logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Kamis, 29 Agustus 2002 
Line

  • Seputar Tugumuda

Mbah Marto di Mana?

MARTOWIYONO (94) sejak Minggu (25/8) pergi dari rumah anaknya H Suprayitno, Jl Sambiroto Asri I B/ 203 Perumahan Korpri Kedungmundu, Tembalang telepon 6701185. Kakek yang sudah pikun itu mengenakan celana pendek cokelat, kaos putih, dan topi hansip. Tingginya sekitar 150 cm dan kepalanya gundul. (C27-13)

Pelatihan Multibahasa Asing Undip

PELATIHAN Multibahasa Asing Undip Jalan Hayam Wuruk 3 telepon 8312420 atau 8413883, masih memberi kesempatan kepada calon pendaftar sampai 5 September untuk mengikuti pelatihan program 1 tahun bahasa Inggris dan Jepang/Mandarin/Prancis. (B6-76)

Seminar Penyakit Generatif

SEMINAR kesehatan ''Penyakit Generatif dan Penyembuhannya dengan Nutrisi Alami'' akan digelar di Mendut Room Hotel Graha Santika, Kamis (29/8), pukul 18.30. Keterangan, hubungi Sehat Alami Pertokoan Simpanglima C-I, telepon 8314148.(kar-73j)

Temu Ilmiah Ahli Penyakit Dalam

PERTEMUAN Ilmiah Tahunan VI Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Cabang Semarang berlangsung pada 30 Agustus-1 September di Hotel Patra Jasa. Sekretaris panitia Dr Tjokorda Gde Pemayun SpPD mengatakan, acara akan membahas 36 makalah, serta melibatkan 31 perusahaan farmasi dalam pameran. (C27-13)

Canton Night Dinner Kafe Segara

DALAM rangkaian promosi makanan Cina, Hotel Graha Santika telepon 8413115 pesawat 82/83 pada 30 Agustus menggelar ''Canton Night Dinner & Fashion Show.'' Humas Mukti Wardani menjelaskan, menu Canton dan barbeque disajikan secara prasmanan. Acara dimeriahkan peragaan busana karya Drs Charles Sutanto. (C27-13)

Wayangan di Srondol Wetan

RW 1 Kelurahan Srondol Wetan menggelar wayang kulit pada 30 Agustus malam di Jl Durian 35 dengan lakon ''Suket Kolonjono-Semar Mantu'' bersama dalang Ki Agus Wariyanto, Ki Darmono, Ki Bambang Supriyono, dan Ki Eko Budiyanto. Bintang tamu Gareng Ngesti dan rencananya dihadiri Wali Kota Sukawi Sutarip SH. (B8-45)

Semiloka Penataan Bantaran Sungai

PSEP Lemlit Unika Soegijapranata dan Balai PSDA Jragung Tuntang, Kamis (29/8) pukul 08.30-14.00 menyelenggarakan semiloka penataan bantaran sungai di Gedung Thomas Aquinas kampus Bendan. Pembicara Dr Ir Robert Kodoatie MEng , Syamsul Mu'arif SP MT, Ir A Ardiyanto MT, dan sejumlah PKL di bantaran banjirkanal.(kar-73j)

Pendaftaran STIE Stikubank

STIE Stikubank telepon 8414970 masih membuka pendaftaran mahasiswa baru program S1 (reguler, transfer) dan D3 (reguler, kelas sore) hingga Jumat (30/8). Tes dilaksanakan Sabtu (31/8) di kampus Jl Kendeng V Bendan Ngisor. (D18-76k)

Lembkota Buka Kursus Tasawuf

LEMBAGA Bimbingan dan Konsultasi Tasawuf (Lembkota) telepon 7624776-7601988 membuka kursus dasar tasawuf seni menata hati (SMH). Menurut Prof Dr HM Amin Syukur MA, kursus tanggal 8,15,22, dan 29 September di Gedung Dewan Riset Daerah Jalan Imam Bonjol 185. (B13-13)

Pendaftaran Mahasiswa Stiepari

STIEPARI Jalan Bendan Ngisor telepon 8317391-8317501 masih membuka pendaftaran mahasiswa hingga akhir Agustus. Program yang ditawarkan S1, D3, kelas ekstensi dan transfer Jurusan Manajemen Pariwisata dan Manajemen Hotel. Kahumas M Kanzunnudin menyatakan pendaftar dilayani pukul 08.00-13.00.(D6-45g)

Presentasi ValuePlus 2000

DIREKTUR blessing software ValuePlus 2000 Roy Tjahjo Suzanto SE Jumat-Minggu (30/8-1/9) akan mempresentasikan secara cuma-cuma produk-produk ValuePlus 2000 pada Pameran ''Semarang Komputer Fiesta 2002'' di Java Supermal 28 Agustus-1 September. Yang berminat bisa menghubungi Lina, di Jl Kepatihan Barat No 3-5 Blok A-3 telp 3511474. (D6-76)

  • Jajah Desa Milang Kori

Empat Rumah di Latak Terbakar

GROBOGAN - Rumah milik Suparman (60), Fauzi (35), Jimin (40), dan Hadiyoto (36), warga Desa Latak, Godong, Grobogan kemarin terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, tapi seluruh isi rumah dan barang kebutuhan pokok habis terbakar. Belum diketahui jelas penyebab kebakaran karena tidak ada saksi yang mengetahui. Baik korban maupun warga sekitar mengaku mengetahui api sudah membesar. Kerugian akibat kebakaran ditaksir sekitar Rp 22,5 juta. (A23-76c)

Hari Ini 24 Calon Duta Wisata Dites

SALATIGA-Sebanyak 24 peserta pemilihan Duta Wisata Kota Salatiga, hari Kamis (29/8) ini mengikuti tes tertulis dan wawancara di hall pemkot setempat. Menurut Ketua Panitia M Haryanto SH, pemenangnya akan dinyatakan sebagai Mas dan Mbak Salatiga sekaligus menjadi duta wisata. Jumat besok mereka akan mengunjungi agro wisata di Tlogo Tuntang, lokasi prasasti Plumpungan, PT Damatex dan desa industri di Tingkir. Sedangkan malam final dilaksanakan Sabtu (31/8) besok. (A2-76)

Tinjau Jembatan Kaligarang

UNGARAN- Komisi D DPRD Provinsi Jateng, Selasa, meninjau pembangunan jembatan Kaligarang, Ungaran. Mereka berharap kali tersebut segera dinormalkan untuk mencegah luapan pada musim hujan. Pimpro Ir Mujiono yang menerima Sasmito dan Yunus Kadir memaparkan masalah yang dihadapi dalam penyelesaian jembatan tersebut. Masyarakat, terutama murid dan guru SLTP 3, mengeluhkan atas keberadaan debu jalan darurat yang dibuat sebagai pengganti sementara jembatan tersebut. Mereka minta jalan sering disiram agar debu tak beterbangan dan masuk ruang kelas. (C17-76c)

SDN Kalikondang Dibobol Maling

DEMAK- Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kalikondang Demak dibobol maling, Selasa (27/8) malam. Akibat kejadian itu, sekolah menanggung kerugian berupa uang Rp 600.000. Uang tersebut disimpan di dalam lemari ruang kantor. Kejadian itu dilaporkan ke Polres sekitar pukul 11.00. Laporan itu diterima Perwira Pamapta Ipda Zamroni. Menurut saksi, Masduki (38), guru sekolah tersebut, kejadian itu baru diketahuinya saat memasuki ruang kantor pagi harinya. ''Saat itu saya ingin mengambil susu, ternyata susunya tidak ada di tempat. Ternyata uang Rp 600.000 yang disimpan di dalam lemari juga hilang,'' katanya kepada petugas.

Di tempat kejadian, ditemukan kunci lemari sudah rusak dan pintunya tidak terkunci lagi. Secara bersamaan, Triyono (27), guru SMP 5 Demak, melaporkan kasus hilangnya sepeda milik muridnya, Rini, penduduk Jl Nurcahyo Demak. Korban menderita kerugian sekitar Rp 200.000. Sepeda itu diketahui hilang saat Rini pulang dari sekolah. Ketika hendak dipakai, kendaraan itu sudah tidak ada di tempat. Ketika dicari di beberapa tempat, sepeda tidak ditemukan.(G5-73k)

  • Langgam Surakarta

Hari Ini Dialog soal Becak

SOLO- Pengaturan tata ruang kota yang juga melibatkan becak sebagai salah satu unsur memerlukan kerja sama semua pihak. Selama ini, pelibatan aktif mereka kurang. Demikian pula dalam sosialisasi perda dan pelaksanaannya di lapangan. Hal tersebut dikemukakan Wisnu Hermawan, ketua panitia acara ''Forum Daerah'' yang akan membicarakan masalah becak di Solo. Acara diselenggarakan Kamis ini di Kantor HMI Cabang Surakarta Jalan Yosodipuro 81 Solo.

Dialog yang akan dihadiri Ketua Komisi A DPRD Surakarta Sahil Hasni, Kepala DLLAJR Surakarta Ponco Wibowo, dan para wakil tukang becak itu salah satu upaya penyelesaian permasalahan lalu lintas di Kota Bengawan.(bt-42j)

Seminar Mutu Pendidikan

BADAN Pengkajian dan Pengembangan Manajemen Pendidikan (BPPMP) FKIP UNS akan menggelar Seminar ''Akselerasi Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Era Otonomi Daerah''. Seminar akan berlangsung pada Sabtu (31/8) di ruang sidang FT UNS. Pembicara adalah Kepala Dinas Pendidikan Jateng Drs Subagyo Brotosejati MPd, Ketua Komisi E Heru S Notonegoro, Ketua BPPMP Drs Sudakiem MPd, Kepala BPG Jateng Drs Makhali MM, dan Kepala SMU 3 Drs Koewanto MM.(F11-42j)

Pelepasan PPTA

PROGRAM Pendidikan Teknisi Ahli UNS kemarin mengadakan pelepasan pendidikan siap kerja program 1 tahun. Direktur Drs Ranto MT menjelaskan, lulusan tahun ini 112 orang. Terpilih sebagai lulusan terbaik adalah Agus Dwi Prasetyo (Teknik Otomotif), Sri Darmadi (Teknik Mesin Industri), Budi Yaptoro (Teknik Elektronika), dan Galuh Tika Puspitasari (Sekretaris).(F11-42j)

Lomba Hemat Bahan Bakar

PESERTA lomba hemat bahan bakar dari 25 Fakultas Teknik Mesin perguruan tinggi se-Jawa Bali akan singgah di Kampus UNS. Universitas itu telah siap menyambutnya dengan sejumlah kegiatan, seperti service gratis, ganti oli, tune up, tes emisi, band, dan dance. Kegiatan akan berlangsung Rabu (2/9) pekan depan pukul 13.00-15.00 di lapangan parkir barat rektorat.(F11-42j)

RRI Gelar Bakti Sosial

DALAM rangka peringatan HUT RRI, Perjan Cabang Muda Surakarta akan menyelenggarakan bakti sosial berupa pembagian bahan kebutuhan pokok, pengobatan gratis, dan donor darah, 2-4 September. Acara itu akan disiarkan Programa II.(ae-42j)

Lomba Bola Voli di RSO

DALAM rangka HUT Ke-51 Rumah Sakit Ortopedi (RSO) Prof dr R Soeharso Solo, akan diselenggarakan lomba bola voli antarklub jajaran kesehatan se-Surakarta, Kamis-Sabtu (29-31 Agustus).

Enam belas klub bola voli jajaran kesehatan se-Subosuka Wonosraten (eks Karesidenan Surakarta) akan bertanding di RSO Pabelan. Selain itu, RSO juga melakukan ziarah ke makam perintis RSO di Seboto Boyolali, dilanjutkan sarasehan pada Rabu (28/8) malam ini, dan lomba sepeda sehat untuk umum pada Minggu (29/9).(ae-42j)

  • Ojo Lali

Perawatan Jalur Lingkar Selatan

BOYOLALI-Jalur lingkar selatan termasuk jembatan Karangduwet, Kelurahan Banaran, Kecamatan Boyolali perawatannya menjadi kewenangan Bina Marga. Artinya, kerusakan jalan dan jembatan bukan menjadi kewenangan Pemkab Boyolali untuk memperbaiki.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perhubungan, dan Kebersihan (DPUPK) Ir Moch Ashuri, sejak dibangun jalan dan jembatan, Bina Marga berkewajiban melakukan perawatan. Kalau ada kerusakan, tinggal melaporkan.(shj-14c)

Operasi Pelacur Digalakkan

BOYOLALI-Pemkab Boyolali bekerja sama dengan instansi terkait kini terus menggalakkan operasi terhadap para pelacur yang berkeliaran di sembarang tempat. Lokasi yang dijadikan sasaran PSK untuk mencari lelaki hidung belang antara lain Terminal Bus Sungingan, objek wisata Pengging, Kecamatan Banyudono, sekitar Stadion Sonolayu, dan jalan raya kawasan kota.(shj-14c)

Jembatan Kancu Diresmikan

SUKOHARJO- Lurah Desa Godog, Kecamatan Polokarto Sumadi meresmikan jembatan Kancu, kemarin. Jembatan yang berada di Dukuh Kancu, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo itu dibangun menghabiskan dana Rp 75 juta hasil swadaya masyarakat.

Proyek jembatan dikerjakan bertahap sejak tahun 1998. ''Kami bersyukur meskipun dikerjakan bertahap, proyek ini dapat diselesaikan,'' katanya.(G10-14)

Rakercabsus PDI-P Karanganyar

KARANGANYAR Rapat kerja cabang khusus (rakercabsus) DPC PDI-P Karanganyar akan diadakan di kantor DPD PDI-P Jateng di Semarang, 8 September 2002. Rapat yang digelar di gedung Marhaen Jl Brigjen Katamso tersebut akan memilih calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan diajukan pada Fraksi PDI-P.

Berbeda dengan fraksi-fraksi yang lain, fraksi PDI-P dalam menentukan calonnya melalui mekanisme rapat kerja cabang khusus yang melibatkan pimpinan anak cabang (PAC) di seluruh kecamatan. Sementara fraksi yang lain hanya ditentukan lewat rapat fraksi.

'' Berdasarkan Surat Keputusan DPP, calon Bupati-Wabup Fraksi PDI-P harus ditetapkan lewat mekanisme rapat cabang. Hal itu dilakukan agar aspirasi dari masyarakat benar-benar terakomodasi,'' kata Wakil Ketua DPRD yang sekaligus Ketua FPDI-P Suparno HS.(G8-14)

  • Lintas Pantura

Dialog Antarsekretaris

TEGAL- Hotel Bahari Inn, Kamis ini (29/8), akan mengadakan dialog antarsekretarsi Kota Tegal. Dialog yang dikemas dalam bentuk Secretary Gathering itu akan berlangsung di cafe nelayan hotel bintang tiga itu.

General Manager Saunan Rasyid kemarin, mengatakan, acara ini bakal dihadiri 40 sekretaris yang melaksanakan tugas operasional perusahaan. Tujuan kegiatan meningkatkan profesionalisme kerja sekretaris. Selain sebagai wahana komunikasi antarsekretaris di Kota Bahari. Tampil sebagai narasumber Ny Hastuti Handayani S.(wh-51)

Karlinda Grup Juara Poco-poco

BUMIAYU - Karlinda Grup dari Bumiayu menjadi juara pertama lomba poco-poco di pendapa eks Kawedanan Bumiayu, Minggu lalu. Juara II BL Karlinda (Bumiayu) dan juara III Devi Aerobic Purbalingga. Lomba memeriahkan HUT Ke-57 Kemerdekaan RI itu diprakarsai RSU Siti Amaliyah.

Suwiyanto, pemilik RSU itu mengatakan, pihaknya menyediakan total hadiah Rp 2 juta. Peserta 40 grup (tiap grup 5 orang), selain dari Bumiayu, peserta datang dari Purbalingga, Tegal, Slawi, Purwokerto, Brebes, dan Pemalang. Juara harapan I SLTP 1 Bumiayu, harapan II Salsa 2 Bumiayu, dan harapan III BTN Kudaile, Slawi.(wh-51e)

AKP Puji Irianto Kasat Sabhara

BATANG- Jabatan Kasat Sabhara, Senin (26/8), diserahterimakan dari AKP Ag Nur Widodo kepada AKP Puji Irianto dalam suatu upacara yang dipimpin Kapolres AKBP Drs Edy S Setjo. Pejabat lama selanjutnya menempati jabatan yang sama di Polres Pemalang, sedangkan pejabat baru sebelumnya bertugas di Polwil Pekalongan.

Bagi AKP Puji Irianto, wilayah Batang sudah tidak asing lagi karena suami Aiptu Tri Rahmawati itu sebelumnya pernah menjabat sebagai Kasat Bimmas dan Kapolsek Tersono, sebelumnya menjabat sebagai Kasubagpers di Polwil.

''Kepada pejabat baru secepat mungkin untuk menyesuaikan dengan lingkungan dan tempat kerja. Sertijab ini merupakan sarana pembelajaran dalam menambah pengalaman serta wujud pengembangan karier personil,'' ujar Kapolres.(ar-70)

Nur Amsiyah Juara Lomba Balita

BREBES - Nur Amsiyah, 15 bulan, putri pasangan Ropi'i dan Ny Roisah asal Desa Banjaranyar menjadi juara I balita (kategori umur 6 bulan-2 tahun) tingkat Kecamatan Brebes. Dia berhak mewakili Kecamatan Brebes dalam lomba balita tingkat kabupaten. Juara II Nuraeni Azizah (15 bulan) Desa Randusanga Kulon, dan juara III M Chariri Latie (8 bulan) Desa Pulosari.

Juara I kategori 2-5 tahun yakni Anggi Sriwijaya Pangestu, Desa Pemaron, juara II Anisa Salsa Bil Azriani Desa Lembarawa, dan juara III Edo Nurkholis Kelurahan Pasarbatang.

Camat Brebes Asih Pambudi SH menyebutkan, lomba tersebut diadakan rutin guna merangsang para orang tua memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan anak. Penilaian lomba meliputi imunisasi, kesehatan ibu dan anak, KB, psikologi, dan PKK. (wh-51e)

  • Wara - Wara

Permadani Wisuda 80 Orang

PATI - Bupati Pati Tasiman prihatin karena minat generasi muda mempelajari budaya nasional memudar akibat kemajuan teknologi pada era globalisasi ini. Dia menyatakan hal itu dalam Wisuda Purna Wiyata Pranata Acara dan Pamedar Sabda Angkatan XIII Permadani Kabupaten Pati, Minggu lalu, di pendapa kabupaten. Ketua Permadani Pusat Drs Edy Suprapto mengajak anggota Permadani Pati dan semua lembaga kebudayaan melestarikan dan mengembangkan budaya nasional. Ketua Permadani Pati Drs Bambang Pitoyo menuturkan acara itu diikuti 80 winisuda. (C8-17g)

Final Lomba Dalang Pati

PATI - Lima dalang dinyatakan lulus dan maju ke babak final lomba dalang tingkat Pati tahun 2002. Final menurut rencana digelar di pendapa kabupaten 31 Agustus. Ketua Dalang Kesenian Daerah Pati, Witono SH, menuturkan lomba dalang itu merupakan wujud kepedulian Dewan Kesenian dalam memacu dan memotivasi dalang di Pati. Kelima dalang itu adalah Tri Luwih Winarto (Kayen), Bambang Wibowo (Kayen), Joko Subowo (Gabus), Bondan Rahardi (Pati), dan Subowo (Tlogowungu). (C8-17g)

Gebyar Sepeda Merdeka

JEPARA-Menyambut HUT Ke-57 Kemerdekaan RI, Radio Mandalika mengadakan kegiatan ''Gebyar Sepeda Merdeka Ceria'', Minggu lalu. Menurut Aga Mahendra, Station Manajer, sepeda santai diikuti 3.175 peserta. Pemberangkatan peserta oleh Bupati Drs H Hendro Martojo MM. Ikut hadir, Kepala Kantor Inkom Drs Poniman, Kepala Dinas P dan K Drs Bambang Santosa serta sejumlah pejabat. Peserta yang sampai finish berhak hadiah undian. Eko Setyo Budi (Mlonggo) meraih hadiah utama sepeda motor KTM. Hadiah kedua, TV 21 in diraih Samian. Juga ada hadiah peralatan rumah tangga dan seratusan hadiah hiburan. (kar-58)

Dana P2SE Capai Rp 7,7 Miliar

BLORA -Dalam tahun ini 45 desa yang tersebar di sejumlah kecamatan di Blora mendapat bantuan dana untuk Proyek Peningkatan Sarana Ekonomi (P2SE) senilai Rp 7,7 miliar. Sebagian besar dana itu digunakan untuk membangun jembatan, jalan dan gorong-gorong. Bupati Ir H Basuki Widodo baru-baru ini meninjau proyek jembatan di Desa Sumberejo, Kecamatan Randublatung yang sumber dananya dari P2SE. Jembatan itu direncanakan akan menelan biaya Rp 250 juta lebih. (ud-58)

  • Lereng Merapi

Atraksi Gajah pada HUT RI

PURWOREJO - Puncak peringatan HUT Ke-57 RI di Kelurahan Cangkrep Kidul akan ditandai pertunjukan atraksi gajah. Rencananya kegiatan itu dilaksanakan Minggu, 1 September mendatang, di Lapangan Sikemplong, Cangkrep Kidul. Untuk membiayai kegiatan itu, pengunjung dipungut karcis. Penonton dewasa dikenai Rp 5.000, anak-anak Rp 3.000, dan untuk pelajar Rp 2.500. (yon-17c)

Rakorbang di Aula Setda

KEBUMEN - Rapar Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) akan dilaksanakan Sabtu, 31 Agustus lusa di Aula Setda. Sekda H Soehardi SH kemarin mengedarkan undangan ke para kepala dinas, bagian, satuan khusus, DPRD, serta LSM.

Rakorbang bertujuan menyerap aspirasi pembangunan dari masyarakat, memantapkan koordinasi rencana program pembangunan, serta menyelaraskan rencana program pembangunan 2003 sesuai dengan potensi daerah. Rakorbang akan dibuka Bupati Dra Rustriningsih. (B3-17c)

Buku Perjuangan Kebumen

KEBUMEN- Ketua I Dewan Harian Cabang Angkatan 45 (DHC 45) Kebumen Edu Boedianto, kemarin, mengungkapkan, berkaitan dengan peringatan HUT Ke-57 RI, pihaknya menerbitkan buku Kebumen pada Masa Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia 1945-1949. Buku tersebut disusun pelaku sejarah, DHC'45, LVRI, serta didukung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kebumen. "Pernyataan ini sekaligus meralat judul buku yang telah termuat pada SM," jelas Edy. (B3-17c)

Bakti Sosial HUT PAN

BOROBUDUR- Perempuan Amanat Nasional Sekar Surya Gemilang Kabupaten Magelang menyelenggarakan bakti sosial di Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag dalam rangka memperingati HUT Ke-4 PAN. "Bakti sosial berupa pengobatan massal gratis bagi warga tak mampu, pengajian umum KH Ngalimun BA dari Salaman, dan pasar murah bahan-bahan kebutuhan pokok sehari-hari," ungkap Ketua Perempuan Amanat Nasional Nuke Iwantini, kemarin.

Lima ratus paket bahan-bahan kebutuhan pokok sehari-hari bantuan Ketua Umum DPP PAN Amien Rais dibagikan kepada warga Desa Sugihmas, Pesidi, Pucungsari, dan Giri. (pr-17j)

Noorwachid Direktur RSUD

PURWOREJO- Setelah melalui beberapa proses dan ada demo karyawan, dr M Noorwachid Soejoeti Sp THT MM ditetapkan menjadi direktur RSUD. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Bupati Purworejo H Marsaid SH MSi di pendapa kabupaten, kemarin. Bupati juga melantik dr Amal Sembiring SpB selaku Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medik dan drg Gustanul Arifin sebagai Wakil Direktur Bidang Operasional dan Pelayanan. (yon-17j)

  • Eling - Eling

Klaim Asuransi Rp 6,3 Miliar

PURWOKERTO- Kepala Jasa Rahardja Perwakilan Purwokerto, H Pudjianto SE, menyatakan pembayaran kalim asuransi kecelakaan selama enam bulan terakhir mencapai Rp 6,370 miliar lebih. Julmah korban yang menerima ganti rugi karena meninggal dunia, luka-luka, cacat tetap dan biaya penguburan mencapai 976 orang.

Klaim pembayaran paling tinggi adalah korban meninggal dunia, tercatat 345 orang dengan santunan sebesar Rp 3,441 miliar. Korban luka-luka 631 orang, santunan yang diberikan Rp 1,860 miliar. Biaya penguburan Rp 12 juta, dan santunan cacat tetap Rp 57,150 juta. (in-47)

Siswa MAN Kalisabuk Protes

CILACAP- Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Kalisabuk, Kecamatan Kesugihan, Cilacap, belum lama ini melakukan aksi mogok belajar. Mereka tidak mau masuk ke ruang kelas dan hanya duduk-duduk. Mereka menempel sejumlah poster di lingkungan sekolah.

Poster itu antara lain bertuliskan ''Kami Anak Manusia yang Berpikir, Bukan Anak Kambing'', ''Mr G Penemu Hukum Wajib LKS'', ''Sekolah Tempat Pendidikan, Bukan Ring Tinju'', ''Jangan Tindak Kami dengan LKS''.

Aksi tersebut dilatarbelakangi kasus pemukulan oleh seorang oknum guru terhadap siswa. Para siswa juga memprotes ketentuan yang mewajibkan para siswa membeli buku dan Lembar Kerja Siswa (LKS).(ag-47)

  • Sekilas Ekonomi

URC Bangun Pabrik Permen

JAKARTA-Orang Indonesia ternyata gemar makan permen. Terbukti dalam setahun penjualannya mencapai Rp 1,6 triliun dengan belasan pemain lokal. Karena itu perusahaan konglomerasi Filipina, Universal Robina Corporation (URC) mau mendirikan pabrik permen dengan investasi 90 juta dolar AS di Bekasi. ''Kami optimistis bisa meraih pangsa pasar sekitar 10 persen pada tahun kedua nanti,'' kata Country Manager URC Indonesia Edgardo T Velasco saat meresmikan pabriknya, kemarin.

Menurutnya, pasar permen di Indonesia masih terbuka karena dari pemain yang ada tidak ada yang menonjol. Masing-masing baru menguasai pasar di bawah 10 persen. ''Untuk menguasai pasar Asean harus hadir dulu di Indonesia,'' kata Velasco. (wa-69)

Furnitur Jateng Pameran di Jerman

SEMARANG -Forum Pengembangan Ekonomi Sumber Daya Jawa Tengah (FPESDJT) bekerja sama dengan Ekonit (Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman) akan mengadakan pendampingan terhadap lima perusahaan furniture Jateng untuk pameran di Kohln, Jerman.

Menurut staf sekertariat FPESDJT Purwanto, pameran akan diselenggarakan pada tanggal 13-19 Januari 2003 mendatang. ''Untuk itu bagi perusahaan furniture lain yang berminat dapat menghubungi FPESDJT Jalan Sugiyopranoto No 1 atau kantor BPM lantai 3,'' kata dia. (G2-69)

  • Lintas Arena

Seleknas untuk Fespic Games

SOLO-Ketua Umum KONI Wismoyo Aris Munandar pagi ini akan membuka seleknas untuk Fespic Games di Busan, Korsel. Acara peresmian yang melibatkan sekitar 200 atlet penyandang cacat itu akan berlangsung di Asrama Haji Donoudan, Boyolali. ''Sampai saat ini, dari 27 perwakilan se-Indonesia yang pasti mengirimkan atletnya baru 14 provinsi,'' kata Ketua Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC) Pusat Senny Marbun.

Didampingi Sekjen BPOC Encep Kasroni, dia menjelaskan beberapa provinsi masih ditunggu kehadirannya. Dia menjanjikan acara yang berlangsung 29 Agustus sampai dengan 1 September itu merupakan seleksi yang fair dan merata. ''Mereka yang benar-benar menunjukkan prestasi akan terpilih untuk masuk pemusatan latihan nasional,'' tandasnya. Senny Marbun belum bisa memperkirakan jumlah atlet yang akan dikirim ke Busan.

Seleknas akan memperlombakan delapan cabang olahraga, meliputi bulutangkis, atletik, renang, tenis kursi roda lapangan, tenis meja, low ball, angkat berat, dan angkat besi. Perlombaan-perlombaan akan berlangsung di Stadion Manahan, Kolam Renang Bengawan, GOR Dwi Bengawan Cemani, dan Sasana Angkat Besi Nirwana.(P44-22t)

Indonesia Tantang Italia

JAKARTA-Seperti yang telah diduga sebelumnya, tim bridge Indonesia berhasil menjinakan tim Burgay Polandia dalam Power Rosenblum Cup di Montreal, Kanada. Turun dengan kombinasi terbaik Hengky Lasut/Eddy Manoppo, Denny Sacul/Frangky Kawur disertai Taufik Asbi//Robert tobing mereka begitu perkasa di babak semifinal hingga berhasil menang dengan skor 126-111.

Polandia yang tampil dengan pasangan -pasangan top dunia Cezary Balicki/Adam Zmudzinsky dan Michael Kwicien/Jacek Pszezola sempat unggul pada 3 sesi pertama dengan 30-29, 40-37 dan 38-37. Pada sessi 4, Indonesia membalikkan keadaan dengan unggul 23-3 IMP. Posisi yang dicapai Indonesia ditunjang dengan penampilan yang cukup baik dari pasangan muda usia Robert Tobing/Taufik Asbi.

Lawan yang akan dihadapi di final adalah regu Lavazza Italia, yang sedang menanjak pada beberapa tahun ini.(wgm-22)

  • Sepak Pojok

Kedungbanteng Pukul Tambak

PURWOKERTO - Kesebelasan Kedungbanteng dengan mudah memukul Tambak 6-0 pada Kompetisi Sepakbola Porda II Banyumas di Stadion Satria, kemarin. Gol-gol Kedungbanteng dicetak Warso pada menit ke-26 dan 37, Karno (30) dan hattrick Mamang (60, 62 dan 77). Sore ini Banyumas ditantang Patikraja. (bd-59)

Gama Atasi Panca Bayu Aji

WONOSOBO - Kesebelasan Mahasiswa Gama FC Yogyakarta menyingkirkan tuan rumah Panca Bayu Aji 3-2 pada Turnamen Piala Bupati di alun-alun Kota Wonosobo, sore kemarin. Gol Gama FC dihasilkan Adi Pranugroho pada menit ke-14, Dani (51) dan Dayat (55). Sementara gol tim tuan rumah dihasilkan Susanto pada menit ke-35 dan Abdul Muin (60). Sore ini Gelora Kertek Wonosobo melawan PS Bejo Banjarnegara. (P55-59)

PSSB Tumbangkan Tuan Rumah

SEMARANG - PSSB menumbangkan tim tuan rumah Perkesa Mukti 3-0 pada perempat final turnamen sepakbola Piala Wali Kota III di Lapangan Pedurungan Kidul Semarang, kemarin. Ketiga gol PSSB diborong bekas pemain PSIS Ribut Waidi pada menit ke-17, 29 dan 66. Sore ini memasuki pertandingan semifinal antara BMS Mranggen dan Bintoro Jaya. (A4-59)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Budaya | Olahraga
Internasional | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA