image
18 Oktober 2017 | 11:23 WIB | FYI

Li-Fi, Koneksi Internet Penganti Wi-Fi

Remaja.suaramerdeka.com– Belum lama ini, para ilmuan teknologi di China sukses mengembangkan sebuah metode konektivitas internet baru yang dikenal dengan nama Li-Fi. Perkembangan teknologi baru ini sudah muncul sejak 2011 lho.

Seperti dilansir People Daily, tim peneliti dari Shanghai Institute of Technical Physics and The Chinese Academy of Scientist terus mengembangkan konektivitas Li-Fi dan sudah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa bulan terakhir.

Lewat penelitian yang dilakukan, empat komputer dapat terkoneksi ke internet melalui sebuah bola lampu LED. Dengan Li-Fi ini, data bisa ditransfer via gelombang cahaya. Nah, rencananya selama berlangsungnya China International Industry Fair yang bakal digelar di Shanghai pada 5 November mendatang, akan ditampilkan sepuluh sample Li-Fi yang bisa diujicoba ke publik.

Li-Fi bisa menjadi temuan hebat bagi komunitas internet China, yang merupakan komunitas terbesar dengan jumlah koneksi total mencapai 600 juta koneksi. Tapi internet Li-Fi berpotensi hemat biaya saat digunakan di manapun lampu LED menyala.

Ternyata koneksi ini juga memiliki kelemahan, kawan, apa itu? Nggak seperti gelombang suara, cahaya nggak bisa menembus dinding dan bisa dilepas oleh penghalang besar atau bahkan pintu yang tertutup.

Sementara itu, belum jelas seberapa cepat koneksi internet via Li-Fi nantinya. Diprediksi, kecepatannya bisa mencapai 150 megabit per detik, yang lebih cepat dari kecepatan internet rata-rata di China.

Foto: gettechfeed

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )