image

foto: istimewa

07 November 2017 | 12:00 WIB | Musika

Album Tempo Doeloe

Tiga Versi Debut Album Procol Harum

Judul Album:Procol Harum
Artis             :Procol Harum 
Produksi      :Deram/ 1967

PROCOLHarum adalah debut album band progresif rock asal Inggris, Procol Harum yang dirilis bulan September 1967. Saat itu Procol Harum masih digawangi formasi: Gary Brooker (vokal, piano), Robin Trower (gitar), Matthew Fisher (organ), Dave Knights (bass), 
BJ Wilson (drum), Ray Royer (gitar), dan Keith Reid (Lyrics).

Album ini dirilis dalam tiga versi. Versi Inggris dengan tanpa menyisipkan hits mereka "A Whiter Shade of Pale", tetapi memasukkan lagu "Good Captain Jack". Versi ini dirilis oleh label Regal Zonophone. Sedangkan versi Amerika dirilis di bawah label Deram, dengan memasukkan lagu "A Whiter Shade of Pale", tanpa lagu "Good Captain Jack". Sementara untuk versi Jerman, Procol Harum sengaja menyisipkan lagu "Hamburgh" tanpa lagu "A Whiter Shade of Pale" dan "Good Captain Jack". Untuk versi Jerman ini dirilis di bawah label Polydor. 

Sampul album untuk ketiga versi ini sama-sama menampilkan sosok wanita di bawah pohon yang menyajikan gaya lukisan dengan seni terpengaruh budaya psychedelick. Karena pada masa itu budaya psychedelick selain mempengaruhi musik juga berimbas pada karya seni. Berikut review album Procol Harum versi Amerika yang dirilis Deram: 

A Whiter Shade of Pale: dibuka dengan sound organ hammond oleh Matthew Fisher beriring hentakan musik slow bit funk sepanjang empat bar. Komposisi yang dimainkan Fisher ini mengadopsi dari tiga komposisi klasik karya JS Bach. Yaitu "I am Standing with One Foot in the Grave BWV 156", "Sleepers Wake", dan "Air on G String". Namun para pengamat musik menilai bahwa komposisi "Air on G String" lebih mendominasi pada notasi nada yang dimainkan Fisher itu. Kemudian vokal Gary Brooker masuk ke bagian verse dan reffrain beriring hentakan musik slow bit funk dan sound Hammond organ dari Fisher. Pada saat Fisher memainkan organ dan vokal Brooker hendak berpindah dari bar satu ke bar berikutnya, B.J Wilson selalu memainkan fil in drumnya. 

She Wandered Through the Garden Fence. Wilson membuka hentakan drumnya dalam irama funk bit mid tempo sepanjang dua bar. Kemudian vokal Brooker masuk ke bagian verse beriring permainan organ Hammond dari Fisher. Hal yang sama juga saat vokal Brooker masuk ke bagian reffrain dan berselingan dengan permainan organ Fisher yang memainkan nada dari C minor hingga C mayor. Bagian jeda lagu ini diisi dengan permainan Hammond organnya Fisher. Kemudian vokal Brooker masuk ke bagian reffrain lagi. Permainan Hammond organ Fisher menutup lagu ini. 
 
Something Following Me: denting piano Brooker membuka lagu ini, kemudian vokal Brooker masuk ke bagian verse beriring hentakan musik slow RNB, serta masih beriring dengan denting pianonya. Begitu pula saat masuk ke bagian reffrain lagu. Bagian jeda lagu ini diisi dengan denting piano Brooker beriring hentakan musik slow RNB. Menyusul drive-drive gitar yang dimainkan Robin Trower. 

Mabel: dibuka dengan denting piano. Kemudian vokal Brooker masuk ke bagian verse beriring hentakan swing rock mid tempo. Lagu ini terdengar keriuhan sebagai latarnya. Seolah band ini tengah tampil di keramaian pub. Lagu "Mabel" merupakan lagu dengan durasi terpendek di debut album Procol Harum. 

Cerdes (Outside the Gates Of): dentaman bas Dave Knights membuka lagu ini sepanjang enam bar. Pada bar ke-2 denting piano Brooker menyusul mengikuti nada-nada bas dari Knights. Kemudian pada bar ke-5, Trower mulai memasukkan sound drive gitarnya. Vokal Brooker mulai masuk ke bagian verse beriring hentakan musik slow bit funk yang dipadukan dengan unsur blues. Termasuk saat vokal Brooker masuk ke bagian reffrain lagu. Sound drive-drive gitar Trower yang cenderung ngeblues mengisi bagian jeda lagu ini. 

A Christmas Camel: Brooker membuka lagu ini dengan permainan piano sepanjang dua bar. Kemudian pada bar ke-2, Wilson mulai memasukkan hentakan musik slow bit funk. Sementara vokal Brooker masuk ke bagian verse dan reffrain, banyak berlatar sound Hammond organ dari Fisher. Bagian jeda lagu ini diisi dengan permainan drive gitar oleh Trower yang masih beriring hentakan musik slow bit funk serta tentu saja denting piano dari Brooker. 

Conquistador: drive gitar Trower membuka lagu ini secara singkat, menyusul vokal Brooker yang beriring patern pianonya nan rapat. Saat masuk ke bagian reffrain, hentakan musik hustle non hit hat mid tempo dari Wilson mengiringinya. Termasuk permainan Hammond organ dari Fisher. Bagian jeda lagu ini diisi dengan permainan Hammond organ secara ekspressif dari Fisher. Tetapi hanya singkat.  

Kaleidoscope/Salad Days (Are Here Again): fil in drum Wilson mulai masuk dan beriring dengan permainan Hammond organ Fisher dalam irama rock up tempo. Termasuk saat mengiringi vokal Brooker di bagian verse dan reffrain. Pada lagu ini Fisher banyak mengeskplorasi permainan Hammond organnya. Terutama di bagian jeda. Menyusul kemudian permainan drive-drive gitar Trower yang hanya singkat. Kemudian denting piano Brooker mengisi bagian awal dari lagu "Salad Days" sepanjang dua bar. Vokal Brooker langsung masuk ke bagian verse lagu beriring denting piano serta permainan Hammond organ Fisher, juga hentakan musik slow bit funk. Bagian jeda lagu ini diisi dengan permainan Hammond organ oleh Fisher. 

Repent Walpurgis: Wilson mulai memainkan musik slow funk bit sepanjang dua bar sebagai pembuka. Kemudian menyusul permainan Hammond organ Fisher yang mengisi bagian verse dan reffrain. Sementara Trower mengisi permainan drive gitarnya yang cenderung ke corak musik blues di bagian jeda. Menyusul permainan piano dari Brooker yang berlatar sound Hammond organ Fisher. Selanjutnya Brooker turut memainkan nada-nada bagian verse lagu, tak ketinggalan Trower mulai memainkan lagi drive-drive gitarnya di bagian coda lagu. Lagu ini ditutup dengan unision antara denting piano, bas, serta drum sepanjang empat bar. Lalu ditutup dengan permainan Hammond organ Fisher yang panjang. 

 

 

(Nugroho Wahyu Utomo /SMNetwork /CN40 )