggir trotoar.(jl-58)

Tukang Cablek Motor Ditangkap

JEPARA - Nurtop (25), warga Desa Bantrung, Kecamatan Batealit ketika beraksi di Pasar Kota Jepara, Selasa (3/9), ditangkap polisi. Bukti kejahatan sepeda motor Honda Supra tanpa pelat juga disita. Kasat Serse Polres Jepara AKP Teguh Riyanto mengatakan, sebelum tersangka tertangkap, polisi menerima laporan. Dalam aksinya, tersangka cukup menyentuh pundak (Jawa: nyablek) korban. Seketika, korban akan lupa ingatan dan mau menyerahkan kunci motor kepadanya. Dalam waktu singkat, tersangka kabur. Korban baru tersadar setelah barangnya raib. (kar-58c)

Kemah Pembauran di Menawan

KUDUS-Kemah pembauran lintas medan wira karya di Bumi Perkemahan Menawan, Kecamatan Gebog, Kudus, Jumat ini dibuka Bupati HM Amin Munadjat SIP MSi. Kemarin sore peserta telah berdatangan. Ymt Ketua Kwarcab Pramuka Soenyoto BA mengatakan, perkemahan akan dilangsungkan hingga Minggu, akan diisi kegiatan antara lain pengobatan gratis dan bakti masyarakat. Pesertanya terdiri atas Saka Bhakti Husada 30 orang, kalangan SMU dan perguruan tinggi 450 orang, serta Dewan Kerja Cabang Pramuka serta Unit Bantuan Logistik Pramuka 50 orang. (yit-58)

  • Eling - Eling

53 Pemborong Rebutan 11 Proyek

PURWOKERTO-Persaingan di dunia jasa konstruksi makin ketat. Hal itu terlihat dalam lelang proyek-proyek Dinas Cipta Karya Banyumas APBD 2002, kemarin. Dari 11 proyek, kualifikasi K2 (Rp 100 juta-Rp 400 juta) dan K3 (sampai Rp 100 juta), diperebutkan 53 pemborong.

Ketua Panitia Lelang Arif Sukmo Buwono ST MM mengatakan, pendaftar 54 CV dalam prakualifikasi gugur 1. Semua asosiasi kontraktor ikut, yakni Gapensi, Gapeknas dan Aspekindo. Nilai seluruh proyek sekitar Rp 2,3 miliar. (bd-47)

Rakercab III PDI-P

BANYUMAS-Sebanyak 300 kader PDI-P Banyumas akan mengikuti Rapat Kerja cabang (Rakercab) III yang akan digelar DPC setempat. Menurut Ketua DPC, Herman, Rakercab diselenggarakan di Balai Kelurahan Kranji hari Mingg (8/9) mendatang.

Pada kesempatan itu akan dilakukan sosialisasi hasil sidang tahunan MPR serta amandemen UUD 45 oleh anggota DPR asal Banyumas, Drs Hadi Wasikun dan sosialisai SK DPP oleh Bambang Haryanto, angota DPRD Jateng asal Sokaraja. Pengurus juga akan menyampaikan progress report di hadapan para anggotanya.(P16-47)

  • Lintas Arena

Hadiah Aqua Master Rp 8,25 Juta

YOGYAKARTA- Paling sedikit dua puluh perkumpulan renang dari berbagai kota-kota besar di Tanah Air dipastikan ambil bagian pada Kejuaraan Renang Antar-Perkumpulan (KRAP) Aqua Master IV/2002 di Kolam Renang Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Minggu (8/9) mendatang. Tercatat 183 perenang bakal adu prestasi dalam kejuaraan tersebut. Mereka bakal memperebutkan hadiah total Rp 8,25 juta dan trofi bergilir serta trofi tetap.

Jumlah peserta tidak sesuai dengan target 400 perenang. Pasalnya, panitia terpaksa mempertajam batas waktu untuk bisa mengikuti turnamen, mengingat tahun depan Aqua Master ditingkatkan statusnya menjadi kejuaraan tingkat nasional.

''Dengan demikian, kejuaraan ini bukan menjadi ajang coba-coba. Terus terang, lebih baik peserta sedikit tapi kualitasnya bagus daripada peserta banyak namun tidak berkualitas. Jika dipaksakan memang pesertanya banyak, hanya bagaimana lagi bila limit waktu mereka tidak memadai. Ya terpaksa kami tolak,'' papar Sekretaris Panitia Pelaksana Pridjoto SPd, baru-baru ini. (sgt-22j)

Persid Dieng Lolos ke Final

WONOSOBO- Kesebelasan tuan rumah Persid Dieng yang diperkuat sebagian besar pemain Persiku Kudus, lolos ke final Piala Bupati setelah mengalahkan Satria Banyumas melalui adu penalti 3-1 (0-0), di Alun-alun Wonosobo, kemarin.

Disaksikan ribuan pendukungnya, Persid mengimbangi permainan Satria. Dalam adu penalti, dari empat pemain Satria hanya Kasmo yang menjebol gawang Persid. Sedangkan tiga eksekutor tuan rumah berhasil menaklukkan penjaga gawang Satria. Jumat sore ini, semifinal mempertandingkan Armando Magelang melawan Gelora Kertek Wonosobo. (P55-77)

  • Sepak Pojok

Sumpiuh Membuat Kejutan

PURWOKERTO-Sumpiuh membuat kejutan dengan mengalahkan tim kuat Kedungbanteng 1-0 (0-0), dalam kompetisi sepakbola Porda II Banyumas di Stadion Satria, kemarin. Gol tunggal Sumpiuh dicetak Dwi Supriyanto (60) lewat tendangan penalti, setelah salah satu pemain Kedungbanteng melakukan pelanggaran terhadap striker Sumpiuh di kotak terlarang. Nanti sore Purwojati menjajal Patikraja. (bd-77)

Nonton Bareng Merah Putih

SEMARANG- Merah Putih Enterprise didukung PT Djarum akan menggelar acara nonton bareng siaran langsung sepakbola di Lapangan Kawedanan Boja, Sabtu (7/9) malam. Sebelum acara dimulai, penonton akan dihibur empat grup band secara bergantian, yaitu Band Ekstern Sinemu (Undip), Aquarius (Semarang), Cornea (Unika) dan band cewek Smooth (Kendal). Penonton juga akan mendapat sejumlah hadiah yang disediakan sponsor. (C16-77) H

  • Kronik

Tipe-X dan Bunglon di UKSW

DUA grup band kondang, Tipe-x dan Bunglon tampil di lapangan UKSW Salatiga dalam tur ''LA Lights, Enjoy Aja!'' Sabtu besok (7/9). Acara terselenggaran berkat kerja sama dengan BEM universitas dan DAS Communication, serta didukung PT Djarum Semarang. Bagi Tipe-X, grup band yang mengusung musik ska, penampilan di UKSW merupakan yang kelima selama tur. Grup itu juga tampil di Purwokerto, Solo, dan Yogyakarta. ''Bermain dari satu kota ke kota lain itu mengasyikkan, karena bisa bertemu langsung dengan apresian musik di luar Jakarta,'' kata Trisno, vokalis Tipe-X.(D4-75)

The Cranberries di SCTV

PENGGEMAR The Cranberries yang tak sempat menyaksikan langsung konser band asal Irlandia itu 21 Agustus lalu di Jakarta masih punya kesempatan menonton penampilan si seksi Dolores di layar SCTV, nanti malam pukul 22.30-23.30.

Selain menampilkan grup band yang beranggotakan Dolores Mary O'Riordan (vokal), Fergal Patrick (perkusi, drum), Noel Hogan (gitar, mandolin), dan Mike Gerard Hogan (bass), tayangan itu juga akan mengajak pemirsa untuk melihat aktivitas Cranberries selama di Jakarta. ''Karena tayangan hanya berdurasi satu jam, praktis akan banyak editing. Tapi jangan khawatir, gereget pertunjukkan masih terasa,'' janji Budi Darmawan, manajer humas SCTV. (tn-75)

Pemenang Masuk Dapur Rekaman

BANYAK festival musik diselenggarakan namun tanpa kelanjutan mengembangkan kreativitas dan karier musik para peserta. Sebagai wujud tanggung jawab terhadap perkembangan musik Tanah Air, A Mild bekerja sama dengan BEM STIE Cendekia Semarang menggelar ''Grand Final Festival Musik Se-Jawa dan Bali''.

Sistem penjaringan melalui audisi di 11 wilayah dari Jakarta hingga Denpasar. Hasilnya, terpilih 30 peserta yang berlaga dalam grand final di auditorium Undip, Minggu (8/9) mulai pukul 08.00.

Kemampuan ke-30 peserta akan diadu lagi sehingga tersaring 10 grup terbaik yang akan masuk dapur rekaman. ''Mudah-mudahan event ini mampu mewujudkan harapan grup-grup peserta untuk bisa masuk dapur rekaman,'' ujar Ahmad Nasyiruddin selaku area coordinator PT HM Sampoerna Semarang.

Untuk menjaga objektivitas penilaian, panitia mengundang Chico Hindarto, mantan direktur Warner Music Indonesia, menjadi ketua dewan juri. Selain bisa menyaksikan penampilan para peserta, penonton juga disuguhi live performance bintang tamu Power Slaves.

Harga tiket Rp 10.000 per lembar, termasuk gift dari panitia, diharapkan tidak terlalu memberatkan penonton. Rangkaian acara didukung oleh A Mild, Radio Fresh, C-59 T-shirt, dan BEM STIE Cendekia Semarang. (Asep BS-75)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Budaya | Olahraga
Internasional | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA