image

foto: istimewa

09 Oktober 2017 | 12:00 WIB | Musika

Imajinasi The Killers terhadap Keindahan Badai Gurun

Album   :Wonderful Wonderful 
Artis      :The Killers 
Produksi:Island/ 2017

WONDERFULWonderful adalah album kelima dari The Killers. Album ini dirilis 22 September 2017 di bawah label Island Records. Sebelumnya, The Killers sempat merilis album Battle Born di tahun 2012. Ihwal penggarapan album ini, berawal ketika Brandon Flowers memiliki gagasan di bulan Mei 2015 bersama gitaris Dave Keuning untuk menggarap album baru The Killers. Para personel The Killers lalu berkumpul lagi di studio sejak Oktober 2015. Mereka menggarap di Battle Born Studio dan juga menyewa sebuah rumah di taman nasional Joshua Tree dan San Diego. 

Album ini diproduseri Jacknife Lee dan Ryan Tedder. Nama Jacknife Lee adalah rekomendasi dari Bono sang vokalis U2. Bersama Lee, The Killers menggarap album dari Oktober 2015 hingga Mei 2017.

Menurut Brandon, ide pemberian judul album Wonderful Wonderful adalah berasal dari imajinasi mereka saat berada di sebuah gurun pasir lalu melihat badai gurun sebagai sebuah keindahan. Album berisi 10 lagu ini, kaya akan pola musik selain musik rock. Sebut saja ada nuansa disco funk hingga sentuhan pop. Tak heran jika menyimak pola musik The Killers ini ibarat Duran Duran dan U2 di era 1980-an. Berikut review album Wonderful Wonderful dari The Killers: 

Wonderful Wonderful: dibuka sound keyboard dari Brandon sepanjang dua bar yang nada-nadanya menyerupai nada-nada lagu "Nightmare"nya MSG. Kemudian disusul dengan dentaman bas Mark sepanjang tiga bar. Saat vokal Brandon masuk ke bagian verse, hentakan drum Ronnie yang variatif seolah berunision dengan dentaman bas Mark. Kemudian saat masuk ke bagian reffrain lagu hentakan berubah menjadi slow bit funk. Pada bagian akhir lagu ini, Dave mulai memainkan drive-drive gitarnya, kemudian lagu ditutup dengan permainan dentaman bas dari Mark. 

The Man: sound keyboard Brandon yang memainkan nada-nada semakin tinggi. Kemudian hentakan musik berbirama 2/4 mid tempo mengiringi vokal Brandon di bagian verse lagu ini. Termasuk di bagian reffrain lagu ini. 

Rut: vokal Nina Frecher masuk ke bagian intro lagu ini. Menyusul vokal Brandon di bagian verse beriring sound synthebas. Kemudian saat akan masuk ke bagian reffrain, hentakan musik berubah menjadi contra bit. Selanjutnya bagian verse dan reffrain lainnya juga beriring hentakan musik contra bit. Bagian jeda lagu ini sempat diisi permainan gitar Dave dan disusul vokal Brandon di bagian bridge lagu yang beriring hentakan musik contra bit. Vokal Nina menutup lagu ini beriring sound kibor dari Brandon. 

Life to Come: Vokal Brandon masuk ke bagian verse beriring petikan gitar Dave. Saat akan masuk ke bagian reffrain, Mark mulai memainkan dentaman bas yang rapat beriring hentakan drum Ronnie dalam birama 2/4 mid tempo. Saat masuk ke bagian reffrain lagu, hentakan musik berbirama 2/4 mid tempo pun meluncur. Gaya musik semacam ini mencoba mengingatkan pada gaya musik U2 yang menampilkan dentaman bas nan rapat serta permainan gitar nan rapat 

Run for Cover: patern gitar yang rapat dari Dave membuka lagu ini sepanjang enam bar. Tetapi pada bar ke-4 hentakan musik rock up tempo membuka lagu ini sampai akhirnya mengiringi vokal Brandon dari bagian verse dan berlanjut ke bagian reffrain. 

Tyson vs Douglas: sound efek membuka lagu ini yang menyajikan suasana keriuhan, kemudian hentakan musik rock up tempo masuk mengiringi vokal Brandon di bagian verse. Termasuk ke bagian reffrain lagu ini. Vokal Brandon yang melengking tinggi beriring dengan sound kibor permainannya. Saat masuk ke bagian verse lagi, vokalnya berselingan dengan drive-drive gitar Dave. Bagian jeda lagu ini menyajikan drive-drive gitar dari Dave. 

Some Kind of Love: sound keyboard membuka lagu ini beriring dengan vokal Brandon di bagian verse. Selanjutnya hentakan musik slow bit funk mengiringi vokal Brandon di bagian verse kedua. Hentakan musik slow bit funk masih mengiringi vokal Brandon di bagian reffrain. Menyusul drive-drive gitar yang dimainkan Dave hingga masuk ke bagian jeda lagu. 

Out Of My Mind: sound keyboard membuka lagu ini, menyusul hentakan funk bit mid tempo beriring sound keyboard sepanjang empat bar. Selanjutnya giliran vokal Brandon masuk ke bagian verse dan masih beriring hentakan musik funk bit mid tempo. Termasuk di bagian reffrain lagu. 

The Calling: Woody Herelson membuka lagu ini dengan narasi. Selanjutnya hentakan musik beribirama 2/4 mid tempo mengiringi vokal Brandon di bagian verse yang berselingan permainan gitar Dave. Hentakan musik berbirama 2/4 mid tempo juga masih berlanjut di bagian reffrain lagu ini. Bagian bridge dari lagu ini seolah terjadi unision antara vokal Brandon dengan hentakan drum Ronnie serta 
dentaman bas Mark.  

Have All The Songs Been  Written?: Sound keyboard membuka lagu ini, menyusul vokal Brandon di bagian verse lagu ini yang masih beriring sound keyboardnya. Tak lama kemudian Mark Knopler dari Dire Straits sebagai gitaris tamu, mulai memasukkan sound drive-drive gitarnya yang berselingan dengan vokal Brandon. Hentakan musik berbirama 2/4 bertempo lambat kemudian masuk mengiringi vokal Brandon. Selain itu Dave juga memainkan patern gitar yang rapat pada lagu ini beriring hentakan musik berbirama 2/4 slow tempo.

(Nugroho Wahyu Utomo /SMNetwork /CN40 )