logo SUARA MERDEKA

 
Line
 FOKUS Selasa, 20 Agustus 2002 
Line

  • Sosok

Berbisnis

Yayuk Basuki

MANTAN petenis nasional Indonesia yang pernah melejit namanya hingga peringkat 19 dunia, Yayuk Basuki, kini memiliki aktivitas baru. Dia tengah berbisnis pakaian olahraga khususnya pakaian tenis.

''Ya, sekadar coba-coba. Walau kini tetap berkecimpung dalam dunia tenis baik sebagai pelatih maupun pengurus, saya kan juga harus berusaha di bidang lain,'' tuturnya seusai berbicara dalam konferensi pers Kejurnas Tenis Piala Gubernur DKI Jakarta, baru-baru ini.

Soal modal, ujar Yayuk, dirogoh dari koceknya dengan dibantu beberapa mitra. Yang mengelola bisnisnya, selain dia juga saudara-saudara dekatnya.''Untuk sementara, baru pakaian olahraga terutama pakaian tenis. Untuk peralatan olahraga, seperti bola, raket, wah tampaknya masih jauh.''

Dia mengemukakan, usaha yang dirintisnya itu bukan meniru langkah yang juga dirintis petenis cantik asal Argentina Gabriela Sabatini. ''Oh nggak. Walau saya kenal dia, ini betul-betul upaya saya,'' ucapnya. Dia meminta usahanya itu tidak dibandingkan dengan produk yang sudah terkenal seperti Adidas, Nike, Fila, atau belasan produk pakaian dan peralatan olahraga lain yang masyhur. Kini, pakaian olahraga produksinya yang diberi nama Whybee sudah dijual di sejumlah outlet.

Kenapa Whybee. Sepertinya berbau asing? ''Ya, itu kan kiat berbisnis saja.'' Yayuk mengaku walau pada awal usaha bisnisnya dibantu seorang desainer terkenal, kebanyakan produknya merupakan hasil desain sendiri. ''Kebanyakan saya yang mendesain. Ya, dari hasil melihat-lihat saja.''(bn-29j)

  • Seputar Tugumuda

Lomba Masak Singkong di Unissula

LOMBA masak singkong dan penyerahan hadiah untuk anak-anak berprestasi akan mengisi acara HUT Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati Unissula (IKKU) di lantai II gedung Biro Rektor Jl Raya Kaligawe Km 4, Rabu (21/8). Selain itu, diadakan pengajian dan arisan. (C10-13c)

Teknik Meditasi Sahaja Yoga

JIKA ingin hidup sehat dan mendapat pengetahuan sejati melalui meditasi, Anda bisa memperolehnya lewat teknik Sahaja Yoga. Meditasi adalah cara kuno untuk memperoleh kesehatan, keseimbangan mental dan fisik, serta untuk pencerahan diri. Peminat bisa menghubungi Purnomo telepon 08122828759. (C27-13c)

Penulisan Artikel Kesehatan

PROGRAM Doktor Ilmu Kedokteran Pascasarjana Undip bekerja sama dengan Redaksi Medika Indonesiana didukung Litbangkes Depkes menyelenggarakan pentaloka penulisan artikel ilmiah pada 23-25 Agustus di Hotel Pandanaran. Peserta bisa mendaftar melalui dr Kusmiyati DK MKes/Nata telepon (024) 8318350. (C27-13c)

Reuni SMU 1 Angkatan 1998

REUNI angkatan 1998 SMU 1 Semarang akan diselenggarakan di Ruang Borobudur Hotel Graha Santika pada 20 September mulai pukul 19.00. Peserta boleh membawa pasangan/partner. Harga tiket Rp 35.000. Informasi bisa menghubungi Erwin 08122917167, Hardian 8310928, Yossy 08122906669, dan Mila 8317069. (C27-13c)

Pertemuan IIDI di RSUP Dr Kariadi

PERTEMUAN rutin anggota Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Semarang yang sedianya berlangsung di Gedung Serbaguna Fakultas Kedokteran Undip, Jl Dr Soetomo, dipindahkan ke aula RSUP Dr Kariadi. Pelaksanaannya Kamis (22/8) mulai pukul 09.00. Demikian Sekretaris Ny Soetrisno. Acara diisi peringatan HUT RI. (hm-13c)

Lomba Resep Teh Tong Tji Diundur

KARENA banyaknya permintaan konsumen, penerimaan naskah lomba cipta kreasi minuman Teh Tong Tji (TTT) diundur hingga 2 September menurut stempel pos. Acara yang digelar Sri Ratu Pemuda telepon 3516814/3542933 bekerja sama dengan TTT, terbuka umum. Peserta boleh mengirim lebih dari satu resep. Total hadiah Rp 900.000 dan paket sponsor. Informasi di Sri Ratu Pemuda.(C22-45)

Potongan Harga LPK Mahardhika

DALAM rangka memperingati HUT ke-57 RI sekaligus HUT ke-12 LPK Mahardhika, Jalan Teuku Umar 25B dan 30, telepon 024-8315558, 8310024, memberikan potongan harga khusus Rp 1 juta untuk program studi bisnis administrasi. Lembaga yang memperoleh penghargaan dari Menteri Tenaga Kerja itu juga membuka program 1 tahun teknik komputer dan teknik otomotif. (D6-73g)

Proklamasi Indonesian Contest

SANGGAR Model Exis't Bayu Ramli Jalan Ngempon Raya 16 Karangjati Ungaran telepon 6925468 menggelar pemilihan model bertajuk Proklamasi Indonesian Contest pada 31 Agustus, pukul 15.00 di Ruang Poncowati Hotel Patra Jasa. Acara memperebutkan trofi wali kota, busana eksklusif dari Pesta 42, Elka Gunawan, uang, serta bingkisan dari Bupati Blora Basuki Widodo. (C28-13c)

Pendaftaran II Unissula

UNTUK memberi kesempatan bagi lulusan SLTA, Unissula yang memiliki tujuh fakultas, masih menerima pendaftaran mahasiswa baru gelombang II tahap II, sampai 22 Agustus di kampus Jalan Raya Kaligawe Km 4 telepon (024) 6583584. Tes akan dilaksanakan 24 Agustus pukul 08.00 di kampus itu. (C25-13)

S1 dan D3 Sastra Inggris Unimus

FAKULTAS Budaya dan Bahasa Asing Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) membuka S1 dan D3 Bahasa dan Sastra Inggris untuk lulusan SMU dan sederajat. Pendaftaran hingga 31 Agustus di rektorat Jalan Singosari 33 telepon 8452659 atau 8452660. (B6-13g)

Bimbingan Modelling Henry's

HENRY'S Fashion Design and Modelling Jalan Parang Baris VIII/ 71 Tlogosari telepon 3566284 dan 08157609500 membuka kelas baru untuk bimbingan modelling, anak-anak, remaja dan dewasa. Pendaftaran tanpa dipungut biaya. (C25-13)

Mantapbintal Akpelni

AKPELNI Jalan Pawiyatan Luhur II/17 mengadakan pemantapan dan pembinaan mental (mantapbintal), belum lama ini. Materinya penyelesaian administrasi dan konsultasi dosen wali bagi taruna/taruni yang akan memasuki semester gasal. Di samping mengadakan latihan keterampilan manajemen untuk menyiapkan staf resimen korps taruna 2002/ 2003. (D6-13)

  • Jajah Desa Milang Kori

Pemenang Foto Tempo Doeloe

SALATIGA-Empat orang berhak foto gratis dari Panitia Pameran Foto Salatiga Tempo Doeloe dan Kini, di Mal Ramayana Salatiga. Mereka adalah Iman Safari, warga Jalan Candisari 3, Ursula Penny Putri Krislia, Kota Baru 27, dan Anne Besantya Carroline, Jalan P Diponegoro 37 A (semuanya dari Salatiga) serta Triyanto penduduk Macanan 1/5 Tuntang, Kabupaten Semarang. Hadiah di Perwakilan Suara Merdeka Jl Veteran 51. (A2-13)

MTQ Pelajar Dibuka

DEMAK- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar se-Kabupaten diselenggarakan di pendapa kabupaten, Selasa-Rabu (20-21 Agustus). Acara yang rencananya dibuka oleh Bupati itu digelar Depag Demak bekerja sama dengan Pemkab. Tujuannya untuk menggali potensi dan mendorong minat para tilawah Demak berkompetisi pada tingkat nasional.(G5-73j)

Paving Kuncen Diresmikan

UNGARAN-Warga RW 11 Kuncen Baru, Kelurahan Ungaran, Kabupaten Semarang, menandai peringatan HUT Ke-57 Kemerdekaan RI dengan peresmian 1.670 meter jalan paving. Menurut Ketua Panitia Ruslan, pavingisasi di 3 RT itu menelan dana Rp 131 juta. Rp 126 juta swadaya warga dan Rp 5 juta bantuan Pemkab Semarang. (B7-73c)

  • Langgam Surakarta

Pameran Rekayasa Teknologi

KEPALA Badan Penelitian dan Pengembangan Industri dan Perdagangan (BPPIP), Sudarmasto, Selasa ini akan membuka pameran teknologi industri di Grha Wisata Niaga, Jalan Slamet Riyadi, Solo. Pameran rekayasa teknologi industri selama tiga hari itu antara lain menampilkan industri hasil pertanian, aneka industri kerajinan dan aneka industri (batik, tekstil, kerajinan).(bt-51)

Pengobatan Massal RS Kustati

BULAN Agustus ini dijadikan RSI Kustati sebagai bulan pelayanan. Berbagai upaya peningkatan pelayanan ditingkatkan, misalnya dengan membuka sentral klinik ibu dan anak dan lomba layanan unggulan bagi karyawan. Tepat 17 Agustus lalu pihak manajemen memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga di sekitar Lembaga Pendidikan Alquran Teladan di Desa Sogaten, Pajang, Kecamatan Laweyan. Tiga ratus warga mendapat kartu obat gratis yang bisa digunakan berobat gratis di RSI Kustati.(an-42c)

Wisuda Sarjana Uniba

UNIVERSITAS Islam Batik (Uniba) akan mengadakan wisuda sarjana. Staf pengajar Dra Istiatin MM menjelaskan, dalam kegiatan itu akan diwisuda 171 sarjana yang terdiri atas Fakultas Hukum 73 wisudawan, Fakultas Pertanian 5 wisudawan, Fakultas Ekonomi Manajemen 66 wisudawan, dan Fakultas Ekonomi Akuntansi 27 wisudawan.(F11-42c)

Donor Darah Pecahkan Rekor

DONOR darah yang diselenggarakan di Lippo Tower, Solo, baru-baru ini memecahkan rekor peserta terbanyak. Acara yang digelar dalam rangkaian Safari Donor Darah di 10 kota di Indonesia itu diikuti 417 pedonor.

Ketua UTCD PMI Cabang Surakarta dr H Titis Wahyuono mengatakan, sejak didirikan pada tahun 1945, donor darah yang diselenggarakan berbagai pihak paling banyak berhasil mengumpulkan 279 pedonor.

Ketua Panitia Agus B Qosim mengatakan, safari donor darah itu digelar Klub Donor Darah Lippo Karawaci, Tangerang. Tahun ini dilaksanakan di 10 kota. Targetnya diharapkan bisa mengumpulkan 4.000 kantong darah.(an-42c)

Waroeng Proklamasi di Quality

MEMPERINGATI HUT RI, Hotel Quality menggelar makan malam di Waroeng Proklamasi yang dibuka di Kafe Wiryodigdo. Pengunjung akan menikmati aneka masakan Indonesia, seperti tongseng kambing, ikan bakar, gado-gado, mi ketoprak, dan bakmi. Makanan penutup misro, jadah bakar, tempe goreng, bajigur, dan dawet cincau.(an-42c)

Ahass Gelar Servis Gratis

AHASS Prima Jaya akan menggelar servis gratis pada 24-25 Agustus. Acara itu diadakan sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-57 RI di Jl Ki Mangunsarkoro 116, Sumber, Solo mulai pukul 08.00-15.00. Servis hanya diberikan kepada pemilik motor Honda keluaran tahun 1996 ke atas. Yang mengganti spare part diberi potongan 15%.(an-42c)

  • Ojo Lali

Tewas Tertabrak KA

KLATEN - Ny Nomo Wiharjo (80), warga Dukuh Trenggulan, Desa Sumyang, Kecamatan Jogonalan, Klaten tewas tertabrak kereta barang di dekat rumahnya, Minggu lalu pukul 11.00. Nenek itu baru saja diantar keponakannya, Hariyadi untuk berobat. Setelah berobat, dia berniat pulang sendirian dengan berjalan karena dekat. Namun saat melintas di rel, tiba-tiba datang kereta barang dari arah Yogya ke Klaten. Beberapa saksi mengatakan, masinis sudah beberapa kali membunyikan klakson dan warga di sekitar tempat kejadian juga berteriak mengingatkan. Namun karena sudah tidak bisa mendengar, nenek itu tetap melangkah. Akhirnya, Ny Nomo tertabrak dan meninggal di tempat kejadian. Tak lama kemudian petugas Polres Klaten datang ke lokasi dan korban dibawa ke rumah sakit.(F5-14c)

Pemeriksaan Osteoporosis

SUKOHARJO- Sekitar 150 pegawai Pemkab Sukoharjo, kemarin mengikuti pemeriksaan osteoporosis (kekeroposan tulang-Red) di Gedung Korpri. Kegiatan tersebut digelar gratis oleh Pemkab Sukoharjo bekerja sama dengan dr Iman Budiarto SpS, RSU Sukoharjo, dan Aventis Pharma Surakarta.(G10-14j)

Gelar Diklat Otomotif

SUKOHARJO- Dua puluh enam lulusan SMK di Kecamatan Weru, Sukoharjo yang kini masih menganggur akan mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) mekanik otomotif. Kegiatan tiga bulan LSM Jaringan Ekonomi Masyarakat dan Pendidikan Politik (Jemppol) tersebut akan dimulai hari ini. ''Diklat ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan, terutama para penganggur dan anak putus sekolah,'' jelas Ketua LSM Jemppol Heru Putranto.(G10-14j)

PK Adakan Pengobatan Murah

SUKOHARJO- DPD Partai Keadilan (PK) Bidang Kewanitaan, kemarin mengadakan Pos Wanita Keadilan Kelurahan Gupit, Kecamatan Nguter, Sukoharjo. Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan murah tersebut mendapat respons positif warga. ''Kegiatan ini akan terus kami lanjutkan lantaran masih banyak warga yang membutuhkan bantuan,'' papar Ketua Bidang Kewanitaan PK Sri Rahayu AMd.(G10-14j)

Masyarakat Banjiri Pameran

KARANGANYAR- Pameran dan Promosi 2002 yang digelar selama sepekan 13-18 Agustus lalu di Gedung Wanita Karanganyar mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Ribuan warga memadati arena pameran tersebut. Ramainya arena sekaligus berkah bagi pengusaha ekonomi lemah yang mengikuti pameran itu. Untuk mendapatkan masukan masyarakat, Kantor Komunikasi dan Informasi (KIK) menyebar 1.000 angket, yang dikembalikan 852 angket. Isinya, 824 meminta pameran digelar rutin, 26 lembar tidak menjawab, dan 2 lembar menyatakan tidak setuju pameran diadakan.(an-14)

  • Lintas Pantura

Terminal Blado Diresmikan

BATANG-Kepala Kantor Perhubungan Batang Bambang Hindrarso SH, kemarin, meresmikan pengoperasian Terminal Blado sebagai terminal angkutan barang/mobil tipe C. Hadir Kepala Bappeda Sutadi SH, Kepala DPU Ir H Soeharyono MT, anggota DPRD Batang dari distrik Blado Subandi, Muspika, dan tokoh masyarakat. ''Mulai sekarang terminal Blado akan ditangani Kantor Perhubungan. Semua manajemen disempurnakan. Hal itu dimaksudkan agar Blado menjadi kota di kawasan selatan,'' ujar Bambang Hindrarso SH. (ar-68c)

17 Pekerja Seks Terjaring

PEMALANG - Tujuh belas perempuan pekerja seks komersial terjaring operasi rutin yang dilakukan Satserse Polres Pemalang. Mereka dikenai tindakan pidana ringan. Polisi juga menyita 256 botol minuman keras berbagai merek. Kapolres lewat Kasatserse AKP Supriyadi mengatakan, sejumlah pekerja seks itu digaruk ketika beroperasi di depan Terminal Induk Pemalang dan pinggir jalan untuk merayu lelaki hidung belang. Minuman keras diperoleh dari sejumlah warung di kompleks Pasar Pagi. (sf-68c)

  • Wara - Wara

Pemkab-PKK Adakan Nikah Massal

BLORA-Pemkab Blora bekerja sama Tim Penggerak PKK akan mengadakan nikah massal. Menurut Kabag Humas Slamet Pamudji SH sampai saat ini sudah tercatat 34 pasangan yang akan mengikuti program tersebut. Target semula untuk tahap pertama akan dinikahkan 40 pasang dari beberapa kecamatan yang ada di Blora.

Dikatakan, pelaksanaan ijab di KUA masing-masing kecamatan, sedangkan acara resepsi dijadwalkan sebelum 3 September. ''Mengenai tempat ada beberapa alternatif, bisa di pendapa atau di Sasana Bhakti,'' jelas dia.(ud-42)

  • Lereng Merapi

Air Mancur Berfungsi Lagi

MAGELANG- Setelah bertahun-tahun rusak, air mancur di Alun-alun Kota Magelang berfungsi kembali. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan keindahan, khususnya pada siang hari. "Dalam waktu dekat akan dipasang lampu, sehingga bisa terlihat indah pada malam hari," ungkap Kepala Kantor Pengelola Dampak Lingkungan (PDL) Ir Sudijono, kemarin.

Supaya tidak dipakai untuk mandi, cuci dan kakus oleh gelandangan, pengemis, dan warga lain, pintu pagar air mancur digembok. "Saya minta warga ikut merawat, sehingga keindahan terjaga."(P60-42j)

Kursus Penerapan Teknologi

YOGYAKARTA- Dalam rangka meningkatkan peran UGM mendukung sumber daya manusia di seluruh Indonesia, Program Diploma Teknik Sipil (Teknik Sipil Terapan) FT UGM mengadakan kursus singkat "Penerapan Teknologi Tepat Guna Bidang Sipil dan Penyelesaian Konflik di Daerah". Kursus dilaksanakan 13-14 Agustus di kampus UGM dan diikuti 19 delegasi dari Pemkot Samarinda dan berbagai dinas di kota tersebut.

Kursus singkat itu merupakan gelombang V dalam dua tahun terakhir. Kursus IV sebulan lalu diikuti 10 delegasi DPRD Kabupaten Pasuruan, sedangkan kursus periode sebelumnya datang dari berbagai daerah seperti Kabupaten Gianyar (Bali), Bontang (Kaltim), Kudus (Jateng), dan Kabupaten Lombok. Kursus didukung dosen-dosen S-1 dan S-2, antara lain Dr Ing Ir Agus Maryono, Dr Ir Heru Sutomo MSc, Dr Ing Andreas Triwiyono, dan Ir Hotma Prawoto S MT.(P12-42j)

Sosialisasi Penanggulangan Bencana

KEBUMEN- Kantor Perlindungan Masyarakat (Linmas) Pemkab Kebumen bersama Bappeda, Selasa dan Rabu besok menyosialisasikan penanggulangan bencana alam. Kegiatan diikuti 150 peserta dari 58 desa yang rawan bencana dan unsur terkait di Kebumen.

Kabid Fisik Prasarana Bappeda Ir Djoenedi Fatchurahman MSi mengemukakan, sosialisasi akan dibuka Bupati Dra Rustriningsih di Gedung Transito Jalan Cendrawasih. Pembicara antara lain Kepala Balai Sabo Yogyakarta Ir Agus Sumaryono Dilp HE, peneliti Sabo Ir Haryadi Djamal, Pimpro Sabo Technical Center (STC) Ir Haryono Dipl HE dan Ir Subarkah Dipl HE.(B3-42j)

1.341 Sarjana Baru UGM Diwisuda

YOGYAKARTA- Seribu tiga ratus empat puluh satu sarjana baru UGM Yogyakarta, kemarin diwisuda Rektor Prof Dr Sofian Effendi MPIA di Gedung Graha Sabha Pramana. Mereka terdiri atas 963 sarjana bidang eksakta dan 278 bidang noneksakta. Dengan demikian, hingga kini UGM telah menghasilkan 89.376 lulusan terdiri atas 52.487 sarjana eksakta dan 36.889 sarjana noneksakta.

Dari jumlah itu, dilaporkan yang mampu mencapai prestasi dengan predikat cum laude 128 orang yang terdiri atas 46 wisudawan dan 82 wisudawati. Ternyata untuk periode tersebut jumlah wanita yang mencapai predikat cum laude lebih banyak dari pria dengan skor 82:46. Sementara itu, IP tertinggi diraih Gunadi lulusan Fakultas Kedokteran, yaitu 3,95.(P12-42j)

Karnaval HUT RI Meriah

KEBUMEN- Karnaval HUT Ke-57 RI yang diselenggarakan Pemkab Kebumen, Senin sore kemarin disambut masyarakat dengan antusias. Acara dimulai dari halaman Kantor Subdinas Perhubungan Jalan Indrakila yang dilepas Bupati Dra Rustriningsih. Sepanjang rute melewati jalan protokol seperti Jalan Indrakila, Tentara Pelajar, HM Sarbini hingga di dalam kota, warga dengan sabar menunggu di tepi jalan raya.

Berbagai kantor dinas menampilkan maskot di atas mobil, demikian pula perusahaan swasta dan partai politik. Sehari sebelumnya, di Gombong telah digelar pawai sepeda keliling kota. Animo warga itu diduga lantaran dua tahun terakhir HUT RI di Kebumen tak ada pawai.(B3-42j)

  • Eling - Eling

Pendidikan Kepengacaraan

BANYUMAS- Yayasan Utrecht Purwokerto membuka Lembaga Pendidikan Kepengacaraan program 2 bulan. Menurut ketuanya Irza Syahbanu Putra SH, peserta angkatan I sebanyak 30 orang dan kegiatan perkuliahan mulai 18 Agustus di Kampus AMIK.

Tenaga pengajarnya antara lain R Joedjono SH, Sjarnubi SH (Ketua PN Purwokerto), Siswantoro SH (Kajari Purwokerto) serta beberapa pengacara dan dosen. (P52-68)

Yang Disebar Undangan Pelantikan

BATURRADEN - Sekdes Rempoah Kecamatan Baturraden, Martosudirjo, menyatakan pihaknya hanya menyebarkan undangan pelantikan kades setempat. Kalau ada undangan kepada pihak tertentu untuk mengadakan dialog dengan muspida, muspika, BPD, sekdes untuk membahas permasalahan pilkades, di luar pengetahuannya.

Hal ini disampaikan menanggapi pernyataan Imam Sulkani dari Forum Peduli Masyarakat (FPM) Desa Rempoah yang akan melakukan dialog dengan BPD untuk mempertanggungjawabkan pelantikan tersebut (SM 1/8). Martosudirjo juga menjelaskan pihaknya tidak mencalonkan diri sebagai kades. ''Yang mencalonkan adalah mantan kades, Tohid Dirjosumarto.(ash-47)

PMI Obati Balita Tunawisma

PURWOKERTO - Memperingati HUT ke-57 RI, PMI Cabang Banyumas mengadakan pengobatan massal terhadap anak-anak Balita di Perkampungan Dayak, yang dihuni tunawisma di Kelurahan Karangklesem, Kecamatan Purwokerto Selatan.

Mereka juga akan diberi makanan tambahan dan obat cacing. Pemeriksaan dilakukan dr Gondo Wulandari. ''Warga yang mendaftar mencapai 80 orang,''kata Subiyantoro, Humas PMI. Kegiatan ini bekerja sama dengan LSM Biyung Emban, yang mengelola mereka.(in-47)

Jatuh dari Pohon Kelapa

BANYUMAS - Nasib penderes tua Wiyono (75) mengenaskan. Ketika jatuh dari pohon kelapa setinggi 12 meter di belakang rumahnya, Kamis, dia langsung meninggal dunia. Tulang belakang patah dan gegar otak, setelah jatuh penderes itu belum sempat dibawa ke rumah sakit.

Menurut Yatiman (50), sekitar pukul 06.00, seperti biasa, Wiyono menyadap nira. Ketika sampai di atas pohon dan memegang pelepah, tiba-tiba pelepas itu patah dan dia terjatuh bersama pongkor dan aritnya. Korban menderita luka parah.(in-47)

  • Sekilas Ekonomi

Dupont Kuasai 30% Obat Pertanian

WONOSOBO-Manager pemasaran PT Dupont Agriculture Product Indonesia wilayah Jateng Ir Deddy Koerniawan mengatakan, hingga saat ini di daerah dataran tinggi Dieng dan sekitarnya, produknya mampu meraih atau menguasai pasar obat-obatan pertanian sebesar 30 persen hingga 35 persen. Padahal, kata Ir Deddy, di wilayah pegunungan tersebut ada 20 produk obat pertanian yang dipasarkan. Ia mengatakan hal itu di sela penyerahan bantuan 200 paket alat tulis, alat peraga dan olah raga bagi sekolah di Kecamatan Kejajar Wonosobo, kemarin,

Menurut dia, petani tertarik dan merasa cocok menggunakan obat pertanian produk PT Dupont karena berbagai faktor. Di antaranya, harga yang kompetitif, memberikan nilai tambah dan ramah lingkungan. Untuk mengenalkan produk baru, lanjutnya, seringkali pihak perusahaan membuat demplot area di lahan-lahan petani. Dalam hal ini, kelompok-kelompok tani diajak menyaksikan demplot maupun diberikan bimbingan dan penyuluhan.(P55-69)

General Motors Tampilkan Mobil Unggulan

JAKARTA-PT General Motors Indonesia (GM Indonesia) ikut serta memeriahkan Jakarta Motor Show 2002 lewat produk unggulannya di Convention Centre, Sabtu lalu. Anjungannya menampilkan empat jenis kendaraan merek Chevrolet, Opel, dan Subaru.

''Kami bangga dapat menjadi bagian acara itu dan menampilkan sebagian produk-produk terbaru GM serta mitra kami, Subaru,'' kata Harold Koh, Presiden Direktur GM Indonesia.

GM dan Subaru, lanjut dia, memperkenalkan New Forester kepada para pengunjung Jakarta Motor Show. Mobil yang mulai dipasarkan sejak 20 Juli di dealer-dealer GM AutoWorld memiliki konsep active driving, active safety. (wgm-53)

  • Lintas Arena

Angie Peringkat 73, Wynne 100

JAKARTA - Petenis putri Indonesia Angelique Widjaja yang akrab disapa Angie turun satu tingkat dari peringkat 72 ke 73 dunia, dalam daftar yang disiarkan Asosiasi Tenis Putri (WTA), Senin kemarin. Petenis putri Indonesia yang lain, Wynne Prakusya melorot ke peringkat 100 setelah pekan lalu dia menempati peringkat 86.

Pada peringkat ganda, Wynne memantapkan diri pada posisi ke-34, naik setingkat dari posisi sebelumnya. Angie turun setingkat dari 87 ke 88 dunia. Kedua petenis papan atas Indonesia itu kini tengah mengikuti turnamen tenis Pilot Pen di New Haven Amerika Serikat yang menyediakan hadiah total 585.000 dolar AS.

Meski gagal masuk babak utama nomor tunggal, Angie dan Wynne yang berpasangan pada nomor ganda berhasil masuk babak utama. (ant-22e)

Paradorn Srichapan Gagal

INDIANAPOLIS - Greg Rusedski dari Inggris dan James Blake dari AS menjuarai turnamen tenis di Indianapolis dan Washington yang masing-masing menyediakan hadiah total 800.000 dolar AS, kemarin. Rusedski merebut gelar ke-12 dalam kariernya melawan petenis Spanyol, Felix Mantilla 6-7 (6-8), 6-4, 6-4.

Bagi Blake, keberhasilan kali ini merupakan yang pertama dalam kariernya mengikuti ATP Tour. Dia mengalahkan atlet Thailand Paradorn Srichaphan 1-6, 7-6 (7-5), 6-4. Kedua juara itu merebut 111.600 dolar.

Dalam pertandingan final tunggal putri turnamen tenis seri WTA di Montreal berhadiah 1,2 juta dolar, Amelie Mauresmo dari Prancis mengalahkan kebanggaan AS, Jennifer Capriati 6-4 6-1 dan merebut 282.100 dolar. (ant-22e)

  • Sepak Pojok

Bintoro Libas BTS 4-0

SEMARANG - PS Bintoro melibas BTS Batan Miroto 4-0 pada pertandingan babak ketiga turnamen sepakbola Piala Wali Kota III di Lapangan Pedurungan Kidul Semarang, kemarin. Mantan pemain PSIS Ori Kambuaya dan Fajar masing-masing mencetak dua gol kemenangan Bintoro. Hasil itu mengantar Bintoro menantang Bulusan pada babak "8 Besar", 25 Agustus mendatang. Pada sore nanti akan bertanding PS Harum Plamongan melawan Semut Ireng. (A4-57e)

Porda II Banyumas Dimulai

PURWOKERTO - Kompetisi sepakbola Porda II Kabupaten Banyumas mulai diputar di Stadion Satria, Purwokerto, Selasa sore nanti. Kejuaraan diikuti 27 kesebelasan mewakili tiap-tiap kecamatan. Ketua Panitia Penyelenggara Suparno SH mengatakan, pada hari pertama tim Wangon bertemu dengan Pekuncen. Kompetisi itu untuk memacu pembinaan di daerah. Baru kali ini roda kompetisi berjalan. (bd-57e)


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Budaya | Olahraga
Internasional | Wacana | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA