image
25 Oktober 2017 | 11:45 WIB | SOULUTION

Seram! Sering Mencabut Bulu Hidung Bisa Berbahaya

Remaja.suaramerdeka.com- Dalam tubuh kita ada bagian-bagian tertentu yang secara alami di tumbuhi bulu. Nah, bulu-bulu tersebut punya fungsi berbeda yang diperlukan oleh tubuh kita. Tapi buat beberapa orang tumbuhnya bulu pada tubuh malah membuat risih, salah satunya adalah bulu hidung.  

Kebanyakan orang merasa terganggu saat melihat bulu hidung nongol keluar lubang hidung. Terpaksa bulu hidung yang muncul dicabut, padahal mencabut bulu hidung ternyata bisa berbahaya lho.

Fungsi Bulu Hidung

Bulu hidung memiliki fungsi sebagai filter buat partikel-partikel kecil yang terhisap ke lubang hidung. Manfaat bulu hidung bakal terasa saat kita berada di tempat yang sangat berdebu. Coba bayangkan kalau nggak punya bulu hidung, pasti banyak debu akan langsung terhisap dan masuk ke tenggorokan kita. Akibatnya paru-paru juga jadi kotor.

Bahaya Mencabut Bulu Hidung

Seperti dilansir dariAlodokter,walaupun bulu hidung yang terlalu panjang menganggu penampilan, tapi sebaiknya jangan pernah dicabut. Kebiasaan mencabut bulu hidung ternyata juga berpotensi menimbulkan luka dan bisul dalam hidung.

Luka yang diakibatkan dari pencabutan ini bisa menjadi sumber infeksi dan peradangan otak lho. Hal ini terjadi karena adanya struktur anatomi hidung, tempat terdapat pembuluh darah di area jembatan hidung (nasal bridge) yang langsung menuju otak, dan akan berkumpul dengan berbagai pembuluh darah lainnya.

Masalah lainnya akan semakin panjang dan berkelanjutan, karena bisa terjadinya dampak sinus cavernosus. Ini merupakan sumbatan pada pembuluh darah di dasar otak, karena pembekuan darah. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh penyebaran bakteri yang berasal dari infeksi pada sekitar hidung atau mata.

Cukur Secukupnya

Kalau bulu hidung yang terlalu panjang memang terasa mengganggu ya. Ada baiknya mencukur bulu hidung dengan gunting kecil yang khusus di desain untuk memotong bulu hidung di dalam lubang hidung.

Jangan sembarangan, tetap diperhatikan supaya bulu hidung nggak dipotong terlalu pendek dan sisa potongannya nggak masuk ke dalam hidung lho. Ngak hanya itu saja, pastikan juga alat untuk mencukur bulu hidung harus bersih dan berfungsi dengan baik. Hal ini untuk menghindari luka maupun infeksi yang nggak diinginkan, kawan.

Alat dan cara mencukur bulu hidung saat ini masih berkembang, tapi pilih cara yang aman yang mungkin bisa kita lakukan sendiri. Misalnya dengan menggunakan gunting cukur khusus bulu hidung.

Foto: berbagaisumber

 

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )