logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Kamis, 22 Agustus 2002 
Line

  • Seputar Tugumuda

Sabtu Rakor Gapina Migas

DPD Gabungan Pengusaha Kecil Minyak dan Gas (Gapina Migas) Jateng, Sabtu (24/8) mengadakan rapat koordinasi (Rakor) di Gedung Dewan Riset Daerah Jl Imam Bonjol Semarang. Rakor dimulai pukul 08.00, dan rencananya dihadiri Gubernur Mardiyanto, demikian ketua umum DPD Ir Dono Hidayat. Keterangan di sekretariat Jl Rasamala Raya 94 atau Jl Wonosari IV/40 telepon 8444369. (76)

Pranatacara Macapatan Swagotra

KURSUS pranatacara dan medharsabda yang diselenggarakan Yayasan Swagotra akan dimulai 1 September. Kursus diadakan tiap Minggu pukul 09.00-14.00. Pendaftaran masih dibuka di sekretariat Jl Singa III/4 (Supriyadi) telepon 6711288. Adapun acara macapatan diadakan Jumat (23/8) di kediaman Ir Dono Hidayat Jl Gayamsari Selatan 35 (Sendangguwo) mulai pukul 19.30. (76)

''Sensasi Biru'' Bersama IBC FM

RADIO IBC FM 101.6 menyelenggarakan gerak jalan ''Sensasi Biru Indonesia,'' Minggu 8 September. Peserta beregu, terdiri atas 15-20 orang pria-wanita di atas 18 tahun. Ciptakan atribut bernuansakan biru, kreasi dalam menyanyikan jingle lagu, aksi-atraksi yang kreatif-inovatif berdurasi 2-3 menit, misalnya gaya, gerakan, koreografi, pantomim, atau yel-yel. Pendaftaran Rp 20.000 per regu, di Studio Jl Brotojoyo V/60, telepon 3543865, paling lambat 1 September 2002. Acara ini serentak di 36 kota,'' kata Programmer Director, Lusy Laksita. (C19-76)

PMB IKIP PGRI Berakhir Sabtu

GELOMBANG khusus penerimaan mahasiswa baru (PMB) IKIP PGRI akan berakhir Sabtu 24 Agustus 2002. PR I Drs Rasiman MPd sekaligus ketua PMB menjelaskan, tes dilaksanakan 26/8 materinya matematika, IPA, PPkn, Bahasa Indonesia dan Inggris di kampus Jl Lontar 1 Semarang. Rektor Drs Sulistiyo MPd menambahkan, mahasiswa yang diterima pada Gelombang 1 dan 2 sudah mulai melaksanakan kegiatan. (E1-76)

Penanggulangan Kebakaran Hutan

DALAM rangka mengantisipasi bahaya kebakaran hutan, Mapala Universitas Semarang (USM) bekerja sama dengan BKSDA Jateng mengadakan pelatihan penanggulangan kebakaran hutan tingkat sispala (SMU/ SMK) pada Minggu (25/ 8). Pendaftaran di sekretariat Posko Mapala kampus Jl Atmodirono 11 telepon 8411562. (C27-13)

Pengajian di Masjid Baiturrahman

USTADZ- Abdul Hakim Bin Amir Abdat, pengajar kajian Kitab Hadits Shahih Bukhari dari Jakarta, akan memberi khotbah pada pengajian umum Kitab Riyadussh Sholihin, di Masjid Baiturrahman Simpanglima, pada Minggu (25/8) pukul 08.30 - 14.30. Keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi Amir Hp 081.2256.0534, Abu Umair 024-7460631 dan Amru 081.5654.3548. (C16-76)

Lomba Baca Puisi Kemerdekaan

MC- Donald's Java Supermall, tanggal 23 Agustus akan menyelenggarakan lomba puisi bertema : kemerdekaan. Lomba terdiri dua kategori TK - Kelas II SD (A), dan kelas III - VI (B). Pendaftaran bisa langsung, atau telp 8410024-8410025, biaya pendaftaran Rp 10.000. (C16-76)

Pendaftaran Akademi Gizi

AKADEMI Gizi Muhammadiyah Semarang telepon 8317784 masih membuka penerimaan mahasiswa baru gelombang lll. Persyaratan antara lain lulus SMU/ MAN/ SMK. Ujian tulis pada 3 September. Informasi dapat menghubungi Dra Enny Winaryati, Ketua Panitia Sipenmaru PTS itu. (G4-13)

Tes Masuk STIE Stikubank

STIE Stikubank telepon 8414970 mengadakan tes masuk program S1, D3 reguler, D3 sore, dan Magister Manajemen (MM) di kampus Jl Kendeng V, Sabtu (24/8), sedangkan program S1 transfer Jumat (23/8). Khusus MM bisa menghubungi Prapto HP 08122808050. (D18-13)

Mujahadah Nisfussanah di Kalicari

PANITIA pelaksana mujahadah akan menggelar pengajian umum dan doa bersama dalam acara Mujahadah Nisfussanah Salawat Wahidiyah di lapangan sepakbola Kalicari Jl Supriyadi Semarang, Sabtu malam (24/8) besok mulai pukul 20.00 WIB. Menurut Humas panitia Tugiri, acara ini akan dipimpin Hadrotul Mukarrom Romo KH Abdul Latif Madjid RA, pengasuh perjuangan wahidiyah dan pondok pesantren Kedunglo Al-Munadhoroh Kediri. (A4-76)

Dialog Tasawuf dan Psikologi

JURUSAN Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo, Sabtu (24/8) pukul 09.00-14.00 mengadakan seminar ''Menuju Dialog Tasawuf dan Psikologi'' di fakultas. Pembicara dr H Salim Sunkar SpJ (Unair), Dr H Abdul Mukhayam MA, dan Hasyim Muhammad MAg. Peminat bisa menghubungi 7601294. (C27-13)

Bukan Dharma Wanita Biro Umum

KETERANGAN foto di edisi Senin (12/8) halaman XV: Ketua Dharma Wanita Biro Umum Setda Jateng Ny Nanik Sumantoro memberikan beasiswa... dan seterusnya. Yang benar, Dharma Wanita Persatuan Setda Jateng menyerahkan beasiswa ke putra-putri anggota yang berprestasi (tingkat SD, SLTP, SLTA, dan perguruan tinggi). Penyerahan di Biro Umum dilakukan Ny Ninik Sumantoro. (D14-13g)

  • Jajah Desa Milang Kori

Curi Uang milik PSK, Ditangkap Polisi

UNGARAN-Sundari Astuti (22), seorang Pekerja Seks Komersial (PSK) di Tegalpanas Klepu Kabupaten Semarang, mengalami nasib sial. Uangnya sebanyak Rp 93 ribu, dicuri Sumardi (22) penduduk Bekasi Jawa Barat. Pencurian itu terjadi setelah Sumardi ''ngamar'' dengan Sundari. Setelah membayar Rp 30 ribu, tersangka menyuruh korban membeli mie ayam. Di saat itulah, Sumardi menjugil daun pintu tempat menyimpan uang. Tersangka diamankan di Mapolsek Klepu. (A2-76)

Rumah Mbah Maksum Terbakar

SALATIGA-Rumah mantan Ketua Tanfidz PKB Salatiga, Wahib Maksum di Cebongan RT 3 RW 1, Rabu pagi ludes terbakar. Rumah tersebut ditempati kakeknya bernama Maksum (110). Sumber api diduga akibat hubungan arus pendek listrik di ruang dapur. Korban berhasil diselamatkan warga. Menurut polisi, kerugiannya mencapai sekitar Rp 10 juta. (A2-76)

  • Seputar PRPP 2002

''Duel'' Dua Grup Dangdut

BUKAN hanya para pedagang yang berebut menarik perhatian pengunjung PRPP. Grup musik dangdut yang sedang pentas pun berlomba memperebutkan penonton. Pemandangan unik terjadi Selasa malam. Dua grup musik melakukan ''duel'', manggung bareng dengan panggung yang berdekatan. Satu grup dangdut dengan sponsor perusahaan sepeda motor, yang sudah buka semenjak PRPP dibuka, masih sepi pengunjung. Sedang grup lain, yang disponsori perusahaan mie, sudah dikerumuni pengunjung. (kar-76)

Agak Sepi, Namun Nasi Liwet Laris

DIBANDINGKAN tahun lalu, pengunjung PRPP sekarang ini mungkin dirasakan lebih sepi. Namun, tidak semua pedagang mengeluhkan kondisi itu. Pasangan suami istri, Mayanto dan Rini, yang berjualan nasi liwet mengaku omset penjualannya meningkat. ''Pengunjung memang lebih sepi, namun nasi liwet kami tetap laris. Rata-rata sejak sore hingga malam habis satu setengah ekor ayam. Pada malam Jumat dan Minggu bisa dua ekor,'' tutur pedagang asal Pedan Klaten, yang baru dua kali berjualan di PRPP itu. Dagangan yang digelar lesehan, dikenakan retribusi Rp 500 ribu selama berlangsungnya PRPP. (kar-76)

  • Langgam Surakarta

Kehilangan Tas

NASIB nahas dialami Eny Hindriati, warga Dondong RT 2 RW 10 Klumprit, Mojolaban, Sukoharjo. Dalam perjalanan antara Monumen Pers dan toko Sami Luwes, tas merahnya hilang. Isi tas ATM Lippo, KTP, dan SIM atas nama dia, beberapa surat berharga serta ATM BNI dan buku tabungan atas nama Mulyono, warga Jalan Kacer Manahan. Penemu diharap menghubungi nama dan alamat tersebut, atau LPM IPKKI Jalan kebangkitan Nasional 45 C Sriwedari, telepon 0271-710615.(an-42g)

Diskusi Televisi Islam

TIDAK hanya hiburan yang ditampilkan untuk merayakan HUT RI. RSI Kustati, misalnya, mengadakan penataran mubalig pada 24-25 Agustus. Sehari sebelumnya (23/8) rumah sakit itu mengadakan diskusi ''Televisi Islam dan Tantangannya'' dengan narasumber Budiman P Sophian SE MM, Direktur TV Ar Rahman, mulai pukul 19.30. ''Kehadiran berbagai ragam televisi seharusnya memicu umat Islam memikirkan televisi bernapaskan Islam,'' kata Humas Nurfitri SSos, kemarin.(an-42g)

Diskusi Otonomi Daerah

UNIT Konsultasi Otonomi Daerah Pusat Informasi Pembangunan Wilayah Lembaga Pengabdian Masyrakat akan mengadakan diskusi bulanan otonomi daerah. Diskusi ''Tuntutan Publik atas Otonomi Daerah: Prasarat Keberhasilan'' akan diadakan di ruang sidang LPM, Kampus UNS Mesen.(F11-42g)

Ekspedisi Diksar Garba Wira Bhuana

MAHASISWA pencinta alam UNS Garba Wira Bhuana pada 11-25 Agustus mengadakan ekspedisi pendakian gunung sebagai pelaksanaan Diksar XII Sapta Perwira dan Diksar VIII Dasa Candra Tirta. Ketua pelaksana Danang Wahyu Utomo menyatakan pendakian di tiga gunung, yakni Arjuna, Welirang, dan Semeru, itu untuk pengenalan kondisi medan dan vegetasi flora fauna gunung. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan navigasi perjalanan jarak jauh dalam hutan.(F11-42g)

Sepeda Santai PAN Bike

DALAM rangka memperingati HUT ke-4, PAN Jateng akan menyelenggarakan sepeda santai keliling Solo Minggu (25/8). Ketua DPC PAN Banjarsari H Mujahid, penangung jawab kepanitiaan, menyatakan kegiatan yang diberi titel ''PAN Bike'' itu akan menempuh rute lima wilayah DPC di DPD Solo. Berbagai door prize disediakan panitia.(D11-42g)

  • Ojo Lali

Ditinggal Bertamu Motor Melayang

KLATEN- Pencurian sepeda motor di Klaten semakin berani. Kali ini, Yatiman (46) warga Dukuh Gatak Kidul, Desa Glagah Wangi, Kecamatan Polanharjo, Klaten yang menjadi korban. Motor Honda Grand AD-4155-V miliknya hilang ketika bertamu ke rumah temannya Sriyanto (37) di Dukuh Gataksari, Desa Karangan, Kecamatan Karanganom, Klaten, Selasa (20/8) pukul 19.45. Saat datang bertamu pukul 18.30, sepeda motor diparkir di depan rumah dalam keadaan terkunci. Setelah ngobrol cukup lama dia berniat pulang. Namun saat ditengok ternyata motornya sudah tidak ada. Kejadian itu segera dilaporkan kepada aparat keamanan.(F5-70)

Sukiyo ''Temangsang'' di Pohon

SRAGEN-Gara-gara menumpang mobil di atas tumpukan muatan, Sukiyo (30) warga Lemahireng, Desa Pelemgadung, Karangmalang mengalami luka parah, akibat tersangkut cabang pohon. Setelah ''temangsang'' di pohon, korban jatuh terbanting ke tanah dan menyebabkan tiga giginya copot serta kepalanya memar. Korban dilarikan ke RSUD Jl Raya Sukowati. ''Karena lukanya parah, korban dibawa ke RS Panti Kosala, Solo,'' tutur perawat RSUD, kemarin. Menurut keterangan, korban Senin (19/8) lalu mengantar seperangkat ''sound system'' dan salon di rumah orang punya hajat kerja di Tangen. Dalam perjalanan, korban menumpang di atas tumpukan peralatan salon, alat pengeras suara. Namun naas, tubuhnya tersangkut cabang pohon.(nin-14)

Dikeroyok, Kepala Rudi Terluka

SUKOHARJO- Nasib malang itu menimpa Rudi Purwono Putra (19), warga Sukoharjo RT 02/1, Kecamatan Sukoharjo, Rabu dinihari kemarin. Ia menjadi korban pengeroyokan yang dilakukan Agus (24) bersama temannya hingga kepalanya terluka. ''Kami sudah menyebarkan anggota untuk melacak para tersangka. Selain itu kami juga mengamankan tiga buah batu yang diduga digunakan untuk memukul kepala korban,'' papar Kapolres Sukoharjo AKBP Drs Mudoko didampingi Kasatserse AKP Minarto.(G10-14)

  • Lintas Pantura

Bahari Inn Dapat Penghargaan

TEGAL- Hotel Bahari Inn Tegal memperoleh penghargaan dari Gubernur Jateng sebagai perusahaan penanaman modal dalam negeri (PMDN) berprestasi tingkat Jawa Tengah. Penghargaan diserahkan Gubernur H Mardiyanto kepada Direktur PT Prastika Sarana Djohan Teguh Sugianto di Semarang, 15 Agustus.

General Manager Saunan Rasyid kemarin mengemukakan, kriteria penilaian perusahaan PMDN berprestasi antara lain peningkatan nilai investasi, pengembangan SDM, dan upah pegawai. Hotel bintang tiga di Jalan Kolonel Soegiono itu sering menjadi tempat persinggahan pelancong dari Jakarta yang akan ke Surabaya atau Semarang.(wh-17j)

Bintek Penanaman Modal

BATANG- Kantor Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Batang kemarin menyelenggarakan pembinaan teknis (bintek) penanaman modal bagi aparatur se-kabupaten. Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Drs Achfa Mahfudz itu diikuti 25 peserta dari dinas, badan, kantor serta instansi terkait.

Menurut Kepala Kantor Perindag Drs Sukardi Paputungan didampingi Sekretaris Panitia Himawan SH, tujuan diadakan bintek antara lain menyatukan persepsi tentang pentingnya investasi bagi pembangunan daerah khususnya antaraparat pemerintah, sehingga dalam peranan promosi maupun pelayanan akan optimal.(ar-70)

Kelompok Tani Terima Bantuan PMI

KAJEN- Sebanyak 14 kelompok tani dari 14 kecamatan di Kabupaten Pekalongan akan menerima bantuan bergulir dari bagian program peningkatan mutu intensifikasi (PMI) padi tahun 2002. Pimpro PMI Ir Trisno Rahardjo mengatakan, sasaran program akan mencakup luas area 459 ha. Pinjaman bergulir tersebut kata dia, diberikan dalam rangka penguatan kelompok tani di Pekalongan.(br-70)

  • Wara - Wara

Selipkan Kayu Gelap Ditangkap

BLORA - Untuk kali ke sekian petugas gabungan PT Perhutani KPH Cepu baru-baru ini berhasil mengungkap kayu gelap yang diselipkan pada angkutan yang membawa kayu bongkaran rumah. Hingga kemarin tersangka Umar (50), warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo ditahan berikut barang buktinya.

Pabin KPH Cepu AKP Djohan Setiajid SH menyebutkan, barang bukti disita dari penangkapan di Pos Penjagaan Desa Cabak, Kecamatan Jiken itu berupa 222 batang kayu jati ilegal berbagai ukuran atau sekitar 1,6 m3.(ud-42e)

Pemilihan Putra Putri Budaya

KUDUS-Sanggar Puringsari Kudus akan menggelar lomba putra dan putri budaya 2001 di Gedung Ngasirah, Sabtu mendatang. Ketua Panitia Ny Endang TS mengatakan, lomba bagi anak-anak dan remaja itu akan menampilkan busana daerah, busana pesta, dan busana kasual. Hingga kemarin peserta yang telah mendaftar sekitar 60 anak dan remaja.(yit-42e)

Bicara Ajaran Sunan Kudus

KUDUS - KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada Sabtu 24 Agustus ditunggu kehadirannya dalam seminar bertajuk, ''Islam Toleran, Mewarisi Ajaran Kanjeng Sunan Kudus'' yang diadakan Central Riset dan Manajemen Informasi (CeRMIN). Direktur Eksekuif Drs H Eem Nadjib Hasan menyatakan juga akan tampil Prof Dr Joko Suryo MA dari UGM (Sunan Kudus sebagai simbol berdirinya Kudus) dan Prof Dr Hasan Muarif Ambari MA dari Bayat Al Quran dan Museum Istiqlal TMII Jakarta (Menara Masjid Al Aqsa Kudus sebagai simbol Islam toleran).

Lalu, Prof Dr Claude Guillot dari Ecole des Hautes Etudes en Sciences Sociales Paris (Sunan Kudus dan masuknya Islam toleran di Kudus) dan Dr H Abdul Jamil MA Rektor IAIN Walisongo Semarang (Peranan ulama dan pesantren dalam menyebarkan ajaran Islam toleran warisan Sunan Kudus).(P7-42e)

Tugu Tak Dibangun Soedarsono

KUDUS- Mantan Bupati Kudus H Soedarsono mengemukakan, tugu identitas di depan Kudus Plasa yang prototipe Menara Kudus dibangun tidak pada saat dia menjabat sebagai bupati seperti diberitakan SM (20/8). ''Tugu itu sudah ada saat saya menjadi bupati,'' ungkapnya, kemarin.(P7-17j)

  • Lereng Merapi

Sabtu, Pelantikan Pejabat Pemkab

KEBUMEN - Setelah tertunda beberapa waktu, pelantikan pejabat kepala dinas, instansi dan bagian tahap kedua di Pemkab Kebumen, akan dilakukan Sabtu lusa. Hal itu diungkapkan Sekda H Soehardi SH, di Aula Transito Jl Cendrawasih, kemarin.

Menurut Sekda, ia telah diperintahkan Bupati Dra Rustriningsih agar segera mengedarkan undangan. Namun mengenai siapa saja yang akan dilantik, sekda belum mau mengungkapkan. Dalam struktur organisasi dan tata kerja (SOT) Pemkab, sampai sekarang masih ada pejabat vital masih plt atau belum definitif. Hal itu sudah lebih satu tahun. Misalnya, di Departemen Pertanian, DPU serta Dinas Pendidikan. (B3-68)

Asosiasi Budidaya Ikan Air Tawar

WONOSOBO - Dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani ikan air tawar dan untuk mengembangkan kemampuan di bidang agrobisnis, para petani dari wilayah eks Karesidenan Kedu dan Banyumas, membentuk asosiasi budi daya ikan air tawar. Pembentukan asosiasi dilakukan di Desa Sudungdewa Kecamatan Kertek Wonosobo, Minggu lalu.

Susunan pengurus asosiasi budidaya ikan air tawar terdiri atas Ketua Umum KH Hasyim A (Purwokerto), Ketua I-II Bambang H (Kebumen) dan Ahmad Hartono (Banjarnegara). Sekretaris Ahmad Fauzi (Purwokerto) dan Eko Budi S (Temanggung). Bendahara Ny Nurul Fitriani (Wonosobo) dan Anwar Juaidi (Purworejo). Kepengurusan dilengkapi beberapa divisi. (P55-68e)

Mobil Boks Isi Sepatu Hilang

SLEMAN - Yul Indartoyo, warga Pleburan III/1 Semarang menjadi korban pencurian sebuah mobil boks Panther H-9233-H. Mobil boks yang berisi ratusan pasang sepatu itu hilang ketika diparkir di kawasan perumahan Depok, Sleman. Korban menyebutkan, kejadian pada Jumat dini hari pekan lalu itu sudah dilaporkan ke polisi. Dia menderita kerugian sekitar Rp 122 juta dengan perincian harga sepatu Rp 32 juta dan mobil Rp 90 juta. Sepatu itu milik UD Columbia di Jl Indrabuana Semarang. Dia tak menjelaskan secara terperinci bagaimana pencurian itu terjadi, karena pada saat kejadian dia tidur. (E1-56e)

  • Eling - Eling

Dokter Gigi Unjuk Gigi

PURBALINGGA-Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Purbalingga ''unjuk gigi'' dalam karnaval kendaraan hias dengan tema ''gigiku sehat, badanku kuat''. Menurut drg Bambang Trenggono MMR, dengan keterlibatan pawai tersebut, PDGI makin dikenal masyarakat.

Organisasi profesi itu juga melakukan pemeriksaan gigi gratis yang diikuti sekitar 1020 siswa SD. Acara ini diselenggarakan dalam rangka HUT ke-57 Kemerdekaan RI, sekaligus sosialisai kebersihan gigi dan mulut.(P16-47)

Lukisan 4.500 Ekor Tikus

PURWOKERTO - Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-57, seniman lukis Purwokerto Cipto Pratomo mengadakan pameran lukisan 4.500 tikus sepanjang 168,2 X 1,15 meter di lapangan Gempar dan Kantor Kelurahan Kober Kecamatan Purwokerto Barat. ''Pameran lukisan 4.500 ekor tikus yang tercatat di rekor nasional tersebut, atas permintaan masyarakat dan panitia perayaan HUT RI setempat, yang belum sempat menyaksikan lukisan itu. Selain itu, juga memotivasi generasi muda bisa aktif berkarya di bidang seni, yang akhirnya mengurangi kegiatan khayal lewat narkoba dan miras,'' jelasnya kemarin. (ash-68)

  • Sekilas Ekonomi

Target Penjualan Caltrate Rp 2 M

SEMARANG-PT Millenium Pharmacon International Tbk, distributor tunggal Caltrate, menargetkan menjual senilai Rp 2 miliar pada bulan pertama. Pangsa pasar produk yang baru diluncurkan di Jateng dan DIY itu masih terbuka lebar.

"Apalagi untuk produk itu belum ada pemain lain. Jadi kami yakin target akan tercapai," kata Kepala Cabang Semarang Philipus Wiyanto di sela-sela "Trade Gathering Caltrate" di Hotel Patra Jasa, kemarin.

Dalam pemasaran produk itu dia tak menetapkan pada segmen tertentu, namun untuk seluruh segmen dan tingkat usia. Sebab, produknya lebih ditujukan ke peningkatan permintaan kalsium suplemen.

"Kami perkirakan tahun 2002 total nilai pasar produk kalsium di Indonesia Rp 120 miliar," tutur dia.

Caltrate yang diproduksi Wyeth Consumer Healthcare yang berpusat di AS adalah obat yang mengandung elemen kalsium dengan dosis tepat, mudah diserap, dan secara ilmiah terbukti efektif mengurangi risiko osteoporosis.

"Produk itu merupakan pilihan praktis dengan 1-2 tablet per hari telah dapat memenuhi kebutuhan kalsium."

Tiga jenis Caltrate yang diedarkan di Indonesia adalah Caltrate 600 mg, Caltrate 600mg+Vit D, dan Caltrate Plus. Produk itu dapat dibeli di apotek, toko obat, dan toko-toko. (G2-53g)

Telkom Lepas 5 Anak Perusahaan

JAKARTA-PT Telkom akan melepas lima anak perusahaannya, yakni Telesera, Metrosel, Komselindo, Mobisel, dan Menara Jakarta. Dalam laporan kepada BEJ yang disampaikan oleh Investor Relations Manager, Setiawan Sulistyono, alasannya adalah agar lebih fokus pada bisnis utama.

Data tahun 2001 menunjukkan kepemilikan saham di anak perusahaan itu adalah PT Telekomunikasi Selular Raya (Telesera) 69,77%, PT Metro Selular Indonesia (Metrosel) 20,17%, PT Komunikasi Selular Indonesia (Komselindo) 14%, PT Mobile Selular Indonesia (Mobisel) 25%, dan PT Menara Jakarta 20%.

Selain melepas lima anak perusahaan tersebut, Telkom tetap mempertahankan sahamnya di empat anak perusahaan lainnya. Yakni, PT Citra Sari Makmur 25%, PT Napsindo Primatel Internasional 32%, PT Multi Media Nusantara 31%, dan PT Pasifik Satelit Nusantara 25%.(bn-53)

  • Lintas Arena

BMS Pukul Persip 2-0

SEMARANG-BMS Mranggen Selection maju ke babak IV Piala Wali Kota III, setelah menundukkan Persip Plamongan 2-0 di Lapangan Pedurungan Kidul, Semarang, kemarin. Dua gol itu diborong Ngadiyono pada menit ke-5 dan 42. Hari ini akan bertanding Krisna Grobogan melawan tuan rumah Perkesa Mukti. (22g)

Lumbir Kalahkan Gumelar

PURWOKERTO-Melalui adu tendangan penalti yang dramatis, Lumbir mengalahkan Gumelar 6-5 (2-2) dalam kompetisi sepakbola Porda II Banyumas, di GOR Satria, kemarin. Perjuangan keras pemain Gumelar hingga berhasil memperoleh tendangan penalti yang dapat menyamakan kedudukan di menit terakhir, ternyata hanya untuk menunda kekalahan. Sore nanti akan bertanding Cilongok melawan Kalibagor.(bd-22t)

Samsung Sponsori Estafet Obor

JAKARTA- Samsung Electronics menandatangani perjanjian untuk mensponsori Estafet Penyalaan Obor Asian Games XIV 2002 di Busan, Korea Selatan, September mendatang.

Shinta Wardiastuti dari perwakilan perusahaan itu di Jakarta kemarin mengemukakan, dengan penandatanganan perjanjian itu maka Samsung menjadi partner resmi dalam pelaksanaan estafet penyalaan obor. Acara itu akan melibatkan 7,457 pelari. Mereka akan berlari 4.295 km dengan melewati semua kota besar, provinsi, dan scenic sport di seluruh Korea Selatan.

Estafet Obor dimulai dengan upacara khusus, acara cahaya Pan-Asia yang akan dilaksanakan 5 September. Upacara itu termasuk penyalaan api sakral secara simultan dari ujung Semenanjung Korea. Api akan melalui 143 kota di 16 provinsi dan berakhir di Stadion Utama Busan, 29 September.(bn-22j)

  • Kronik

Putra-Putri Patriotik 2002

YOGYAKARTA-Beberapa jenis hiburan, telah dipersiapkan untuk meramaikan malam pemilihan tingkat nasional Putra-Putri Patriotik Indonesia 2002, Sabtu 24 Agustus lusa di Ruang Borobudur Lantai 7 Hotel Ambarukma Yogyakarta. Selain musik dan tari, juga akan dipergelarkan fashion show akbar oleh desainer terkenal Warsaya Irianto yang mendapat dukungan peragawan-peragawati lokal dan Ibu Kota.

Ketua penyelenggara event tersebut, Ny Dina Ali Hanafiah, menjelaskan, kegiatan yang diprakarsai oleh Yayasan Adhi Luhung Semarang itu memperebutkan trofi Wakil Presiden RI dan trofi Menteri Budaya Pariwisata serta hadiah uang tunai. Baik dalam fashion show akbar maupun pemilihan putra-putri, para model dan peserta akan meragakan kostum perjuangan bercorak merah putih.

Di sela-sela acara tersebut, dilangsungkan pula pemberian penghargaan kepada 25 tokoh yang dinilai berjasa dalam bidang kegiatannya masing-masing. Menurut Ny Dina, penerima penghargaan berlabel "South East Human Caring Figures Award 2002" itu adalah para figur/tokoh yang melakukan penemuan-penemuan spektakuler serta figur yang menangani segala jenis persoalan hidup.

''Siapa saja figur yang menerima penghargaan tingkat Asia itu, akan diumumkan di sela-sela hiburan pada acara pemilihan Putra-Putri Patriotik Indonesia 2002 di Yogyakarta,'' kata wanita pengusaha yang juga aktivis perempuan tersebut.(C29-41)

Terminal Seni Jepara

KOMUNITAS Seniman Jepara bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jepara menggelar Festival Seni Transmisi 2002, 24-29 Agustus. Utoyo Hadi bertindak sebagai kuratorial seni rupa, dan Alex Purwo untuk seni pertunjukan. Pagelaran yang meliputi seni rupa, instalasi, musik, tari, teater, puisi, dan performance art itu akan dibuka oleh Bupati Drs H Hendro Martojo MM di Gedung Wanita Jl HOS Cokroaminoto. Acara itu sekaligus menandai serah terima Gedung Kesenian Jepara kepada seniman. Selain dari dalam, sejumlah seniman dari luar Kota Jepara juga ikut memeriahkan pergelaran itu.(D4-41t)

''Menthiet'' di Lengkong Cilik

BERKAITAN dengan ''Festival Kesenian di Tengah Kampung'', Laboratorium Seni dan Kebudayaan Lengkong Cilik Semarang mementaskan kesenian tradisional ''menthiet'', Sabtu (24/8). Keunikan ''menthiet'' adalah alat musik pengiring berupa suara pemain yang menirukan bunyi gamelan. Kesenian dari Kebumen itu dimainkan oleh 4-8 orang dengan dipimpim seorang dalang. Konon, pemain akan menggunakan makanan (jajan pasar) sebagai visualisasi pementasan. Cerita dalam ''menthiet'' bisa berupa wayang, babad, dongeng, atau sejarah desa.(D4-41t)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Budaya | Olahraga
Internasional | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA