image

Rilis International Clubbing Experience (ICE) Mencari Jawara EDM Indonesia. (suaramerdeka.com/Benny Benke)

08 Maret 2018 | 23:03 WIB | Musika

Mencari Jawara EDM Indonesia dalam ICE

JAKARTA, suaramerdeka.com- Mengulang kesuksesan program International Clubbing Experience (ICE) 2017. Yang merupakan bagian dari project lCEPERlENCE.ID yang diinisiasikan DanceSignal, akan kembali digelar untuk memberikan warna tersendiri di industri Electronic Dance Music [ EDM ] di Indonesia.

Di tahun ke-2 ini, kembali diadakan dengan konsep baru hasil kolaborasi Akhda [DanceSignal ] dan Dixie [1945 ] dengan mengusung visi yang sama. Yaitu untuk mendukung penuh perkembangan industri Electronic Dance Music (EDM) di Indonesia, via sebuah gerakan positif dikalangan milenials penikmat, dan pelaku industri EDM. "Dengan pengembangan dari segi bonding Identity Engagement dalam berbagai program interactive sepanjang tahun 2018," ujar Achda, dari EO DanceSignal di Jakarta, Kamis (8/3).

Dengan tagline We Cool, We Party, We Upgrade! program ini membuka kesempatan seluas-luasnya secara bersama-sama membangun gerakan networking di dalam komunitas muda. Yang dinilai selalu update, well educated, fun, positive mind dan trendsetter spirit” pada generasi millenials.

"Program ini dirancang untuk mencari DJ dan Produser berkualitas internasional. Juga mencari The Coolest Clubbers di area Jakarta dan Bandung yang secara exclusive akan diberangkatkan ke Belanda untuk hadir, terlibat, dan turut merasakan event yang menjadi tolak ukur industri EDM di dunia yaitu Amsterdam Dance Event (ADE) 2018," imbuh dia.

Untuk mendukung hal itu, ajang ini jadir dengan beberapa rangkalan kegiatan. Seperti Club Party Series. Merupakan kompetisi dengan melibatkan Event Organizer penyelenggara nightlife party.

Kompetisi ini bertujuan untuk memberikan edukasi untuk berlomba menciptakan sebuah konsep party yang unique dan memorable sebagai sarana untuk mencari “High Quality Clubbers”. Club Party Series akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung.

Workshop EDM

Workshop EDM ini diklaim sebagai yang terlengkap pertama di Indonesia yang akan diadakan di area Jakarta dan Bandung. Masing-masing selama dua hari berlurut-turut dengan melibatkan para pelaku industri. Yang bertujuan memberikan sharing serta pelatihan mengenai pengetahuan dasar dan keahlian yang diperlukan untuk menjadi seorang DJ, Produser, Media Digital, dan lainnya.

Yang paling dinanti adalah DJ Battle. Kompetisi ini akan melahirkan dua orang DJ berkualitas internasional yang akan diuji skill permainannya. Lalu masih ada
Remix Contest.  

Pada sesi ini diharapkan akan melahirkan sebuah online contest untuk mengaransemen kembali sebuah lagu menjadi sebuah komposisi dengan nuansa atau versi yang baru. Setiap peserta di wajibkan untuk mendownload materi /stems dari sebuah lagu yang sudah ditentukan, dan harus di-remix untuk di nilai oleh juri profesional.

Yang terakhir adala Top 100 DJ Indonesia (TOPDJJD) Untuk mengapresiasi para DJ-DJ di Indonesia, maka hasil kerja sama ICEPERIENCEJD dengan TopDJJD melahirkan sebuah alang TOP100 DJ Indonesia (TOPDJJD) yang menjadi tolak ukur penilaian juara DJ. Berdasarkan hasil voting dan juga berdasarkan penampilan mereka.

Selain itu salah satu rangkaian akhir even yang ditunggu-tunggu para pemenang (DJ/Produser) adalah bisa merasakan pengaiaman bermain di kancah International. Yang merupakan listing resmi dari ADE 2018 di venue terbaik di Amsterdam. Sesi ini merupakan hasil kerjasama dari PN Records (salah satu label terbesar di Amstedam).

Dengan beberapa rangkaian aktivitas selama kurang lebih satu tahun ini, diharapkan akan menjadi sebuah ajang kompetisi bagi para penggiat industri EDM untuk berani meng-upgrade dan men-challenge diri mereka untuk menjadi tebih baik.

(Benny Benke /SMNetwork /CN40 )