no image
26 Oktober 2017 | 13:12 WIB | SOULUTION

Aduh! Makan Mie Instan Pakai Nasi Ternyata Bahaya Buat Tubuh

Remaja.suaramerdeka.com- Mie instan adalah salah satu makanan yang sering dimakan masyarakat Indonesia, alapagi untuk anak kos ya. Selain harganya yang murah, membuatnya pun sangat praktis. Bahkan banyak orang yang menyetok mie instan sebagai bahan persediaan di rumah.

Biar lebih kenyang, mie instan tersebut biasanya dengan dicampur nasi. Tapi tahu nggak, kawan, ternyata kebiasaan makan mie pakai nasi bisa membahayakan kesehatan lho. Pada dasarnya nasi dan mie instan sama-sama mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi.

Seperti dilansir olehBoldsky,dalam satu porsi mie instan, sudah terkandung sekitar 400 kalori, jumlah itu sama dengan satu porsi nasi ukuran sedang dan lauk pauk. Nah, kalau satu porsi mie instan ditambah nasi, bisa bayangkan sendiri berapa kalori yang masuk dalam tubuh. Bisa sampai 600 - 700 kalori sekali makan, padahal rata-rata orang dewasa hanya butuh 1200 - 1500 kalori per hari.

Selain itu, perpaduan karbohidrat dari nasi dan mie instan bisa menaikkan indeks glikemik, jadi gula dalam darah naik dengan cepat. Inilah yang membuat semakin tingginya risiko masalah diabetes.

Hanya makan nasi dan mie instan juga nggak memenuhi kecukupan gizi lain, seperti protein, serat, vitamin dan sebagainya. Tingginya kalori dari mie instan dan nasi juga membuat tubuh mudah gemuk lho.

Kalau memang suka makan mie instan, sebaiknya batasi, senggaknya seminggu sekali saja. Daripada  mencampur dengan nasi, lebih baik kalau mie instan ditambah potongan sayur, daging, telur dan lainnya. 

Foto: berbagaisumber

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )