image

Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Foto suaramerdeka.com/dok)

24 November 2017 | 12:54 WIB | Sinema

Marlina Menangkan NETPAC Jury Award di Polandia

JAKARTA, suaramerdeka.com- Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak karya sutradara Mouly Surya menang penghargaan NETPAC Jury Award di Five Flavours Asian Film Festival. Festival ke 11 yang diadakan pada 15-22 November di ibukota Polandia, Warsawa, ini diselenggarakan oleh Arteria Art Foundation.  

"Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak adalah pilihan kami yang bulat untuk penghargaan NETPAC di Five Flavours Asian Film Festival tahun ini. Film ini memiliki visi tunggal yang unik, terutama dalam kualitas gayanya, menggunakan ikonografi genre Western yang ditransformasikan ke lanskap Asia kontemporer. Ini istimewa dan menantang, dan disertai dengan kualitas luar biasa dalam editing dan desain suara pada khususnya,” demikian pernyataan resmi dewan juri seperti dikutip laman resmi festival www.piecsmakow.pl, sebagaimana rilis yang diterima Suara Merdeka, Jum at (24/11).

“Sutradara Mouly Surya tidak diragukan lagi merupakan salah satu talenta Asia yang luar biasa saat ini, dan dia membawa suaranya yang khas ke film ini,” lanjutnya laman itu.

 “Pada sesi tanya jawab setelah pemutaran Marlina, banyak penonton yang tertarik dengan konteks kultur Sumba dan Indonesia dari film ini. Saya berterima kasih Marlina mendapat sambutan yang baik di Polandia,” ujar Mouly Surya.  

Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak diperankan oleh Marsha Timothy (Marlina), Egi Fedly (Markus), Dea Panendra (Novi), dan Yoga Pratama (Frans) ini bersaing dengan film lainnya dari Taiwan, Hong Kong, Bangladesh, Malaysia, Jepang, Thailan, Filipina, Bhutan , dan Vietnam.  

Five Flavors Asian Film Festival adalah survei tahunan bioskop dari Asia Selatan dan Tenggara. Selama 11 tahun, fetival ini telah membawa pemutaran film-film dari negara yang kurang akrab di kuping warga Polandia. 

Film-film yang masuk seleksi festival ini diklaim dipilih dengan sangat cermat. 

 Progam New Asian Cinema menghadirkan suara segar dan produksi yang luar biasa yang membahas isu terkini dan dapat memperluas batas imajinasi film.  

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak sedang tayang di Indonesia sejak 16 November lalu. Penghargaan dari Five Flavours Asian ini menambah panjang pencapaian “Marlina”. 

 Sebelumnya “Marlina” juga menyabet penghargaan bergengsi lainnya. Yaitu film dengan skenario terbaik pada FIFFS Maroko edisi ke-11. Marsha Timoty menyabet penghargaan aktris terbaik dari Sitges International Fantastic Film Festival mengalahkan Nicole Kidman, dan penghargaan sebagai film terbaik Asian Nest Wave dari The QCinema Film Festival, Filipina.  

 

(Benny Benke /SMNetwork /CN19 )

ENTERTAINMENT TERKINI