Nasional
Rabu, 29 Maret 2006 : 15.04 WIB
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Dosen IPB Raih Penghargaan Internasional
Bogor, CyberNews. Staf pengajar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB Drh Rizal Damanik, M.Rep.Sc., PhD memperoleh penghargaan internasional Molie Holman Medal 2005 dari Monash University, Melibourne Australia.

Mollie Holman Medal merupakan penghargaan untuk kandidat program doctor di Monash University yang dinilai telah menghasilkan disertasi terbaik.

Judul disertasi Rizal 'The Use of Coleus Amboinicus lorur as A Lactagogue among Lactating Women in Simalungun District, Nort Sumatra Province, Indonesia’. Disertasi yang pembimbigannya diketuai Prof Mark L. Wahqvist mengulas bukti ilmiah manfaat tradisi dan kepercayaan wanita Batak Simalungun yang sedang menyusui dalam mengkonsumsi daun torbangun (Coleus amboinicus Lour).

“Suku Batak mempercayai tradisi, mengkonsumsi daun torbangun selama 1 bulan setelah melahirkan bisa meningkatkan produksi air susu ibu. Kepercayaan dan tradisi ini telah berlangsung sejak ratusan tahun lalu dan hingga kini masih dipraktikkan,” kata putra dari alm. H. Ahmad Damanik SH.

Penelitian yang dilakukan sejak tahun 2001 ini berlokasi di Kabupaten Simalungun. Penelitian ini merupakan penelitian daun torbangun pertama yang dkerjakan secara komprehensif. Rizal juga meneliti manfaat daun torbangun terhadap kesehatan dan pertumbuhan bayi yang ibunya mengkonsumsi daun torbangun.

Selain Molie Holman Medal, pada tahun 2004 Rizal meraih perhargaan John Legge Prize Australia 2004 for Reseach Excellence dari Monash Asia Institute, Monash University. Pada tahun yang sama, pemerintah daerah Kabupaten Simalungun menganugerahkan Rizal Damanik bersama Mark L. Whaqvist sebagai Warga Kehormatan Kabupaten Simalungun.

Penganugerahan ini sebagai apresiasi masyarakat Simalungun atas dedikasi Rizal dan Mark yang telah meneliti, mengangkat dan mengekpos tradisi ini dalam forum internasional.

Penganugerahan warga kehormatan Kabupaten Simalungun dilakukan langsung oleh Bupati Simalungun, Ir John Hugo Silalahi dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Simalungun, Drs. H. Syahmidun Saragih.( mh habieb shaleh/Cn08 )

  Copyright© 1996-2004 SUARA MERDEKA All rights reserved. No reproduction or republication without written permission