image

foto: istimewa

13 November 2017 | 12:00 WIB | Musika

Semangat Punk Indonesia Ala Endank Soekamti

Judul Album:Salam Indonesia 
Artis             :Endank Soekamti 
Produksi      :Euforia Records/2017

KONTINGENpunk asal Yogyakarta ini kembali hadir dengan album terbarunya, Salam Indonesia. Album ini digarap Erix (vokal/bas), Ari (drum), dan Dory (gitar) pada saat bulan Ramadhan lalu, dan sebagian besar dilakukan di ruang terbuka daerah Papua. Bahkan penggarapan album ini sempat didokumentasikan dalam bentuk video yang mencoba mengingatkan pada pembuatan album Get Back nya The Beatles di tahun 1969. 

Pada album Salam Indonesia ini, semangat punk masih menggelora pada mereka. Walau pun sebagian lagu menyisipkan unsur musik ska, white reggae, hingga akustik pada lagu "Tak Terlupakan". Selain itu ada pengaruh Koes Plus album pop Jawa pada lagu mereka yang berjudul "Podo-Podo". Intinya, menyimak album ini terasa tak membosankan, mengingat ada sejumlah kejutan pergantian bit dari cepat ke tempo lambat yang kadang tak terduga. Berikut review album Salam Indonesia nya Endak Soekamti:

Intro: sound efek kibor dan gitar mengawali komposisi ini. Menyusul dengan nada-nada etnik Jawa yang kemudian disusul dengan hentakan drum. 

We Are Fine: hentakan cymbal lima kali dari Ari membuka lagu ini, kemudian menyusul hentakan musik punk yang mengandalkan rif-rif gitar dari Dory sepanjang delapan bar. Selanjutnya vokal Erix masuk ke bagian verse beriring hentakan musik punk. Serta saat masuk ke bagian reffrain seluruh personel menyanyi bersama dalam bentuk harmonisasi vokal, serta hentakan drum berubah menjadi berbirama 2/4 mid tempo. Sementara saat masuk bagian bridge lagu, hentakan musik kembali ke pola punk. Namun bagian jeda yang diisi dengan drive-drive gitar Dory, hentakan drum berubah menjadi berbirama 2/4 mid tempo. 

Podo Podo: hentakan drum dari Ari dalam irama boggie mid tempo membuka lagu ini sepanjang dua bar. Kemudian menjadi pola musik pada saat vokal Erix masuk ke bagian verse yang liriknya menggunakan bahasa Jawa. Tetapi pada bagian reffrain, hentakannya berubah menjadi ska mid tempo dan petikan gitar Dory dan dentaman bas Erix mencoba mengingatkan pada gaya musik The Police atau Koes Plus pada lagu "Nusantara I". Jika mengamati secara keseluruhan musik hingga lagu ini, lebih terpengaruh pada gaya musik Koes Plus di era 70-an, tepatnya saat membawakan lagu-lagu pop Jawa atau lagu "Nusantara I" di tahun 1972. 

Rock Revolution: dentaman bas Erix dan hentakan drum Ari yang singkat disusul dengan rif-rif gitar dari Dory membuka lagu ini sepanjang enam bar. Pada bar kedua, Ari mulai memasukkan hentakan punk yang berbirama 2/4 up tempo sampai bar ke-6. Kemudian saat vokal Erix masuk ke bagian verse beriring hentakan musik funk bit up tempo. Namun saat masuk ke bagian reffrain hentakan berubah menjadi punk dan para personel membawakan bersama bagian reffrain ini. Bagian jeda diisi dengan drive-drive gitar dari Dory dan permainan drum Ari banyak memainkan bit-bit variatif yang cepat. Bagian coda dari lagu ini mencoba menyisipkan unision bagian coda lagu "Bohemian Rhapsody" nya Queen. Tetapi vokal Erix yang menutup seluruh lagu ini. 


Salam Indonesia: Ari membuka lagu ini dengan permainan drum yang variatif sepanjang delapan bar. Kemudian menyusul rif-rif gitar Dory di bar ke-5. Baru pada bar ke-9, vokal para personel mulai masuk ke bagian reffrain. Setelah melalui unision antara bas-gitar-drum sepanjang empat bar, kemudian hentakan berubah menjadi punk mengiringi vokal Erix di bagian verse. Lagu ini juga berlatar sound alat tiup seperti trombone. Seolah mereka kembali memainkan musik ska. Lagu ini ditutup dengan permainan drum yang variatif dari Ari. 

Mimpi: hentakan musik rock up tempo membuka lagu ini yang mengandalkan rif-rif gitar Dory sepanjang enam bar. Kemudian vokal Erix masuk ke bagian verse dan masih beriring hentakan musik rock up tempo. Termasuk hentakan musik rock up tempo masih mengiringi di bagian reffrain lagu. Bagian jeda seperti biasa diisi dengan drive-drive gitar Dory. 

Wanita: hentakan musik slow bit funk membuka lagu ini sepanjang empat bar dan berisi chorus dari para personel. Kemudian vokal Erix masuk ke bagian verse beriring hentakan musik slow bit funk. Saat masuk ke bagian reffrain juga masih beriring hentakan musik slow bit funk dan seperti biasa para personel menyanyikan bersama bagian ini. 

Miauw: fil in dari Ari membuka lagu ini sepanjang 20 bar dalam birama 3/4. Sementara Erix mulai memainkan bas pada bar ke-5, menyusul petikan gitar Dory pada bar ke-8. Selanjutnya pada bar ke-21, mulai muncul teriakan bersama, muncul hentakan musik punk yang mengandalkan kecepatan menyanyi dan bagian reffrain lagu ini hanya menyebut judul lagu: miauw miauw miauw. Hentakan drum sempat berubah menjadi bertempo lambat, terutama saat masuk ke bagian reffrain terakhir, yaitu kembali ke pola birama 3/4. 

Memancing: rif rif gitar Dory membuka lagu ini selanjutnya menyusul hentakan musik ska up tempo. Vokal Erix pun masuk ke bagian verse beriring hentakan musik ska. Kemudian saat masuk ke bagian reffrain hentakan funk bit mid tempo. 

Waktu: rif rif gitar Dory membuka lagu ini seolah memainkan musik berbirama 3/4 mid tempo sepanjang dua bar. Menyusul vokal Erix yang masih beriring hentakan musik berbirama 3/4 mid tempo. Begitu pula di bagian reffrain lagu saat para personel membawakan bersama bagian ini. 

Hilang: drive-drive gitar Dory membuka lagu ini sepanjang enam bar, kemudian pada bar ke-3 mulai masuk hentakan musik slow bit funk. Hentakan musik slow bit funk ini, walau disisipkan bit-bit variatif Ari, kemudian mengiringi vokal Erix di bagian verse. Termasuk vokal para personel di bagian reffrain. Saat masuk akan masuk ke bagian bridge, hentakan musik ska kembali mengalun. Namun kemudian kemudian kembali masuk ke bagian verse yang bermain di irama slow bit funk. 

Mendaki: hentakan musik punk langsung diisi dengan drive-drive gitar Dory sepanjang delapan bar. Kemudian masuk dalam irama punk mengiringi vokal Erix. Sementara bagian reffrain hentakan berubah menjadi birama 2/4 mid tempo yang mengiringi harmonisasi vokal mereka. 

Berpetualang: fil in drum yang cepat dari Ari membuka lagu ini, kemudian beriring hentakan musik funk bit mid tempo diisi dengan rif-rif gitar Dory sepanjang delapan bar. Saat vokal Erix masuk ke bagian verse beriring hentakan musik rock up tempo. Begitu pula saat masuk ke bagian reffrain yang mengandalkan harmonisasi vokal para personel. Namun saat masuk bagian verse kedua, hentakan musik berubah menjadi funk bit mid tempo. Sedangkan saat masuk ke bagian reffrain berubah lagi menjadi rock up tempo. 

Tawuran Pelajar: hentakan musik funk bit up tempo membuka lagu ini. Kemudian vokal Erix masuk ke bagian verse beriring hentakan musik funk bit up tempo. Saat masuk ke bagian reffrain, rif-rif gitar Dory mulai menyemarakan musik pada lagu ini. 

I'm In Love With You: vokal Erix langsung masuk beriring genjrengan gitar Dory. Kemudian disusul dengan hentakan musik white reggae yang mengiringi vokal Erix di bagian verse. Namun saat masuk ke bagian reffrain, hentakan musiknya berubah menjadi rock up tempo. Lagu ini juga ditutup dengan tarikan vokal Erix di bagian reffrain yang beriring genjrengan gitar Dory. 

Semangat: hentakan drum Ari yang cepat membuka lagu ini menyusul hentakan musik punk yang dimainkan beriring drive-drive gitar Dory sepanjang empat bar. Kemudian hentakan musik punk masih mengiringi vokal Erix dalam nada tinggi di bagian verse. Tetapi saat masuk ke bagian reffrain, irama musik berubah menjadi ska. 

Tak Terlupakan: petikan gitar Dory membuka lagu ini, kemudian para personel menyanyikan bersama di bagian verse. Saat masuk ke bagian verse, berlatar sound cello. Bagian reffrain juga masih dinyanyikan secara koor oleh para personel grup. Lagu ini ditutup dengan suasana keriuhan para personel dengan warga di Papua. 

(Nugroho Wahyu Utomo /SMNetwork /CN40 )