logo SUARA MERDEKA

Line
 INDEKS BERITA HARI INI Sabtu, 6 Juli 2002 
Line


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Budaya
Wacana | Ragam | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin

JAWA TENGAH

Pantura
60% Pabrik Tekstil Kurangi Jam Kerja
  • Terancam PHK Besar-besaran

PEKALONGAN - Sejak bulan lalu, sekitar 60% pabrik tekstil di Kota Pekalongan mengurangi jam/hari kerja karyawannya.

pembatas Pantura
Pasar Lesu, 279 Buruh Di-PHK

KAJEN - Akibat kelesuan pasar, beberapa perusahaan tekstil di Kabupaten Pekalongan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Dalam kurun Mei sampai Juni , 279 karyawan terkena PHK.

pembatas
Pantura
Kontraktor IMB Akan Diserahkan ke Kejaksaan
  • Tak Penuhi Tunggakan Rp 300 Juta

BREBES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes terpaksa menempuh jalur hukum atas tunggakan IMB (izin mendirikan bangunan) yang ditangani PT Primaaji Sentra Mulia (PSM) Semarang. Sebab, PT itu dianggap ingkar janji dalam memenuhi setoran ke pemkab.

pembatas Pantura
Sopir Angkutan Penumpang Akan Diberi Seragam

BATANG - Untuk memberikan kenyamanan dan menumbuhkan semangat kebersamaan, sopir angkutan penumpang di Kabupaten Batang akan diberi seragam baju oleh Kantor Perhubungan. Sebagai tahap pertama, akan diberikan 500 pasang, sedangkan kekurangannya menyusul.

pembatas
Pantura
SMK Pelayaran Bahari Kota Tegal
Alumninya Diserap Pelayaran Internasional

SERATUS sembilan puluh empat taruna dan taruni SMK Pelayaran Bahari Kota Tegal bersorak girang. Wajar saja. Jerih paya mereka selama rentang tiga tahun bergelut dengan pelajaran yang memeras tenaga dan pikiran akhirnya membuahkan hasil.

pembatas Pantura
Pemkot Belum Mampu Bantu Seluruh TPQ

PEKALONGAN - Pemkot Pekalongan mengakui hingga kini belum mampu membantu seluruh Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) yang berjumlah 146 tempat. ''Tahun ini Pemkot baru membantu Rp 97 juta untuk 97 TPQ, dengan ketentuan setiap TPQ menerima Rp 1 juta,'' kata Kepala Kantor Pelayanan Kesejahteraan Sosial Kota Pekalongan, Drs Mulyadi, (5/7).

pembatas
Pantura
Penyimpangan Proyek APBD 2001 Ditindaklanjuti
  • Perkara di Kepolisian Ditagih

TEGAL - Dugaan penyimpangan proyek pembangunan dalam APBD 2001 yang diungkapkan sejumlah fraksi dalam pendapat akhir menjelang penetapan APBD 2002, Kamis (6/6) lalu, ditindaklanjuti Kejari Kota Tegal.

pembatas Pantura
Dirugikan Kebijakan Beras Impor

KAJEN - Para petani di Kabupaten Pekalongan meminta pemerintah meninjau ulang kebijakan beras impor, karena dinilai merugikan mereka. ''Kebijakan beras impor sangat merugikan kami, karena harga beras lokal menjadi tidak stabil,'' ujar Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Pekalongan H Mashur dalam sarasehan KTNA dan temu lapang tingkat Kabupaten di Kesesi, kemarin.

pembatas
Pantura
DPRD Tunda Persetujuan Raperda tentang Bantuan Partai Politik

PEKALONGAN - DPRD Kota Pekalongan kemarin bersepakat menunda persetujuan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik Kota Pekalongan. Namun raperda itu tetap akan diperdakan setelah pemerintah pusat berhasil menyelesaikan pembahasan RUU perubahan UU Nomor 2 Tahun 1999 ...

pembatas Pantura
Soal PKL, Pemkab Tak Memiliki Konsep Jelas
  • Penempatan di Lahan TNI

SLAWI - Keruwetan penertiban 186 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di Jl Letjen Suprapto (depan Pasar Slawi) mencerminkan Pemkab tidak memiliki konsep yang jelas mengenai tata ruang kota.

pembatas
Pantura
Kasus Penganiayaan Satgas PDI-P ke Kejaksaan

BREBES - Kasus pidana menonjol selama proses pemilihan kepala daerah (pilkada), ternyata ditangani serius jajaran Polres Brebes. Itu terbukti dari keseriusan penyidikan dan pemberkasan dua kasus tersebut, yakni perbuatan tak menyenangkan dan penganiayaan anggota Satgas PDI-P dan Banser.

pembatas Pantura
PPP Abaikan Kehadiran PPP-R

PEKALONGAN- PPP Kota Pekalongan mengabaikan pendirian PPP-Reformasi yang akan dipimpin Achmad Barowi Dardiri. Ulama dan kiai PPP hingga kini tak ada yang pindah ke partai baru itu.
''Jadi, meski berdiri di Kota Batik, PPP-R tak akan berpengaruh terhadap suara PPP dalam Pemilu 2004 mendatang,'' kata Wakil Ketua DPC PPP Kota Pekalongan H Machmud Masjkur, kemarin.

pembatas
Pantura
Sate Loso, Makanan Khas yang Langka

PENGGEMAR sate, sate kambing, sapi, ataupun kerbau yang datang ke Pemalang, belum lengkap kalau belum makan sate loso. Makanan ini memang kurang populer dibandingkan dengan grombyang atau lontong dekem, tetapi kenikmatannya tidak kalah .

pembatas Pantura
Tarif Bus Naik 25 %

SLAWI - Bus umum antarkota antarprovinsi (AKAP) yang beroperasi di wilayah Slawi, Tegal, dan Purwokerto sejak 1 Juli menaikkan tarif hingga 25%. Keputusan tersebut berdasarkan SK DPP Organda SKEP 063/K/DPP/XVI/2002 tentang kenaikan tarif angkutan bus AKAP.

pembatas
Pantura
"TV Itu Hadiah Ulang Tahun Saya"
  • Pemenang Utama Tebak Juara

TEGAL - Hadiah ulang tahun paling menggembirakan barangkali hanya dialami Ida Iswati. Staf Depag Kabupaten Tegal itu, pada Senin 8 Juli mendatang, akan merayakan ulang tahun ke-31.

pembatas Muria
LPJ Ditolak, Intimidasi Pengurus BPD
  • Kepala Desa Garungkidul Diadukan ke Polisi

KUDUS - Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) ES Djamdjuri BA melaporkan Kepala Desa Garungkidul, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, Sehono SH ke polisi dan Bupati HM Amin Munadjat.

pembatas
Muria
Harga Jual Gula Petani Semakin Terpuruk

PATI - Akibat sweeping yang dilakukan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) terhadap beberapa pedagang dan pemilik toko yang dicurigai membeli raw sugar, menyebabkan harga jual gula petani di Pati, semakin terpuruk. Dampak yang muncul tersebut, sebelumnya seperti tak pernah terpikirkan oleh asosiasi itu.

pembatas Muria
Konsep "Ratubangnegoro" Dipertanyakan

CEPU - Konsep pengelolaan paket wisata antardaerah Blora - Tuban - Rembang - Bojonegoro (Ratubangnegoro) dipertanyakan karena ada kesan hanya slogan. Terbukti hingga sekarang belum ada realisasi bentuk penyusunan paket wisata bersama.

pembatas
Muria
Puluhan Pohon Jati Alam Dijarah

BLORA - Grafik penjarahan kayu jati di BLora memang menurun. Namun, yang memprihatinkan adalah puluhan kayu jati alam berusia ratusan tahun lebih yang raib di wilayah KPH Cepu dan Blora.

pembatas Muria
Sebuah Impian Bupati Hendarsono

"Saya pernah bermimpi, Rembang menjadi daerah maju. Kotanya ramai, banyak tumbuh industri, dan rakyatnya makmur. Mudah-mudahan impian saya menjadi kenyataan," kata Bupati H Hendarsono.

pembatas
Kedu & DIY
Banyak Tanaman Nilam Terancam Gagal Panen
  • Akibat Kekurangan Air

MUNGKID - Banyak tanaman nilam yang kekurangan air di musim kemarau ini. Akibatnya, produksi tanaman yang menjadi bahan baku minyak wangi atau parfum tersebut menjadi berkurang.

pembatas Kedu & DIY
Keputusan Panitia Pilkades Dianggap Sah
  • Meski Kedua Calon Saling Mengadu ke DPRD

MUNGKID - Aminuddin SSos, calon Kades Wonogiri yang kalah dalam pilkades, balik diadukan ke DPRD Kabupaten Magelang oleh pendukung Muh Mansur, calon kades yang menang.

pembatas
Kedu & DIY
Mutu Pendidikan Memprihatinkan

PURWOREJO - Mutu pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Hal itu tercermin antara lain dari hasil studi kemampuan membaca untuk SD, Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi.

pembatas Kedu & DIY
Semiloka Amandemen UUD'45

YOGYAKARTA - Sebagian besar elemen bangsa menyadari betul adanya tuntutan reformasi untuk melakukan amandemen terhadap UUD'45. MPR telah melakukan amandemen kesatu sampai ketiga, sedangkan sekarang ini sedang dipersiapkan amandemen keempat UUD'45.

pembatas
Kedu & DIY
Penyu Raksasa Terdampar di Pantai Puring

KEBUMEN - Seekor penyu raksasa jenis belimbing (dermochelys coriacea) ditemukan warga pantai selatan Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kebumen. Penyu itu memiliki panjang 1,90 meter dan berat diperkirakan dua kuintal atau hanya mampu dipikul lima orang.

pembatas Kedu & DIY
Fraksi PDI-P dan PKP Rombak Personalia Komisi

MUNGKID - Fraksi PDI-P dan PKP DPRD Kabupaten Magelang merombak susunan personalia di komisi, Panitia Anggaran serta Panitia Musyawarah. Alasannya, untuk memaksimalkan peran anggota legislatif. "Kami meminta Pimpinan DPRD agar menetapkan dengan surat keputusan,"

pembatas
Kedu & DIY
Balap Merpati untuk Promosi Daerah

BISAKAH lomba merpati balap dijadikan sarana mempromosikan daerah?. Berawal dari kegemarannya memelihara burung merpati, Wali Kota Magelang H Fahriyanto berobsesi menyelenggarakan lomba yang dampaknya bisa mengenalkan Kota Magelang kepada masyarakat luar.

pembatas Kedu & DIY
Tes Masuk SLTP Berlangsung Lancar

MAGELANG - Tes atau seleksi penerimaan siswa baru (PSB) SLTP Negeri di Kota Magelang berlangsung aman dan lancar. Hal itu berkat partisipasi semua pihak, khususnya para guru dan karyawan sekolah dibantu petugas dari Dinas Pendidikan, sejak pembuatan hingga soal digandakan (diperbanyak).

pembatas
Banyumas
Kali Donan Tercemar Limbah Pertamina
  • Husni : Pencemaran Sudah Berkurang

CILACAP - Sekitar 40 tokoh nelayan dari Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, mendatangi DPRD. Mereka mengadu soal pencemaran di Bengawan Donan akibat limbah cair berasal dari Pertamina Unit Pengolahan (UP) IV Cilacap.

pembatas Banyumas
Tanaman 144 Ha Sawah di Cilacap Puso

CILACAP - Akibat kemarau panjang, 30.176 hektare sawah di Kabupaten Cilacap terancam kekeringan. Bahkan tanaman padi 144 ha di antaranya sudah dinyatakan puso. Namun kekeringan yang melanda wilayah itu belum memengaruhi produksi padi tahun ini. Sebab, 80% tanaman padi di lahan yang dilanda kekeringan sudah memasuki fase siap panen.

pembatas
Banyumas
"Polri Hargai Kaum Wanita ..."

MASIH sedikit polisi wanita (Polwan) yang menduduki jabatan setrategis di jajaran kepolisian. Satu dari polisi wanita karier itu adalah Komisaris Polisi (Kompol) Nellyda Rumapea (45). Dia kemarin resmi menjabat sebagai Wakapolres Cilacap, setelah dilantik oleh Kapolres Cilacap AKBP Arif Wahyunadi.

pembatas Banyumas
Derita Rochyati, sejak Lahir Tanpa Anus

DENGAN suara bendeng, Rochyati (4) menjawab pertanyaan Suara Merdeka, ingin sekolah di mana kelak. "Ngggkhaaa", yang dimaksudnya adalah sekolah TK. Itulah semangat ingin sekolah dari bocah perempuan anak pasangan Hadriyanto (26) dan Wiwik Sugiyarti (23), warga Desa Cilopadang Kecamatan Majenang Cilacap.

pembatas
Banyumas
Surya: Saya Tak Paksa Pelepasan Kain Hitam

PURWOKERTO - Seniman teater Surya Esa mengatakan secara pribadi tak setuju pemasangan kain hitam di gedung DPRD Banyumas, tetapi tidak memaksakan kehendak untuk melepas atau tetap dipasang. Masalah tersebut diserahkan kepada warga Banyumas saja, mau bagaimana menyikapinya.


Berita Utama | Semarang | Sala | Jawa Tengah | Olahraga | Internasional | Budaya
Wacana | Ragam | Ekonomi | Fokus | English | Cybernews | Berita Kemarin
Copyright© 1996 SUARA MERDEKA